Tanaman Obat Keluarga

Tanaman Obat Keluarga paling Populer di Indonesia

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (10 votes, average: 4.70 out of 5)
Loading...

Manusia hidup pasti pernah merasakan sakit. Penyakit datang dari mana saja dan jika ia datang maka kita tidak bisa melakukan apa pun untuk melawan mereka. Dan, setelah kita dapat mengindikasi penyakit itu, kita perlu sesuatu untuk melepaskan rasa sakit, yaitu obat. Sebagian besar orang Indonesia lebih suka menggunakan obat alami yang tersedia di sekitar mereka.

Tanaman Obat Alami Paling Ampuh

Ada begitu banyak jenis tanaman herbal yang dapat digunakan untuk menghilangkan penyakit. Nah kali ini, TIS merangkum beberapa tanaman yang disebut TOGa (Tanaman Obat Keluarga) yang mengandung banyak manfaat bagi kesehatan kita.

Daun Jinten (Plectranthus amboinicu)

Tanaman Obat Daun Jinten

Sebagai tanaman obat pertama yang ada dalam daftar TIS, Daun jintan memang obat alami terbaik yang dapat Anda temukan di daerah Anda. Tanaman ini dapat tumbuh dengan cepat di kebun atau sawah, meskipun ukuran daun jintan terbilang sangat kecil.

Daun jintan dapat digunakan untuk meredakan sakit kepala, menyembuhkan sakit perut, meredakan batuk, dan dapat membantu memulihkan kesehatan ibu yang baru melahirkan. Selain itu, daun jintan juga dapat diproses untuk meningkatkan metabolisme tubuh, untuk ibu yang sedangĀ  menyusui dan tentunya berdampak baik bagi si bayi.

Biji Pohon Mahoni (Swietenia mahagoni)

Tanaman Obat Biji Pohon Mahoni

Anda mungkin pernah mendengar nama pohon o’Magony kan? Pohon ini terutama digunakan untuk bahan baku furnitur seperti meja, kursi, atau mungkin untuk dinding rumah. Selain kayunya yang bermanfaat, ternyata pohon biji Mahoni memiliki khasiat yang sangat besar untuk kesehatan tubuh.

Benih mahoni memiliki ukuran yang besar, tidak seperti biji pohon biasa. Biji mahoni dapat diolah menjadi bubuk yang bermanfaat menyembuhkan rematik, dan dapat menjadi bubuk ajaib untuk meningkatkan nafsu makan Anda. Selain itu, biji mahoni juga dapat mencegah penyakit diabetes, membantu menurunkan kolesterol dan mencegah penyakit jantung serta stroke.

Tanaman Patah Tulang (Euphorbia tirucalli)

Tanaman Patah Tulang

Sesuai dengan namanya, tanaman ini memiliki khasiat khusus untuk mengobati patah tulang. Tanaman ini merupakan obat alami terbaik untuk membantu penyembuhan tulang yang patah. Sudah menjadi tradisi umum dikalangan masyarakat kita menggunakan beberapa tanaman Patah Tulang untuk menyembuhkan bagian tubuh yang rusak/patah.

Selain mengobati patah tulang, tanaman unik yang memiliki bagian panjang menyerupai tulang, ternyata berkhasiat juga untuk menyembuhkan sakit gigi, mengatasi gangguan kulit, dan bahkan dapat digunakan sebagai obat kanker. Meski demikian, ada baiknya berkonsultasi dengan orang yang benar-benar ahli dalam meramu obat herbal terlebih dahulu agar kita tahu cara memprosesnya. Itu dikarenakan terdapat racun dalam getah tanaman ini.

Daun Sisik Naga

Tanaman Obat Daun ParasitJika anda termasuk pecinta film ‘Dragon Ballz’, maka anda tidak perlu mengumpulkan tujuh bola untuk dapat memanggil naga dan memintanya menyembuhkan penyakit Anda. Dengan tanaman Sisik Naga ini, Anda akan mendapatkan khasiat yang sama dalam menyembuhkan penyakit. Sebenarnya, daun Sisik Naga ini dikategorikan tanaman parasit yang selalu menginduk di tanaman lain.

