Daging Buah Durian Musang King

Durian Musang King, Budidaya Mudah Hasil Melimpah

Durian Musang King – Apakah sobat Taman Inspirasi menjadi salah satu penggemar durian? Jika iya, pasti sobat mengetahui bahwa ada beberapa jenis durian yang seringkali diperjual belikan. Salah satu jenis durian yang paling populer adalah durian musang king. Seperti halnya durian bawor, buah durian musang king adalah varietas baru yang berasal dari kelompok buah berduri yang lezat ini.

Keistimewaan dari durian musang king adalah dagingnya tebal, bewarna kuning serta berbentuk daging kering atau sedikit creamy. Kelebihan lain yang dimiliki oleh durian jenis ini adalah memiliki biji kecil dengan tekstur lembut dan aroma yang kuat serta kombinasi antara rasa manis dan sedikit pahit. Buah durian ini disebut-sebut sebagai varietas terbaik dikelasnya.

Durian musang king sangat populer di Singapura dan Malaysia. Namun sebelum membeli durian musang king, ada baiknya Anda kenali dulu asal usul, karakteristik serta ciri buah berduri ini agar tak tertipu.

Varietas durian yang berasal dari Malaysia iniĀ  memang terkenal memiliki rasa yang legit, manis serta berdaging tebal. Saking legitnya, kepopuleran durian musang king ini bahkan menyaingi durian montong asal negara Thailand yang sudah lebih dulu populer.

Asal-Usul Durian Musang King

Pohon Durian Musang King

Lalu sebenarnya bagaimana asal usul durian ini? Durian musang king pertama kali diperkenalkan di masyarakat pada tahun 1990. Di negara asalnya, buah ini dikenal dengan sebutan durian mao shan wang yang berarti raja kucing.

Durian musang king dibudidayakan pertama kali di kawasan Tanah Merah, Kelantan, Malaysia. Saat itu, masyarakat sempat dibuat heboh. Pasalnya, di kawasan tersebut ada pohon durian yang menghasilkan buah dengan kualitas tinggi. Daging buahnya yang tebal dan berwarna kuning cerah membuat banyak orang langsung jatuh hati pada pandangan pertama. Selain itu, durian jenis ini juga memiliki rasa yang legit, manis sedikit pahit serta mempunyai biji yang lebih kecil/hampir kempis jika dibandingkan varietas lainnya.

Kemudian pada tahun 1993, seorang warga bernama Wee Chong Beng mendaftarkan durian ini sebagai varietas durian unggul dengan nama Raja Kunyit. Alasan penggunaan nama tersebut adalah karena durian jenis ini memiliki daging yang berwarna kuning seperti kunyit. Tetapi ada pula sebagian warga yang menyebutnya durian Raja Kunyit Musang King. Nama Musang King ditambahkan karena lokasi tumbuh pohon induk durian ini berada di dekat Gua Musang di wilayah Kelantan.

Tak lama kemudian, varietas ini langsung menjadi pembicaraan banyak orang dan mulai populer di kalangan para penikmat durian. Banyak petani di Malaysia yang berbondong-bondong menanam bibit durian Raja Kunyit Musang King. Hingga sekitar tahun 2000 pohon durian Musang King tersebut mulai berbuah dan dipanen secara massal.

Hasil panen yang tinggi dan kualitas buah yang stabil membuat populasi durian varietas ini semakin banyak dan tersebar di seantero negeri Jiran. Bahkan pihak Kementrian Pertanian Malaysia telah mencatat varietas Musang King ini sebagai varietas durian ke 197 dengan kode nama D-197.

Kualitas buah yang baik dan stabil membuat banyak pecinta durian tak segan merogoh koceknya dalam-dalam demi bisa menikmati legitnya Musang King. Dan ternyata banyak orang mengakui bahwa durian Musang King sebanding dengan rasa serta kualitas yang terjamin. Apalagi, harganya bisa sangat tinggi saat dipasarkan di luar negara Malaysia. Sulitnya pengiriman durian terlebih jika melewati jalur udara akibat pengawasan yang ketat di bandara, membuat harga durian musang king ini bisa melonjak tinggi.

Informasi harga terakhir di Malaysia, durian ini bisa mencapai RM 125 (Rp. 445.700) per kilonya. Namun saat panen melimpah, harga durian ini bisa turun pada kisaran RM 50-65 (Rp. 78.200 – Rp 231.00). Untuk kisaran harga tersebut, masih cukup menguntungkan bukan?

Mungkin ada beberapa sobat Taman Inspirasi yang bertanya-tanya, apa kelebihan durian musang king ini sehingga harganya bisa sangat tinggi?

Ciri khas yang paling menonjol dari durian jenis ini yakni daging buahnya yang berwarna kuning cerah dengan tekstur yang lembut dan rasa manis dengan sedikit pahit. Daging buah durian musang king juga tak berserat dan terasa creamy di mulut. Di Indonesia, durian musang king masih terbilang sangat langka dan sedikit orang yang membudidayakannya. Hanya beberapa penjual buah besar dan supermarket saja yang menyediakan durian jenis ini dan umumnya mereka menjualnya dalam keadaan beku. Apakah Anda tertarik untuk membudidayakan durian Musang King? Taman Inspirasi menyediakan bibit durian musang king dengan kualitas unggul yang dapat dibudidayakan dengan mudah dan InsyaAllah memiliki tingkat produktifitas yang tinggi.

Tips Budidaya Durian Musang King

Bibit Durian Musang King Kaki 3

Durian jenis ini merupakan salah satu varietas unggul yang dapat tumbuh dengan baik di daerah dataran rendah dengan ketinggian 1.000 meter diatas permukaan laut. Namun, jika sobat ingin mendapatkan hasil panen yang banyak dan maksimal, maka sangat disarankan untuk menanam tanaman durian ini di daerah yang memiliki ketinggian 400 s/d 600 meter diatas permukaan laut.

Tanaman durian musang king dapat tumbuh dengan baik didaerah dengan tingkat curah hujan tinggi dan di tempat-tempat yang memiliki iklim basah. Untuk jenis tanah yang ideal bagi pertumbuhan durian jenis musang king ini adalah tanah yang subur, kaya akan unsur nutrisi dan hara, gembur, dengan kedalaman air tanah tidak lebih dari 1 meter.

Beberapa faktor yang mempengaruhi pertumbuhan durian musang king adalah : iklim, ketersediaan unsur hara/nutrisi dalam tanah serta jenis penyerbukan yang membantu dalam proses produksi. Proses penyerbukan bunga durian jenis ini memang sangat berpengaruh pada ukuran serta rasa buah saat panen nantinya. Buah durian dari jenis musang king ini memang terkenal dengan harganya yang tergolong tinggi sehingga banyak orang membudidayakannya.

 

Leave a Reply