Terlengkap !! 60+ Inspirasi Tanaman Hias UNIK Indoor & Outdoor

Terlengkap !! 60+ Inspirasi Tanaman Hias UNIK Indoor & Outdoor Taman Inspirasi SAFA
Inspirasi Tanaman Hias dalam Rumah

Memiliki rumah yang indah, nyaman dan bersih adalah dambaan setiap orang. Terlebih bagi anda yang tinggal di kawasan perkotaan. Setelah seharian disibukkan oleh aktivitas kerja di luar yang menyita banyak pikiran dan tenaga, menikmati suasana rumah yang asri dan nyaman akan memulihkan kembali energi positif dalam diri kita. Dekorasi rumah yang baik dan elegan merupakan salah satu factor pemicu dalam memulihkan energi positif dalam pikiran dan jiwa kita.

Salah satu komponen yang bisa gunakan untuk mempercantik rumah adalah tanaman hias. Semewah apapun rumah anda rasanya kurang lenngkap tanpa adanya tanaman hias. Selain untuk mempercantik, tanaman hias juga akan membuat rumah kita lebih sehat. Ada beberapa jenis tanaman hias, baik tanaman untuk dalam ataupun luar ruangan.

Menambahkan beberapa aksesoris –salah satunya yakni tanaman hias – dalam daftar dekorasi rumah kita adalah satuhal yang fundamental. Ada beberapa inspirasi dan ide tanaman hias untuk dekorasi dalam ruangan maupun di luar ruangan diantaranya tanaman hias gantung, tanaman bunga, tanaman hias dalam pot, tanaman hias daun dan beberapa jenis tanaman hias lainnya. Berikut beberapa jenis tanaman hias yang dapat diaplikasikan dengan mudah dirumah anda.

Tanaman Hias Daun dalam Ruangan

Salah satu jenis tanaman hias yang bisa kita pilih untuk dekorasi rumah kita adalah Tanaman hias daun . Tanaman hias daun adalah tanaman hias dengan daun indah serta unik di nilai dari segi bentuk, corak, tekstur, warna daun dan beberapa alasan lain hingga membuat tanaman itu sangat indah dari segi estetika maupun fungsional.

Snake Plant atau Lidah Mertua

Terlengkap !! 60+ Inspirasi Tanaman Hias UNIK Indoor & Outdoor Taman Inspirasi SAFA

Snake plant atau lidah mertua merupakan satu diantara beberapa jenis tanaman hias yang sangat popular dimasyarakat kita. Selain perawatannya yang mudah, tanaman hias jenis ini juga bisa menjadi humidifier alami atau penyegar ruangan karena sifatnya sebagai penyerap polutan alami sehingga membuat udara dan atmosfer di dalam ruangan terasa lebih bersih dan nyaman.

Aloe Vera atau Lidah Buaya

Terlengkap !! 60+ Inspirasi Tanaman Hias UNIK Indoor & Outdoor Taman Inspirasi SAFA

Selain manfaatnya yang segudang, ternyata aloe vera atau lidah buaya dapat digunakan sebagai penghias ruangan yang indah. Terlebih, tanaman hias jenis ini cenderung mudah dalam perawatannya sehingga membuat banyak orang tertarik menggunakannya sebagai aksesoris penghias ruangan. Beberapa manfaat dari tanaman lidah buaya ini yaitu sebagai vitamin atau stimulant penyubur rambut, menjaga kesehatan rambut, obat penyembuh luka, penghilang jerawat, untuk merawat kulit dan berbagai manfaat lainnya.

Tanaman Aglonema atau Sri Rejeki

Terlengkap !! 60+ Inspirasi Tanaman Hias UNIK Indoor & Outdoor Taman Inspirasi SAFA

Tanaman hias yang lebih dikenal oleh masyarakat dengan naman sri rejeki ini, memiliki bentuk dan corak daun yang khas. Aglaonema merupakan jenis tanaman hias daun yang sangat cocok digunakan sebagai pelengkap dekorasi interior rumah Anda.

Seringkali kita melihat tanaman aglonema ini ditempatkan di sudut-sudut perkantoran karena perawatannya relatif mudah dan awet, meskipun ditempatkan di ruangan yang ber-AC dan minim terkena cahaya matahari. Selain itu, tanaman hias daun ini juga dapat menyerap racun atau oksidan sehingga membuat udara di dalam ruangan terasa lebih segar dan nyaman.

Tanaman Hias Daun Aglonema

Aglonema adalah tanaman hias daun yang memiliki banyak varietas warna dan corak. Ada juga yang menyebut tanaman Aglonema dengan nama Sri rejeki.Variasi daunnya yang menarik membuat banyak orang melirik untuk menjadikannya sebagai tanaman hias in door ataupun outdoor meski harus membayar lumayan mahal.

Selain hijau tanaman aglonema juga mempunyai warna lain seperti kombinasi putih merah, merah muda ,dan kuning. Untuk penjelasan lebih lengkap tentang budidaya tanaman aglonema/aglaonema atau Sri Rejeki, anda bisa baca artikelnya disini. Beberapa contoh jenis tanaman aglonema diantaranya:

  • Aglonema Adelia
  • Aglonema Cinta
  • Aglonema Emerald
  • Aglonema Claudia
  • Aglonema Moonlight

Tanaman Sirih Gading

Terlengkap !! 60+ Inspirasi Tanaman Hias UNIK Indoor & Outdoor Taman Inspirasi SAFA

Ide tanaman hias berikutnya adalah sirih gading atau golden pothos. Sirih gading merupakan jenis tanaman merambat yang memiliki warna daun hijau dengan belang kuning cerah hingga kuning pucat. Tanaman ini akan tampak lebih berkelas jika kita meletakkannya dalam pot atau vas kaca transparan berisi air. Tanaman hias jenis ini sangat mudah dalam perawatannya karena ia tetap dapat tumbuh dengan baik meski ditanam pada media yang seadanya.

Tanaman Hias Jenis Palem

Terlengkap !! 60+ Inspirasi Tanaman Hias UNIK Indoor & Outdoor Taman Inspirasi SAFA

Ide tanaman hias berikutnya adalah dari jenis palem. Banyak jenis tanaman palem-paleman yang bisa kita manfaatkan sebagai penghias rumah. Meski demikian, jika kita tak cermat dan teliti dalam penempatannya, maka justru akan membuat rumah kita terasa sempit karena tanaman hias jenis ini memiliki ukuran yang cukup besar.

Terlengkap !! 60+ Inspirasi Tanaman Hias UNIK Indoor & Outdoor Taman Inspirasi SAFA

Tips dari kami, gunakan pot berukuran besar dengan media tanam campuran antara tanah, sekam dan pupuk kandang. Letakkan tanaman hias ini di sudut ruangan yang memiliki luasan berimbang. Sebagai contoh, kita bisa meletakkannya di pinggir pintu masuk dalam rumah. Atau di pojok ruang tamu yang tidak terisi oleh hiasan apapun. Karena perawatannya yang relatif mudah, tanaman ini banyak diminati oleh masyarakat sebagai salah satu alternatif penghias dalam ruangan.

