6 Cara Menanam Wortel paling PRAKTIS dirumah

Cara Menanam Wortel Organik di Polybag
4.3/5 - (12 votes)

Siapa diantara kita yang tidak mengenal wortel? Sayuran ini menjadi salah satu yang terfavorit dalam setiap masakan. Saat ini ada beberapa pilihan cara menanam wortel yang baik dan benar sehingga anda mendapatkan hasil yang lebih banyak. Selain itu, metode menanam wortel juga bisa dilakukan dengan beberapa media. Salah satunya dengan menggunakan media pot atau polybag sehingga bisa ditempatkan di sekitar rumah. Cara seperti ini juga bisa memberikan hasil yang cukup baik sehingga anda tidak repot lagi untuk berbelanja di pasar. Bahkan, kegiatan menanam wortel dengan pot juga akan menjadi hobi baru bagi anda yang lebih banyak menghabiskan waktu lebih banyak di rumah.

Cara Menanam Wortel dalam Pot/Polybag

Cara menanam wortel di polybag

 

Pot atau polybag memang sering menjadi media pilihan utama yang selalu dipertimbangkan bagi banyak orang. Apalagi media ini juga bisa anda dapatkan dengan sangat mudah. Bahkan, metode atau cara menanam yang diterapkan juga tidak terlalu rumit. Namun, anda juga harus memperhatikan beberapa hal penting yang akan memberikan pengaruh terhadap hasil dari bercocok tanam seperti ini. Berikut ini ada beberapa cara menanam wortel dalam pot/polybag yang patut untuk dipertimbangkan seperti:

  1. Pilih pot/polybag dengan kedalaman tertentu

Salah satu cara menanam wortel yang harus diterapkan tentu saja dengan memilih pot/polybag dengan ukuran tertentu. Cobalah gunakan media dengan kedalaman yang lebih dari 30 cm. Hindari penggunaan media dengan kedalaman yang sangat kecil. Ini akan mempengaruhi hasil dari menanam wortel. Semakin dalam media yang anda gunakan maka peluang untuk mendapatkan wortel berukuran besar juga akan semakin mudah. Apalagi media dengan kedalaman seperti ini juga akan memudahkan anda dalam penggunaan berbagai campuran tanah terbaik.

  1. Gunakan media tanah terbaik

Pertimbangkan campuran tanah yang digunakan untuk media tanam itu. Saat ini anda bisa menggunakan beberapa pilihan karakteristik atau jenis tanah seperti Aluvial, Andosol, Regosol hingga Latosol. Masing-masing dari jenis atau karakteristik tanah itu sering ditemui di dataran tinggi. Tentu saja ini memberikan tingkat kesuburan yang sangat dibutuhkan oleh wortel untuk tumbuh baik. Selain itu, tingkat keasaman masing-masing dari tanah itu juga memberikan pengaruh besar pada pertumbuhan dari wortel.

Cara Menanam Wortel

  1. Gunakan bibit berkualitas

Hasil dari menanam wortel seperti ini memang dipengaruhi oleh bibit yang anda gunakan. Bahkan, kualitas dari bibit juga memberikan hasil terbaik dengan ukuran yang sesuai harapan. Cobalah anda gunakan bibit wortel yang memiliki kualitas unggul. Biasanya bibit ini bisa anda dapatkan dengan membeli di pasaran atau dari sisa penggunaan rumah tangga. Masing-masing dari pot atau polybag bisa mendapatkan 2 bibit sekaligus. Sesuaikan jumlah bibit yang anda tanam dengan ukuran dari pot atau polybag yang telah Anda siapkan sebelumnya.

  1. Tambahkan pupuk secukupnya

Pada usia tertentu, tanaman dari wortel akan tumbuh ditandai dengan ukuran daun yang mulai memanjang. Pada ukuran 8-10 cm cobalah untuk menambahkan pupuk pada tanaman wortel. Tentu saja pilihan dari pupuk yang digunakan seperti pupuk cair. Namun, anda juga harus menggunakan pupuk dengan dosis yang tidak terlalu berlebihan. Cukup berikan pupuk 1 kali dalam 2 minggu. Penggunaan nutrisi tambahan seperti pupuk organik cair atau MSG ajinomoto dapat diterapkan saat tanaman berada pada fase vegetatif atau fase pertumbuhan.

  1. Pertimbangkan cahaya matahari

Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik tempatkan pot/polybag pada tempat yang terjangkau oleh cahaya matahari. Hal ini untuk meningkatkan kualitas dan kesuburan tanah. Biasanya tanaman jenis ini membutuhkan cahaya matahari sekitar 9 jam setiap hari.

  1. Perhatikan kelembaban udara

Anda juga harus menempatkan pot atau polybag dengan memperhitungkan kelembaban udara. Perhitungan ini dilakukan dengan mencapai 90 persen. Jangan berikan air secara berlebihan, apalagi jika tanaman tersebut dibudidayakan dalam polybag atau pot. Air yang berlebihan justru akan membuat akar dan buah mudah busuk sehingga hasil panen tidak akan optimal.

Selain dari metode menggunakan pot/polybag sebenarnya anda juga bisa menggunakan cara menanam wortel hidroponik. Untuk artikel tentang budidaya wortel secara hidroponik mungkin akan kami buatkan artikel tersendiri lain waktu. Semoga beberapa tips diatas dapat bermanfaat. Terima kasih. Wassalam.