Bibit Durian Berkualitas

Tips Memilih Bibit Durian yang Cepat Berbuah

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (8 votes, average: 4.63 out of 5)
Loading...

Bibit durian yang berkualitas akan menghasilkan buah yang nikmat dan legit. Durian merupakan salah satu jenis tanaman paling populer di Indonesia bahkan di dunia. Hal itu dikarenakan tanaman durian memiliki buah dengan aroma serta rasa yang khas. Selain itu, buah durian memiliki tekstur kulit yang keras serta bentuk yang cukup unik.

Bahkan sekarang banyak makanan atau minuman olahan yang diproduksi menggunakan bahan dasar durian seperti kue, roti, dodol, selai, sirup dan lain-lain. Oleh sebab itulah banyak orang di Indonesia tertarik untuk membudidayakan tanaman durian baik dalam skala besar maupun kecil. Nah kali ini Taman Inspirasi akan memberikan beberapa tips memilih bibit durian yang cepat berbuah serta memiliki rasa yang lezat.

Pohon Durian Pendek Berbuah Lebat

1. Tentukan jenis bibit durian yang akan dibudidayakan

Di Indonesia, ada banyak sekali varietas bibit durian unggulan. Masing-masing varietas memiliki masa tanam yang beragam walaupun ada juga jenis durian tertentu yang memiliki masa berbuah relatif cepat. Memilih bibit durian yang berkualitas akan berpengaruh pada hasil yang diperoleh. Meski demikian, jangka waktu berbuah durian sangat bergantung pada cara perawatannya. Salah satu varietas durian yang saat ini menjadi favorit mayoritas masyarakat Indonesia yakni jenis durian montong.

Baca juga : Jenis Durian – Mengenal Varietas Durian di Negara-negara Asia

Selain durian montong ada juga varietas lain yang menurut pengalaman para pembudidaya durian, memiliki masa berbuah relatif cepat dan hasil yang melimpah. Diantaranya yakni jenis durian kumbokarno, sitokong, bawor kaki tiga, durian orange dan durian musang king. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan karena hasil yang diperoleh juga sangat bergantung pada jenis perawatan yang dilakukan serta kondisi tanah/iklim di lingkungan tumbuh tanaman durian.

2. Lihat secara fisik bibit durian

Setelah anda memutuskan untuk membudidayakan satu jenis durian, ada baiknya anda cek kondisi fisik dari bibit tersebut. Ciri-ciri bibit durian yang berkualitas yakni memiliki kondisi batang yang kuat, daunnya terlihat lebat dan segar serta tidak terserang hama atau berpenyakit.

Jika dilihat secara seksama memang bentuk fisik pohon durian bervariasi. Hal itu sangat bergantung pada jenis bibit yang dipilih serta asal muasal bibit diperoleh (hasil cangkok, sambung pucuk atau dari biji). Namun secara garis besar, bibit durian yang sehat memiliki ciri fisik sebagaimana yang kami sebutkan diatas. Ditambah lagi, perawatan yang baik seperti penyiraman, pemberian pupuk/nutrisi, perampelan/pemangkasan, hingga penyemprotan hama yang rutin dilakukan akan meningkatkan kesuburan tanaman hingga pada akhirnya berpengaruh positif pada buah yang dihasilkan.

Bibit Durian Bawor kaki tiga

3. Pelajari teknik menanam pohon durian yang baik

Teknik penanaman yang baik akan sangat berpengaruh pada usia tanaman serta masa berbuahnya. Biasanya pohon durian akan berbuah pada musimnya meski sekarang ada juga teknik pembuahan yang dimodifikasi untuk membuat pohon durian berbuah diluar musim panen. Salah satu teknik paling sederhana yakni teknik pemangkasan atau perampelan daun.

Baca juga : Budidaya Tanaman Durian agar Cepat Berbuah dan Produktif

Teknik pemangkasan merupakan cara klasik yang dilakukan oleh para petani untuk mempercepat proses tumbuh buah dan mencegah tanaman terjangkit hama atau penyakit. Teknik pemangkasan juga dilakukan agar nutrisi yang terserap oleh akar dapat tersalurkan dengan baik untuk pertumbuhan bunga dan buah. Pemberian nutrisi tambahan seperti zat perangsang tumbuh juga perlu dilakukan agar tanaman bisa berkembang lebih optimal.

4. Cari tahu kekuatan dan asal muasal bibit durian

Di Indonesia, terdapat beberapa jenis durian yang memiliki daya tahan baik terhadap hama dan penyakit. Pohon durian dengan sistem perakaran yang baik tentu akan dengan mudah menyerap nutrisi yang disediakan oleh tanah. Sistem perakaran yang baik didukung tekstur batang yang kokoh akan sangat mendukung peredaran sari-sari makanan ke seluruh bagian tanaman.

Pohon Durian Pendek Berbuah Lebat

Bibit durian yang didapatkan dari hasil pencangkokan atau stek haruslah berasal dari indukan yang berkualitas. Ciri fisik indukan yang berkualitas yakni tekstur batang kuat, daun rimbun dan segar serta buah yang dihasilkan memiliki rasa yang lezat. Bibit yang diperoleh dari indukan berkualitas akan memiliki daya tahan yang baik terhadap hama penyakit serta perubahan cuaca yang ekstrim.

Pemberian nutrisi seperti pupuk kandang/kompos serta pembersihan gulma yang rutin dilakukan akan membuat tanaman memiliki daya tahan yang baik dari serangan hama atau penyakit. Namun jika tanaman terlanjur terserang penyakit maka kita bisa mengatasinya dengan menyemprotkan pestisida kimia atau pestisida organik.

Baca juga : Pestisida Organik PALING AMPUH dari Bawang Putih

Demikian tips singkat dari Taman Inspirasi SAFA tentang pemilihan bibit durian yang berkualitas sehingga menghasilkan buah yang legit dan memiliki nilai jual yang tinggi. Semoga tips diatas bermanfaat. Jangan lupa share artikel ini dan jika anda memiliki pertanyaan atau saran silahkan tinggalkan komentar anda pada kolom dibawah ini. Atau jika anda membutuhkan bibit durian atau bibit tanaman buah lainnya, silahkan kunjungi halaman pembelian bibit Taman Inspirasi di sini: Bibit Tanaman Buah TIS. Terima kasih. Wassalam.

Leave a Reply