Sago palem

Bagi pecinta tanaman hias jenis palem ini banyak di cari , variasi dan keunikan pelepah daun yang berjejer menyusun pada batang menjadikan tanaman palm ini memikat setiap orang yang melihat. Sago palem akan lebih terlihat lebih menarik pada saat cuaca panas karena daun hijau gelap terangnya tampak berkilau. Daunnya yang rimbun membuat sago palem memberi efek teduh di sekitarnya . Sago palem akan cocok ditempatkan di pekarangan rumah ataupun taman.

Tanaman Hias Kuping Gajah (Anthurium)

Tanaman Hias Daun Kuping gajah

Tanaman hias kuping gajah ini sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Disebut kuping gajah karena bentuk daunnya yang lebar menyerupai telinga (kuping gajah). Perawatan tanaman ini terbilang sangat mudah. Ia hanya membutuhkan asupan sinar matahari yang cukup dan penyiraman yang rutin.

Penambahan nutrisi menggunakan pupuk organik (kompos/kandang) atau pupuk organik cair meski dalam kualitas dan kuantitas kecil akan sangat membantu pertumbuhan tanaman supaya lebih subur sehingga daun yang dihasilkan lebih indah dan cantik.

Tanaman kuping gajah sangat cocok sebagai penghias dalam ruangan maupun sekedar diletakkan di pekarangan rumah karena tanaman ini tidak membutuhkan area yang luas. Tanaman ini juga bisa hidup bersama (disandingkan) dengan tanaman-tanaman hias lainnya seperti aglonema, bromelia, palem, dll.

Tanaman Hias Gelombang Cinta

Tanaman Hias Daun Gelombang Cinta Anthurium

Inspirasi tanaman hias berikutnya yang cukup populer yakni Gelombang cinta. Memang beberapa tahun kebelakang tanaman ini sempat tergolong tanaman mahal yang diincar oleh banyak pecinta tanaman hias. Namun kini, banyak orang yang membudidayakannya sehingga tanaman hias daun gelombang cinta sudah semakin merakyat dengan varietas yang beragam serta harga cukup terjangkau.

Tanaman ini memiliki bentuk yang khas dan struktur daun yang unik sehingga menjadi incaran banyak orang untuk membudidayakannya. Perawatannya pun tergolong mudah. Penyiraman dan pemupukan yang rutin serta asupan sinar matahari yang cukup akan membuat tanaman hias daun ini tumbuh subur dan sehat. Untuk pengendalian hama dan penyakit, cukup berikan pestisida organik dalam takaran yang seimbang.

Tanaman Hias Gelombang Cinta

Beberapa waktu yang lalu tanaman gelombang cinta sempat booming dan dicari banyak pembeli. Harga yang relatif mahal untuk kelas tanaman hias membuat banyak orang penasaran dan ingin memilikinya. Kira kira kenapa ya gelombang cinta begitu mahal harganya? Struktur tiap helai daun gelombang cinta sangat indah berwarna hijau dasar dan bergelombang. Kondisi ini merupakan daya tarik sendiri dari gelombang cinta. Disamping itu, tanaman sering dimanfaatkan sebagai hiasan hiasan di taman istana ataupun di letakan dalam ruangan dalam istana. Seiring berjalannya waktu kini tanaman gelombang cinta tidak lagi mahal karena sudah banyak para penjual tanaman hias yang menyediakannya.

Tanaman Wali Songo

Tanaman Hias Wali songo

Schefflera – atau yang populer dengan nama tanaman walisongo, merupakan jenis tanaman perdu dengan daun yang bergerombol. Tanaman ini memiliki cukup banyak varietas, namun yang cukup populer yakni jenis walisongo dengan bentuk daun menyerupai jari tangan yang menempel pada batang dan didominasi oleh warna hijau pada bagian tengahnya.

Pohon Wali Songo

Namun ada juga jenis pohon walisongo dengan karakter batang primer dan sekunder. Pada setiap ruas batang sekunder, tumbuh 8-10 daun walisongo. Oleh sebab itulah pohon ini dinamakan pohon walisongo. Jika ditanam dipekarangan, pohon ini bisa tumbuh hingga ukuran mencapai lebih dari 3 meter.

Perawatan pohon walisongo tergolong cukup mudah. Dengan penyiraman dan pemupukan serta asupan matahari yang cukup, membuat tanaman tumbuh subur dan sehat. Pemangkasan hanya diperlukan jika ada daun yang terlihat menguning atau layu. Penyemprotan dengan pestisida organik juga sangat membantu dalam pengendalian hama serta penyakit.

Tanaman walisongo juga bisa difungsikan sebagai tanaman obat keluarga karena memiliki kemampuan untuk menetralisir racun di sekitar lingkungan tumbuhnya. Apalagi jika Anda atau keluarga anda ada yang perokok, maka tanaman ini bisa menyerap/menetralisir racun yang terkandung dalam asap rokok sehingga sangat cocok ditempatkan di dalam ruangan.

Tanaman Hias Bunga untuk Indoor dan Outdoor

Tanaman hias bunga tropis menghadirkan kesan “lebih” ke kebun Anda: lebih banyak warna, lebih banyak aroma, lebih banyak ukuran, dan bahkan lebih banyak kupu-kupu. Tanaman hias bunga tropis mampu tumbuh di iklim apapun dan kondisi lahan yang terbatas. Mereka juga tergolong mudah dalam hal pembudidayaan dan perawatan. Berikut Taman Inspirasi memberikan ide 9 bunga tropis yang akan membawa keindahan eksotis untuk kebun atau pekarangan anda.

Tanaman Hias Kembang sepatu

Tanaman Kembang sepatu

Kembang sepatu tropis akan membawa aura flamenco ke teras dan pekarangan anda meskipun anda seorang pemula dalam hal perawatan tanaman. Tanaman hias yang dikenal juga dengan nama latin Hibiscus rosa-sinensis, sangat cocok untuk ditanam di daerah tropis dengan sinar matahari yang cukup dan air yang berlimpah. Tanpa perawatan yang ribet, Anda tetap akan mendapati tanaman ini berbunga tanpa henti dengan ukuran diameter hingga delapan inci sepanjang musim tanam.

Seperti kebanyakan tanaman hias bunga di daerah tropis, warna-warna cerah dari kembang sepatu layaknya suar bagi kupu-kupu. Anda dapat memilih varietas yang berbunga dalam skema warna apa pun. Beberapa varietas yang mekar dalam nuansa panas seperti kuning, oranye, dan merah, serta nada dingin seperti merah muda, putih, dan ungu akan membuat pekarangan dan teras rumah anda lebih hidup. Beberapa jenis varietas yang membuat desain taman anda lebih menyenangkan; misalnya, ‘Acapulco Gold,’ dengan kelopak emas dan tenggorokan merahnya, digabungkan dengan varietas merah seperti ‘Impresario.’

