Tanaman sirih cina

Sirih Cina, Tanaman Liar Seribu MANFAAT

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (10 votes, average: 4.40 out of 5)
Loading...

Sirih cina atau dikenal juga dengan nama ketumpang air merupakan tanaman yang tumbuh di area lembab. Tanaman ini seringkali kita temukan menempel di tembok atau tumbuh sebagai gulma pada pot-pot tanaman hias kesayangan kita. Namun tahukah sobat bahwa tanaman yang dianggap gulma ini ternyata memiliki segudang manfaat terutama bagi kesehatan tubuh kita? Nah kali ini Taman Inspirasi akan memberikan beberapa informasi dan tips seputar tanaman sirih cina serta manfaatnya untuk manusia.

Tanaman sirih cina ini memiliki beberapa sebutan berbeda di tiap daerah di Indonesia. Orang sunda menyebutnya rangu-rangu sedangkan orang Jawa menyebutnya seladan atau suruhan. Di Maluku tanaman ini dikenal dengan nama gofu goroho. Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik di area yang lembab namun tak berair dan tidak terkena sinar matahari secara langsung. Paparan sinar matahari yang berlebih akan mengakibatkan daun tanaman ini menjadi kuning dan akhirnya layu/mati.

Tanaman sirih cina atau ketumpang air ini memiliki morfologi yang agak berbeda dengan tumbuhan gulma lainnya. Berikut ini ciri/karakteristik tumbuhan ketumpang air yang bisa kita jadikan acuan untuk membedakannya dengan tanaman lainnya.

Morfologi Tanaman Sirih Cina

Ketumpang air atau suruhan

  1. Karakteristik Daun. Tanaman yang memiliki nama latin Peperomia pellucida memiliki bentuk daun seperti tanda cinta (love) atau jantung hati. Daun tanaman ini berwarna hijau mengkilap dengan ukuran yang cukup tebal serta berkadar air tinggi. Bagian atas daun sirih cina yang berlapis lilin membuatnya terlihat mengkilat terutama saat terkena paparan matahari.
  2. Karakteristik Batang. Sama halnya dengan daunnya, batang tanaman ini juga memiliki kadar air yang tinggi. Bentuk batangnya bulat dan lunak pada seluruh bagian dan berwarna hijau muda. Rata-rata ketinggian tanaman ini antara 10-20 cm. Untuk di daerah/area dengan kelembaban yang baik, tanaman ini bisa tumbuh hingga ketinggian 40 cm.
  3. Sistem perakaran. Tanaman suruhan ini tergolong tumbuhan dikotil dengan sistem perakaran tunggang bercabang sehingga tampak seperti serabut. Akar tanaman ini berwarna putih.
  4. Bunga sirih cina. Bunga tanaman ini memiliki bentuk seperti buah lada yang tersusun dalam rangkaian bulir. Panjang rata-rata bunga tanaman ini antara 1-5 cm. Bunga ketumpang air tumbuh tegak keatas dengan ujung bunga yang runcing.
  5. Buah dan Biji. Tumbuhan sirih cina atau suruhan ini memiliki ukuran buah serta biji yang relatif kecil. Buahnya berwarna hijau sedangkan biji tanaman ini berwarna coklat.

Itu tadi beberapa ciri fisik/morfologi tanaman sirih cina yang membedakannya dengan tanaman gulma lainnya. Berikutnya, TIS akan memaparkan beberapa manfaat tanaman ini untuk kesehatan beserta cara pengolahannya secara sederhana.

Manfaat dan Khasiat Sirih Cina untuk Kesehatan

Khasiat sirih cina

Beberapa manfaat ketumpang air atau suruhan diantaranya membantu mencegah penyakit flu dan batuk, obat alami untuk penyakit diare, membantu menurunkan tekanan darah tinggi, mengobati sakit perut, mengobati bisul, jerawat dan radang kulit, mengatasi bengkak, membantu mengobati rematik, mengobati gangguan kemih, dan sebagainya.

Namun yang paling populer diantara beberapa khasiat sirih cina yakni kemampuannya untuk menyembuhkan penyakit asam urat atau rematik. Banyak diantara sobat TIS yang telah memberikan testimoni perihal penyembuhan penyakit asam urat dengan mengkonsumsi tanaman sirih cina secara rutin setiap harinya.

Cara Mengolah sirih cina

Cara pengolahan tanaman suruhan sebagai obat herbal pun tergolong sangat mudah. Tanaman ini bisa dikonsumsi dengan cara direbus kemudian diminum airnya setelah dingin. Bisa juga dengan cara di jus atau langsung dikonsumsi sebagai lalapan.

Cara membuat rebusan sirih cina yakni siapkan sirih cina kira-kira satu genggam tangan orang dewasa kemudian tambahkan 500 cc air bersih (2,5 gelas belimbing). Setelah itu rebus hingga kira-kira menjadi 1 gelas belimbing atau sekitar 15-20 menit. Diamkan sampai dingin kemudian minum secara rutin setiap pagi dan petang. Air rebusan suruhan ini dipercaya dapat menyembuhkan penyakit encok, rematik dan asam urat.

Rasa air rebusan suruhan ini cenderung hambar/agak berlendir. Jika sobat TIS kurang menyukai rasa hambar dari air rebusan sirih cina, maka sobat bisa mengkonsumsinya sebagai lalapan. Dengan tambahan sambal terasi atau sambal tomat pasti dapat menambah selera makan anda.

Di beberapa daerah, ketumpang seringkali digunakan sebagai bahan pengobatan tradisional untuk menyembuhkan bengkak pada kaki atau lengan, jerawat dan sakit sendi. Bahkan di kawasan Eropa, tanaman ini dipasarkan secara komersial untuk dijadikan campuran obat herbal.

Nah itu tadi beberapa uraian singkat tentang sirih cina beserta manfaatnya. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share artikel ini ke teman-teman terdekat anda. Jika sobat TIS merasa artikel diatas kurang jelas, sobat bisa simak video dari Taman Inspirasi tentang sirih cina berikut ini. Wassalam.

 

Leave a Reply