Mengenal Lebih Dekat Tanaman Begonia, Si Cantik Kaya Manfaat

Jenis Tanaman Begonia dan Perawatannya
4.1/5 - (15 votes)

Tanaman Begonia – Berkebun menjadi salah satu hal yang menyenangkan. Pada masa pandemi ini kegiatan bercocok tanam di rumah sangat banyak digemari. Salah satunya adalah menanam tanaman hias seperti Begonia. Tanaman satu ini memiliki tampilan daun serta bunga yang unik dan indah sehingga sangat cocok dijadikan penghias rumah atau teras kita.

Cara Merawat Tanaman Begonia

Jenis Tanaman Begonia

Tanaman Begonia adalah jenis tanaman hias yang banyak dicari oleh semua orang. Hal ini  karena kecantikannya. Selain itu, bunga ini mempunyai penampilan yang akan menambah estetika dan selain itu mudah dalam perawatannya.

Selain itu, ada beberapa kepercayaan jika menanam  bunga begonia ini akan selalu diselimuti oleh keberuntungan.  Jika Anda ingin menanam tanaman ini, berikut ini adalah beberapa jenis bunga begonia yang cukup populer, yaitu :

Tanaman Begonia Rex

  1. Begonia Rex

Begonia Rex adalah sebuah varian yang sangat dikenal oleh para pecinta tanaman hias. Bunga ini mempunyai berbagai macam varietas yang banyak ditanam dan sangat dominan apabila dibandingkan dengan jenis begonia yang lainnya. Ada beberapa ciri khas yang menonjol dari bunga ini misalnya saja mempunyai banyak warna, bentuk, dan ukuran yang hampir sama.

Begonia Rhizomatous

  1. Begonia Rhizomatous

Begonia Rhizomatous  menjadi sebuah jenis bunga yang banyak disukai oleh banyak orang. Hal ini karena tampilan  daunnya yang menarik dan memiliki bunga yang besar. Saking besarnya, ukuran buah ini memiliki berbagai varian yang dapat menutupi semua badannya. Tanaman  ini mempunyai jenis ukuran mulai dari yang kecil hingga yang besar.

Begonia Freddie

  1. Begonia Freddie

Begonia Freddie adalah sebuah varian dari begini yang mempunyai daun yang lebarnya bisa mencapai 1 meter. Ada beberapa jenis bunga ini yaitu mempunyai daun yang berbulu, mempunyai bentuk yang berupa lingkaran dan ada juga yang menyerupai bintang.

Begonia Cane

  1. Begonia Cane

Begonia Care adalah sebuah tanaman hias bunga yang mempunyai tampilan yang tidak kalah indah dan unik. Salah satu daya tarik dari tanaman bunga hias ini mempunyai daun yang bersayap sehingga seringkali disebut sebagai bunga malaikat.  Bunga begonia jenis ini mempunyai ukuran yang cukup besar dan mengeluarkan aroma yang sangat wangi. Biasanya bunga ini diletakkan di luar ruangan dan dimasukkan pada saat malam hari. Warna daunnya bervariasi mulai merah muda hingga putih cerah.

Manfaat Tanaman Begonia untuk Kesehatan

Tanaman Begonia

Selain sebagai bunga hias, tanaman Begonia juga dibudidayakan karena berbagai manfaat yang dapat kita ambil dalam kehidupan sehari-hari. Begonia mempunyai banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Berikut ini adalah beberapa khasiat tanaman bunga begonia untuk kesehatan dan kebugaran tubuh kita.

  • Mengatasi gangguan pencernaan

Bunga Begonia bisa digunakan untuk mengobati berbagai macam gejala atau masalah gangguan pencernaan. Jika Anda suka mengalami sembelit, maka Anda bisa mencoba mengonsumsi air rebusan dari bunga ini. Selain itu, bunga satu ini juga bisa mengatasi mual, muntah, diare, gangguan lambung dan lainnya.

  • Mengatasi masalah flu

Flu adalah sebuah gangguan kesehatan yang  terjadi karena adanya peradangan pada sistem saluran pernafasan. Tanaman Begonia bisa bekerja sebagai antivirus dan inflamasi yang digunakan untuk meredakan semua gejala flu.

  • Mengobati Bronkitis

Bronkitis merupakan sebuah gangguan penyakit karena adanya peradangan pada bagian membran mukus. Ini mengakibatkan para penderitanya mengalami gangguan sesak nafas dan juga batuk. Begonia bisa meredakan masalah ini karena mempunyai kandungan zat inflamasi yang cukup tinggi.

Cara Merawat Begonia agar Subur & Berbunga Indah

Jenis Tanaman Begonia

Bunga Begonia mempunyai perawatan yang sangat mudah. Bunga ini mudah tumbuh di berbagai tempat dan media. Berikut ini ada beberapa tips mengenai cara merawat begonia, yaitu :

  • Menggunakan media tanam yang subur dan gembur

Anda bisa menanam bunga ini pada pot yang diisi media tanah yang subur dan juga gembur. Ini biasanya berupa campuran media tanah, sekam padi dan pupuk kandang.  Jangan lupa juga untuk menjaga kelembaban tanah dari Begonia ya.

  • Hindarkan dari area yang terkena paparan sinar matahari secara langsung

Supaya tanaman hias Begonia tidak mudah layu dan busuk, maka hindarkan tanaman bunga satu ini dari daerah yang terkena sinar matahari secara langsung. Tempatkan bunga ini pada area yang teduh dan sejuk. Begonia hanya cukup mendapatkan sinar matahari di pagi saja dan selebihnya taruh  pada tempat yang  jauh dari sinar matahari.

Itulah tadi beberapa manfaat bunga begonia beserta tips budidayanya. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share artikel ini ke sosial media sobat TIS agar makin banyak orang tahu manfaat budidaya tanaman begonia di rumah. Terima kasih. Wassalam.