10 Jenis Calathea Berdaun Unik & Cocok Ditanam Dalam Ruangan

Jenis Calathea Berdaun Cantik
4/5 - (36 votes)

Calathea termasuk genus tanaman hias tropis yang berasal dari Amerika Selatan dan Asia. Banyak jenis calathea yang tumbuh subur sebagai tanaman hias dalam ruangan. Tanaman hias Calathea dikenal atas daunnya yang berukuran besar dan berwarna-warni dengan pola yang unik. Nama-nama spesies calathea seperti Zebra (Calathea zebrina), Rattlesnake, Pinstripe, dan Medallion yang semuanya bermula dari keunikan dan kecantikan daunnya.

Terkadang, calathea disebut ‘tanaman doa’ karena daunnya tumbuh pada malam hari menyerupai kondisi tangan kita saat berdoa. Pada malam hari, daun tanaman calathea terlipat tegak pada pangkal batang seolah tanaman itu melipat daunnya ke atas untuk berdoa. Proses ini disebut Niktinasti. Menurut wikipedia, niktinasti merupakan salah satu jenis gerakan nasti yaitu proses berirama yang dikendalikan oleh interaksi antara lingkungan dan waktu biologis. Di sini tekanan diarahkan lebih kepada respon motorik yang berperan dalam pergerakan seperti itu.

Daun calathea terkadang menggulung dari tepi luar ke dalam menuju vena tengah karena ada perubahan kondisi pada lingkungan tumbuhnya. Untuk mencegah daun melengkung, pastikan tanaman calathea Anda tetap hangat, lembab, dan jauh dari sinar matahari langsung. Pastikan juga tanaman hias Anda berada pada kondisi media tanah yang lembab.

Ada Berapa Banyak Spesies Calathea?

Didunia ini, ada banyak spesies calathea dan ratusan kultivar dan semuanya termasuk dalam famili tumbuhan berbunga yang dikenal sebagai Marantaceae. Ada hampir 300 kultivar Calathea, yang pada gilirannya tersebar di beberapa lusin spesies berbeda dari genus ini. Namun, calathea jarang berbunga di dalam ruangan. Beberapa jenis ‘tanaman doa’ ini memiliki daun oval berukuran besar dengan corak ungu tua dan merah jambu. Calathea lainnya memiliki daun berbentuk tombak dengan pola garis-garis dalam berbagai warna hijau. Mirip dengan tanaman doa sejati (Maranta), beberapa varietas calathea memiliki daun dengan bagian bawah yang berbeda warna dari bagian atas.

Apa Varietas Calathea yang Paling Mudah dibudidayakan?

Tentu saja, karena ada begitu banyak tanaman Calathea yang berbeda, masing-masing memiliki keunikan tersendiri, tanaman yang berbeda memiliki persyaratan yang berbeda pula. Dengan ini dikatakan, beberapa Calathea termudah untuk dirawat termasuk Calathea ornata, Calathea lancifolia (Calathea Ular Berbisa), dan Calathea roseopicta.

Baca Juga : Tanaman Hias Bunga untuk Daerah Tropis

Jenis Calathea Terbaik untuk Taman Indoor

Tips Menanam Calathea dalam Ruangan

1. Calathea Orbifolia

1. Calathea Orbifolia

Ini termasuk salah satu jenis Calathea yang semakin populer (sesuai dengan label harganya). Calathea Orbifolia tidak seperti banyak tanaman doa lainnya karena tidak memiliki bagian bawah merah marun pada daunnya. Sebaliknya, tanaman ini bercirikan daun hijau mengkilap yang bergaris-garis seperti permen.

2. Calathea Ornata

2. Calathea Ornata

Jenis calathea ini dikenal sebagai salah satu versi Calathea yang agak keras namun menjadi salah satu varietas tanaman doa yang paling mudah dirawat. Calathea Ornata dikenali dari daun hijau gelap yang mengkilap dan memiliki garis-garis merah muda yang terlihat seolah-olah dicat oleh seorang seniman. Berkat penampilannya yang unik ini, Calathea Ornata juga kadang-kadang disebut sebagai Calathea daun bergaris.

3. Calathea Roseopicta

3. Calathea Roseopicta

Ada beberapa versi berbeda dari Calathea Roseopicta (jenis medali seperti yang ditunjukkan di atas menjadi salah satu Calathea yang lebih populer untuk ditanam sebagai tanaman hias). Jenis calathea ini lebih mudah dirawat dan tidak terlalu rentan terhadap ujung daun yang kecokelatan dibandingkan tanaman doa seperti Calathea Orbifolia. Roseopicta memiliki warna daun merah marun di bagian bawahnya. Ia juga dikenal dengan pola atau corak yang kaya pada bagian pucuk daunnya.

Baca Juga : Ide Kreatif Tanaman Hias Daun untuk Indoor dan Outdoor

4. Calathea Warscewiczii

4. Calathea Warscewiczii

Daun hijau beludru Calathea Warscewiczii yang terkadang dikenal sebagai Calathea Jungle Velvet, ditandai dengan pita hijau gelap di seluruh bagian daunnya dan bagian bawah merah marun. Meskipun jika disentuh akan lebih terasa seperti kain beludru. Harap dicatat bahwa tanaman dua warna sekarang digolongkan sebagai Goeppertia warszewiczii karena alasan taksonomi, meskipun masih sering dijual sebagai tanaman Calathea, oleh karena itu namanya ada dalam daftar ini.

