Dianggap Mitos, Ini Manfaat Bunga Wijaya Kusuma yang Tak Banyak Orang Tahu

bunga wijaya kusuma mitos dan khasiat

Keistimewaan dan manfaat bunga wijaya kusuma jika ditilik dari sejarahnya yakni kalangan menengah dan atas pada zaman dahulu banyak menanamnya di halaman keraton atau kesultanan. Oleh sebab itulah maka sampai sekarang bisa dibilang kesan elegan akan terlihat menonjol jika tanaman ini berada di halaman rumah kita.

Bahkan bagi sebagian orang timbul kepercayaan bahwa pohon ini dapat mendatangkan keberuntungan. Menurut orang dulu, pohon ini mempuyai kekuatan mistis dan seringkali disangkutpautkan dengan mitos yang terjadi dikalangan masyarakat kita. Mungkin juga karena bunga ini mekar di malam hari lalu menjelang pagi biasanya sudah mulai layu. Tanaman Wijaya kusuma yang paling sering berbunga adalah jenis pumilum.

Beragam Manfaat Bunga Wijaya Kusuma untuk Kesehatan & Kecantikan

Tekstur dan Aroma bunga wijaya kusuma

Wijaya kusuma memang sudah cukup populer sejak dulu. Namun saat Pandemi ini, semakin banyak orang yang mengenalnya dan mencoba membudidayakannya sehingga ia menjadi salah satu jenis tanaman hias yang cukup memiliki nilai jual dan estetika yang tinggi.

Secara umum, semua jenis tanaman hias bunga mempunyai keindahan dan keunikan tersendiri yang membuat suasana dirumah kita menjadi nyaman. Bunga juga memberi kesan dekat dengan alam. Untuk bunga wijaya kusuma sendiri, keindahan bunganya sangat unik, bunganya yang sedang mekar sangatlah indah.

Sejumlah penelitian lanjutan tentang bunga ini sudah banyak yang dipublikasikan. Diantaranya penelitian tentang kandungan kimia dari bunga yang memiliki efek anti mikroba, anti inflamasi (radang), dan juga anti oksidan. Berdasarkan penellitian tersebut maka benar adanya bahwa bunga wijaya kusuma ini pada zaman dahulu sering digunakan untuk mengobati sejumlah penyakit. Berikut ini beberapa manfaat bunga wijaya kusuma yang bisa langsung kita dapatkan saat menanamnya di halaman rumah kita.

Artikel Terkait : Tanaman hias

Penghias Alami dalam Ruangan

Manfaat bunga wijaya kusuma yang paling utama yakni tentu saja nilai estetika atau keindahannya. Dengan adanya bunga ini disudut rumah kita, akan membuat suasana ruangan lebih hidup. Wijaya berarti keberhasilan sedangkan Kusuma berati bunga. Jadi dari sisi terminologi bahasanya saja, sudah jelas bahwa tanaman ini merupakan jenis bunga yang dipercaya dapat membawa keberuntungan bagi pemiliknya.

Menanam bunga wijaya kusuma di Rumah

Mengobati Luka Luar secara Alami

Manfaat Bunga wijaya kusuma berikutnya yakni untuk membantu mengobati luka di tubuh. Luka atau lecet pada tubuh bisa cepat kering dengan mengoleskan ekstrak bunga wijaya kusuma. Caranyapun cukup mudah. Tumbuk bunga wijaya kusuma lalu beri sedikit air. Setelah itu oleskan pada luka atau lecet maka ia akan cepat kering dan sembuh.

Mengurangi Bau Badan

Bunga Wijaya kusuma mempunyai aroma yang unik. Wanginya disukai banyak orang sehingga banyak orang jaman dahulu menggunakannya saat mandi. Apalagi jaman dahulu belum ada sabun. Jika Anda ingin mendapatkan aroma alami bunga ini, caranya sangatlah mudah. Rendam bunga ini dalam air sebentar lalu tumbuk hingga halus. Setelah itu, campurkan kembali dengan air dan gunakan untuk mandi. Aroma bunga wijaya kusuma akan membuat tubuh kita lebih wangi apalagi bagi Anda yang memiliki masalah dengan bau badan maka metode ini layak Anda coba.

