11 Tanaman Obat Alami Kolesterol, 6 Diantaranya Mudah Kita Temukan Didapur

Obat Alami Kolesterol dalam Tubuh

Gaya hidup boleh modern, namun sebagian orang mungkin tetap memilih bahan-bahan alami untuk membantu mengobati penyakit kolesterol. Beberapa tanaman di sekitar kita ternyata dapat dijadikan obat herbal untuk menyembuhkan kadar kolesterol. Namun ada beberapa dari obat herbal yang sudah diteliti dan terbukti memiliki dampak positif menurunkan kadar kolesterol dalam darah, ada juga yang belum diteliti.

Beberapa jenis obat alami kolesterol tersebut ternyata mudah kita dapatkan. Bahkan beberapa diantaranya termasuk jenis umbi-umbian atau sayuran yang sering kita temui di dapur. Lalu apa saja obat herbal kolesteror yang dinilai manjur itu? Berikut Taman Inspirasi SAFA tuliskan beberapa jenis tanaman obat yang secara alami dapat membantu menurunkan bahkan menyembuhkan kolesterol dalam darah.

Tanaman Obat Alami Kolesterol Paling Populer & Ampuh

1. Bawang putih

Bawang-Putih obat herbal kolesterol

Manfaat bawang putih untuk kesehatan dan kebugaran tubuh memang sangat beragam. Selain dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, bawang putih juga dapat membantu menyembuhkan berbagai gejala penyakit ringan seperti flu, pilek sampai membantu mengobati penyakit berat seperti kanker dan diabetes.

Tentu saja mengkonsumsi makanan yang mengandung unsur bawang putih tidak serta merta menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Namun kandungan zat dalam bawang putih dapat membantu menstabilkan kadar gula darah dalam tubuh.

2. Kedelai

Obat Alami Kolesterol Kedelai

Kedelai dan produk olahannya seperti tahu dan tempe dianggap bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Jadi Anda tidak perlu ragu untuk selalu menyiapkannya di menu harian Anda. Meski demikian, perlu dicatat juga bahwa cara mengolahnya harus variatif dan tidak melulu tahu atau tempe.

Kita bisa mengolah kedelai menjadi minuman yang menyehatkan atau mencampurkannya dalam masakan sehingga dapat dikonsumsi setiap hari. Terlebih, kacang kedelai mudah untuk kita dapatkan dan harganya pun tidak terlalu mahal. Dengan sedikit kreatifitas, kita bisa membuat berbagai jenis hidangan dari bahan dasar kedelai yang enak sekaligus menyehatkan.

3. Tanaman Akar manis

Akar manis obat herbal kolesterol

Akar manis atau dikenal juga dengan nama licorice root berpotensi menjadi obat herbal penurun kadar kolesterol dalam darah. Ada sebuah penelitian yang menyatakan bahwa saat akar manis diujikan pada hewan, terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol sekaligus gula darahnya.

Selain itu, akar manis juga mengandung zat antioksidan yang baik untuk mengikat radikal bebas dalam tubuh. Hanya saja penelitian ini belum diujikan langsung pada manusia. Namun tidak ada salahnya untuk mencoba bukan? Toh akar manis juga bukan bahan yang berbahaya bagi tubuh. Hanya saja konsumsinya harus seimbang dan sesuai kondisi tubuh kita.

4. Umbi Jahe

Jahe obat alami kolesterol

Tanaman rempah seperti jahe sudah sering dimanfaatkan sebagai obat herbal untuk berbagai macam penyakit diantaranya membantu menghangatkan tubuh saat masuk angin, meredakan flu & pilek, mengurangi rasa sakit dan masih banyak lagi.

Berdasarkan penelitian, umbi jahe bisa membantu menurunkan kadar trigliserida sekaligus mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Selain itu, mengkonsumsi jahe secara rutin juga dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh kita.

Cara mengkonsumsi jahe pun terbilang mudah. Cukup rebus potongan jahe beserta 2 gelas air hingga mendidih. Saring air rebusan tersebut dan minum saat hangat.

5. Angkak

Tanaman obat alami kolesterol angkak

Tanaman angkak mengandung zat bernama monacolin K. Susunan kimia yang dimilikinya dinilai mirip dengan struktur kimia obat penurun kolesterol yakni lovastatin. Oleh sebab itulah tanaman ini termasuk dalam daftar tanaman obat alami kolesterol. Hanya saja, tidak semuan jenis sajian angkak mengandung zat monacolin K yang cukup sehingga bisa saja efek penurun kolesterol tak terjadi sama sekali.

Angkak juga mengandung zat atau kontaminan yang berbahaya bagi tubuh yakni citrinin. Senyawa ini disebut-sebut bisa menjadi pemicu penyakit gagal ginjal. Oleh sebab itu, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau ahli gizi sebelum menkonsumsi angkak untuk menurunkan kolesterol.

