Tips Menyulap Desain Interior Apartemen Kecil Menjadi Hunian Super Nyaman

Tips Desain Interior Apartemen Kecil

Tak sedikit orang yang memiliki mimpi untuk memiliki apartemen yang serba luas dan super nyaman. Hanya saja, keterbatasan kemampuan keuangan membuat tak semua orang memiliki kemampuan untuk memiliki apartemen yang luas dan mewah. Di sinilah, diperlukan kemampuan untuk merubah desain interior apartemen dengan ukuran yang kecil menjadi sebuah apartemen super nyaman yang tak kalah nyaman dengan apartemen dengan ukuran yang lebih luas.

Dalam melakukan perubahan desain interior apartemen kecil ini tentunya akan dibutuhkan satu kegiatan renovasi yang membutuhkan anggaran dengan jumlah tertentu. Besar kecilnya anggaran ini dapat disesuaikan dengan kemampuan kantung setiap pemilik apartemen. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat dilakukan dalam menyulap desain interior apartemen yang memiliki ukuran kecil.

Membagi Ruang Keluarga Sebagiannya Menjadi Kamar Tidur

Membagi Ruang Keluarga Menjadi Kamar Tidur

Hal ini dapat dilakukan pada satu ruang keluarga yang biasanya memiliki ukuran yang lebih luas dibandingkan dengan ukuran ruangan yang lainnya. di sini, ditempatkan satu dinding yang akan memisahkan bagian ruang keluarga atau tamu untuk menjadi ruang tidur. Penempatan dinding kaca sebagai salah satu desain interior apartemen akan memberikan kesan bahwa apartemen tersebut memiliki ukuran yang lebih luas dibandingkan dengan ukuran yang sebenarnya. Karena penempatan dinding kaca ini akan memberikan keleluasaan penglihatan terhadap beberapa ruangan yang ada tanpa adanya sekat atau batasan berupa dinding tembok.

Dapur, Ruang tamu dan Tempat Tidur menyatu

Dapur, Ruang tamu dan Tempat Tidur menyatu

Selain itu, dengan penempatan sekat ruang berupa dinding kaca, kita tak perlu lagi untuk menempatkan televisi di setiap kamar yang ada, karena ada sebagian orang yang memiliki keinginan untuk tetap memiliki televisi di kamar tidurnya walaupun sejatinya, televisi sudah ada di ruang keluarga. Dengan dinding kaca ini, televisi yang ada di ruang keluarga tetap dapat dinikmati walaupun penghuninya sedang berada di dalam kamar tidurnya. Dengan melakukan desain interior apartemen ini maka kita akan menghemat satu ruangan yang ada dan dapat memfungsikannya untuk ruangan yang lainnya.

BACA JUGA :   Manfaat Tanaman Jeruk Lemon

Menjadikan Kamar Tidur Sebagai Ruang Yang Lain

Menjadikan Kamar Tidur Sebagai Ruang Yang Lain

Setelah kamar tidur ditempatkan di salah satu bagian ruang keluarga atau ruang tamu, maka kamar yang sejatinya menjadi kamar tidur dapat di alih fungsikan menjadi bagian rumah lainnya yang dibutuhkan. Misalnya diubah menjadi kamar kerja ataupun ruangan untuk menerima tamu. Di sinilah akan dirasakan satau kelebihan karena penerapan desain interior apartemen kecil yang memberikan satu bagian kamar keluarga menjadi kamar tidur.

Penempatan Tata Letak Yang Terbuka Untuk Dapur Dan Ruang Makan

Penempatan Tata Letak Yang Terbuka Untuk Dapur Dan Ruang Makan

Dua ruangan ini menjadi dua ruangan yang saling terkait dalam satu rumah. Sehingga, untuk ukuran apartemen atau rumah yang kecil maka dapat di siasati keduanya untuk berada dalam satu area yang berdekatan atau bahkan bisa dalam satu area saja dengan keadaan yang terbuka.

Desain interior apartemen dengan menggabungkan dapur dan ruang makan dalam satu ruang yang terbuka akan memberikan kesan bahwa dapur dan ruang makan terlihat lebih leluasa dibandingkan ketika memisahkan keduanya, terlebih dengan memberikan sekat pada dua ruang ini.

Keuntungan lain dari konsep desain interior apartemen ini adalah kemudahan di dalam mengakses dapur ke ruang makan atau pun sebaliknya. Hal ini pun juga akan memberikan satu kemudahan lainnya bagi si penghuni rumah.

Menambah Hiasan Alami dalam Ruangan Apartemen

Menambah Hiasan Alami dalam Ruangan Apartemen

Menambahkan beberapa tanaman hias dalam ruangan akan membuat interior dalam apartemen Anda berkesan lebih natural. Selain itu, dengan adanya tanaman yang terawat dengan baik akan membuat sirkulasi udara dalam ruang apartemen Anda lebih baik. Ada beberapa jenis tanaman hias dalam ruangan yang bisa menjadi anti-polutan alami, seperti tanaman hias lidah mertua, bunga lily, tanaman sri rejeki atau aglonema dan beberapa jenis tanaman hias lainnya. Untuk tahu lebih banyak apa saja jenis tanaman hias indoor yang cocok untuk ditempatkan dalam apartemen, Anda bisa baca pada artikel ini.

BACA JUGA :   6 Manfaat Madu dan Kayu Manis untuk Kesehatan

Itulah beberapa konsep perubahan yang dapat dilakukan pada satu apartemen yang berukuran kecil. Dengan penerapan konsep desain interior apartemen kecil ini maka satu apartemen dengan luas yang tak seberapa akan tetap mampu menunjang rasa nyaman bagi penghuninya. Semoga bermanfaat. Wassalam.

 

 

4.3/5 - (17 votes)