30 Tanaman Obat Keluarga paling Populer di Indonesia

Tanaman Obat Keluarga

Manusia hidup pasti pernah merasakan sakit. Penyakit datang dari mana saja dan jika ia datang maka kita tidak bisa melakukan apa pun untuk melawan mereka. Dan, setelah kita dapat mengindikasi penyakit itu, kita perlu sesuatu untuk melepaskan rasa sakit, yaitu obat. Sebagian besar orang Indonesia lebih suka menggunakan obat alami yang tersedia di sekitar mereka.

Tanaman Obat Keluarga Alami Paling Ampuh

Ada begitu banyak jenis tanaman herbal yang dapat digunakan untuk menghilangkan penyakit. Nah kali ini, TIS merangkum beberapa tanaman yang disebut TOGa (Tanaman Obat Keluarga) yang mengandung banyak manfaat bagi kesehatan kita.

Daun Jinten (Plectranthus amboinicu)

Tanaman Obat Daun Jinten

Sebagai tanaman obat pertama yang ada dalam daftar TIS, Daun jintan memang obat alami terbaik yang dapat Anda temukan di daerah Anda. Tanaman ini dapat tumbuh dengan cepat di kebun atau sawah, meskipun ukuran daun jintan terbilang sangat kecil.

Daun jintan dapat digunakan untuk meredakan sakit kepala, menyembuhkan sakit perut, meredakan batuk, dan dapat membantu memulihkan kesehatan ibu yang baru melahirkan. Selain itu, daun jintan juga dapat diproses untuk meningkatkan metabolisme tubuh, untuk ibu yang sedang  menyusui dan tentunya berdampak baik bagi si bayi.

Biji Pohon Mahoni (Swietenia mahagoni)

Tanaman Obat Biji Pohon Mahoni

Anda mungkin pernah mendengar nama pohon o’Magony kan? Pohon ini terutama digunakan untuk bahan baku furnitur seperti meja, kursi, atau mungkin untuk dinding rumah. Selain kayunya yang bermanfaat, ternyata pohon biji Mahoni memiliki khasiat yang sangat besar untuk kesehatan tubuh.

Benih mahoni memiliki ukuran yang besar, tidak seperti biji pohon biasa. Biji mahoni dapat diolah menjadi bubuk yang bermanfaat menyembuhkan rematik, dan dapat menjadi bubuk ajaib untuk meningkatkan nafsu makan Anda. Selain itu, biji mahoni juga dapat mencegah penyakit diabetes, membantu menurunkan kolesterol dan mencegah penyakit jantung serta stroke.

Tanaman Patah Tulang (Euphorbia tirucalli)

Tanaman Patah Tulang

Sesuai dengan namanya, tanaman ini memiliki khasiat khusus untuk mengobati patah tulang. Tanaman ini merupakan obat alami terbaik untuk membantu penyembuhan tulang yang patah. Sudah menjadi tradisi umum dikalangan masyarakat kita menggunakan beberapa tanaman Patah Tulang untuk menyembuhkan bagian tubuh yang rusak/patah.

Selain mengobati patah tulang, tanaman unik yang memiliki bagian panjang menyerupai tulang, ternyata berkhasiat juga untuk menyembuhkan sakit gigi, mengatasi gangguan kulit, dan bahkan dapat digunakan sebagai obat kanker. Meski demikian, ada baiknya berkonsultasi dengan orang yang benar-benar ahli dalam meramu obat herbal terlebih dahulu agar kita tahu cara memprosesnya. Itu dikarenakan terdapat racun dalam getah tanaman ini.

Daun Sisik Naga

Tanaman Obat Daun Parasit

Jika anda termasuk pecinta film ‘Dragon Ballz’, maka anda tidak perlu mengumpulkan tujuh bola untuk dapat memanggil naga dan memintanya menyembuhkan penyakit Anda. Dengan tanaman Sisik Naga ini, Anda akan mendapatkan khasiat yang sama dalam menyembuhkan penyakit. Sebenarnya, daun Sisik Naga ini dikategorikan tanaman parasit yang selalu menginduk di tanaman lain.

