Pohon Serut Liar : Karakter, Morfologi dan Manfaat

Bonsai Serut

Pohon serut liar kini sering menjadi buruan para pecinta tanaman bonsai lantaran bentuk batang dan daunnya yang unik. Tumbuhan yang bernama ilmiah Streblus Asper ini merupakan tumbuhan asli Asia Tenggara yang memiliki bentuk yang eksotis dan tidak memerlukan perawatan khusus. Itu sebabnya banyak penghobi tanaman memburu pohon serut ini untuk dibentuk menjadi bonsai hias yang bernilai tinggi.

Pohon serut liar juga telah lama dipercaya memiliki banyak khasiat mulai dari kesehatan hingga mistis. Tanaman yang dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama Sandpaper Tree atau Tootbrush Tree ini dimasukkan dalam famili Moraceae. Disebut sandpaper tree karena pohon ini dulunya sering digunakan sebagai amplas alami untuk menghaluskan tekstur furnitur yang terbuat dari kayu. Meski hasilnya tidak sehalus amplas buatan namun amplas dari serut tergolong ramah lingkungan dan mudah ditemukan.

Daftar Isi

Karakter Fisik Pohon Serut Liar

Pohon Serut Liar

Serut termasuk jenis pohon berukuran sedang dengan ketinggian berkisar 4 s/d 15 meter. Kulit batang serut berwarna putih keabuan dengan daun berbentuk oval menyerupai telur dengan panjang berkisar 4 s/d 12 sentimeter. Daun serut memiliki tekstur permukaan yang kasar dengan bagian tepinya sedikit bergerigi. Warna daunnya hijau dengan tulang daun menyirip dan pangkal sedikit runcing.

Bunga pohon serut liar berbentuk bulat dengan corak warna hijau kekuningan dan biasanya muncul di ketiak daun. Buahnya juga berbentuk bulat menyerupai telur dengan ukuran kecil berkisar 8 s/d 10 mm. Buahnya yang berukuran sebesar lada itu berwarna hijau saat muda dan akan berubah warna kuning hingga oranye saat masak. Rasa buah serut cenderung manis sedikit masam.

BACA JUGA :   Bonsai Azalea, Si Cantik nan Eksotis

Serut termasuk jenis pohon monoecious atau berumah tunggal. Ciri pohon berumah tunggal yakni bunga betina dan jantan tumbuh terpisah tetapi dalam satu pohon yang sama. Bunga betina tumbuh secara bergerombol dan berwarna kuning pucat sedangkan bunga jantannya berwarna kuning kehijauan.

Akar pohon serut berkesan tak karuan atau tak berbentuk. Itu dikarenakan serut tumbuh dengan cara bertunas dengan akar. Namun dibalik ketidakaturan bentuk akarnya itulah yang justru membuat serut banyak diburu orang untuk dijadikan tanaman bonsai.

Habitat dan Sebaran Serut

Pohon Serut Liar di Alam Bebas

Pohon serut termasuk jenis tumbuhan tropis yang tersebar di hampir sebagian besar kawasan Asia seperti Filipina, India, Indonesia, Laos, Malaysia, Kamboja, Thailand, Vietnam dan Sri Lanka.

Di negara kita sendiri, pohon serut liar bisa ditemukan di pulau Jawa, Madura, di sebagian besar wilayah Sulawesi, Maluku dan Sumatera. Sedangkan habitat tumbuh pohon ini yakni di semua jenis hutan dataran rendah mulai dari ketinggian 0 s/d 1000 meter diatas permukaan laut.

Manfaat Pohon Serut

Selain menjadi tanaman hias yang bisa dikerdilkan (dibonsai), serut ternyata memiliki banyak manfaat. Bahkan sejak ratusan tahun yang lalu, kulit pohon ini telah dijadikan bahan baku utama pembuatan kertas. Kertas yang terbuat dari kulit pohon serut digunakan untuk menulis teks-teks kuno di negara Thailand.

Yang lebih menarik, ternyata hampir seluruh bagian pohon serut juga bisa dimanfaatkan untuk membantu penyembuhan penyakit seperti diare, demam, kanker dan penyakit kulit seperti kusta. Kayu dari pohon serut jugga populer digunakan sebagai bahan campuran obat untuk mengatasi iritasi tenggorokan. Selain itu, pohon serut mengandung senyawa protease yang berguna sebagai enzim pembekuan susu.

Bonsai Serut Liar

Orang orang terdahulu sering mengaitkan serut dengan hal-hal mistis karena pohon itu dianggap sebagai pohon yang bertuah. Sebagian dari mereka bahkan percaya jika pohon serut memiliki aura ghaib yang dianggap ampuh menangkal teluh atau santet. Itulah yang melatarbelakangi kepercayaan masyarakat bahwa pohon serut yang berusia tua dianggap sebagai pohon angker yang banyak dihuni makhluk halus sebangsa jin.

BACA JUGA :   Rahasia Merawat Tanaman Bonsai Melati yang Eksotis dan Menawan

Namun dibalik mitos yang berkembang dimasyarakat kita, ternyata pohon serut liar tetap banyak diburu oleh para pecinta dan pebisnis tanaman hias untuk dibentuk dan dibudidayakan sebagai tanaman mini atau bonsai. Bahkan kini pohon serut termasuk tumbuhan yang dilindungi oleh negara lantaran populasinya yang semakin sedikit.

Itu tadi sedikit ulasan tentang karakteristik dan manfaat pohon serut. Jika sobat TIS berminat untuk menjadikan pohon serut sebagai hiasan layaknya bonsai, sobat bisa baca artikel tentang bonsai serut yang pernah kami tulis sebelumnya. Semoga bermanfaat. Wassalam.

4.3/5 - (9 votes)