pestisida alami bawang putih

Pestisida Organik PALING AMPUH dari Bawang Putih

Share This Post

Bawang putih merupakan salah satu pestisida alami yang sangat praktis, ekonomis dan tidak beracun untuk kebun. Bawang putih memiliki sifat fungisida alami dan pestisida yang bekerja secara efektif untuk mengendalikan hama. Untuk keampuhan maksimum dalam pengendalian hama, hindari menggunakan pupuk kimia apa pun. Itu karena pupuk kimia dapat mengurangi kandungan bahan vital dalam bawang putih untuk melawan hama. Kutu daun, semut, rayap, lalat putih, kumbang, penggerek, ulat bulu, siput, dan ulat daun adalah beberapa hama yang dapat dikontrol dengan baik menggunakan bawang putih.

TIPS: Penasihat ahli berkebun kami menambahkan, “Tanah yang sehat akan menarik serangga yang menguntungkan dan bekerja dalam kombinasi dengan bawang putih untuk mengusir serangga jahat. Menjaga tanah Anda tetap sehat dengan menggunakan banyak bahan organik, memungkinkan drainase yang memadai dan menjaga taman bebas rumput. ”

pestisida natural bawang putihCara Pembuatan Pestisida Alami Bawang Putih

  • Siapkan lima umbi bawang putih ukuran sedang.
  • Ekstrak dan buang kulit luarnya.
  • Gunakan peremuk bawang putih untuk menghancurkannya hingga bagian yang sangat kecil.
  • Alternatif lain, hancurkan menggunakan lesung dan alu.
  • Campurkan dengan 1/2 liter air.
  • Biarkan campuran tersebut terendam setidaknya selama enam jam.
  • Tambahkan beberapa sabun cuci piring. Sebaiknya gunakan sabun berbahan dasar kalium, karena yang terlalu keras akan merusak tanaman.
  • Gunakan kain halus untuk menyaring campuran.
  • Tempatkan dalam botol kaca dengan penutup yang ketat.
  • Bila sudah siap digunakan, encerkan campuran dalam 4 liter air.
  • Cara terbaik adalah menggunakannya segera setelah persiapan. Ketika disimpan untuk waktu yang lama, ia akan kehilangan potensi/khasiatnya.

Cara Aplikasi Pestisida Organik Bawang Putih

  • Untuk aplikasi termudah, tempatkan jumlah yang diinginkan dalam botol semprot.
  • Semprotkan bagian tanaman seminggu sekali untuk memberi perlindungan terhadap serangga.
  • Pada musim penghujan, Anda perlu menyemprot dua kali seminggu.
  • Bawang putih memiliki rasa yang sangat kuat. Setelah disemprotkan, rasanya akan tetap ada di tanaman selama sekitar satu bulan.
  • Sebaiknya jangan menyemprot terlalu dekat dengan waktu panen, karena dapat mengganggu buah atau sayuran yang dihasilkan.
  • Bawang putih adalah pestisida berspektrum luas, jadi berhati-hatilah untuk menyemprot hanya bagian tanaman yang penuh. Ini akan membantu meminimalkan penghancuran serangga yang menguntungkan.

pestisida organik bawang putihAir rendaman Bawang Putih

Anda dapat secara efektif mengontrol nematoda menggunakan air rendaman bawang putih untuk disiramkan ke tanah. Ini akan diserap oleh akar tanaman dan mengusir kumbang Jepang, ngengat, lalat wortel dan belatung akar. Ia juga dapat membunuh siput. Sangat efektif untuk menjauhkan rusa dan kelinci dari bunga di kebun. Meski efektif, rembesan air rendaman bawang putih juga cenderung merusak manfaat, serta serangga berbahaya dan bakteri tanah.

Inter-Cropping dengan Bawang Putih

Perawatan ini melibatkan penanaman dua atau lebih tanaman secara bersamaan di area yang sama. Manfaat menggunakan bawang putih dalam bercocok tanam secara tumpang sari adalah secara efektif mengusir hama berbahaya sambil mempertahankan manfaat yang dapat dipanen dari tanaman. Jika Anda menanam tomat, tanam beberapa bawang putih untuk mencegah tungau laba-laba merah menyerang tanaman Anda. Tanam bawang putih di sekitar pohon apel atau persik untuk mengusir penggerek buah. Tanam bawang putih jika Anda memiliki kubis untuk mengurangi kutu yang ditimbulkan oleh ngengat. Jika ditanam di dekat mawar, ia dapat mengusir kutu daun yang sering menyerang tanaman.

Meski demikian, bawang putih tampaknya tidak memiliki efek menguntungkan ketika ditanam dengan kacang polong, dan kentang. Oleh sebab itu, hindari menanamnya di samping tanaman tersebut.

TIPS: Sebagian besar ahli berkebun di negara barat merekomendasikan, “Tanam bawang putih di musim gugur untuk hasil terbaik.”

Segala sesuatu yang alami selalu menjadi pilihan terbaik, terutama ketika berhubungan dengan aktifitas berkebun baik itu buah maupun sayuran. Semoga panduan untuk menggunakan bawang putih sebagai pestisida diatas dapat membantu Anda mendapatkan hasil yang optimal dari kebun Anda!

Untuk lebih jelasnya silahkan simak video tutorial Taman Inspirasi tentang pembuatan pestisida alami bawang putih dibawah ini.

Share This Post

Leave a Comment