Tanaman Hias Bromelia

Tanaman Hias Bromelia

Anatomi dan postur yang cukup rumit dari bromeliad seringkali menuntut pemeriksaan lebih teliti, baik untuk pengagum serangga maupun manusia penggemar tanaman hias. Bahkan, famili Bromeliaceae adalah keluarga besar tanaman hias yang mencakup berbagai varietas tanaman seperti nanas dan lumut keriting Spanyol abu-abu yang populer di pameran kerajinan. Pecinta tanaman yang lebih suka menanam bromelia secara umum mungkin akan menjatuhkan pilihannya pada jenis Aechmea atau Guzmania, dua kelompok famili bromelia yang memiliki cakupan varietas tanaman paling lengkap dan populer untuk daerah tropis.

Terlepas dari penampilannya yang eksotis, tanaman hias bunga bromelia ternyata merupakan tanaman tropis yang tidak membutuhkan perawatan yang ribet. Mereka dapat mentolerir berbagai suhu dari mendekati titik beku hingga tiga digit. Meskipun mereka juga dapat tumbuh di suhu ekstrim antara 50 hingga 90 derajat F. Kelembaban adalah elemen penting dalam pertumbuhan bromelia karena daun tanaman ini memiliki skala khusus yang dapat menyerap air dari udara. Anda bisa juga menanam anggrek bersama bromeliad Anda sebagai epifit di alam.

Cahaya terang hingga redup cukup untuk pertumbuhan bromelia hingga mampu berbunga dengan indah. Mereka bahkan dapat berkembang di bawah lampu neon di sepanjang musim dingin. Anda bisa juga melakukan repotting cabang tanaman yang terbentuk setelah berbunga, karena tanaman induk biasanya akan semakin menurun performanya hingga bunga layu.

Tanaman Hias Bunga Anggrek

Tanaman Hias Bunga Anggrek

Keluarga anggrek (Orchidaceae) memiliki ratusan genus dan puluhan ribu spesies, jadi jika Anda belum berhasil ‘bermain’ dengan tanaman eksotis ini, cobalah lagi. Salah satu jenis yang sangat memaafkan untuk pemula dalam budidaya tanaman hias adalah anggrek ngengat, Phalaenopsis. Meskipun anggrek terlihat indah sebagai koleksi taman, namun karena kuantitas bunga yang rendah maka hal yang dapat anda lakukan adalah mulai dengan satu anggrek ngengat selama beberapa bulan sebagai tanaman percobaan. Setelah itu, perbanyak koleksi Anda dari tanaman itu.

Memilih media tanam yang tepat sangat penting untuk anggrek karena ia tergolong tanaman hias yang kurang bersahabat dengan genangan air. Campuran media tanam yang dapat tumbuh besar dan berbahan dasar kulit kayu akan membuat tanaman anggrek beradaptasi dengan baik. Pilih pot dengan lubang drainase yang banyak untuk memastikan bahwa tanaman Anda tidak kelebihan air.

Hindari terkena cahaya matahari secara langsung, lingkungan yang lembab (jendela kamar mandi atau dapur), dan suhu sedang antara 60 dan 80 derajat F untuk menjaga anggrek tetap hidup. Pada musim kemarau panjang tempatkan anggrek di taman yang terlindung di luar rumah untuk menjaga temperatur dan kelembaban tanaman sehingga tetap dapat tumbuh dengan baik.

Tanaman Hias Bunga Melati

Tanaman Hias Bunga Melati

Tanaman hias bunga melati memiliki dua elemen yang menguntungkan untuk semua kondisi lahan yaitu aroma dan ketinggian. Pohon yang melilit ini agak lebih keras dari bunga tropis lainnya, dan dapat bertahan di semua kondisi iklim. Tanaman merambat Jasminum officinale atau melati gambir menghasilkan bunga dari akhir musim semi hingga awal musim gugur, dan perlu memiliki periode dorman dalam ruangan selama musim dingin. Tanaman Melati (Jasmine) adalah tanaman yang ramping namun memiliki postur yang kuat. Ia bisa tumbuh dengan baik melalui pemangkasan yang rutin.

Tanaman hias bunga ini tumbuh dengan sinar matahari penuh atau sebagian. Penyiraman yang teratur juga harus diperhatikan untuk mempertahankan kelembaban media tanam. Kelembaban udara disekitar lokasi tumbuh sama pentingnya dengan menyiram tanaman jenis lain. Sementara, jika ia ditempatkan di dalam ruangan, beri cahaya yang cerah tapi tidak langsung mengenai tanaman serta lokasi yang sejuk.

Tanaman Hias Jahe

Tanaman Hias Jahe

Banyak orang mengira bahwa jahe hanya termasuk dalam kategori tanaman obat. Namun jika kita mencermatinya lebih jauh, tanaman jahe ini memiliki aroma dan keindahan yang khas. Tanaman hias bunga jahe adalah alternatif yang sangat baik untuk pecinta tanamn hias yang hanya memiliki sedikit atau tidak ada sinar matahari langsung di lahan mereka. Namun, seperti halnya dengan kebanyakan lahan tropis, kondisi panas dan lembab yang seimbang sangat diperlukan agar tanaman dapat tumbuh subur.

Jenis tanaman jahe Zingiber, termasuk bracts merah dari Awapuhi, seringkali digunakan sebagai bahan dasar beberapa merk shampo premium. Zingiber Neglectum ‘Pagoda Jewel’ terlihat seperti bentuk kehidupan alien, dapat tumbuh dengan mudah di tanah yang lembab dan memiliki drainase dengan baik. Anda dapat menempatkan tanaman hias Jahe di dalam ruangan saat suhu di bawah 50 derajat F untuk mencegah penyakit kecoklatan pada ujung daun.

Tanaman Hias Bugenvil

Tanaman Hias Bugenvil

Siapapun yang pernah mengunjungi negara Mediterania akan terbangkitkan ingatan akan perjalanan mereka dengan menanam tanaman yang indah namun kuat ini. Ia dapat tumbuh di iklim yang cerah dan kering. Tanaman merambat ini membutuhkan sinar matahari sehari penuh. Namun, jenis magenta atau bract merah akan muncul dengan cepat pada transplantasi baru yang Anda tumbuhkan di musim semi. Tanaman hias bunga Bougainvillea mulai mekar disepanjang musim panas, tetapi akan memuncak pada musim gugur. Tanaman ini dapat berkembang dengan baik ketika kondisi siang dan malam memiliki durasi waktu yang sama atau mendekati.

Tanaman Hias Anthurium

Tanaman Hias Anthurium

Anthurium, atau bunga flamingo dapat tumbuh dengan baik ketika lingkungan mereka memiliki kelembaban dan panas yang seimbang. Bunganya adalah bracts yang berwarna merah, pink, putih, atau gradasi beberapa warna tersebut. Permukaan mengkilap dari daun tanaman ini memberikan penampilan yang seolah-olah dipernis. Belang pada tanaman akan tampak menonjol dalam kondisi dibawah cahaya matahari. Bunga flamingo akan tumbuh subur pada kondisi tanah yang lembab dan kaya unsur hara. Jika anda tinggal di area 4 musim, jaga tanaman ini dari suhu di bawah 40 derajat F.

Tanaman Hias Bunga Medinilla

Tanaman Hias Medinilla

Medinilla magnific atau dikenal juga sebagai pink maiden, adalah termasuk jenis yang agak menyimpang dari kebanyakan bunga tropis karena ia lebih suka tempat teduh di kebun. Jika Anda pernah merawat anggrek, maka perlakukan medinilla Anda dengan cara yang sama karena ia tumbuh sebagai epifit di alam liar. Tanam pada media tumbuh kulit kayu anggrek yang hemat air. Kemudian tempatkan di lokasi dengan sinar matahari yang remang dan suhu yang sedang. Kondisi hujan gerimis sepanjang hari akan membuat medinilla Anda dapat melewati lingkungan kering di ambang musim dingin.

Brugmansia atau Angel’s Trumpet

Tanaman Hias Brugmansia

Setiap orang harus menumbuhkan tanaman hias bunga Brugmansia setidaknya sekali seumur hidup. Pemandangan ratusan bunga harum berbentuk lonceng di akhir musim panas akan membawa senyum ke wajah Anda setiap hari. Varietas beraneka ragam seperti ‘Snowbank’ akan membuat tanaman menarik bahkan saat menjelang mekar. Tampatkan tanaman hias bunga ini pada wadah yang besar dan mendapat pengairan serta sinar matahari yang cukup. Pemangkasan habis dilakukan di musim gugur saat Anda membawanya masuk untuk musim dingin.

Tanaman Bunga Gerbera atau Daisy

Terlengkap !! 60+ Inspirasi Tanaman Hias UNIK Indoor & Outdoor Taman Inspirasi SAFA

Jika pada beberapa ulasan sebelumnya, ide dekorasi rumah yang kami berikan adalah dari jenis tanaman hias daun maka kali ini, taman inspirasi akan mereview beberapa ide tanaman hias bunga yang baik dimanfaatkan untuk mempercantik rumah anda. Yang pertama adalah tanaman Gerbera atau daisy. Tanaman ini menyajikan keunikan warna yang sangat elok dan memikat jika diaplikasikan sebagai penghias dalam ruangan.

Meski demikian, tanaman ini membutuhkan perawatan yang sedikit ekstra karena ia harus rutin terkena sinar matahari dan mendapat penyiraman yang cukup. Kita juga harus rajin mengganti tanaman jika sudah terlihat layu atau kurang segar.

Tanaman Bunga Seruni atau Krisan

Terlengkap !! 60+ Inspirasi Tanaman Hias UNIK Indoor & Outdoor Taman Inspirasi SAFA

Tanaman seruni adalah nama lain dari bunga krisan. Tanaman hias jenis ini memiliki keunikan tersendiri terutamabaunya yang khas dan wangi membuat mood kita lebih fresh. Tanaman hias jenis ini juga memiliki warna kelopak bunga yang indah dan unik sehingga membuat kita betah berlama-lama di rumah terutama setelah mengerjakan aktifitas sehari-hari yang melelahkan. Selain itu, tanaman bunga ini juga sangat cocok untuk ditempatkan dikamar tidur. Aroma wanginya yang menenangkan akan membuat istirahat kita lebih nyaman dan nyenyak.

Tanaman Bunga Lily

Terlengkap !! 60+ Inspirasi Tanaman Hias UNIK Indoor & Outdoor Taman Inspirasi SAFA

Tanaman hias bunga berikutnya adalah tanaman bunga lily. Tanaman bunga jenis ini sangat bagus diletakkan disudut kamar atau ruangan dengan penyinaran matahari yang cukup. Kita dapat meletakkan tanaman hias ini di tepi jendela kamar atau ruang keluarga agar mendapat penyinaran yang baik. Tanaman hias bunga dengan tampilan yang cantik dan warna-warni dipastikan dapat membuat pikiran dan jiwa kita lebih fresh setiap hari.

Tanaman Kaktus Bunga

Terlengkap !! 60+ Inspirasi Tanaman Hias UNIK Indoor & Outdoor Taman Inspirasi SAFA

Tanaman kaktus bunga saat ini cukup popular untuk dimanfaatkan sebagai penghias dalam ruangan. Selain kaktus bunga, ada juga kaktus mini yang juga menjadi idola untuk tanaman hias indoor. Selain perawatannya yang mudah, tanaman ini juga bisa berfungsi sebagai antitoksin alami untuk menetralisir udara di sekitar ruangan.

Kita bisa meletakkan dengan bebas tanaman ini sesuai keinginan kita karena kaktus tidak memiliki ketergantungan khusus dengan sinar matahari. Kaktus bunga dan kaktus mini dapat kita temukan dengan mudah di toko-toko tanaman hias disekitar kita.

Tanaman Lili Paris atau Tanaman laba-laba (Spider Plant)

Terlengkap !! 60+ Inspirasi Tanaman Hias UNIK Indoor & Outdoor Taman Inspirasi SAFA

Lili paris adalah tanaman hias semak . Tanaman yang satu ini sangat mudah dalam menanam dan merawatnya. Teman teman cukup mengambil anakan dari rumpun induknya. Untuk penanaman yang banyak , pengembangbiakan bisa dibagi menjadi beberapa rumpun kecil kecil sesuai dengan keinginan. Lili paris bisa di kembangbiakan di pekarangan, pot bahkan dengan media air juga bisa. Perawatan dapat dilakukan dengan penyiraman secara rutin dan teratur agar media tanam tetap lembab. Penyiangan gulma serta pemangkasan atau perampelan daun daun kering juga di perlukan agar lili paris tetap cantik. Pemupukan bisa dilakukan secara berkala dengan penambahan pupuk kandang ataupun pupuk organik cair.

Tanaman Lili Paris

Dikarenakan bentuknya yang ramping dengan jumlah daun sangat banyak dan menjuntai ke bawah, tanaman ini sangat cocok dinamai spider plant atau tanaman laba-laba. Pola pertumbuhan tanaman yang cenderung menjuntai ke bawah sangat mirip kaki laba-laba. Selain itu, tanaman hias jenis ini juga dapat tumbuh lebih dari satu sehingga di luar negeri dikenal juga dengan nama chicken and hens plants.

Tanaman laba-laba ini masih menjadi favorit bagi sebagian pecinta tanaman hias karena memiliki manfaat yang cukup banyak. Salah satu diantaranya adalah ia memiliki daya serap racun dalam ruang sebesar 90% sehingga sangat cocok dimanfaatkan sebagai pemanis sekaligus penetralisir udara dalam rumah kita. Berkait dengan tanaman lili paris, Taman Inspirasi memiliki beberapa tips tentang perawatan dan budidaya tanaman ini. Berikut video lengkapnya.

Tanaman Philodendron

Terlengkap !! 60+ Inspirasi Tanaman Hias UNIK Indoor & Outdoor Taman Inspirasi SAFA

Ide tanaman hias berikutnya adalah philodendron. Tanaman ini memiliki bentuk dan tekstur daun unik menyerupai bentuk hati dengan fungsi utama sebagai anti toksin atau penyerap racun dalam ruang. Meski demikian, kita memerlukan perawatan yang ekstra untuk mengaplikasikan tanaman ini sebagai penghias ruangan karena philodendron merupakan jenis tanaman merambat.

Tanaman philodendron ini membutuhkan perawatan dan penataan yang baik sehingga lebih sedap dipandang dan tidak membuat ruangan terasa sesak. Melalui penataan dan perawatan yang baik, kita akan mendapatkan nuansa natural dan sensasi keindahan tersendiri sehingga membuat atmosphere dalam ruangan lebih segar dan nyaman.

Tanaman Pakis Boston

Terlengkap !! 60+ Inspirasi Tanaman Hias UNIK Indoor & Outdoor Taman Inspirasi SAFA

Apakah anda sering merasa panas dan gerah dalam ruangan meski memiliki luasan yang ideal dan penataan furniture yang baik? Jika demikian, mungkin ada baiknya anda tempatkan tanaman hias jenis pakis boston dalam ruangan anda. Tanaman pakis boston memang sangat istimewa terutaman dalam kemampuannya untuk menyerap udara panas dalam ruangan.

Meski demikian, kita tetap perlu memperhatikan perawatan tanaman ini agar terjaga kesegarannya. Itu bisa dilakukan dengan pemindahan berkala dari ruangan dengan suhu tinggi ke ruangan bersuhu rendah atau lembab seperti kamar mandi. Dengan demikian, tanaman pakis ini akan tetap terjaga kesegaran dan terhindar dari resiko daun kering. Beberapa inspirasi tanaman hias lainnya di antaranya:

Tanaman Hias Jenis Kaktus

Sobat Taman Inspirasi pasti sudah mengenal tanaman kaktus tentunya. Kaktus ini memiliki ukuran besar, dan duri di seluruh permukaan tubuhnya, keistimewaan dari kaktus ini adalah dapat bertahan hidup dengan sedikit air, karena memang tanaman kaktus ini merupakan tanaman khas gurun pasir. Di Indonesia sendiri sudah banyak kita temukan tanaman kaktus yang di rawat oleh para pecinta tanaman. Bedanya para pecinta tanaman lebih suka menanam kaktus dalam ukuran yang tidak lagi besar , melainkan dalam ukuran mini. Umumnya kaktus mini ini di tanam dalam pot ukuran kecil dan bentuk yang menarik , sehingga kaktus mini ini menjadi tanaman yang cantik dan unik. Beberapa jenis/varietas kaktus mini yang cocok bagi pekarangan anda antara lain:

Kaktus mini Ariocarpus

Ariocarpus

Umumnya, kaktus memiliki duri pada batangnya. Duri itu layaknya daun berukuran kecil yang menjadikan kaktus mampu bertahan pada cuaca panas yang sangat ekstrim. Namun, kaktus jenis Ariocarpus ternyata tak mempunyai duri sama sekali. Daun kaktus mini ini berbentuk prisma dengan ujung yang melengkung atau runcing namun cenderung tumpul. Kaktus mini Ariocarpus dapat berbunga dengan ukuran yang cukup besar hampir seukuran dengan batang tanamannya.

Astrophytum

Astrophytum

Kaktus jenis Astrophytum bentuknya menyerupai buah belimbing dan memiliki bunga dengan corak warna beragam seperti merah, kuning dan merah muda. Bagian batang kaktus mini ini berbentuk bulat menyerupai bola. Kaktus jenis Astrophytum ini termasuk jenis kaktus yang mudah berbunga. Untuk merangsang pertumbuhan bunganya, Anda bisa tempatkan kaktus mini ini diruangan dengan suhu berkisar 40 derajat Celcius tetapi tidak terlalu banyak terpapar sinar matahari.

Kaktus mini Cereus tetragonus

Cereus tetragonus

Kaktus hias mini berikutnya yang bisa dijadikan penghias dalam ruangan yakni jenis Cereus tetragonous. Kaktus hias ini berasal dari benua Amerika dan bisa tumbuh meninggi. Bentuknya yang unik menyerupai kastil, sangat cocok ditanam di sekitar pagar rumah atau sebagai tanaman hias di jendela ruangan.

Kaktus mini Echinocactus grusonii

Echinocactus grusonii

Kaktus mini ini berbentuk bulat menyerupai gentong. Di habitat aslinya Amerika, kaktus ini dikenal dengan nama golden barrel atau gentong emas. Dinamai gentong emas karena duri yang mengitari batang Echinocactus ini berwarna kuning kecoklatan sehingga membuatnya terlihat seperti gentong bulat berwarna kuning. Banyak pecinta tanaman hias yang menyukai kaktus jenis ini dan harganya juga cukup tinggi.

Kaktus mini Echinofossulocactus

Echinofossulocactus

Kaktus hias yang satu ini juga cukup unik karena bentuk batangnya yang bulat menyerupai bola, berwarna hijau tua dengan duri besar yang menyelimutinya. Kaktus jenis ini tergolong tanaman hias mini yang pertumbuhannya lambat. Setidaknya, ia memerlukan waktu hingga 3 tahun untuk berbunga. Corak bunganya berwarna kuning, merah atau putih.

Kaktus mini Cephalocereus senilis

Cephalocereus senilis

Kaktus mini jenis ini seringkali diparodikan sebagai kaktus orang tua lantaran seluruh bagian batangnya dipenuhi serabut panjang berwarna putih layaknya kakek-kakek berjenggot. Serabut putih yang menyelimuti batang kaktus bisa tumbuh hingga sepanjang 12 cm. Supaya bisa tumbuh dengan baik dan subur, sebaiknya tanaman hias kaktus ini ditempatkan di area dengan suhu ruangan berkisar 32 s/d 40 derajat Celcius.