Melalui pengolahan yang tepat, daun Sisik naga dapat diolah menjadi obat mujarab yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti rematik, pendarahan, kanker payudara, dan sakit perut. Manfaat lain dari tanaman ini adalah dapat menyembuhkan kanker meski harus melalui tahap pengolahan yang benar dan sesuai dengan saran dari para ahli.

Tanaman Ceker Ayam (Selaginella doederleinii)

Tanaman Ceker Ayam

Tanaman obat ceker ayam ini sebenarnya merupakan jenis tanaman hias dengan daun bercabang menyerupai kaki (ceker) ayam. Tanaman Ceker Ayam ini sangat mudah ditemukan di Indonesia, terutama pada beberapa bagian rumah seperti taman rumah dan pagar. Habitat terbaik untuk tumbuh biasanya di daerah tepi tebing atau jurang dan lebih banyak ditemukan di daerah dataran tinggi. Tanaman ini juga memiliki nama lain seperti daun kipas gunung, paku rane dan sebagainya.

Bentuknya unik dan menyerupai jenis tanaman hias liar seperti Putri Malu meski daun tanaman ceker ayam ini tertampak lebih kuat. Tanaman ini memiliki beberapa manfaat seperti membantu menurunkan demam, menghentikan pendarahan, mengatasi varises, wasir, dan alergi, menyembuhkan batuk, gonore, patah tulang, bronkitis, dan bahkan kanker paru-paru.

Daun Parasit / Daun Benalu (Dendrophthoe pertandra)

Tanaman Obat Daun Parasit

Daun Parasit ini sering disebut sebagai Benalu oleh orang Indonesia. Benalu ini selalu dicabut/dihilangkan dari tanaman lain, dan selalu dibuang begitu saja. Namun tidak banyak yang tahu tentang rahasianya bahwa ternyata ribuan manfaat dapat ditemukan dalam Daun Benalu tersebut.

Karena mengandung nutrisi di dalamnya, meskipun berasal dari tanaman lain, Daun Benalu dapat dianggap sebagai salah satu tanaman obat Indonesia terbaik yang memiliki manfaat mengobati epilepsi, membantu menurunkan tekanan darah, mengobati radang sendi, melancarkan peredaran darah, menyembuhkan sakit punggung, tumor, dan beberapa masalah dalam usus bahkan membantu mengobati penyakit kanker.

Tanaman Obat Brotowali (Tinospora crispa)

Tanaman Obat Brotowali

Beberapa orang Indonesia mengenal tanaman obat ini berkat sejarah Candi Borobudur. Konon waktu itu ada seseorang yang menemukan tanaman ini dan mencoba mencicipinya. Dan rasanya memang benar-benar pahit hingga rasa itu sulit hilang dari lidah sampai beberapa hari. Itu sebabnya, banyak orang menghindarinya dan membuat tanaman ini cukup populer pada waktu itu. Akan tetapi, sebenarnya mereka telah menyia-nyiakan kesempatan untuk mendapatkan obat yang sangat manjur dan bekhasiat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Meskipun rasa brotowali ini benar-benar buruk dan pahit, ternyata ia mengandung banyak manfaat d diantaranya menyembuhkan rematik, demam, malaria, membantu menurunkan kadar gula darah, membantu mengatasi gangguan BAB, mengobati diabetes bahkan membantu mencegah penyakit kanker hati. Ada juga beberapa penyakit kulit yang bisa diobati dengan tanaman ini. Tanaman ini juga dapat membantu meningkatkan nafsu makan terutama untuk anak-anak.

Bunga Cempaka Putih (Michelia alba)

Cempaka Putih

Berikutnya adalah Cempaka Putih. Tumbuhan ini memiliki beberapa nama, seperti campaka putieh, cempaka bodas, campaka, dan kantil. Banyak orang menyukai tanaman ini karena aromanya yang khas dan wangi sehingga bisa dijadikan parfum alami. Bunga campaka putih ini biasanya digunakan untuk upacara yang diadakan di desa, seperti di daerah Bali.

