PRAKTIS !! Rahasia Mengatasi Daun Keriting pada Cabe dalam 30 Menit

Mengatasi Daun Keriting pada Cabe dengan Kunyit

Mengatasi daun keriting pada cabe memang membutuhkan kesabaran dan ketekunan. Bagaimana tidak? Hama & penyakit yang menyerang tanaman cabe kita pasti membuat kita jengkel bahkan sampai putus asa. Apalagi jika tanaman cabe yang terserang sudah hampir memasuki masa panen. Meski demikian, bukan berarti permasalahan daun keriting pada tanaman cabe kita tak dapat dikendalikan. Nah, kali ini Taman Inspirasi SAFA akan mencoba mengulik permasalahan daun keriting pada cabe dan bagaimana cara mengatasinya.

Penyakit keriting daun pada tanaman cabe terjadi akibat serangang organisme pengganggu tanaman (OPT) dari golongan hama. Setidaknya ada 3 jenis hama yang seringkali menjadi penyebab daun cabe keriting yakni hama tungau, thrips dan aphids. Ketiga hama tersebut termasuk jenis hama kutu-kutuan yang seringkali menyerang tanaman cabe baik saat fase pembibitan, pertumbuhan bahkan saat masuk fase berbuah.

Thrips-Hama-Penyebab-Daun-Cabai-Keriting

Baca Juga : Insektisida Organik : Rokok Insektisida Organik PALING MANJUR?

Ketiga jenis hama tersebut memang menjadi sumber penyakit daun keriting pada cabe. Namun jika diperhatikan dengan seksama, sebenarnya ketiganya mempunyai dampak serangan yang berbeda. Hama tungau dan thrips menyebabkan daun tanaman cabe keriting kemudian rontok. Sementara hama aphids biasanya hanya menyebabkan daun keriting tetapi tidak sampai rontok. Meski demikian, ketiga-tiganya tetap menjadi hama yang sangat merugikan bagi para petani cabe, terutama jika tanaman sudah masuk fase berbuah.

Cara terbaik untuk mengatasi daun keriting pada cabe yakni dengan mengaplikasikan pestisida baik kimia atau organik. Penggunaan pestisida kimia saat ini sudah mulai dikurangi karena kurang ramah lingkungan. Dan kali ini Taman Inspirasi SAFA akan memberikan tips kepada sobat semua bagaimana cara membuat pestisida organik guna mengendalikan serangan hama penyebab keriting daun pada cabe.

Baca Juga : 8 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan & Pertanian

Penyebab keriting daun pada cabe

Penggunaan pestisida organik dalam jangka waktu yang lama tidak akan membuat tanaman dan lingkungan disekitarnya rusak. Justru sebaliknya, pestisida organik yang diaplikasikan dengan seimbang akan membuat tanaman semakin sehat tanpa meninggalkan residu yang berbahaya jika dikonsumsi manusia.

Karena sifat pestisida organik yang berbahan dasar alami maka residu yang ditinggalkannya juga akan mudah terurai. Inilah yang membuat pestisida organik lebih ramah lingkungan dan sangat aman bagi kesehatan manusia maupun hewan ternak. Banyak sekali bahan utama pestisida organik dan hampir sebagian besar mudah kita dapatkan.

Untuk mengatasi daun keriting pada cabe secara alami, bahan pestisida paling ampuh dan aman untuk diaplikasikan yakni kunyit.

Kunyit atau secara ilmiah populer dengan nama Curcuma domestica memiliki banyak manfaat. Selain berkhasiat untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, kunyit ternyata bisa dimanfaatkan sebagai bahan dasar pestisida organik untuk mengendalikan penyakit keriting daun yang disebabkan oleh serangan hama kutu.

Baca Juga : Tips JITU Atasi Hama Penyakit Jambu Air

Cara Mengatasi Daun Keriting pada Cabe dengan Pestisida Kunyit

Kunyit untuk mengatasi daun keriting pada cabe

Kunyit terutama memiliki kandungan senyawa yang sangat dibutuhkan dalam pembuatan pestisida diantaranya kurkumin, volatile oil dan demetoksikurkumin. Cara pembuatan pestisida organik berbahan dasar kunyit juga tergolong mudah. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Siapkan rimpang kunyit sebesar ibu jari lalu haluskan dengan cara ditumbuk, diparut atau diblender.
  2. Siapkan air bersih 0,5 liter. Bisa ditambahkan deterjen cair (sunlight) secukupnya. Deterjen berfungsi sebagai pengikat hama.
  3. Masukkan kunyit kedalam air dan aduk hingga merata.
  4. Diamkan air campuran pestisida tersebut selama minimal 30 menit.
  5. Agar tidak menyumbat alat penyemprot pestisida, sebaiknya saring air campuran tersebut sebelum mengaplikasikannya.
  6. Aplikasikan pestisida organik dari kunyit tersebut dengan cara menyemprotkannya ke bagian bawah daun tanaman cabe yang terserang.
  7. Untuk interval (jarak waktu) penyemprotan adalah 3 hari sekali. Jika tanaman sudah parah terserang hama keriting, dosis pestisida bisa ditingkatkan.

Sebenarnya masih banyak bahan pestisida lain yang bisa kita manfaatkan untuk mengendalikan hama & penyakit yang sering menyerang tanaman cabe. Diantaranya bahan seperti bawang putih, sirih merah, jahe, lengkuas, daun pepaya, serai wangi dan masih banyak lagi.

Baca Juga : Hati-Hati !! JANGAN Menanam Kunyit di Polybag, Ini Dampaknya…

Kita bisa bereksperimen menggunakan bahan-bahan tersebut dan jangan khawatir akan membuat tanaman kita layu atau mati. Sebab bahan-bahan diatas merupakan bahan alami yang justru residu yang ditinggalkannya bisa menambah nutrisi bagi tanaman kita. Untuk pembuatan pestisida dari bahan dasar bawang putih dan sirih merah, Taman Inspirasi SAFA pernah membahasnya di artikel terdahulu yang bisa sobat baca kembali disini dan disini.

Nah, itu tadi beberapa tips dari TIS tentang bagaimana mengatasi daun keriting pada cabe dalam waktu tak lebih dari 30 menit. Kenapa 30 menit? Ya, karena proses pembuatan pestisida dari kunyit sangatlah mudah dan cepat, sehingga siapapun bisa melakukannya. Asal ada niat & kemauan, pasti ada jalan. Jika penjelasan diatas dirasa kurang jelas, sobat bisa saksikan video dari channel TIS dibawah tantang cara pembuatan pestisida organik dari bahan kunyit. Sekian tips dari kami semoga bermanfaat. Selamat mencoba dan semoga sukses. Terima kasih. Wassalam.