Tanaman Hias Daun untuk Indoor

Beberapa jenis tanaman hias kaktus lainnya yakni:

  • Ferocactus

  • Gymnocalycium

  • Haworthia attenuata

  • Lobivia oganmaru

  • Mammillaria elongata

  • Mammillaria elongata var. intertexta

  • Melocactus

  • Mammillaria fraileana

Tanaman Hias Batang Terpopuler

Di sejumlah tempat terkadang pernah kita lihat tanaman yang hanya batangnya saja namun bentuknya menarik dan enak dilihat, itulah tanaman hias batang. Saat ini semakin banyak orang yang menggunakannya untuk memperindah halaman rumah karena mempunyai keunikan tersendiri. Untuk tanaman hias batang, biasanya semakin besar ukurannya akan semakin bagus sehingga dapat mempercantik dan memberi kesan hidup di dalam ruangan. Dari namanya saja dapat ditebak bahwa yang paling menarik perhatian dan besar tumbuhnya pada tanaman hias jenis ini adalah batangnya.

Keunikan dari tanaman hias batang yakni jika tidak karena batangnya yang mempunyai diameter yang besar tingginya yang bisa mencapai ukuran tertentu, cabang-cabangnya juga bisa tumbuh sangat banyak dan mempunyai keunikan tersendiri dibandingkan tanaman hias berdaun lebat lainnya. Berikut ini beberapa jenis tanaman hias batang yang dapat TIS rangkum sebagai sumber inspirasi bagi sobat semua.

Tanaman Kaktus

Tanaman Hias Kaktus

Mungkin inilah jenis tanaman hias batang yang paling banyak orang tanam. Sejak dahulu tanaman kaktus memang cukup populer karena memiliki banyak varian. Terkadang ada pula jenis kaktus berbunga seperti jenis sukulen dan yang lainnya. Bunga kaktus mempunyai berbagai variasi warna dan batangnya pun berbentuk unik. Duri tanaman kaktus sebenarnya adalah daun yang berukuran sangat kecil. Karena habitat asli tanaman ini adalah pada daerah yang minim air sehingga ukuran daunnyapun sangat kecil untuk mengurangi penguapan air yang terserap oleh akarnya.

Tanaman berduri ini lebih ringkasnya terdapat dua jenis yang cukup dikenal yaitu tanaman kaktus batang kecil dan tanaman kaktus batang besar, tanaman kaktus batang kecil/mini atau lebih populer disebut tanaman sukulen, tidak bisa tumbuh dengan ketinggian diatas 15 cm dan biasanya ditaruh pada pot/media kecil. Sedangkan kaktus berukuran besar bahkan ada yang setinggi lemari, mempunyai batang yang berdiameter cukup besar dari pangkal hingga ujungnya.

Bambu Kuning

Tanaman Hias Batang Bambu Kuning

Tanaman bambu memiliki beberapa keunikan yaitu warnanya yang elegan dan bentuknya yang ramping. Batangnya tidak bisa tumbuh terlalu tinggi dan besar. Apabila berukuran besar atau usia dewasa mungkin hanya setinggi orang dewasa. Tidak seperti tumbuhan bambu pada umumnya yang bisa mencapai ketinggian seperti rumah pada umumnya. Penempatan tanaman hias jenis ini biasanya di pinggir atau berdekatan dengan area tembok rumah.

Bambu kuning bisa dimanfaatkan untuk menutupi keseluruhan bagian tembok sehingga seolah-olah seperti pagar rumah. Apabila berkerumun tanaman ini akan terlihat sangat cantik. Walaupun batang bambu kuning terlihat langsing namun jika berdekatan dalam satu rumpun maka akan terlihat sangat rimbun. Tanaman ini menyukai lokasi tanam yang agak sejuk karena itu kita bisa tempatkan didalam rumah atau dibawah penutup ruangan di teras depan rumah.

Palem Merah

Tanaman Palem Merah

Begitu melihat, kita akan langsung melihat tampilan tanaman yang unik karena batangnya berwarna merah agak oranye sedangkan warna daunnya hijau. Kontras warna tersebut langsung membuat banyak orang ingin melihatnya lebih lama. Warna-warna alaminya membuat rumah yang pada awalnya terlihat biasa saja akan menjadi lebih hidup. Corak warna tanaman ini terlihat sangat jelas meski tidak terlalu mencolok sehingga tidak bertabrakan dengan warna tembok ataupun furnitur dalam rumah Anda.

Tanaman palem merah ini tumbuh berkerumun di suatu titik dan jumlahnya banyak seperti tanaman bambu pada umumnya. Ini akan menimbulkan kesan alami di dalam rumah. Jika ditempatkan dalam ruangan akan lebih berkesan rimbun, ramai dan asri. Manfaat lain tanaman ini adalah menghasilkan oksigen di dalam rumah karena proses fotosintesis pada daunnya yang cukup banyak. Pastikan tanaman ini mendapat sinar matahari yang cukup dan ruangan yang agak tinggi.

Pandan Bali

Tanaman Hias Batang Pandan Bali

Pandan Bali dikenal juga gabungan dari pohon Palem dan pohon pandan. Bentuknya sangat unik dengan batang lurus seperti halnya pohon palem namun berukuran lebih kecil. Daun tanaman ini cukup lebat dengan bentuk yang tipis dan halus menyerupai daun pandan. Pohon ini tidak berduri baik batang maupun daunnya. Untuk daun, karena saking panjangnya kadang daun agak sedikit tertekuk ke bawah saat telah usia dewasa, ketika rimbun dan bergerombol membentuk seperti lingkaran ukuran besar wah itu sangat cantik dan enak dilihat. Untuk penggunaan bisa menggunakan pot ukuran besar dan ditaruh di sudut ruangan. Atau bila mempunyai taman dalam ruangan bisa ditanam di dalam tanah dan lokasinya ditempatkan di ujung dari taman tersebut.

Lidah Mertua

Tanaman Hias Lidah Mertua

Dari bentuknya, daun lidah mertua cukup keras seperti keluarga tanaman ini pada umumnya. Bagi orang awam, ciri paling menonjol dari tanaman ini terlihat dari daun/batangnya. Ingatkah Anda dengan bentuk daun lidah buaya? Ya, tanaman ini sekilas mungkin mirip dengan lidah buaya. Namun ia tidak tumbuh dari tanah melainkan dari ujung batangnya yang meruncing dan tajam. Tanaman ini juga menjadi idola bagi sebagian pecinta tanaman hias karena ukurannya yang kecil sehingga tidak membutuhkan pot besar ataupun lahan yang luas. Jika diletakkan berjajar tanaman ini bisa menyerupai pagar. Anda bisa menjadikannya pagar alami yang membatasi area taman dan teras rumah.