Selain digunakan sebagai parfum alami, bunga Cempaka Putih ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita, seperti menyembuhkan vertigo, sakit kepala yang sederhana, menyembuhkan batuk, demam, radang, keputihan, infeksi saluran kemih, dan berbagai manfaat lainnya. Khasiat bunga ini dalam hal kecantikan yaitu dapat membuat tubuh Anda wangi secara alami.

Bunga Kenop (Gomphrena globosa)

Tanaman Bunga Kenop

Sebagai objek foto, bunga ini sebenarnya terkenal karena bentuk dan teksturnya yang indah. Bunga kecil berbentuk bonggol dengan warna merah keunguan tumbuh menonjol di atas rumput hijau yang tinggi. Tidak hanya digunakan untuk membuat latar belakang foto lebih baik, ternyata bunga ini juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Manfaat Bunga Kenop ini adalah beberapa penyakit yang berkaitan dengan mata seperti mata merah atau iritasi ringan. Selain itu, bunga ini dapat digunakan sebagai obat alami untuk menyembuhkan demam, sakit kepala, membantu mengobati asma, penurun panas yang efektif untuk anak mengobati penyakit disentri, mengobati penyakit bronkhitis, mengobati radang saluran pernafasan dan juga membantu menyingkirkan mimpi buruk.

Buah Ciplukan (Physalis peruviana)

Buah Ciplukan

Dan kemudian, pada tanaman ke-10 dalam daftar tanaman obat Indonesia, kami memasukkan Ciplukan sebagai salah satu tanaman paling berkhasiat untuk mengobati dan mencegah berbagai macam penyakit. Buah-buahan ini sebenarnya menjadi favorit semua orang, terutama bagi mereka yang lahir di tahun sembilan puluhan. Anak-anak yang tumbuh pada masa itu biasa mencari tanaman ini untuk dimakan selama hari yang cerah.

Dan sekarang, banyak orang menyadari bahwa mereka dapat menggunakan tanaman ciplukan ini sebagai obat dan  tidak hanya untuk makanan camilan. Pasalnya, sebenarnya ada banyak manfaat baik yang tersembunyi di Ciplukan. Misalnya, buah ini dapat digunakan untuk mengobati asma, mencegah kanker payudara, membantu penyembuhan penyakit jantung, menurunkan tekanan darah tinggi bahkan membantu mengobati penyakit stroke.

Daun Sirih Cina / Ati-ati (Peperomia pellucida)

Daun Sirih Cina

Tanaman daun sirih cina ini banyak tumbuh liar di sekitar kita. Tanaman ini tumbuh dengan baik disekitar area yang lembab dan tak banyak terkena sinar matahari. Jika terkena matahari secara langsung maka daun tanaman ini akan menjadi kekuningan dan kurang baik untuk dijadikan obat alami.

Baca Juga : Sirih Cina, Tanaman Liar Seribu MANFAAT

Meski tumbuh secara liar, tanaman sirih cina ini memiliki segudang manfaat untuk kesehatan diantaranya yang paling popular yakni menyembuhkan asam urat dan nyeri pada tulang sendi. Cara mengkonsumsinya yaitu dengan merebus daun sirih cina ini dengan 2 gelas air hingga tersisa kurang lebih satu gelas saja. Semakin kental air rebusan yang dihasilkan maka semakin baik khasiat obat alami sirih cina ini bagi tubuh.

