Inspirasi Tanaman Hias untuk Mempercantik Ruangan Anda

Share This Post

Memiliki rumah yang indah, nyaman dan bersih adalah dambaan setiap orang. Terlebih bagi anda yang tinggal di kawasan perkotaan. Setelah seharian disibukkan oleh aktivitas kerja di luar yang menyita banyak pikiran dan tenaga, menikmati suasana rumah yang asri dannyaman akan memulihkan kembali energi positif dalam diri kita. Dekorasi rumah yang baik dan elegan merupakan salah satu factor pemicu dalam memulihkan energi positif dalam pikiran dan jiwa kita.

Menambahkan beberapa aksesoris –salah satunya yakni tanaman hias – dalam daftar dekorasi rumah kita adalah satuhal yang fundamental. Ada beberapa inspirasi dan ide tanaman hias untuk dekorasi dalam ruangan maupun di luar ruangan diantaranya tanaman hias gantung,tanaman bunga, tanaman hias dalam pot, tanaman hias daun dan beberapa jenis tanaman hias lainnya. Berikut beberapa jenis tanaman hias yang dapat diaplikasikan dengan mudah dirumah anda.

  • Snake Plant atau Lidah Mertua
Tanaman Hias Snake plant atau Lidah Mertua

Snake plant atau lidah mertua merupakan satu diantara beberapa jenis tanaman hias yang sangat popular dimasyarakat kita. Selain perawatannya yang mudah, tanaman hias jenis ini juga bisa menjadi humidifier alami atau penyegar ruangan karena sifatnya sebagai penyerap polutan alami sehingga membuat udara dan atmosfer di dalam ruangan terasa lebih bersih dan nyaman.

  • Aloe Vera atau Lidah Buaya
Tanaman Hias Aloe vera atau Lidah Buaya

Selain manfaatnya yang segudang, ternyata aloe vera atau lidah buaya dapat digunakan sebagai penghias ruangan yang indah. Terlebih, tanaman hias jenis ini cenderung mudah dalam perawatannya sehingga membuat banyak orang tertarik menggunakannya sebagai aksesoris penghias ruangan. Beberapa manfaat dari tanaman hias lidah buaya ini yaitu sebagai vitamin atau stimulant penyubur rambut, menjaga kesehatan rambut, obat penyembuh luka, penghilang jerawat, untuk merawat kulit dan berbagai manfaat lainnya.

  • Tanaman Aglonema atau Sri Rejeki
Tanaman Hias Aglaonema atau Sri Rejeki

Tanaman hias yang lebih dikenal oleh masyarakat dengan naman sri rejeki ini, memiliki bentuk dan corak daun yang khas. Aglaonema merupakan jenis tanaman hias daun yang sangat cocok digunakan sebagai pelengkap dekorasi interior rumah Anda.

Seringkali kita melihat tanaman aglonema ini ditempatkan di sudut-sudut perkantoran karena perawatannya relatif mudah dan awet, meskipun ditempatkan di ruangan yang ber-AC dan minim terkena cahaya matahari. Selain itu, tanaman hias daun ini juga dapat menyerap racun atau oksidan sehingga membuat udara di dalam ruangan terasa lebih segar dan nyaman.

  • Tanaman Sirih Gading
Tanaman Hias Sirih Gading

Ide tanaman hias berikutnya adalah sirih gading atau golden pothos. Sirih gading merupakan jenis tanaman merambat yang memiliki warna daun hijau dengan belang kuning cerah hingga kuning pucat. Tanaman hias jenis ini akan tampak lebih berkelas jika kita meletakkannya dalam pot atau vas kaca transparan berisi air. Tanaman hias jenis ini sangat mudah dalam perawatannya karena ia tetap dapat tumbuh dengan baik meski ditanam pada media yang seadanya.

  • Tanaman Hias Jenis Palem
Tanaman Hias Palem Jepang

Ide tanaman hias berikutnya adalah dari jenis palem. Banyak jenis tanaman palem-paleman yang bisa kita manfaatkan sebagai penghias rumah. Meski demikian, jika kita tak cermat dan teliti dalam penempatannya, maka justru akan membuat rumah kita terasa sempit karena tanaman hias jenis ini memiliki ukuran yang cukup besar.

Tanaman Hias Palem Putih

Tips dari kami, gunakan pot berukuran besar dengan media tanam campuran antara tanah, sekam dan pupuk kandang. Letakkan tanaman hias ini di sudut ruangan yang memiliki luasan berimbang. Sebagai contoh, kita bisa meletakkannya di pinggir pintu masuk dalamrumah. Atau di pojok ruang tamu yang tidak terisi oleh hiasan apapun. Karena perawatannya yang relative mudah, tanaman ini banyak diminati oleh masyarakat sebagai salah satu alternatif penghias dalam ruangan.

  • Tanaman Bunga Gerbera atau Daisy
Tanman Hias Bunga Gerbery atau Daisy

Jika pada beberapa ulasan sebelumnya, ide dekorasi rumah yang kami berikan adalah dari jenis tanaman hias daun maka kali ini, taman inspirasi akan mereview beberapa ide tanaman hias bunga yang baik dimanfaatkan untuk mempercantik rumah anda. Yang pertama adalah tanaman Gerbera atau daisy. Tanaman ini menyajikan keunikan warna yang sangat elok dan memikat jika diaplikasikan sebagai penghias dalam ruangan. Meski demikian, tanaman ini membutuhkan perawatan yang sedikit ekstra karena ia harus rutin terkena sinar matahari dan mendapat penyiraman yang cukup. Kita juga harus rajin mengganti tanaman jika sudah terlihat layu atau kurang segar.