Tanaman Hias Kamboja

Tanaman Hias Batang Kamboja

Bila Anda pernah ke Bali mungkin anda pernah melihat tanaman ini. Walaupun bukan asli dari Indonesia, tapi tanaman ini tumbuh dengan baik di negara kita. Tanaman kamboja bisa tumbuh kokoh dan bercabang banyak. Pohon kamboja ini bisa beradaptasi dengan baik apabila banyak mendapat asupan cahaya matahari sehingga cocok diletakkan di area taman yang terbuka. Sejumlah kolektor tanaman menyukainya karena mempunyai keunikan pada batang dan bunga yang dihasilkan.

Tanaman hias batang ini tingginya bisa mencapai 6 meter. Sedangkan untuk bunganya ada yang berwarna kuning, merah, dan putih, tergantung dari jenis/varian tanamannya. Untuk jenis yang paling populer yakni kamboja Jepang yang memiliki ukuran cukup tinggi dengan batang yang besar. Sedangkan pohon kamboja biasa, ukurannya lebih kecil namun dengan jumlah cabang batang yang banyak. Sebagian orang mungkin lebih menyukai jenis ini dibandingkan jenis tanaman kamboja Jepang. Nah itu tadi beberapa jenis tanaman hias batang terpopuler versi Taman Inspirasi SAFA. Apakah sobat tertarik untuk menanamnya di rumah?

Tanaman Hias Merambat & Gantung Terfavorit

Tanaman hias merambat termasuk salah satu jenis tanaman hias yang sangat cocok ditempatkan di pekarangan untuk menambah kesejukan rumah sobat. Banyaknya jenis tanaman hias merambat membuat kita mudah memilih mana yang cocok untuk ditanam di hunian kita. Meski demikian, tanaman hias jenis ini membutuhkan sedikit penataan agar tetap terlihat elok dan asri dipandang. Untuk menanam tanaman rambat hias, sobat bisa gunakan pergola atau cukup menanambnya di dekat area dinding atau pagar rumah.

Ada banyak sekali varian tanaman hias merambat, baik yang berupa tanaman hias daun maupun bunga. Saat sobat berencana memilih tanaman hias rambat, sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan dan tempat yang ada. Jika sobat memerlukannya untuk kebutuhan dekorasi dalam ruangan (indoor) maka idealnya pilih tanaman yang tidak terlalu banyak memerlukan asupan sinar matahari langsung. Sedangkan untuk dekorasi luar ruangan (outdoor), sobat bebas memilih tanaman rambat yang diminati. Sobat juga bisa mengkombinasikan tanaman hias gantung dengan jenis tanaman hias lainnya.

Dengan penataan yang baik pastinya akan menambah asri dan nyaman hunian sobat TIS. Kali ini, TIS akan merekomendasikan beberapa jenis tanaman hias gantung atau tanaman rambat yang kami rangkum dari berbagai sumber.

Bougainvillea

Terlengkap !! 60+ Inspirasi Tanaman Hias UNIK Indoor & Outdoor Taman Inspirasi SAFA

Pilihan pertama kami jatuh pada tanaman bougainvilla atau bugenvil. Tanaman ini cukup populer dikalangan pehobby tanaman hias. Bugenvil acapkali disebut sebagai tanaman bunga kertas lantaran tekstur bunganya yang tipis layaknya lembaran kertas. Tanaman hias jenis ini bisa sobat tanam dalam pot atau langsung dipekarangan rumah. Namun idealnya tanaman ini sobat tempatkan diluar ruangan karena ia membutuhkan banyak asupan sinar matahari langsung untuk tumbuh dan berbunga.

Mandevilla

Tanaman Hias Merambat Mandevilla

Mandevilla termasuk jenis tanaman hias dengan bunga berwarna merah, putih atau merah muda. Tanaman ini sangat membutuhkan asupan matahari langsung sehingga kurang cocok jika ditempatkan didalam ruangan. Tanaman mandevilla sangat cocok digantung di teras rumah untuk menambah keasrian hunian sobat.

Star Jasmine

Tanaman gantung Star Jasmine

Tanaman hias bunga merambat berikutnya yakni star jasmine atau melati bintang. Secara tampilan, tanaman hias jenis ini terlihat sangat lembut dengan hiasan bunga putih krem dan aromanya yang wangi. Tanaman ini juga sangat menyukai sinar matahari langsung sehingga akan tampak lebih elok jika ditanam sebagai hiasan dipagar rumah atau dinding luar ruangan. Star jasmine juga akan terlihat mengagumkan saat menampilkan sifat rambatnya yang tumpah ke bagian tepi pekarangan sobat.

Bittersweet

tanaman hias Bittersweet

Tanaman hias jenis ini tampak elok saat daunnya meranggas dan menampilkan warnaan bunga yang kuning kemerahan. Dengan nama ilmiah Celastrus scandens, tanaman ini bisa mencapai ketinggian 2 meter. Tanaman hias merambat ini sangat cocok bagi sobat yang memiliki ruang tanam cukup luas di luar rumah.

Boston Ivy atau English Ivy

Tanaman Hias Boston Ivy

Tanaman hias merambat berikutnya yakni Boston atau English Ivy. Dikenal dengan nama ilmiah Parthenocissus tricuspidata, tanaman ini dapat memberikan nuansa keteduhan di luar rumah sobat. Tanaman ini juga dapat tumbuh dengan sangat cepat sehingga perlu penataan lebih lanjut pasca tanam. Pangkas daun tanaman ini setiap beberapa minggu sekali untuk membuatnya tetap asri dan indah.

Morning Glory

Tanaman Hias Morning Glory

Tanaman hias jenis ini termasuk dalam famili Convolvulaceae dan dikenal dengan nama lati Ipomoea. Ia memiliki varian corak hingga lebih dari 1000 spesies. Tanaman ini pertama kali populer di negeri Tirai Bambu China. Saat itu, biji tanaman ini dimanfaatkan untuk mengobati diare. Dan saat memasuki abad ke 9 tanaman ini dibawa ke Jepang dan berubah fungsi sebagai penghias rumah tinggal. Morning Glory termasuk salah satu jenis tanaman hias dengan aroma yang khas yang akan menyambut kita dengan keceriaan warnanya yang atraktif.

Clematis

Tanaman Hias Clematis

Jika sobat mencari tanaman hias gantung untuk menambah keasrian dan kecantikan pagar atau tembok diluar rumah, clematis bisa menjadi salah satu pilihan terbaik. Tanaman hias merambat clematis hadir dengan aneka corak bunganya yang indah dan pastinya akan membuat hunian sobat lebih hidup dan nyaman.

Tanaman Dollar

Tanaman Hias Merambat dolar

Tanaman hias rambat ini dikenal juga dengan nama ficus pumila. Tanaman ini biasanya dimanfaatkan sebagai penghias pagar atau tembok luar rumah. Tanaman ini akan menambah kesan hijau yang alami pada hunian sobat karena corak daunnya yang elok dan unik. Dalam satu batang, tanaman ini dapat menghasilkan lebih dari 20 buah tangkai daun. Corak daun mengkilapnya yang cantik dan bentuk batangnya yang unik membuatnya sering diburu oleh para penghobby guna menambah koleksi tanaman hias mereka.