Berikut detail video tentang manfaat sirih cina sebagaimana dikutip dari channel YouTube Taman Inspirasi SAFA

12 Tanaman Obat Asam Urat & Cara Pengolahannya

Asam urat merupakan jenis penyakit yang paling sering diderita oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Penyakit ini biasa dialami oleh mereka dengan usia rata-rata diatas 30 tahun. Mungkin kita sering menyamakan antara penyakit asam urat dengan rematik. Meski sama-sama dikategorikan penyakit radang sendi, asam urat disebabkan oleh kadar asam urat (urid acid) yang berlebih dalam tubuh. Sedangkan nyeri sendi karena rematik disebabkan oleh sistem imun yang terganggu dan cenderung menyerang jaringan sendi tubuh.

Penyebab penyakit asam urat secara umum diantaranya trauma tubuh dalam jangka waktu yang lama, pola makan yang kurang sehat, infeksi, konsumsi obat-obatan kimia yang berlebih, ada riwayat keluarga yang terkena asam urat hingga obesitas atau kelebihan berat badan. Namun tahukah anda bahwa penyakit asam urat ini dapat disembuhkan dan bahkan dapat dicegah sejak dini dengan menkonsumsi tanaman herbal yang mungkin ada disekitar kita? Nah, kali ini Taman Inspirasi akan merangkum beberapa jenis tanaman obat asam urat yang bisa kita dapatkan di sekitar kita atau bahkan bisa kita budidayakan agar lebih bermanfaat untuk orang-orang disekitar kita.

Berikut ini Taman Inspirasi SAFA rangkum 12 tanaman obat asam urat lengkap beserta cara pengolahannya dan khasiat lain dari masing-masing tanaman tersebut.

Kulit Manggis

Tanaman obat asam urat kulit manggis

Tanaman buah manggis (garcinia mangostana l.) termasuk tanaman tropis yang berasal dari Semenanjung Malaya dan tersebar hingga segenap penjuru kepulauan nusantara. Tanaman ini memiliki ketinggian antara 7 – 25 meter dan termasuk pohon hijau yang memiliki siklus hidup yang lama. Bahkan bisa dikategorikan sebagai pohon hijau abadi yang tumbuh didaerah tropis. Buah manggis saat matang berwarna merah keunguan meski ada juga varian lain yang kulitnya berwarna merah. Di pasaran, buah ini dikenal sebagai ‘Queen of Fruit’ (Ratu buah) berdampingan dengan si Raja Buah durian. Buah manggis dikategorikan sebagai buah yang mengandung zat antioksidan tertinggi yang berfungsi sebagai zat anti-inflamasi tubuh.

Untuk mengobati asam urat, kita dapat memanfaatkan kulit manggis karena ia dapat memecah penumpukan kristal asam urat pada sistem persendian tubuh. Pecahan kristal asam urat itu pada akhirnya dapat dikeluarkan dengan mudah dari tubuh melalui urin atau kotoran. Kandungan mangostin pada kulit manggis juga berfungsi sebagai antibodi yang dipercaya dapat menyembuhkan luka tubuh lebih cepat.

Pengolahan Kulit Manggis untuk Mengobati Asam Urat

  • Cara pertama dengan dibuat jus. Pisahkan kulit manggis dan masukkan ke blender. Tambahkan 1 gelas air dan gula secukupnya agar tidak terlalu pahit. Setelah di blender halus, minum secara rutin 2 kali sehari.
  • Cara kedua dengan direbus dan dikeringkan. Iris tipis kulit manggis lalu jemur agar tahan lama. Jika sudah kering, rebus dengan segelas air sampai kulit manggis layu. Ambil rebusan kulit manggis dan blender hingga halus. Sebetulnya cara ini sama dengan cara pertama. Hanya saja kita akan mendapatkan kulit manggis yang lebih awet untuk disimpan dalam jangka waktu yang lama.
  • Cara yang ketiga adalah dengan ditumbuk lalu seduh dengan air panas. Tambahkan sedikit madu untuk mengurangi rasa pahit.

