Khasiat Ajinomoto untuk Tanaman Sayur dan Buah

Share This Post

MSG atau Monosodium Glutamat merupakan suatu senyawa yang berbentuk kristal, yang merupakan jenis garam natrium / sodium yang terbuat dari asam glutamate. MSG tidak bahaya untuk dikonsumsi setiap hari, dengan catatan tidak berlebihan dengan dosis yang sesuai dengan aturan. Banyak sekali brand brand MSG yang beredar di pasaran, seperti ajinomoto, sasa, miwon dll. Selain untuk membuat masakan menjadi lebih gurih dan lezat ternyata MSG juga sangat bermanfaat untuk kesuburan tanaman.

Sobat Taman Inspirasi di sini kami akan membahas manfaat MSG atau vetsin untuk tanaman, untuk merk MSG yang di gunakan sesuai selera teman teman mau pilih yang mana, tapi kami biasa menggunakan brand Ajinomoto untuk menyuburkan tanaman.

Kandungan MSG beserta manfaat MSG ajinomoto

1. Menyuburkan tanaman. MSG ajinomoto dapat menambah kesuburan tanaman. Kandungan natrium yang tinggi pada MSG ajinomoto memberi pengaruh pada tingkat kesuburan suatu tanaman. Dengan memberikan larutan MSG secara teratur, maka tanaman akan megalami kesuburan yang baik. Kesuburan ini di tandai dengan :

MSG ajinomoto, terdiri dari kandungan senyawa C, H, O, N, dan Na. kelima unsur senyawa yang terkandung dalam MSG ajinomoto ini merupakan lima unsur senyawa yang diperlukan dlam perkembangan tanaman. Kelima unsur tersebut, terutama unsur N memiliki manfaat yang baik untuk :

– Merangsang pertumbuhan bagian tanaman, seperti batang, cabang dan daun

– Proses pembentukan protein dan lemak, yang dibutuhkan tanaman dalam melakukan proses pertumbuhan

Pengaplikasian Ajinomoto pada tanaman

1. Tanaman hias

Jika sobat di rumah memiliki tanaman hias beraneka ragam , namun masih bingung untuk memilih pupuk agar tanaman tumbuh dengan subur, berbunga lebat dan segar, jangan lupa taburkan msg ajinomoto secara teratur pada tanaman hias kesayangan anda, tentunya dengan dosis yang sesuai dengan kebutuhan tanaman. Karena tiap tanaman jenis dan , umurnya juga berbeda.

2. Sayuran

Ajinomoto dapat di aplikasikan pada jenis sayuran apapun seperti, berbagai macam jenis sawi (caisim, pakchoi, sawi putih dll ) , bayam, kubis, kembang kol, brokoli, kangkung, selada dan masih banyak lagi. Ajinomoto di berikan 1 minggu HST dengan dosis 1 gram per liter , atau bisa juga dengan ditabur di sekitar tanaman. Secara bertahap pemberian ajinomoto bisa ditingkatkan baik frekuensi waktu ataupun dosisnya sesuai dengan umur tanaman.

3.Sayuran buah

Terong, tomat, paprika, cabai, timun dll terbukti mengalami pertumbuhan yang baik dan berbuah lebat setelah di beri ajinomoto. Pemberian ajinomoto 1 gram per liter pada 2 minggu awal hst akan mempercepat pertumbuhan tanaman. Dosis dapat di tinggkatkan secara bertahap sesuai dengan kebutuhan tanaman. Untuk jenis sayuran buah dosis Ajinomoto yang deperlukan hingga masa panen berkisar 1 – 3 gram tiap pohon dengan interval waktu 3 – 5 hari sekali.

4.Tanaman buah

Dengan mengocor atau menabur ajinomoto di sekitar tanaman maka tanaman buah anda akan tumbuh subur. Untuk jenis tanaman buah tentunya dosis yang diperlukan lebih banyak di banding jenis tanaman yang lain, karena memang dari segi fisik tanaman buah memiliki postur lebih besar sehingga dibutuhkan nutrisi yang lebih untuk proses pembuahan. Beberapa sumber mengatakan jika msg tidak baik untuk jenis tanaman yang berbuah. Baik itu tanaman buah besar ataupun buah sayur. Hal ini di sebabkan karena pemberian ajinomoto pada tanaman berbuah akan berpengaruh pada kualitas buah yang dihasilkan, terutama dari segi rasa. Tanaman buah yang sering di beri ajinomoto akan menghasilkan buah yang kurang segar dan sedikit rasa gurih. Sehingga rasa buah tidak memiliki rasa buah seperti aslinya. Begitu juga untuk jenis tanaman sayur . Rasa dari sayuran yang dikonsumsi akan memiliki rasa kurang segar seperti aslinya. Sehingga penggunaan ajinomoto untuk tanaman pangan hanya diberikan pada masa vegetatif saja. Dari pendapat ini Taman Inspirasi mencoba untuk mengadakan eksperimen dalam penggunaan ajinomoto untuk berbagai jenis macam tanaman baik tanaman hias,sayur ataupun tanaman yang menghasilkan buah.

Untuk tanaman tanaman yang berbuah pengaplikasian ajinomoto memasuki fase pembungaan kami kurangi dosisnya dan kami tambahkan nutrisi pemacu pertumbuhan bunga dan buah dengan dosis yang lebih tinggi di banding Ajinomoto. Sehingga secara otomatis rasa gurih dari ajinomoto akan ternetralisir tanpa menghilangkan fungsi dari senyawa yang terkandung pada ajinomoto yang memang bagus untuk meningkatkan kesuburan tanah.Setiap tanaman mengalami tahap tahap perkembangan sampai pada pertumbuhan yang sempurna. Untuk mencapai itu semua tentunya tanaman membutuhkan suplay gizi yang lengkap, selain ajinomoto yakni nutrisi pendamping yang sesuai dengan kebutuhan pertumbuhan tanaman itu sendiri.

Oleh karena itu bagi teman teman sekalian jangan ragu dalam menggunakan Ajinomoto untuk tanaman buah maupun sayur ,karena Taman Inspirasi telah membuktikan sendiri bahwa Ajinomoto tidak mengubah rasa asli dari buah maupun sayur yang disiram menggunakan Ajinomoto dengan cara di imbangi dengan nutrisi yang lain yang sesuai.Ibarat buah mangga tidak akan berubah rasa menjandi jeruk ketika kita sering memberikan POC jeruk pada tanaman buah mangga , fakta yang terjadi adalah buah mangga menjadi tambah manis dan besar. Sayur sawi tidak akan berasa urin kelinci meski rajin di siram dengan urin kelinci. Sayur sawi akan subur, berdaun lebat dan segar dengan penyiraman POC urin kelinci. Berikut ini video lengkapnya.

Teman-teman Taman Inspirasi sekarang sudah tahu kan bahwa ternyata msg Ajinomoto memiliki banyak sekali manfaat baik untuk di konsumsi langsung ataupun untuk menyuburkan tanaman. Dengan pengaplikasian yang tepat InsyaAllah hsilnya pun akan bagus. Ini dulu ya informasi dari kami, terus berdo’a di setiap aktivitas kita kepada Allah agar kita senantiasa dalam lindunganNya. Demikian dari kami semoga bermafaat Wassalamualaikum wr.wb

Share This Post

4 thoughts on “Khasiat Ajinomoto untuk Tanaman Sayur dan Buah

Leave a Comment