10 Jenis Sayuran Berdasarkan Bagian yang Dapat Dimakan

10 Jenis Sayuran Berdasarkan Bagian yang Dapat Dimakan
Rate this post

Sayuran merupakan bahan makanan yang penting karena memiliki banyak nutrisi dan zat bergizi lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh. Pada dasarnya, terdapat dua cara dalam perkembangbiakan yang dilakukan oleh tumbuhan sayur-sayuran, yakni generatif (bunga, buah, biji) dan vegetatif (batang, akar, daun).

Artikel ini akan membahas hal tersebut, yaitu 10 jenis sayuran berdasarkan bagian yang dapat dimakan. Berikut simak ulasannya.

Sayuran akar

Sayuran Akar

Sayuran akar merupakan sayuran yang dimanfaatkan akarnya untuk dapat dikonsumsi. Umumnya, sayuran akar dapat berupa umbi-umbian, hal tersebut dikarenakan umbi ialah akar menggembung. Sayuran akar memiliki banyak manfaat, salah satunya mengandung karbohidrat yang berguna untuk tubuh manusia.

Dalam memilih sayuran akar yang sehat biasanya bisa dilihat dari ukurannya yang besar, umurnya sudah cukup, tidak ada tunas, dan yang terpenting tidak ada bagiannya yang busuk. Contoh dari sayuran akar, antara lain wortel, kentang, lobak, ubi jalar, talas, ubi kayu, dan lain sebagainya.

Sayuran umbi batang

Sayuran umbi batang

Sayuran umbi batang merupakan sayuran yang batangnya tumbuh hingga ke dalam tanah, lalu pada bagian ujung batangnya mengalami pembengkakan disebabkan oleh penimbunan makanan dan terbentuklah umbi.

Pemilihan umbi batang yang berkualitas baik, umumnya berukuran besar, sudah cukup umur, tidak ada bagiannya yang busuk, serta tidak tumbuh tunas. Contohnya, seperti ubi jalar, talas, singkong, gembili, gadung, umbi bit, dan lain sebagainya.

Sayuran umbi lapis 

Sayuran umbi lapis

10 jenis sayuran berdasarkan bagian yang dapat dimakan selanjutnya ialah, sayuran umbi lapis dapat tumbuh di bawah tanah serta menembak di atas tanah dan mempunyai lapisan umbi yang rimbun dan tebal. Contoh dari sayuran umbi lapis, antara lain bawang putih, bawang merah, bawang bombay, dan lain sebagainya.

Sayuran biji

Sayuran biji

Sayuran biji merupakan sayuran yang memanfaatkan bijinya untuk bisa dikonsumsi. Contoh dari sayuran jenis ini ialah kacang polong, kacang tanah, kacang merah, kacang hijau, jagung, petai, biji labu, kedelai, dan lain sebagainya.

Sayuran daun

Sayuran Daun

Jenis sayuran ini, bagian daunnya dapat dikonsumsi. Umumnya, untuk dapat mengenali kualitas yang bagus dari daun sayuran ialah pada bagian daunnya tidaklah busuk, berlubang, dan juga tidak berubah warna atau masih berwarna segar.

Contoh sayuran daun seperti sawi, kangkung, bayam, kubis, daun melinjo, daun kemangi, daun singkong, pohpohan, pokcay, selada dan lain sebagainya.

Sayuran tangkai daun

Sayuran tangkai daun

Sayuran tangkai daun ialah sayuran yang dapat dikonsumsi dan dimanfaatkan pada bagian tangkainya. Contohnya, antara lain seledri, kemangi, bayam, kangkung, dan lain sebagainya.

Sayuran batang 

Sayuran batang

Sesuai dengan namanya, maka sayuran batang dimanfaatkan batangnya untuk dapat dikonsumsi, yang terdiri dari ruas dan buku. Agar dapat memilih sayuran batang yang berkualitas baik, umumnya memiliki warna yang cerah, bersih, masih muda, dan tidak busuk.

Contoh dari sayuran batang, antara lain paku, rebung, asparagus, seledri, dan lain sebagainya.

Sayuran bunga

Sayuran bunga

Sayuran bunga merupakan sayuran yang dimanfaatkan bunganya sebagai bahan untuk dikonsumsi.

Cara memilih sayuran yang baik jenis ini ialah  ukurannya yang besar, kelopak yang tersusun secara rapi, berwarna cerah, serta tidak ada bagiannya yang rusak karena dimakan hama. Contoh sari sayuran jenis ini ialah kecombrang, brokoli, kembang kol, bunga turi, dan lain sebagainya.

Sayuran polong

Sayuran polong

Sayuran polong merupakan jenis sayuran yang memanfaatkan bagian polongnya untuk dikonsumsi. Tidak hanya polongnya, namun kulitnya juga dapat untuk dikonsumsi.

Dalam memilih sayuran yang berkualitas dari jenis ini umumnya, kulitnya masih lurus, bijinya yang tidak menonjol, masih fresh, serta tidak ada bagiannya yang rusak. Contoh dari sayuran polong ialah kacang panjang, buncis, kacang merah, kedelai, kapri, dan lain sebagainya.

Sayuran buah 

Sayuran buah

Sayuran buah merupakan sayuran yang dimanfaatkan buahnya untuk dikonsumsi. Buah terjadi dikarenakan adanya penyerbukan dan pertumbuhan pada organ bunga.

Dalam memilih jenis sayuran buah yang berkualitas dapat dilihat dari warnanya yang masih segar dan cerah, tidak ada bagian yang busuk, ukurannya besar, serta sudah berumur cukup untuk dikonsumsi. Contohnya, seperti tomat, paprika, cabai, timun, pare, terong, oyong, jagung, dan lain sebagainya.

Itulah 10 jenis sayuran berdasarkan bagian yang dapat dimakan. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi Anda. Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam