Tips Budidaya Sayur di Lahan Sempit 1

Tips Budidaya Sayur di Lahan Sempit

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (18 votes, average: 4.28 out of 5)
Loading...

Budidaya Sayur di Lahan Sempit – Menanam tanaman terutama sayuran di kebun adalah cara yang sangat efektif untuk menghemat uang dan menghasilkan sayur mayur yang sehat untuk dapur Anda. Anda tidak perlu banyak ruang untuk menanam sayuran segar, rempah-rempah, dan buah-buahan. Anda bahkan tidak benar-benar membutuhkan taman. Para ahli tanaman tahu bahwa para pecinta kebun di rumah menginginkan hasil tinggi di tempat yang kecil atau terbatas. Oleh sebab itu, mereka telah mengembangkan lebih banyak varietas yang dapat tumbuh dalam media yang terbatas atau bahkan hidup dalam wadah sepanjang tahun.

Budidaya Sayur di lahan sempit Metode Vertikultur

Wadah atau Media untuk Sayuran Kecil

Berkebun sayur biasanya memiliki hubungan yang kurang baik dengan kebun tanaman hias. Ada batasan khusus untuk kebun sayuran yang membutuhkan lahan luas dan berantakan yang biasanya disembunyikan di halaman belakang rumah. Dalam satu keluarga kecil, biasanya itu adalah wilayah kekuasaan para pria. Kebun sayur adalah tentang menghasilkan makanan dan bukan kecantikan atau keindahan untuk tempat tinggal.

Teknik Budidaya Sayur di lahan sempit dengan Vertikultur Bambu

Namun saat ini, sayuran telah mengambil tempat yang lebih menonjol di atas meja sehingga mereka mendapatkan lebih banyak ‘penghormatan’ dalam dunia berkebun. Dengan meningkatnya minat dari budidaya sayur di lahan sempit khususnya di rumah, kini telah ada peningkatan dalam pengembangan varietas baru untuk sayuran yang berwarna-warni serta varietas yang lebih etis sebagai penghasil makanan sekaligus penghias rumah tinggal.

Anda tidak perlu area yang luas untuk memiliki kebun sayur. Anda memang membutuhkan tanah yang baik, banyak sinar matahari, sumber air dan mungkin pagar. Jika Anda memiliki tempat cerah kecil di halaman Anda, atau bahkan di teras Anda, Anda bisa menanam sayuran. Berikut tips memulai menanam sayuran di lahan yang terbatas.

Penentuan Lokasi Budidaya Sayur di Lahan Sempit

Budidaya Sayur di lahan sempit

Penyinaran

Sayuran membutuhkan sinar matahari 6 jam atau lebih setiap hari. Tanpa sinar matahari, buah-buahan tidak akan matang dan tanaman akan stress. Bahkan ada beberapa sayuran yang dapat bertahan hidup serta tumbuh dengan baik di bawah naungan cahaya matahari seperti selada dan sayuran hijau lainnya, brokoli, dan tanaman kacang-kacangan.

Proses Irigasi (Pengairan)

Sayuran juga membutuhkan penyiraman secara teratur. Tanpa penyiraman yang rutin, sayuran tidak akan bisa tumbuh dengan baik dan kesegarannya pasti akan berkurang. Beberapa jenis buah atau sayuran, seperti tomat, akan pecah atau layu jika tiba-tiba penuh dengan air setelah dalam waktu yang panjang tak mendapat pengairan. Jadi, kunci bertanam sayuran di lahan sempit adalah kontinuitas pengairan sesuai jumlah/kapasitas yang dibutuhkan oleh tanaman.

Anda tidak selalu bisa mengandalkan hujan. Jika Anda memiliki sarana sistem irigasi tetes, maka itu merupakan nilai tambah yang baik untuk kebun sayur. Sistem irigasi tersebut benar-benar sangat mudah dipasang dan harganya jauh lebih murah daripada yang diperkirakan kebanyakan orang. Dan Anda akan menghemat uang pada air, karena ia akan langsung ke akar tanaman. Jadi melalui sistem irigasi tetes ini, jumlah air yang hilang karena penguapan akan sangat sedikit sekali. Hampir semua dipastikan terserap sempurna oleh akar tanaman.

Jika Anda tidak ingin memilih irigasi tetes, coba tempatkan kebun sayur Anda di dekat keran air. Anda akan lebih cenderung untuk menyiram jika Anda tidak perlu menarik keluar selang.

Media Tanam (Tanah)

Pertimbangan terakhir untuk budidaya sayur di lahan sempit ini sangatlah penting. Sayuran membutuhkan tanah yang kaya akan bahan organik. Tanah penting untuk pertumbuhan semua jenis tanaman, tetapi lebih pada sayuran, karena rasanya pun dipengaruhi oleh kualitas tanah. Itulah salah satu yang menyebabkan buah anggur dari varietas yang sama dapat memiliki rasa yang berbeda dari satu daerah ke daerah lain dan mengapa beberapa daerah menanam paprika yang lebih panas daripada yang lain.

Jika Anda bisa memenuhi tiga hal mendasar ini: matahari, air, dan tanah yang bagus, maka Anda bisa berkebun sayur ataupun buah, tak peduli seberapa luas area yang anda miliki di rumah. Demikian tips budidaya sayur di lahan sempit yang dapat Taman Inspirasi sajikan. Jangan lupa tinggalkan komentar Anda di bawah dan share artikel ini jika Anda rasa bermanfaat. Selamat berkebun. Wassalamualaikum wr. wb.

 

Leave a Reply