19 Tanaman Hias Merambat Buat Rumah Makin Asri

Tanaman Hias Merambat Lee Kwan Yew

Tanaman hias merambat termasuk salah satu jenis tanaman hias yang sangat cocok ditempatkan di pekarangan untuk menambah kesejukan rumah sobat. Banyaknya jenis tanaman hias merambat membuat kita mudah memilih mana yang cocok untuk ditanam di hunian kita. Meski demikian, tanaman hias jenis ini membutuhkan sedikit penataan agar tetap terlihat elok dan asri dipandang.

Untuk menanam tanaman rambat hias, sobat bisa gunakan pergola atau cukup menanambnya di dekat area dinding atau pagar rumah. Ada banyak sekali varian tanaman hias merambat, baik yang berupa tanaman hias daun maupun bunga.

Saat sobat berencana memilih tanaman hias rambat, sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan dan tempat yang ada. Jika sobat memerlukannya untuk kebutuhan dekorasi dalam ruangan (indoor) maka idealnya pilih tanaman yang tidak terlalu banyak memerlukan asupan sinar matahari langsung. Sedangkan untuk dekorasi luar ruangan (outdoor), sobat bebas memilih tanaman rambat yang diminati.

Sobat juga bisa mengkombinasikan tanaman hias gantung dengan jenis tanaman hias lainnya. Dengan penataan yang baik pastinya akan menambah asri dan nyaman hunian sobat TIS. Kali ini, TIS akan merekomendasikan beberapa jenis tanaman hias gantung atau tanaman rambat yang kami rangkum dari berbagai sumber.

Tanaman Hias Merambat & Gantung Paling Populer

1. Bougainvillea

19 Tanaman Hias Merambat Buat Rumah Makin Asri Taman Inspirasi SAFA

Pilihan pertama kami jatuh pada tanaman bougainvilla atau bugenvil. Tanaman ini cukup populer dikalangan pehobby tanaman hias. Bugenvil acapkali disebut sebagai tanaman bunga kertas lantaran tekstur bunganya yang tipis layaknya lembaran kertas. Tanaman hias jenis ini bisa sobat tanam dalam pot atau langsung dipekarangan rumah. Namun idealnya tanaman ini sobat tempatkan diluar ruangan karena ia membutuhkan banyak asupan sinar matahari langsung untuk tumbuh dan berbunga.

2. Mandevilla

Tanaman Hias Merambat Mandevilla

Mandevilla termasuk jenis tanaman hias dengan bunga berwarna merah, putih atau merah muda. Tanaman ini sangat membutuhkan asupan matahari langsung sehingga kurang cocok jika ditempatkan didalam ruangan. Tanaman mandevilla sangat cocok digantung di teras rumah untuk menambah keasrian hunian sobat.

3. Star Jasmine

Tanaman gantung Star Jasmine

Tanaman hias bunga merambat berikutnya yakni star jasmine atau melati bintang. Secara tampilan, tanaman hias jenis ini terlihat sangat lembut dengan hiasan bunga putih krem dan aromanya yang wangi. Tanaman ini juga sangat menyukai sinar matahari langsung sehingga akan tampak lebih elok jika ditanam sebagai hiasan dipagar rumah atau dinding luar ruangan. Star jasmine juga akan terlihat mengagumkan saat menampilkan sifat rambatnya yang tumpah ke bagian tepi pekarangan sobat.

Baca Juga : 50 Inspirasi Tanaman Hias UNIK Indoor & Outdoor

4. Bittersweet

tanaman hias Bittersweet

Tanaman hias jenis ini tampak elok saat daunnya meranggas dan menampilkan warnaan bunga yang kuning kemerahan. Dengan nama ilmiah Celastrus scandens, tanaman ini bisa mencapai ketinggian 2 meter. Tanaman hias merambat ini sangat cocok bagi sobat yang memiliki ruang tanam cukup luas di luar rumah.

5. Boston Ivy atau English Ivy

Tanaman Hias Boston Ivy

Tanaman hias merambat berikutnya yakni Boston atau English Ivy. Dikenal dengan nama ilmiah Parthenocissus tricuspidata, tanaman ini dapat memberikan nuansa keteduhan di luar rumah sobat. Tanaman ini juga dapat tumbuh dengan sangat cepat sehingga perlu penataan lebih lanjut pasca tanam. Pangkas daun tanaman ini setiap beberapa minggu sekali untuk membuatnya tetap asri dan indah.