Baca Juga : 12 Tanaman Obat Asam Urat Paling Ampuh

6. Daun artichoke

Daun tanaman artichoke pengusir kolesterol jahat

Ekstrak daun tanaman artichoke juga dinilai dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Ekstrak daun tanaman ini dapat menghambat proses sintesis kolesterol dalam tubuh. Tanaman artichoke ini juga mengandung senyawa cynarine yang dapat memicu terjadinya suatu proses kimia yang menghasilkan ekskresi atau pengeluaran kolesterol dari darah kita.

7. Seledri

seledri obat alami kolesterol

Tanaman obat alami kolesterol berikutnya adalah daun seledri. Siapa yang tak tahu seledri? Sayuran ini sangat populer terutama sebagai bumbu untuk menambah nikmat masakan. Dibalik keunikan rasanya, ternyata seledri mengandung zat ekstrak heksana yang dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Selain itu, seledri juga mengandung kadar metanol dan etanol dalam jumlah yang cukup untuk membantu melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh sekaligus mengatasi peradangan pada pembuluh darah. Untuk sobat TIS yang memiliki masalah kolesterol tinggi, minumlah jus seledri setiap hari 1 gelas.

8. Biji Ketumbar

Biji Ketumbar obat herbal kolesterol

Biji ketumbar termasuk salah satu bumbu dapur yang sering kita gunakan sebagai penyedap masakan. Ternyata dibalik bentuknya yang kecil, biji ketumbar menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan dan kebugaran tubuh kita.

Biji ketumbar mengandung asam linoleat, asam askorbat, asam oleat dan asam stearat yang berfungsi mengendalikan kadar kolesterol dalam darah. Biji ketumbar juga sangat ampuh membantu menurunkan kolesterol jahat tanpa mengganggu kolesterol yang baik bagi tubuh.

Cara mengkonsumsinya juga mudah. Siapkan 2 sendok teh bubuk ketumbar lalu campurkan dengan segelas air dan rebus hingga mendidih. Setelah itu, saring air rebusan dan saat sudah dingin dapat diminum 2 kali sehari.

9. Kunyit

Kunyit bantu atasi masalah kolesterol

Tanaman obat alami kolesterol berikutnya yakni kunyit. Sebagaimana kita ketahui bahwa kunyit mengandung zat curcumin yang berkhasiat menguras asam empedu dalam tubuh. Masakan yang mengandung kunyit juga manjur untuk membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Senyawa yang terkandung dalam rimpang kunyit juga dipercaya dapat menekan pengaruh buruk dari lemak jenuh. Jika sobat termasuk orang yang menyukai masakan dengan santan, sebaiknya campurkan bumbu kunyit untuk menetralkan efek buruk santan bagi tubuh.

10. Cuka Sari Apel

11 Tanaman Obat Alami Kolesterol, 6 Diantaranya Mudah Kita Temukan Didapur Taman Inspirasi SAFA

Mengkonsumsi cuka sari apel secara rutin dipercaya dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. Kandungan senyawa dalam cuka sari apel dapat menyerap lemak dan kolesterol jahat dalam darah. Cuka sari apel ini juga mengandung zat asam amino yang dapat menetralisir sekaligus mengeluarkan kolesterol jahat dari tubuh melalui proses ekskresi.

Cara mengkonsumsinya juga tergolong mudah. Apalagi kini cuka sari apel banyak dijual bebas dalam kemasan. Campurkan 1 sendok teh cuka sari apel dengan segelas air hangat lalu aduk hingga bercampur merata. Minum air campuran tersebut 2 s/d 3 kali sehari selama sebulan dan rasakan perbedaannya di tubuh sobat.

Baca Juga : 20 Tanaman Obat Keluarga paling Populer di Indonesia

11. Daun Salam

Daun Salam untuk obat alami kolesterol

Kita mengenal daun salam selama ini hanya sebagai bumbu dapur untuk menambah citarasa suatu masakan. Namun ternyata kandungan zat dalam daun salam dapat menurunkan kadar kolesterol jahat sekaligus membantu mengatasi penyakit asam urat. Caranya sangat mudah. Siapkan 10 s/d 15 lembar daun salam lalu cuci hingga bersih. Setelah itu rebus daun salam dengan 3 gelas air sampai mendidih dan tersisa kira-kira 1 gelas air. Saring air rebusan tersebut lalu minum saat dingin. Sebaiknya minum air rebusan tersebut saat malam hari menjelang tidur.

Nah itu tadi beberapa contoh tanaman obat alami kolesterol yang mungkin dapat membantu sobat yang memiliki permasalahan serius dengan jumlah lemak jahat dalam tubuh. Meski bahan-bahan diatas termasuk bahan alami yang aman, namun untuk konsumsi jangka panjang, ada baiknya konsultasikan dulu dengan dokter atau ahli gizi sobat. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa share ke akun sosial media sobat TIS. Terima kasih. Wassalam.