20 Jenis Tanaman Puring dan Cara Merawatnya

tanaman hias puring

Tanaman puring memiliki lebih dari 100 varietas. Tanaman ini termasuk jenis tanaman hias daun yang bentuk, corak serta warnanya bisa sangat bervariasi. Diantara corak warna puring paling populer yaitu merah, kuning, hijau, tembaga, jingga, coklat dan merah muda. Warnanya yang tersebar merata ke seluruh bagian daun memberikan nuansa tanaman yang indah secara visual. Sebagian besar varietas tanaman puring atau tanaman hias croton membutuhkan lokasi yang terang dan tanah yang lembab agar dapat tumbuh dengan baik. Berikut ini kami rangkum beberapa varietas tanaman puring yang cukup populer.

1. Zanzibar Croton

1. Zanzibar Croton

Nama Ilmiah: Codiaeum Varigatum ‘Zanzibar’

Tanaman puring jenis Zanzibar ini dapat tumbuh hingga setinggi 90-120 cm. Diantara ciri khas varietas ini yaitu daunnya sempit dengan corak hijau, merah, ungu, jingga, dan kuning. Warnanya yang kontras menjadi pilihan tepat untuk menambah asri halaman rumah Anda. Jenis ‘Zanzibar’ ini sangat menyukai cahaya tidak langsung yang terang agar pertumbuhannya lebih optimal.

2. Yellow Iceton Croton

2. Yellow Iceton Croton

Nama ilmiah: Codiaeum Variegatum ‘Yellow Iceton’

Yellow Iceton memiliki tampilan dedaunan hijau pada bagian tengah dengan variasi kuning dibagian tepinya. Tinggi tanaman bisa mencapai 90 – 120 cm. Jenis puring ini bisa dibudidayakan sebagai tanaman indoor maupun outdoor. Varietas puring ini dapat ditanam di bawah sinar matahari penuh hingga teduh parsial.

3. Victoria Gold Bell Croton

3. Victoria Gold Bell Croton

Nama ilmiah: Codiaeum ‘Victoria Gold Bell’

Varietas puring yang satu ini memiliki struktur daun yang agak berbeda dan cenderung menjuntai dari poko tanamannya. Warna daun yang dominan dari varietas ini yaitu oranye, merah, hijau, atau merah yang dapat berubah tergantung tingkat paparan cahaya yang mengenainya. Melindungi tanaman dari sinar matahari langsung di musim panas dan juga dari udara panas serta dingin akan membuatnya tumbuh dengan lebih optimal.

4. Superstar Croton

4. Superstar Croton

Nama ilmiah: Codiaeum Variegatum ‘Superstar’

Warna daunnya cenderung hijau cerah dengan percikan bintik-bintik kuning. Kecantikan daun varietas puring ini membuatnya terlihat seperti seorang primadona tanaman hias daun! Tanaman puring jenis ini bisa tumbuh hingga setinggi 90-150 cm. Sirami puring ini secara teratur dan hindari penyiraman yang berlebihan. Tanaman puring jenis ini dapat tumbuh dengan baik di bawah sinar matahari penuh hingga teduh parsial.

BACA JUGA :   Pupuk Dekastar untuk Aglaonema: Solusi Pertumbuhan Tanaman Sehat dan Berkualitas

5. Red Iceton Croton

5. Red Iceton Croton

Nama ilmiah: Codiaeum ‘Red Iceton’

Red Iceton menghasilkan daun kuning yang matang dalam warna merah atau merah muda yang mencolok dengan urat-uratnya yang cerah. Tanaman ini dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian 210-240 cm saat ditanam di luar ruangan. Supaya lebih subur, tempatkan puring ‘Red Iceton’ di bawah sinar matahari langsung pada media dengan drainase yang baik.

6. Sunny Star Croton

6. Sunny Star Croton

Nama ilmiah: Codiaeum Varigatum ‘Bintang Cerah’

Varietas bintang cerah ini memiliki daun hijau muda berbentuk elips dengan ukurannya yang lebar. Terdapat corak warna emas di dekat pangkal setiap daun. Ia termasuk jenis tanaman hias daun yang dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian 120-180 cm. Asupan sinar matahari parsial dapat memunculkan dominasi warna kuning cerah dari varietas ini. Tempatkan tanaman di area yang menerima sinar matahari pagi atau cahaya tidak langsung sepanjang hari.

7. Petra Croton

7. Petra Croton

Nama ilmiah: Codiaeum Variegatum ‘Petra’

Berasal dari Asia Tenggara, tanaman ini memiliki ukuran daun yang lebar dalam nuansa kuning, hijau, oranye, perunggu, dan merah anggur. Tingginya bisa mencapai 120-150 cm. Tempatkan tanaman dalam pot besar di lokasi yang cerah.

