Cara Menanam Tomat - Semai & Budidaya Tomat dari Buah 1

Cara Menanam Tomat – Semai & Budidaya Tomat dari Buah

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (16 votes, average: 4.56 out of 5)
Loading...

Cara Menanam Tomat dari Buah – Tanaman tomat dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian 0 s/d 1500 meted diatas permukaan laut. Namun ini juga sangat tergantung varietas tanaman tomat. Pada umumnya, tomat dapat tumbuh dengan baik di lahan yang subur dan kaya akan bahan organik. Seiring berkembangnya teknologi pada bidang pertanian, tanaman tomat kini juga dibudidayakan secara hidroponik, akuaponik maupun aeroponik.

Tanaman tomat dapat tumbuh sampai ketinggian maksimal 3 meter. Karena struktur batangnya yang lembek, biasanya tanaman ini tumbuh dengan dibantu ajir atau tali penopang untuk menahannya agar tidak patah/roboh. Budidaya tanaman tomat menjadi peluang usaha yang sangat menguntungkan karena permintaan pasar baik domestik maupun mancanegara akan buah ini selalu meningkat tiap tahunnya.

Saat ini ada lebih dari 400 varietas tomat yang ditanam secara global. Ada beberapa varietas yang hanya cocok untuk dibudidayakan di dataran tinggi seperti carietas kada, mutiara dan berlian. Namun ada pula varietas yang bagus untuk dibudidayakan di dataran rendah seperti varietas ratna, intan, dan cln. Seiring berkembangnya teknologi pada bidang pertanian, kini ada varietas tomat yang baik untuk dibudidayakan di dataran rendah maupun tinggi seperti GH4 dan GH3.

Cara Menanam Tomat dari Buah dengan Mudah

Menanam tanaman terutama sayuran di kebun adalah cara yang sangat efektif untuk menghemat uang dan menghasilkan sayur mayur yang sehat untuk dapur Anda. Jika Anda adalah pecinta tomat dan ingin mulai menggunakan buah tomat dari kebun sendiri dalam masakan Anda, maka anda dapat mencoba untuk menanam tomat dari biji. Langkah-langkahnya cukup sederhana, dan akan sangat menyenangkan bagi Anda sekaligus menghasilkan banyak buah tomat yang enak rasanya.

Cara Menanam Tomat dari Buah

  1. Petik buah tomat dari tanaman yang akan dijadikan benih
  2. Pilih buah tomat yang sudah cukup tua
  3. Siapkan media tanam terdiri atas campuran tanah, pupuk kandang dan arang sekam dengan perbandingan 1:1:1
  4. Masukkan media tanam kedalam wadah yang akan digunakan untuk menyemai
  5. Basahi media tanam sampai benar-benar basah. pembasahan bisa dilakukan dengan merendam media tanam dalam air
  6. Iris buah tomat yang telah disiapkan dengan ketebalan menyesuaikan
  7. Kemudian letakkan irisan buah tomat tersebut dalam wadah yang telah terisi media tanam
  8. Tutup kembali irisan buah tersebut dengan media tanam dengan ketebalan kurang lebih 1 cm
  9. Siram kembali permukaan tanah dengan air biasa
  10. Letakkan wahana semai di tempat yang teduh

Pemindahan Tanaman Tomat ke dalam Pot

Benih tomat yang telah tumbuh sampai ketinggian kurang lebih 5-10 cm sebaiknya dipindahkan ke lahan tanam atau media yang lebih besar seperti pot. Berikut langkah-langkah memindahkan benih tomat kedalam pot:

  1. Siapkan tanaman tomat umur 10 hari yang telah disemai dari benih sebelumnya
  2. Siapkan media tanam dengan komposisi tanah, arang sekam dan pupuk kandang
  3. Siram media tanam terlebih dahulu
  4. Sebelum dipindahkan, basahi tanah semai tanaman tomat agar tidak kering atau rusak saat proses pemindahan
  5. Ambil satu rumpun bagian tanaman
  6. Buat lobang pada pot yang sudah terisi media tanam sebagai tempat meletakkan tanaman tomat
  7. Ambil satu tanaman tomat dari rumpun. saat ini anda perlu berhati-hati agar tanaman dan akarnya tidak rusak. letakkan pada lobang yang sudah disiapkan
  8. Tutup tanaman dengan tanah kembali. saat memberi tanah pada sekitar tanaman yang baru dipindah, jangan terlalu ditekan agar batang tanaman tidak rusak dan busuk
  9. Siram kembali dengan air

 

Cara Menanam Tomat dari Buah

Tips Tanam dan Semai Tomat

Tomat mudah untuk ditanam dan dibesarkan, namun sangat ringkih, sehingga berhati-hatilah untuk tidak mematahkan atau membengkokkan batangnya, atau merontokkan daun-daunnya karena ini dapat menyebabkan tanaman tomat mati.

Tanamlah biji 20% lebih banyak dari jumlah yang Anda harapkan akan berbuah. Hal ini dapat menaikkan peluang jumlah tanaman yang sehat dan menghasilkan tomat yang lezat. Demikian cara menyemai dan memindah tanaman tomat yang sangat mudah untuk dipraktekkan. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak video dari TIS tentang cara menanam tomat berikut ini.

Demikian tips dari Taman Inspirasi tentang cara menanam tomat dari buah dan metode pemindahan tanaman tomat ke dalam pot. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share artikel ini untuk teman dan kerabat dekat anda. Wassalamualaikum wr. wb.

1 thought on “Cara Menanam Tomat – Semai & Budidaya Tomat dari Buah”

Leave a Reply