Daun Sirsak

Tanaman obat asam urat daun sirsak

Buah Sirsak atau dikenal juga dengan nama durian belanda (Annona muricata L.) merupakan jenis tumbuhan yang berasal dari benua Amerika tepatnya kepulauan Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Asal nama kata sirsak sesungguhnya dari bahasa Belanda yaitu ‘zuurzak’ yang berarti kantung asam. Meskipun tidak berasal dari benua Eropa, tanaman sirsak didatangkan ke Nusantara pada abad 19 oleh pemerintah kolonial Hindia-Belanda. Oleh sebab itulah dibeberapa daerah tanaman ini dikenal dengan nama nangko belando (Palembang) atau jambu landa (Lampung).

Berdasarkan penelitian, daun tanaman sirsak berkhasiat mencegah dan mengobati penyakit asam urat. Selain itu, daun sirsak juga mengandung zat antibodi seperti acetogenin yang memiliki kemampuan membunuh sel kanker dalam tubuh. Daun tanaman sirsak ini merupakan salah satu alternatif tanaman obat asam urat paling efektif dan populer sejak zaman nenek moyang kita.

Cara meracik daun sirsak untuk obat asam urat

  • Siapkan 6 s/d 10 lembar daun sirsak dan cuci hingga bersih.
  • Potong daun sirsak hingga menjadi beberapa bagian kecil agar nantinya zat yang terkandung didalamnya dapat tercampur dengan air.
  • Rebus potongan daun sirsak pada 400 ml air hingga tersisa setengahnya saja kemudian diamkan sampai agak dingin.
  • Untuk hasil yang optimal, air rebusan diminum setiap hari dan boleh ditambahkan sedikit madu untuk mengurangi rasa anyir.

Kunyit

Tanaman obat asam urat Kunyit

Tanaman kunyit atau kunir (Curcuma longa) merupakan salah satu jenis tanaman rempah-rempah asli dari kawasan Asia Tenggara yang kemudian mengalami persebaran sampai benua Afrika. Hampir sebagian besar bangsa Asia pernah mangkonsumsi tanaman rempah ini. Kunyit atau kunir seringkali digunakan sebagai bumbu masakan, jamu atau bahkan obat untuk menjaga kecantikan dan kesehatan tubuh. Jamu kunyit telah menjadi resep obat yang digunakan oleh nenek moyang kita selama berabad-abad lamanya.

Kunyit mengandung zat anti-inflamasi yang tinggi sehingga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi peradangan yang timbul akibat penyakit asam urat. Selain itu, tanaman kunyit juga berkhasiat mengobati penyakit kolesterol, hipertensi dan diabetes. Oleh sebab itu, kunyit menjadi alternatif tanaman obat yang dapat mencegah sekaligus mengobati berbagai penyakit dalam tubuh.

Baca Juga: 50 Inspirasi Tanaman Hias UNIK Indoor & Outdoor

Cara Mengolah Kunyit Untuk Obat Asam Urat

  • Siapkan kunyit secukupnya kemudian cuci dengan air yang mengalir hingga bersih
  • Haluskan kunyit menggunakan parutan atau blender
  • Saring kunyit yang telah dihaluskan untuk diambil sarinya
  • Rebus air perasan kunyit lalu tambahkan asam, gula dan garam secukupnya sampai tercampur rata
  • Setelah ramuan mendidih angkat dan tiriskan hingga dingin
  • Ramuan kunyit asem siap dikonsumsi sebagai obat alami asam urat
  • Untuk hasil yang optimal, konsumsi rutin 1 gelas dalam satu hari

Sambiloto

Tanaman obat asam urat Sambiloto

Sambiloto (Andrographis paniculata) termasuk salah satu tanaman obat yang cukup populer di Indonesia. Tanaman ini berasal dari kawasan tropis Asia, tepatnya dari negara India dan dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian 700 mdpl. Sebenarnya, seluruh bagian tanaman sambiloto dapat dimanfaatkan sebagai obat tradisional, namun yang paling sering diolah adalah daunnya.