Baca juga : Tanaman obat asam urat

Membantu Mengatasi Jerawat

Dengan kemampuan anti bakteri dan anti oksidan nya, bunga wijaya kusuma dapat digunakan untuk membersihkan wajah. Caranya sebagai berikut. Dua kuncup bunga wijaya kusuma dihaluskan lalu campurkan dengan air secukupnya. Aduk hingga merata. Apabila sudah tercampur merata, gunakan sebagai pencuci wajah. Gosokkan ekstrak bunga wijaya kesua ke tangan dan oleskan merata ke wajah. Setelah itu, bilas wajah dengan air bersih. Jika Anda melakukannya secara rutin maka minyak dan bakteri di wajah lama kelamaan akan hilang dengan sendirinya. Dengan bersihnya wajah dari minyak dan bakteri, kita dapat terhindar dari resiko jerawat akibat penumpukan kotoran dan infeksi bakteri pada wajah.

Manfaat bunga wijaya kusuma

Melegakan dan Menyembuhkan Radang Tenggorokan

Bunga Wijayakusuma juga dapat dikonsumsi untuk kesehatan tubuh dan membantu mengatasi penyakit radang tenggorokan. Caranya juga sangat mudah. Ambil tiga sampai enam bunga wijaya kusuma untuk direbus selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu, tiriskan dan saring air rebusan dari bunga tersebut. Minum air rebusan tersebut saat hangat. Air rebusan bunga wijaya kusuma dapat membantu melegakan tenggorokan dan hidung tersumbat sekaligus meredakan batuk.

Artikel Terkait : Jenis Keladi

Membantu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi/Hipertensi

Orang tua jaman dulu mempunyai kepercayaan bahwa bunga wijaya kusuma dapat menyembuhkan penyakit yang berhubungan dengan darah. Mereka menganggap bahwa dengan mengkonsumsi bunga wijaya kusuma bisa membantu membersihkan darah dari kotoran dalam tubuh. Penyakit yang disebabkan karena darah tinggi seperti stroke bisa dihindari jika kita mengkonsumsi air rebusan bunga wijaya kusuma ini secara rutin.

Dianggap sebagai Tanaman yang Bergengsi

Bunga wijaya kusuma mempunyai bentuk yang indah layaknya mahkota raja atau ratu. Oleh sebab itulah banyak kalangan pecinta bunga merasa bahwa bila mempunyai bunga tersebut dirumah maka derajatnya akan naik. Bahkan sampai ada mitos di masyarakat bahwa konon rumah yang terdapat bunga wijaya kusuma didalamnya akan terlihat lebih bersinar dibandingkan rumah lainnya. Ada juga mitos yang mengatakan bahwa orang yang membawa pulang wijaya kusuma akan terlihat lebih menarik dan jika belum menikah maka ia akan cepat mendapatkan jodoh.

Cara Menanam bunga wijaya kusuma

Membantu Mengobati Penyakit TBC

Manfaat lainnya yang dipercaya dari bunga wijaya kusuma yaitu membantu mengobati penyakit batuk berdarah atau TBC yang disebabkan oleh infeksi saluran nafas. Di negara Vietnam, bunga ini sering digunakan untuk antikuman atau anti bakteri. Sari bunga wijaya kusuma ini diambil dalam bentuk cairan dan diolah sedemikian rupa lalu disimpan botol untuk kemudian digunakan sebagai cairan antikuman layaknya alkohol. Disebutkan juga bahwa ekstrak bunga wijaya kusuma dapat membantu meningkatkan vitalitas dan gairah pria.

Baca Juga : Obat asam urat alami

Meski manfaat bunga wijaya kusuma sangatlah banyak, namun sebaiknya gunakan dalam dosis yang ringan. Untuk pengobatan yang serius konsultasikan terlebih dahulu ke dokter atau ahli herbal yang anda percayai. Apabila Anda mempunyai alergi terhadap serbuk bunga atau debu, maka sangat tidak disarankan mengkonsumsi ekstrak bunga ini untuk pengobatan. Jika Anda mengalami efek samping seperti sakit kepala, gatal kepala atau kulit sebaiknya hentikan penggunaan bunga ini untuk pengobatan.

Nah itu tadi beberapa manfaat bunga wijaya kusuma yang dapat Taman Inspirasi SAFA rangkum dari berbagai sumber. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan jangan lupa share ke akun sosial media sobat TIS sehingga makin banyak orang tahu akan manfaat berkebun dan bercocok tanam di rumah meski dengan keterbatasan lahan. Terima kasih sudah berkunjung. Wassalam.