6. Morning Glory

Tanaman Hias Morning Glory

Tanaman hias jenis ini termasuk dalam famili Convolvulaceae dan dikenal dengan nama lati Ipomoea. Ia memiliki varian corak hingga lebih dari 1000 spesies. Tanaman ini pertama kali populer di negeri Tirai Bambu China. Saat itu, biji tanaman ini dimanfaatkan untuk mengobati diare. Dan saat memasuki abad ke 9 tanaman ini dibawa ke Jepang dan berubah fungsi sebagai penghias rumah tinggal. Morning Glory termasuk salah satu jenis tanaman hias dengan aroma yang khas yang akan menyambut kita dengan keceriaan warnanya yang atraktif.

7. Clematis

Tanaman Hias Clematis

Jika sobat mencari tanaman hias gantung untuk menambah keasrian dan kecantikan pagar atau tembok diluar rumah, clematis bisa menjadi salah satu pilihan terbaik. Tanaman hias merambat clematis hadir dengan aneka corak bunganya yang indah dan pastinya akan membuat hunian sobat lebih hidup dan nyaman.

8. Tanaman Dollar

Tanaman Hias Merambat dolar

Tanaman hias rambat ini dikenal juga dengan nama ficus pumila. Tanaman ini biasanya dimanfaatkan sebagai penghias pagar atau tembok luar rumah. Tanaman ini akan menambah kesan hijau yang alami pada hunian sobat karena corak daunnya yang elok dan unik. Dalam satu batang, tanaman ini dapat menghasilkan lebih dari 20 buah tangkai daun. Corak daun mengkilapnya yang cantik dan bentuk batangnya yang unik membuatnya sering diburu oleh para penghobby guna menambah koleksi tanaman hias mereka.

Baca Juga : 20 Tanaman Air Paling Populer dan Digemari

9. Creeping Charlie

Tanaman Hias Merambat Creeping Charlie

Tanaman creeping charlie memiliki karakter daun seperti tanaman mint. Tanaman hias jenis ini sangat mudah tumbuh. Dalam hitungan minggu, daunnya akan terlihat lebat dan merambat keluar. Sobat bisa menempatkannya sebagai hiasan gantung diteras rumah untuk menambah keasrian hunian sobat.

10. Lee Kwan Yew

Tanaman Hias Merambat Lee Kwan Yew

Tanaman hias merambat ini dikenal sebagai tanaman lee yang tumbuh vertikal dan cocok ditanam di area sekitar dinding rumah. Berasal dari negara Burma dan diberi nama mantan Perdana Menteri Singapura atas jasanya menginisiasi proyek pembangunan ramah lingkungan Garden City pada tahun 1967. Tanaman ini sangat cocok digunakan sebagai dekorasi luar ruangan sekaligus sebagai pelindung dari terik matahari langsung.

11. Air Mata Pengantin

Tanaman Hias Rambat Air Mata Pengantin

Tanaman hias merambat berikutnya berasal dari daerah Meksiko dan kini sudah menyebar ke seluruh dunia termasuk Indonesia. Ia sangat populer karena tekstur daunnya yang berbentuk segitiga menyerupai hati. Dengan corak daun putih dan merah muda membuat tanaman ini cocok diletakkan di pekarangan rumah sobat.

12. Flame Of Irian

Tanaman Hias Rambat Flame Of Irian

Tanaman yang satu ini termasuk jenis tanaman hias asli Indonesia yang dikenal dengan nama latin Mucuna Bennetti. Ia hadir dengan warna eksotis merah merona dan memiliki bentuk bunga unik dan mengerucut layaknya kuku macan. Tanaman ini juga memiliki banyak julukan seperti “Red Jade vine” atau “New Guinea Creeper” atau “Scarlet Jade Vine” hingga kuku macan.

13. Alamanda

Tanaman Hias Rambat Alamanda

Dengan nama latinnya Alamanda Cathartica atau populer dengan sebutan bunga terompet emas atau bunga lonceng kuning, tanaman hias yang satu ini digunakan sebagai penghias rumah karena bentuknya yang rupawan. Tanaman yang satu ini berasal dari benua Amerika dan kini telah menyebar ke penjuru dunia karena warna bunganya yang cantik sehingga cocok ditanam sebagai penghias rumah di perkotaan.