Sambiloto sangat berkhasiat menyembuhkan penyakit asam urat karena mengandung senyawa penting seperti flavanoid, aldehid, alkane, keton, kalium, natrium dan kalsium. Tanaman ini juga berkhasiat menyembuhkan flu dan pilek, mencegah penyakit jantung, membantu mencegah penyakit diabetes, menyembuhkan infeksi dan gangguan saluran pencernaan.

Cara Mengolah Sambiloto

  • Siapkan satu genggam daun sambiloto, kemudian bersihkan dengan air yang mengalir
  • Tumbuk daun sambiloto hingga halus dan tambahkan setengah gelas air masak
  • Terakhir, saring airnya dan diminum langsung, lakukan cara ini secara rutin sampai sembuh
  • Untuk mengurangi rasa pahit, bisa ditambahkan madu secukupnya
  • Konsumsi sambiloto rutin setiap hari agar mendapatkan hasil yang maksimal

Sirih Cina

Sirih Cina Tanaman obat asam urat

Daun Sirih cina atau ketumpang air seringkali dianggap sebagai gulma atau tanaman liar. Namun ternyata daun sirih cina sangat manjur digunakan sebagai obat asam urat. Disebut sirih cina karena tanaman ini memiliki daun menyerupai tanaman sirih dengan tekstur yang lunak, kecil dan berair. Sirih cina atau istilah latinnya Peperomia pellucida mempunyai habitat tumbuh di area yang lembab dan cenderung tidak menyukai sinar matahari.

Jika tanaman ini terpapar sinar matahari langsung maka lama-lama daunnya akan menjadi kekuningan dan membuat khasiat sirih cina menjadi berkurang. Tanaman sirih cina ini bisa diperbanyak melalui biji. Unsur kimia yang terkandung dalam tanaman sirih cina antara lain kalsium oksalat, tanin, alkaloid, lemak dan minyak atsiri.

Cara Mengolah Sirih Cina untuk Obat Asam Urat

  • Ambil segenggam tanaman sirih cina (daun & batangnya) lalu cuci sampai bersih
  • Setelah itu rebus dengan 2 gelas air selama 15 hingga 20 menit atau hingga tersisa kira-kira 1 gelas air
  • Diamkan sampai dingin dan saring air rebusan sirih cina
  • Kemudian minum segelas air rebusan sirih cina ini 3 kali sehari
  • Agar lebih maksimal, konsumsi sirih cina setiap hari karena ia tidak akan menimbulkan efek samping meskipun di konsumsi dalam jangka waktu yang lama

Selain tanaman diatas, ada juga beberapa tanaman obat asam urat lainnya yang sangat efektif dalam menyembuhkan maupun mencegah penyakit asam urat, yaitu:

Jahe Merah

manfaat-jahe-merah-untuk-kesehatan

Dalam dunia pengobatan menggunakan tanaman herbal, jahe merah dikenal memiliki kandungan zat yang mampu menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Bahkan untuk sekedar dikonsumsi setiap hari dan dalam jangka waktu yang lama, jahe merah tidak akan menimbulkan efek samping bagi kesehatan tubuh kita. Justru sebaliknya, kandungan nutrisi dalam jahe merah akan membantu pembentukan antibodi sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit.

Pengolahan Jahe Merah untuk Obat Asam Urat

Dengan pengolahan yang tepat, jahe merah bisa menjadi alternatif obat herbal untuk penyakit asam urat. Caranya sangat mudah, yakni cukup merebusnya dengan air lalu minum ketika sudah dingin. Air rebusan jahe merah dapat dikonsumsi setiap hari. Namun jangan menyimpannya terlalu lama karena itu akan menghilangkan khasiat utama jahe merah. Untuk hasil yang lebih baik, kita bisa menumbuk jahe merah tersebut sebelum merebusnya. Beberapa jenis penyakit lain yang bisa disembuhkan dengan mengkonsumsi jahe merah yakni:

  • Meredakan nyeri berlebih karena penyakit asam urat
  • Mengurangi pembengkakan
  • Mengurangi penumpukan kolesterol atau lemak jahat dalam tubuh
  • Meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh
  • Merupakan antioksidan yang baik bagi tubuh

Daun Seledri

Daun Seledri obat asam urat

Daun seledri termasuk salah satu jenis sayuran yang kaya akan vitamin, diantaranya vitamin A, B1 dan C. Selain itu, dalam satu lembar daun seledri terkandung senyawa kalsium, zat besi, fosfor, flavanoid dan berbagi senyawa yang penting bagi tubuh. Diantara zat-zat yang terkandung didalam seledri, senyawa Glikosida memiliki pengaruh yang sangat baik dalam membantu penyembuhan untuk penyakit asam urat.