Melalui pengolahan yang tepat, daun Sisik naga dapat diolah menjadi obat mujarab yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti rematik, pendarahan, kanker payudara, dan sakit perut. Manfaat lain dari tanaman ini adalah dapat menyembuhkan kanker meski harus melalui tahap pengolahan yang benar dan sesuai dengan saran dari para ahli.

Tanaman Ceker Ayam (Selaginella doederleinii)

Tanaman Ceker Ayam

Tanaman obat ceker ayam ini sebenarnya merupakan jenis tanaman hias dengan daun bercabang menyerupai kaki (ceker) ayam. Tanaman Ceker Ayam ini sangat mudah ditemukan di Indonesia, terutama pada beberapa bagian rumah seperti taman rumah dan pagar. Habitat terbaik untuk tumbuh biasanya di daerah tepi tebing atau jurang dan lebih banyak ditemukan di daerah dataran tinggi. Tanaman ini juga memiliki nama lain seperti daun kipas gunung, paku rane dan sebagainya.

Bentuknya unik dan menyerupai jenis tanaman hias liar seperti Putri Malu meski daun tanaman ceker ayam ini tertampak lebih kuat. Tanaman ini memiliki beberapa manfaat seperti membantu menurunkan demam, menghentikan pendarahan, mengatasi varises, wasir, dan alergi, menyembuhkan batuk, gonore, patah tulang, bronkitis, dan bahkan kanker paru-paru.

Daun Parasit / Daun Benalu (Dendrophthoe pertandra)

Tanaman Obat Daun Parasit

Daun Parasit ini sering disebut sebagai Benalu oleh orang Indonesia. Benalu ini selalu dicabut/dihilangkan dari tanaman lain, dan selalu dibuang begitu saja. Namun tidak banyak yang tahu tentang rahasianya bahwa ternyata ribuan manfaat dapat ditemukan dalam Daun Benalu tersebut.

Karena mengandung nutrisi di dalamnya, meskipun berasal dari tanaman lain, Daun Benalu dapat dianggap sebagai salah satu tanaman obat Indonesia terbaik yang memiliki manfaat mengobati epilepsi, membantu menurunkan tekanan darah, mengobati radang sendi, melancarkan peredaran darah, menyembuhkan sakit punggung, tumor, dan beberapa masalah dalam usus bahkan membantu mengobati penyakit kanker.

Tanaman Obat Brotowali (Tinospora crispa)

Tanaman Obat Brotowali

Beberapa orang Indonesia mengenal tanaman obat ini berkat sejarah Candi Borobudur. Konon waktu itu ada seseorang yang menemukan tanaman ini dan mencoba mencicipinya. Dan rasanya memang benar-benar pahit hingga rasa itu sulit hilang dari lidah sampai beberapa hari. Itu sebabnya, banyak orang menghindarinya dan membuat tanaman ini cukup populer pada waktu itu. Akan tetapi, sebenarnya mereka telah menyia-nyiakan kesempatan untuk mendapatkan obat yang sangat manjur dan bekhasiat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Meskipun rasa brotowali ini benar-benar buruk dan pahit, ternyata ia mengandung banyak manfaat d diantaranya menyembuhkan rematik, demam, malaria, membantu menurunkan kadar gula darah, membantu mengatasi gangguan BAB, mengobati diabetes bahkan membantu mencegah penyakit kanker hati. Ada juga beberapa penyakit kulit yang bisa diobati dengan tanaman ini. Tanaman ini juga dapat membantu meningkatkan nafsu makan terutama untuk anak-anak.

Bunga Cempaka Putih (Michelia alba)

Cempaka Putih

Berikutnya adalah Cempaka Putih. Tumbuhan ini memiliki beberapa nama, seperti campaka putieh, cempaka bodas, campaka, dan kantil. Banyak orang menyukai tanaman ini karena aromanya yang khas dan wangi sehingga bisa dijadikan parfum alami. Bunga campaka putih ini biasanya digunakan untuk upacara yang diadakan di desa, seperti di daerah Bali.

Selain digunakan sebagai parfum alami, bunga Cempaka Putih ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita, seperti menyembuhkan vertigo, sakit kepala yang sederhana, menyembuhkan batuk, demam, radang, keputihan, infeksi saluran kemih, dan berbagai manfaat lainnya. Khasiat bunga ini dalam hal kecantikan yaitu dapat membuat tubuh Anda wangi secara alami.