Baca Juga : 20 Tanaman Obat Keluarga paling Populer di Indonesia

14. Black eyed susan vine

Tanaman Hias Rambat Black eyed susan vine

Tanaman hias gantung berikutnya adalah black eyed susan vine atau thunbergia alata. Tanaman ini berwarna hitam pada bagian tengah bunganya. Sementara kelopak bunganya terdiri atas berbagai varian corak yang unik mulai dari kuning, merah hingga putih. Tak hanya eksotis dipasang di pagar rumah, tanaman ini juga cocok digantung diteras untuk menambah kesejukan rumah sobat.

15. Scindapsus pictus atau Sirih lurik

Tanaman Hias Rambat Black eyed susan vine

Tanaman sirih lurik ini memiliki karakter dedaunan kurus berwarna hijau tua dengan bercak menyebar di seluruh bagian daunnya. Dengan tampilan menjuntai kebawah, tanaman Scindapsus pictus ini sangat bagus ditanam di pot lalu digantung di sudut luar rumah sobat. Tanaman ini juga tidak membutuhkan perawatan yang ribet. Cukup tempatkan ia di area yang sedikit terang dan sirami minimal seminggu sekali akan membuat tanaman ini sehat dan subur.

16. Sirih Gading

16. Tanaman Hias Rambat Sirih gading

Tanaman hias merambat dengan nama latin Epipremnum aureum ini termasuk salah satu tumbuhan populer di Indonesia. Sangat cocok dijadikan dekorasi di ruangan kosong atau di teras rumah sobat semua. Banyak orang menyukai tanaman ini karena corak daunnya yang unik dan mudah dirawat. Untuk memperbanyak tanaman ini juga tak perlu ribet. Cukup potong pada bagian yang terdapat akar rambat lalu tanam maka ia akan tumbuh dengan sendirinya. Tanaman ini juga relatif berumur panjang dan mempunyai ketahanan yang baik terhadap perubahan lingkungan yang ekstrim.

17. Virginia Creeper

17. Tanaman Hias Rambat Virginia Creeper

Tanaman hias yang dikenal dengan nama latin Parthenocissus quinquefolia atau tanaman kayu berasal dari Benua Amerika dan dapat tumbuh dengan cepat. Agar tetap rapi, sobat harus rutin memangkasnya sehingga tetap bisa menjadi penghias rumah yang cantik dan nyaman dipandang.

18. Arum Dalu

18. Tanaman Hias Rambat Arum Dalu

Arum dalu cocok dijadikan dekorasi gantung karena mempunyai corak bunga yang khas dan aroma yang sedap terutama saat malam hari. Itulah mengapa tanaman ini populer juga dengan nama bunga sedap malam. Selain tampilannya yang elok, tanaman hias merambat ini juga berfungsi sebagai tanaman pengusir nyamuk karena aromanya sangat dibenci oleh serangga penghisap darah tersebut. Ia dapat tumbuh menjulang hingga 4 meter serta memiliki daun dengan lebar berkisar 2 s/d 5 cm. Daunnya berwarna hijau gelap dan mengkilap jika terkena sinar matahari.

Baca Juga : 10 Jenis Calathea Berdaun Unik & Cocok Ditanam Dalam Ruangan

19. Tanaman Hias Merambat Terulak

Tanaman Hias Rambat Terulak

Tanaman hias merambat terakhir yang ada dalam daftar Taman Inspirasi SAFA adalah tanaman terulak. Dengan nama latinnya Ipomoea alba, tanaman ini dihiasi bunga putih yang cantik dan beraroma harum menyegarkan. Ditemukan pertama kali di benua Amerika, tanaman ini cocok digunakan sebagai tanaman pagar. Ia juga akan tumbuh subur di area yang terkena sinar matahari langsung.

Nah itu tadi beberapa contoh tanaman hias merambat yang unik dan atraktif versi Taman Inspirasi SAFA. Bagaimana menurut sobat semua? Silahkan tinggalkan saran atau komentar sobat dibawah. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terima kasih. Wassalam.