Jika Anda kurang suka mengkonsumsi daun seledri sebagai lalapan, ada cara lain untuk memanfaatkan daun seledri sebagai obat alami asam urat. Rebus 3 gelas biji tanaman seledri dengan 3 gelas air hingga berkurang setengahnya. Setelah itu, saring air rebusan dan dinginkan. Minum air rebusan biji tanaman seledri 2 atau 3 kali sehari.

Manfaat Daun Seledri untuk Kesehatan

  1. Membantu menjaga sistem pencernaan
  2. Membantu menetralisir makanan asam
  3. Melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan
  4. Membantu mencegah kanker
  5. Seledri kaya vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh
  6. Membantu mengurangi peradangan

Daun salam

Daun Salam obat asam urat

Selama ini mungkin kita hanya mengenal daun salam sebagai pelengkap bumbu dapur. Namun ternyata, di balik keunikan rasa daun salam, tersembunyi khasiat yang sangat tinggi terutama dalam membantu penderita asam urat dalam proses penyembuhannya. Kandungan senyawa flavanoid, astiri alkaloid serta tanin membantu tubuh kita dalam meningkatkan fungsi ginjal. Jika ginjal bekerja dengan baik, maka proses pembuangan zat-zat berbahaya bagi tubuh melalui urin akan berjalan dengan lancar.

Cara Mengolah Daun Salam

Cara mengolah daun salam sebagai obat alami asam urat yakni dengan merebus 5 s/d 10 lembar daun salam yang berwarna hijau tua dengan 3 gelas air dan biarkan sampai berkurang setengahnya. Saring air rebusan dan dinginkan beberapa saat. Minum air rebusan daun salam 2 atau 3 kali dalam seminggu.

Beberapa manfaat lain dari daun salam selain sebagai obat asam urat yaitu:

  1. Membantu mengobati batu ginjal
  2. Meredakan peradangan dalam tubuh
  3. Mencegah darah tinggi
  4. Membantu meningkatkan kinerja jantung
  5. Membantu mengatasi sembelit
  6. Mengobati batuk
  7. Membantu mencegah komplikasi akibat diabetes

Daun mangga muda

Daun Mangga Muda obati asam urat

Daun mangga muda ternyata bisa juga membantu penyembuhan asam urat. Caranya sangat mudah, cukup ambil 5 lembar daun mangga muda yang masih segar lalu rebus dalam 250 cc air hingga berwarna kecoklatan. Setelah itu saring air rebusan dan minum ketika hangat dua kali sehari. Daun mangga mengandung senyawa pelaur purin yang dapat membantu mengurangi penggumpalan dalam darah.

Khasiat lain dari daun mangga muda untuk kesehatan diantaranya membantu menurunkan hipertensi, membantu kinerja pencernaan, mengontrol gula darah untuk penderita diabetes, mengobati asma, menyembuhkan penyakit disentri dan meningkatkan fungsi kognitif tubuh.