5. Calathea Rufibarba

10 Jenis Calathea Berdaun Unik & Cocok Ditanam Dalam Ruangan Taman Inspirasi SAFA

Dengan daun hijau panjang dan bagian bawah merah marun, Calathea Rufibarba memiliki bentuk daun yang paling tidak biasa dari semua tanaman Calathea. Tidak perlu bingung dengan Calathea lancifolia yang tampak agak mirip, Calathea Rufibarba juga sering disebut sebagai ‘beludru calathea’ atau ‘bulu berbulu Calathea’ karena daunnya yang berbentuk bulu halus.

6. Calathea Lancifolia, ‘Tanaman Ular Berbisa’

6. Calathea Lancifolia

Salah satu tampilan unik dari Calathea jenis ini ditandai dengan daunnya yang panjang dan berbintik hingga kemudian populer dengan sebutan ‘tanaman ular berbisa’. Termasuk jenis Calathea yang perawatannya cukup mudah. Namun perlu dicatat bahwa jenis Calathea khusus ini rentan terhadap ujung daun yang berubah menjadi kecokelatan. Sama seperti banyak tanaman Calathea lainnya, bagian bawah daunnya berwarna merah marun, sedangkan bagian atas daun berwarna hijau tua.

Baca Juga : Cara Menanam Bunga Matahari PALING Mudah & Praktis

7. Calathea Makoyana

10 Jenis Calathea Berdaun Unik & Cocok Ditanam Dalam Ruangan Taman Inspirasi SAFA

Sekilas jenis calathea ini tampak mirip dengan Calathea Flamestar dalam penampilannya. Calathea Makoyana biasa dijuluki ‘tanaman merak’ atau ‘jendela katedral’ karena daunnya yang dominan krem ​​hijau dipercantik dengan pola oval hijau memanjang dan garis hijau tua.

Dedaunannya cukup tipis, dan tidak seperti banyak varietas Calathea lainnya, bagian bawah daunnya bukanlah sekumpulan merah marun, melainkan cerminan pola di atasnya. Tanaman yang sudah dewasa bisa mencapai tinggi sekitar 30 cm.

8. Calathea Leopardina

8. Calathea leopardina

Dari semua jenis Calathea yang cukup mudah ditemukan, salah satu yang paling mudah dirawat adalah Calathea Freddie. Ciri khas dari daunnya yang hijau cerah penuh (tidak seperti banyak varietas tanaman doa lainnya), tanaman ini tidak memiliki bagian bawah merah marun yang dalam pada daunnya. Daunnya yang panjang memiliki tanda hijau tua (seperti pola garis macan tutul). Ini salah satu dari sedikit varietas Calathea yang mudah berbunga di dalam ruangan dan bunga putihnya pun mekar berkelompok.

9. Calathea Crocata

9. Calathea crocata

Ada banyak jenis Calathea. Namun sebagian besar dikenal karena tampilan daunnya yang menakjubkan dan jarang mekar di dalam ruangan. Dan jika mekarpun, bunganya kurang enak dipandang. Nah, Calathea crocata ini ternyata agak berbeda karenai ia termasuk salah satu jenis Calathea yang dihargai karena mekar bunganya yang menakjubkan.

Calathea crocata sering dijuluki sebagai ‘Tanaman Api Abadi’ karena warna bunganya yang jingga cerah dan jika mekar menyerupai nyala api! Calathea ini terutama terkenal sebagai tanaman yang mudah dirawat dan merupakan salah satu tanaman Calathea terbaik untuk pemula.

Baca Juga : Budidaya Anggrek Tanpa RIBET, Praktis & Ekonomis

10. Calathea Picturata Crimson

10. Calathea picturata Crimson

Calathea picturata crimson termasuk jenis tanaman hias dengan penampilan unik sama seperti kebanyakan Calathea yang memang digandrungi karena motif dan corak warna dedaunannya.

Calathea jenis ini memiliki daun yang cukup lebar dengan dominasi warna ungu dan cokelat gelap. Saat malam, daunnya akan menguncup layaknya tangan yang sedang berdoa. Sama seperti jenis Calathea lain, tanaman ini sangat menyukai cahaya matahari berlimpah, suhu hangat, dan kondisi iklim yang lembab.

Nah itu tadi beberapa jenis calathea yang mungkin dapat menjadi referensi bagi Anda pemula dalam bidang tanaman hias. Apakah Anda tertarik untuk membudidayakannya? Mungkin itu juga bisa menjadi lahan usaha sampingan yang cukup menjanjikan, karena bermula dari hobby yang dibina kita bisa mendapatkan tambahan penghasilan. Jangan lupa share artikel ini di akun sosmed sobat agar semakin banyak orang tahu manfaat berkebun di rumah. Wassalam.