  • Tanaman Bunga Seruni atau krisan
Tanaman Hias Bunga Seruni atau Krisan

Tanaman seruni adalah nama lain dari bunga krisan. Tanaman hias jenis ini memiliki keunikan tersendiri terutamabaunya yang khas dan wangi membuat mood kita lebih fresh. Tanaman hias jenis ini juga memiliki warna kelopak bunga yang indah dan unik sehingga membuat kita betah berlama-lama di rumah terutama setelah mengerjakan aktifitas sehari-hari yang melelahkan. Selain itu, tanaman ini juga sangat cocok untuk ditempatkan dikamar tidur. Aroma wanginya yang menenangkan akan membuat istirahat kita lebih nyaman dan nyenyak.

  • Tanaman Bunga Lily
tanaman Bunga Lily

Tanaman hias bunga berikutnya adalah tanaman bunga lily. Tanaman bunga jenis ini sangat bagus diletakkan disudut kamar atau ruangan dengan penyinaran matahari yang cukup. Kita dapat meletakkan tanaman hias ini di tepi jendela kamar atau ruang keluarga agar mendapat penyinaran yang baik. Tanaman hias bunga dengan tampilan yang cantik dan warna-warni dipastikan dapat membuat pikiran dan jiwa kita lebih fresh setiap hari.

  • Tanaman Kaktus Bunga
Tanaman Kaktus Bunga

Tanaman kaktus bunga saat ini cukup popular untuk dimanfaatkan sebagai penghias dalam ruangan. Selain kaktus bunga, ada juga kaktus mini yang juga menjadi idola untuk tanaman hias indoor. Selain perawatannya yang mudah, tanaman ini juga bisa berfungsi sebagai antitoksin alami untuk menetralisir udara di sekitar ruangan. Kita bisa meletakkan dengan bebas tanaman ini sesuai keinginan kita karena kaktus tidak memiliki ketergantungan khusus dengan sinar matahari. Kaktus bunga dan kaktus mini dapat kita temukan dengan mudah di toko-toko tanaman hias disekitar kita.

  • Lili Paris atau Tanaman laba-laba (Spider Plant)
Lili paris atau spider Plant

Dikarenakan bentuknya yang ramping dengan jumlah daun sangat banyak dan menjuntai ke bawah, tanaman ini sangat cocok dinamai spider plant atau tanaman laba-laba. Pola pertumbuhan tanaman yang cenderung menjuntai ke bawah sangat mirip kaki laba-laba. Selainitu, tanaman hias jenis ini juga dapat tumbuh lebih dari satu sehingga di luar negeri dikenal juga dengan nama chicken and hens plants. Tanaman laba-laba ini masih menjadi favorit bagi sebagian pecinta tanaman hias karena memiliki manfaat yang cukup banyak. Salah satu diantaranya adalah ia memiliki daya serap racun dalam ruang sebesar 90% sehingga sangat cocok dimanfaatkan sebagai pemanis sekaligus penetralisir udara dalam rumah kita. Berkait dengan tanaman lili paris, Taman Inspirasi memiliki beberapa tips tentang perawatan dan budidaya tanaman hias ini. Berikut video lengkapnya.

 

  • Tanaman Philodendron

Philodendron

Ide tanaman hias berikutnya adalah philodendron. Tanaman hias jenis ini memiliki bentuk dan tekstur daun unik menyerupai bentuk hati dengan fungsi utama sebagai anti toksin atau penyerap racun dalam ruang. Meski demikian, kita memerlukan perawatan yang ekstra untuk mengaplikasikan tanaman ini sebagai penghias ruangan karena philodendron merupakan jenis tanaman merambat. Tanaman hias jenis ini membutuhkan perawatan dan penataan yang baik sehingga lebih sedap dipandang dan tidak membuat ruangan terasa sesak. Melalui penataan dan perawatan yang baik, kita akan mendapatkan nuansa natural dan sensasi keindahan tersendiri sehingga membuat atmosphere dalam ruangan lebih segar dan nyaman.

  • Tanaman Pakis Boston
Tanaman Pakis Boston

Apakah anda sering merasa panas dan gerah dalam ruangan meski memiliki luasan yang ideal dan penataan furniture yang baik? Jika demikian, mungkin ada baiknya anda tempatkan tanaman hias jenis pakis boston dalam ruangan anda. Tanaman hias jenis ini memang sangat istimewa terutaman dalam kemampuannya untuk menyerap udara panas dalam ruangan. Meski demikian, kita tetap perlu memperhatikan perawatan tanaman ini agar terjaga kesegarannya. Itu bisa dilakukan dengan pemindahan berkala dari ruangan dengan suhu tinggi ke ruangan bersuhu rendah atau lembab seperti kamar mandi. Dengan demikian, tanaman pakis ini akan tetap terjaga kesegaran dan terhindar dari resiko daun kering.  

Itu tadi beberapa ide tanaman hias yang dapat anda aplikasikan dengan mudah di rumah maupun kantor anda. Apakah anda punya ide yang lain? Jika iya, silahkan tuliskan di kolom komentar. Selamat berkebuh dan semoga sukses.

Share This Post

Leave a Comment