Tanaman kumis kucing

Tanaman Kumis Kucing obat Asam Urat

Selain sebagai penghias rumah, tanaman kumis kucing ternyata bisa dimanfaatkan sebagai obat alami asam urat. Cara mengolahnya pun cukup mudah. Setelah dicuci bersih, rebus 4 s/d 5 lembar daun kumis kucing dan meniran bersama 2 gelas air. Setelah direbus sampai tersisa kira-kira 1 gelas, saring air rebusan kemudian dinginkan dan minum 2 s/d 3 kali sehari. Berikut ini beberapa manfaat lain dari kumis kucing selain sebagai tanaman obat asam urat:

  1. Membantu mengatasi batu ginjal
    2. Mengontrol penyakit diabetes
    3. Mengatasi penyakit sesak napas/asma
    4. Membantu mengatasi hipertensi
    5. Mengatasi penyakit kulit akibat jamur

Daun sidaguri

Daun Sidaguri obati asam urat

Asam urat termasuk jenis penyakit yang disebabkan oleh sisa metabolisme dalam tubuh kita. Kadar asam urat yang menumpuk dalam tubuh membuat ginjal sulit mengeluarkannya melalui urin atau feces. Akibatnya, asam urat yang berlebih akan mengganggu sistem peredaran darah dalam tubuh. Beruntung kita hidup di Indonesia yang kaya akan keanekaragaman hayati. Salah satunya yakni tanaman sidaguri yang dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal untuk asam urat.

Cara mengolah tanaman sidaguri untuk obat asam urat ternyata sangat mudah. Ambil 10 lembar daun dan 5 batang tanaman sidaguri lalu cuci sampai bersih. Potong kecil-kecil daun dan batang sidaguri lalu rebus dengan 2 gelas air. Didihkan air sampai berkurang setengahnya. Saring dan diamkan air rebusan, kemudian minum saat hangat. Untuk mendapatkan manfaat yang optimal, minum 2 kali sehari sampai penyakit asam urat Anda sembuh.

Tanaman pegagan

Daun Pegagan obat asam urat

Daun pegagan atau tapak kuda marupakan salah satu jenis tanaman yang tumbuh liar di alam. Namun siapa sangka ternyata tanaman ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, terutama bagi para penderita penyakit asam urat. Cara mengolah daun pegagan untuk obat asam urat yakni siapkan 1 genggam daun pegagan bersama 5 batang tapak lima. Pilihan lainnya, Anda bisa menambahkan 1 sendok madu dan setengah genggam daun jintan hitam. Rebus bahan-bahan tersebut bersama 1 gelas air (250 ml). Setelah mendidih, saring air rebusan dan dinginkan. Minum ramuan secara rutin 2 kali sehari.

Meski demikian, ternyata mengkonsumsi daun pegagan bukan tanpa efek samping. Beberapa jurnal kesehatan menyebutkan bahwa efek samping yang ditimbulkan diantaranya sakit kepala, mual dan muntah. Mengkonsumsi ramuan daun pegagah yang diawali dari dosis rendah lalu meningkat secara bertahap dapat membantu Anda dalam mengurangi resiko efek samping yang ditimbulkan.
Selain daftar beberapa tanaman obat di atas, berikut daftar tanaman obat yang dapat anda ambil manfaatnya bagi kesehatan tubuh:

  • Daun Andong

  • Daun Tempuyung

  • Daun Pegagan

  • Adem Ati Leaves

  • Adas Leaves

  • Alpukat

  • Akar manis

  • Akar Wangi

  • Akar alang-alang

  • Ajeran

Nah, itu adalah tanaman obat yang sering dapat ditemukan di tanah Indonesia. Beberapa dari mereka sangat mudah ditemukan, bahkan mereka dapat ditemukan di sekitar tempat tinggal kita. Masalahnya, kita harus mencari obat alami terlebih dahulu, sebelum pergi ke alternatif lain. Karena obat-obatan alami tidak pernah memiliki dampak buruk bagi tubuh kita. Mungkin sudah waktunya bagi Anda untuk melakukan penelitian dan mungkin melakukan semacam perburuan tanaman untuk menemukan yang dapat menyembuhkan penyakit Anda. Sekian sobat Taman Inspirasi, semoga bermanfaat dan sukses. Jika anda memiliki saran atau masukan silahkan tinggalkan komentar anda di bawah. Wassalamu’alaikum.