8. Oakleaf Croton

8. Oakleaf Croton

Nama ilmiah: Codiaeum Variegatum ‘Oak Leaf’

Puring Oakleaf berciri khas daun tiga lobus dalam nuansa merah anggur, merah, hijau, oranye, dan kuning. Anda dapat menanamnya di teras rumah atau menanamnya di dalam ruangan dengan tetap mendapat asupan cahaya matahari saat pagi. Tanamlah pada media yang memiliki drainase yang baik. Hindari penyiraman berlebihan karena jenis ini sangat tidak menyukai kondisi air yang menggenang.

9. Mother and Daughter Croton

9. Mother and Daughter Croton

Nama ilmiah: Codiaeum ‘Ibu dan Putri’

Varietas puring yang eksotis ini berciri khas daun panjang dan sempit. Ujung daunnya secara menarik tampak menjuntai seolah memegang selebaran kecil lainnya. Daunnya berwarna hijau tua hingga ungu tua dengan bagian tengahnya berwarna kuning. Varietas ‘Ibu dan Anak’ ini tampil baik dalam naungan belang-belang.

10. Mrs. Iceton Croton

10. Mrs. Iceton Croton

Nama ilmiah: Codiaeum Variegatum ‘Ny. Iceton ‘

Spesimen cantik ini berciri khas daun hijau muda yang dihias dengan corak kuning, emas, oranye, dan merah. Tingginya bisa mencapai 90-180 cm. Ini adalah salah satu jenis puring terbaik dalam daftar kami. Jenis puring Iceton dapat ditanam di bawah sinar matahari penuh pada kondisi iklim yang dingin.

11. Mammy Croton

11. Mammy Croton

Nama ilmiah: Codiaeum Varigatum ‘Mammy’

Tanaman puring jenis ini menghasilkan daun keriting yang tebal, mengilap dan besar dalam nuansa merah, hijau, ungu, serta kuning cerah. Anda bisa menanamnya di luar ruangan sebagai tanaman perdu dan di dalam ruangan sebagai tanaman hias. Tingginya bisa mencapai 120-180 cm. Tanaman puring jenis ini dapat tumbuh dengan baik di tempat teduh parsial hingga sinar matahari penuh.

BACA JUGA :   20 Manfaat Bunga Mawar: Lebih dari Sekedar Simbol Cinta

12. Magnificent Croton

12. Magnificent Croton

Nama ilmiah: Codiaeum Varigatum ‘Magnificent’

Puring jenis ‘Magnificent’ memiliki tampilan daun besar yang berbintik-bintik dengan warna merah, oranye, merah muda, kuning, dan perunggu. Tanaman hias daun ini bisa tumbuh hingga 150-210 cm di luar ruangan dan rata-rata 90-120 cm ketika ditanam sebagai tanaman dalam ruangan. Tanaman ini tumbuh dengan baik di bawah sinar matahari penuh hingga teduh parsial.

13. Lauren’s Rainbow Croton

13. Lauren’s Rainbow Croton

Nama ilmiah: Codiaeum Varigatum ‘Lauren’s Rainbow’

Daun Lauren Rainbow yang panjang dan sempit memiliki corak kuning, hijau, dan ungu tua. Tumbuh setinggi 120-150 cm dengan sebaran merata. Tanaman puring jenis ini memiliki ketahanan yang baik terhadap kelembaban dan kekeringan sehingga menjadikannya pilihan ideal sebagai tanaman hias indoor. ‘Lauren’s Rainbow’ tumbuh dengan baik di bawah sinar matahari penuh hingga terduh parsial.

14. Gold Star Croton

14. Gold Star Croton

Nama ilmiah: Codiaeum Varigatum ‘Bintang Emas’

Varietas cantik yang tumbuh agak lambat ini memiliki daun sempit berwarna hijau tua yang dihias oleh bintik kuning berkilau. Tanaman puring jenis ini sangat mudah ditanam dan dirawat. Ia bisa mencapai ketinggian 90-180 cm. Gunakan tanah yang dikeringkan dengan baik untuk menumbuhkan varietas ‘Bintang Emas’ ini. Letakkan di tempat yang dapat menerima setidaknya 4 jam sinar matahari langsung.

15. Florida Select Croton

15. Florida Select Croton

Nama ilmiah: Codiaeum Varigatum ‘Florida Select’

Tanaman hias ini memiliki daun hijau beludru halus dan berukuran sedang dengan urat oranye, merah, dan kuning. Tanaman ini beracun jika tertelan, jadi jauhkan dari hewan peliharaan dan anak-anak Anda. Varietas puring ini memiliki kebutuhan air standar, jadi hindari penyiraman yang berlebihan. Ia lebih menyukai sinar matahari penuh daripada teduh parsial seperti jenis croton lainnya.

16. Gold Dust Croton

16. Gold Dust Croton

Nama ilmiah: Codiaeum Variegatum ‘Gold Dust’

Tanaman yang dikenal juga sebagai Sun-Spot Croton ini memiliki daun berbentuk oval berwarna hijau cerah yang ditaburi bintik kuning keemasan. Anda bisa menumbuhkannya sebagai tanaman hias indoor tetapi ia tetap membutuhkan paparan sinar matahari tidak langsung agar daunnya dapat berkembang dengan baik. Jauhkan tanaman dari sinar matahari sore yang menyengat.