Bunga Kenop (Gomphrena globosa)

Tanaman Bunga Kenop

Sebagai objek foto, bunga ini sebenarnya terkenal karena bentuk dan teksturnya yang indah. Bunga kecil berbentuk bonggol dengan warna merah keunguan tumbuh menonjol di atas rumput hijau yang tinggi. Tidak hanya digunakan untuk membuat latar belakang foto lebih baik, ternyata bunga ini juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Manfaat Bunga Kenop ini adalah beberapa penyakit yang berkaitan dengan mata seperti mata merah atau iritasi ringan. Selain itu, bunga ini dapat digunakan sebagai obat alami untuk menyembuhkan demam, sakit kepala, membantu mengobati asma, penurun panas yang efektif untuk anak mengobati penyakit disentri, mengobati penyakit bronkhitis, mengobati radang saluran pernafasan dan juga membantu menyingkirkan mimpi buruk.

Buah Ciplukan (Physalis peruviana)

Buah Ciplukan

Dan kemudian, pada tanaman ke-10 dalam daftar tanaman obat Indonesia, kami memasukkan Ciplukan sebagai salah satu tanaman paling berkhasiat untuk mengobati dan mencegah berbagai macam penyakit. Buah-buahan ini sebenarnya menjadi favorit semua orang, terutama bagi mereka yang lahir di tahun sembilan puluhan. Anak-anak yang tumbuh pada masa itu biasa mencari tanaman ini untuk dimakan selama hari yang cerah.

Dan sekarang, banyak orang menyadari bahwa mereka dapat menggunakan tanaman ciplukan ini sebagai obat danĀ  tidak hanya untuk makanan camilan. Pasalnya, sebenarnya ada banyak manfaat baik yang tersembunyi di Ciplukan. Misalnya, buah ini dapat digunakan untuk mengobati asma, mencegah kanker payudara, membantu penyembuhan penyakit jantung, menurunkan tekanan darah tinggi bahkan membantu mengobati penyakit stroke.

Daun Sirih Cina / Ati-ati (Peperomia pellucida)

Daun Sirih Cina

Tanaman daun sirih cina ini banyak tumbuh liar di sekitar kita. Tanaman ini tumbuh dengan baik disekitar area yang lembab dan tak banyak terkena sinar matahari. Jika terkena matahari secara langsung maka daun tanaman ini akan menjadi kekuningan dan kurang baik untuk dijadikan obat alami.

Meski tumbuh secara liar, tanaman sirih cina ini memiliki segudang manfaat untuk kesehatan diantaranya yang paling popular yakni menyembuhkan asam urat dan nyeri pada tulang sendi. Cara mengkonsumsinya yaitu dengan merebus daun sirih cina ini dengan 2 gelas air hingga tersisa kurang lebih satu gelas saja. Semakin kental air rebusan yang dihasilkan maka semakin baik khasiat obat alami sirih cina ini bagi tubuh.

Selain daftar beberapa tanaman obat di atas, berikut daftar tanaman obat yang dapat anda ambil manfaatnya bagi kesehatan tubuh:

  • Daun Andong
  • Daun Tempuyung
  • Daun Pegagan
  • Adem Ati Leaves
  • Adas Leaves
  • Alpukat
  • Akar manis
  • Akar Wangi
  • Akar alang-alang
  • Ajeran

Nah, itu adalah tanaman obat yang sering dapat ditemukan di tanah Indonesia. Beberapa dari mereka sangat mudah ditemukan, bahkan mereka dapat ditemukan di sekitar tempat tinggal kita. Masalahnya, kita harus mencari obat alami terlebih dahulu, sebelum pergi ke alternatif lain. Karena obat-obatan alami tidak pernah memiliki dampak buruk bagi tubuh kita. Mungkin sudah waktunya bagi Anda untuk melakukan penelitian dan mungkin melakukan semacam perburuan tanaman untuk menemukan yang dapat menyembuhkan penyakit Anda. Sekian sobat Taman Inspirasi, semoga bermanfaat dan sukses. Jika anda memiliki saran atau masukan silahkan tinggalkan komentar anda di bawah. Wassalamu’alaikum.

 

Leave a Reply