Baca Juga : 20 Tanaman Air Paling Populer dan Digemari

Creeping Charlie

Tanaman Hias Merambat Creeping Charlie

Tanaman creeping charlie memiliki karakter daun seperti tanaman mint. Tanaman hias jenis ini sangat mudah tumbuh. Dalam hitungan minggu, daunnya akan terlihat lebat dan merambat keluar. Sobat bisa menempatkannya sebagai hiasan gantung diteras rumah untuk menambah keasrian hunian sobat.

Lee Kwan Yew

Tanaman Hias Merambat Lee Kwan Yew

Tanaman hias merambat ini dikenal sebagai tanaman lee yang tumbuh vertikal dan cocok ditanam di area sekitar dinding rumah. Berasal dari negara Burma dan diberi nama mantan Perdana Menteri Singapura atas jasanya menginisiasi proyek pembangunan ramah lingkungan Garden City pada tahun 1967. Tanaman ini sangat cocok digunakan sebagai dekorasi luar ruangan sekaligus sebagai pelindung dari terik matahari langsung.

Air Mata Pengantin

Tanaman Hias Rambat Air Mata Pengantin

Tanaman hias merambat berikutnya berasal dari daerah Meksiko dan kini sudah menyebar ke seluruh dunia termasuk Indonesia. Ia sangat populer karena tekstur daunnya yang berbentuk segitiga menyerupai hati. Dengan corak daun putih dan merah muda membuat tanaman ini cocok diletakkan di pekarangan rumah sobat.

Flame of Irian

Tanaman Hias Rambat Flame Of Irian

Tanaman yang satu ini termasuk jenis tanaman hias asli Indonesia yang dikenal dengan nama latin Mucuna Bennetti. Ia hadir dengan warna eksotis merah merona dan memiliki bentuk bunga unik dan mengerucut layaknya kuku macan. Tanaman ini juga memiliki banyak julukan seperti “Red Jade vine” atau “New Guinea Creeper” atau “Scarlet Jade Vine” hingga kuku macan.

Alamanda

Tanaman Hias Rambat Alamanda

Dengan nama latinnya Alamanda Cathartica atau populer dengan sebutan bunga terompet emas atau bunga lonceng kuning, tanaman hias yang satu ini digunakan sebagai penghias rumah karena bentuknya yang rupawan. Tanaman yang satu ini berasal dari benua Amerika dan kini telah menyebar ke penjuru dunia karena warna bunganya yang cantik sehingga cocok ditanam sebagai penghias rumah di perkotaan.

Baca Juga : 20 Tanaman Obat Keluarga paling Populer di Indonesia

Black eyed susan vine

Tanaman Hias Rambat Black eyed susan vine

Tanaman hias gantung berikutnya adalah black eyed susan vine atau thunbergia alata. Tanaman ini berwarna hitam pada bagian tengah bunganya. Sementara kelopak bunganya terdiri atas berbagai varian corak yang unik mulai dari kuning, merah hingga putih. Tak hanya eksotis dipasang di pagar rumah, tanaman ini juga cocok digantung diteras untuk menambah kesejukan rumah sobat.

Scindapsus pictus atau Sirih lurik

Tanaman Hias Rambat Black eyed susan vine

Tanaman sirih lurik ini memiliki karakter dedaunan kurus berwarna hijau tua dengan bercak menyebar di seluruh bagian daunnya. Dengan tampilan menjuntai kebawah, tanaman Scindapsus pictus ini sangat bagus ditanam di pot lalu digantung di sudut luar rumah sobat. Tanaman ini juga tidak membutuhkan perawatan yang ribet. Cukup tempatkan ia di area yang sedikit terang dan sirami minimal seminggu sekali akan membuat tanaman ini sehat dan subur.

Sirih Gading

16. Tanaman Hias Rambat Sirih gading

Tanaman hias merambat dengan nama latin Epipremnum aureum ini termasuk salah satu tumbuhan populer di Indonesia. Sangat cocok dijadikan dekorasi di ruangan kosong atau di teras rumah sobat semua. Banyak orang menyukai tanaman ini karena corak daunnya yang unik dan mudah dirawat. Untuk memperbanyak tanaman ini juga tak perlu ribet. Cukup potong pada bagian yang terdapat akar rambat lalu tanam maka ia akan tumbuh dengan sendirinya. Tanaman ini juga relatif berumur panjang dan mempunyai ketahanan yang baik terhadap perubahan lingkungan yang ekstrim.

Virginia Creeper

17. Tanaman Hias Rambat Virginia Creeper

Tanaman hias yang dikenal dengan nama latin Parthenocissus quinquefolia atau tanaman kayu berasal dari Benua Amerika dan dapat tumbuh dengan cepat. Agar tetap rapi, sobat harus rutin memangkasnya sehingga tetap bisa menjadi penghias rumah yang cantik dan nyaman dipandang.

Arum Dalu

18. Tanaman Hias Rambat Arum Dalu

Arum dalu cocok dijadikan dekorasi gantung karena mempunyai corak bunga yang khas dan aroma yang sedap terutama saat malam hari. Itulah mengapa tanaman ini populer juga dengan nama bunga sedap malam. Selain tampilannya yang elok, tanaman hias merambat ini juga berfungsi sebagai tanaman pengusir nyamuk karena aromanya sangat dibenci oleh serangga penghisap darah tersebut. Ia dapat tumbuh menjulang hingga 4 meter serta memiliki daun dengan lebar berkisar 2 s/d 5 cm. Daunnya berwarna hijau gelap dan mengkilap jika terkena sinar matahari.

Baca Juga : 10 Jenis Calathea Berdaun Unik & Cocok Ditanam Dalam Ruangan

Tanaman Hias Merambat Terulak

Tanaman Hias Rambat Terulak

Tanaman hias merambat terakhir yang ada dalam daftar Taman Inspirasi SAFA adalah tanaman terulak. Dengan nama latinnya Ipomoea alba, tanaman ini dihiasi bunga putih yang cantik dan beraroma harum menyegarkan. Ditemukan pertama kali di benua Amerika, tanaman ini cocok digunakan sebagai tanaman pagar. Ia juga akan tumbuh subur di area yang terkena sinar matahari langsung.  

Itu tadi beberapa ide tanaman hias yang dapat anda aplikasikan dengan mudah di rumah maupun kantor anda. Apakah anda punya ide yang lain? Jika iya, silahkan tuliskan di kolom komentar. Jangan lupa kunjungi channel Taman Inspirasi SAFA di YouTube untuk berbagai tips & inspirasi seputar pertanian, perkebunan, perikanan & peternakan. Selamat berkebun dan semoga sukses. Wassalam.