17. Bush on Fire Croton

17. Bush on Fire Croton

Nama ilmiah: Codiaeum Variegatum ‘Bush on Fire’

Puring jenis ini memiliki tampilan daun sedikit kasar dalam nuansa merah jambu, hijau, merah, jingga, dan kuning. Warna daunnya dapat berubah seiring bertambahnya usia. Tanaman ini bisa tumbuh hingga ketinggian 90-150 cm. ‘Bush on Fire’ tumbuh paling baik di tempat yang menerima setidaknya 3-4 jam sinar matahari setiap hari dengan kondisi media tanam lembab merata.

BACA JUGA :   Cara Merawat dan Menanam Lidah Buaya Afrika

18. Eleanor Roosevelt Croton

18. Eleanor Roosevelt Croton

Nama ilmiah: Codiaeum Variegatum ‘Eleanor Roosevelt’

“Eleanor Roosevelt ‘menampilkan warna hijau hingga ungu dengan daun panjang sempit bertabur warna kuning keemasan. Henry Coppinger menemukan varietas ini pada sekitar tahun 1920-an. Tanaman ini bisa tumbuh hingga mencapai ketinggian 120-180 cm. Sirami tanaman secukupnya dan hindari penyiraman berlebihan.

19. Banana Croton

19. Banana Croton

Nama ilmiah: Codiaeum Variegatum ‘Pisang’

Berikan warna pada interior Anda dengan menumbuhkan varietas puring cerah ini. Dengan daun hijaunya yang berbentuk tombak dan dihiasi dengan corak kuning pisang, tanaman puring jenis ini sangat cocok ditempatkan disudut-sudut ruangan dalam rumah Anda. Tanaman ini dapat tumbuh hingga ketinggian 90-120 cm. Tanaman puring ini dapat tumbuh dengan baik di tempat yang teduh dengan penyiraman sedang.

20. Andrew Croton

20. Andrew Croton

Nama ilmiah: Codiaeum ‘Andrew’

Puring ‘Andrew’ adalah varietas paling populer yang menghasilkan daun hijau panjang yang sempit dengan garis putih krem. Tingginya bisa mencapai 90-150 cm. Anda bisa menanamnya sebagai pagar tanaman di pekarangan rumah Anda. Daun dan akar tanaman ini beracun. Tumbuhkan varietas ini di bawah sinar matahari penuh hingga teduh parsial untuk mendapat tampilan daun yang mempesona.

Cara Menanam dan Merawat Tanaman Puring

Media Tanam

Media tanam yang baik untuk tanaman puring adalah jenis yang tidak terlalu keras namun juga tidak terlalu poros. Gunakan campuran tanah, arang sekam atau sekam mentah, dan pupuk kandang atau kompos dengan perbandingan 1:1:1. Jika Anda tak memiliki sekam, Anda bisa menggantikannya dengan cocopeat dengan perbandingan yang sama. Tingkat keasaman media tanah (pH) yang ideal untuk tanaman ini yakni berkisar 5 – 6.

Penyiraman

Lakukan penyiraman secara teratur agar mendapatkan tampilan daun yang indah. Saat kondisi normal, lakukan penyiraman minimal sekali sehari. Saat cuaca terik, siram tanaman setidaknya dua kali sehari saat pagi dan sore. Perlu dicatat bahwa tingkat penyiraman hendaknya disesuaikan dengan tingkat keporosan media tanam. Jangan berlebihan dalam melakukan penyiraman karena tanaman puring ini memiliki toleransi yang terbatas terhadap genangan air.

Intensitas Sinar

Varietas puring dengan daun lebar akan sangat sensitif terhadap paparan sinar matahari. Jika ia terlalu banyak terkena sinar matahari maka daunnya akan mudah layu hingga mati. Oleh sebab itu, pemasangan peneduh seperti paranet bisa menjadi alternatif untuk menaungi tanaman. Jika Anda berencana menanam puring di luar ruangan, hendaknya kombinasikan dengan tanaman besar lainnya sehingga ia tak terpapar sinar matahari secara langsung.

Pemupukan

Puring yang ditanam dalam pot harus lebih sering diberikan pupuk sebagai tambahan nutrisi untuk perkembangan daunnya. Anda bisa gunakan pupuk organik maupun kimia yang mengandung banyak unsur P dan K. Kedua unsur tersebut penting untuk pertumbuhan tanaman terutama peningkatan warna daunnya. Sebagai alternatif, Anda bisa tambahkan pupuk organik cair maupun MSG seperti ajinomoto untuk meningkatkan daya tahan tanaman. Untuk pengaplikasiannya, kami telah membahasnya di artikel terdahulu.

Itu tadi pembahasan kami tentang 20 jenis tanaman puring terpopuler beserta tips perawatannya. Semoga artikel diatas bermanfaat dan jangan lupa share ke sosial media sobat TIS agar semakin banyak orang yang tahu akan manfaat berkebun dan bercocok tanam di rumah. Sekian dan terima kasih. Wassalam.

4.2/5 - (23 votes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *