10 Tips PRAKTIS Menghilangkan Jerawat dengan Bawang Putih

Tips Menghilangkan Jerawat dengan Bawang Putih

Bahayakah menghilangkan jerawat dengan bawang putih? Mungkin pertanyaan tersebut sedikit klise, namun ada baiknya kumpulkan beberapa referensi offline maupun online sebelum kita men-judge sesuatu terutama hal yang berkait dengan kesehatan.

Sebenarnya ada banyak bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan jerawat berlebih di bagian wajah. Apalagi penggunaan bahan alami secara teratur juga tidak akan memberikan efek samping yang berlebih. Hal ini sangat berbeda bila kamu menggunakan obat-obatan kimia yang justru memiliki efek samping pada wajah. Salah satu bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi bahkan menghilangkan jerawat yaitu bawang putih.

Bahan alami yang terkandung dalam bawang putih tersebut memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit wajah. Apalagi untuk menghilangkan jerawat dengan bawang putih bisa dilakukan dengan sangat mudah dan tidak ribet. Berikut ini beberapa manfaat umbi bawang putih untuk kesehatan.

Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan Kulit Wajah

Umbi bawang putih untuk Kesehatan kulit wajah

Sebelum kamu menggunakan bawang putih untuk menghilangkan jerawat sebaiknya ketahui manfaat dan kandungan penting di dalam bahan alami ini. Tentu saja hal ini akan semakin memudahkan kamu untuk menggunakan bahan alami bawang putih dalam jangka waktu yang lebih lama.

Selain itu, manfaat dari bawang putih ini juga menjadi satu referensi untuk kamu sebelum memutuskan menggunaan obat kimia lain untuk merawat kulit wajahmu. Berikut ini beberapa manfaat dan kandungan penting dari bawang putih yang berfungsi menjaga kesehatan kulit wajah:

  • Kandungan Allicin sebagai anti septic

Bawang putih memiliki kandungan senyawa aktif yang disebut dengan Allicin. Kandungan ini bisa berfungsi sebagai anti bakteri, anti virus, anti jamur sekaligus sebagai anti septik. Menurut beberapa ahli kesehatan, Allicin dianggap sebagai salah satu kandungan alami dalam umbi bawang putih untuk mengatasi jerawat akibat bakteri yang menempel di kulit wajah.

Allicin juga berfungsi mengurangi radang yang timbul akibat jerawat berlebih. Meski demikian, penggunaan bawang putih pada jerawat yang sedang meradang sebaiknya sesuai dengan kondisi kulit. Sebab jika tidak hati-hati, penggunaan bawang putih tersebut justru membuat kulit wajah kita iritasi atau bahkan bengkak.

  • Memiliki kandungan vitamin dan mineral penting

Bawang putih juga memiliki kandungan berbagai vitamin dan mineral yang sangat penting bagi kesehatan kulit. Beberapa vitamin dan mineral itu seperti Selenium, Zinc, Vitamin B6 hingga Vitamin C. Penerapan secara langsung akan memaksimalkan fungsi dari seluruh vitamin dan mineral bagi kesehatan kulit wajah.

Manfaat Bawang Putih untuk menghilangkan jerawat

  • Zinc untuk mengendalikan minyak berlebih pada wajah

Kandungan lain dalam bawang putih adalah senyawa alami yaitu Zinc. Kandungan zat tersebut memiliki fungsi penting untuk mengontrol produksi minyak yang berlebih pada kulit wajah. Bahkan, zinc juga bisa menghindarkan kulit wajah dari kondisi yang sangat berminyak penyebab jerawat.

Kandungan antioksidan dalam umbi bawang putih dapat melawan radikal bebas yang menjadi salah satu penyebab timbulnya jerawat pada wajah. Saat kamu banyak melakukan aktifitas di luar ruangan, radikal bebas di udara menjadi salah satu pemicu munculnya jerawat di wajah. Mengoleskan bawang putih secara berkala pada kulit wajah akan membantu kulit wajahmu melawan radikal bebas tersebut.

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Bawang Putih

Menghilangkan Jerawat dengan Bawang Putih

Kamu bisa menggunakan beberapa pilihan cara menghilangkan jerawat dengan bawang putih. Masing-masing dari cara itu juga membutuhkan metode yang sangat sederhana. Namun, kamu harus ingat bahwa penggunaan bahan alami ini memang harus dilakukan secara berkala. Berikut ini beberapa langkah mudah yang bisa kamu terapkan untuk menghilangkan jerawat, seperti:

  1. Ambil 3-4 siung bawang putih berukuran besar yang masih segar.
  2. Bersihkan bawang putih dari bagian kulitnya.
  3. Parut bawang putih hingga halus lalu tempatkan di wadah yang bersih.
  4. Cuci dengan air bersih bagian muka yang memiliki jerawat.
  5. Selanjutnya, oleskan secara merata bagian wajah yang memiliki jerawat dengan parutan bawang putih
  6. Kamu juga bisa melakukan pijatan ringan pada kulit wajah yang dioleskan dengan bawang putih
  7. Diamkan olesan bawang putih pada wajah sekitar 10 menit
  8. Setelah itu, bilas wajah dengan air bersih hingga tidak ada lagi sisa bawang putih.
  9. Keringkan wajah dengan handuk bersih.
  10. Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal cobalah terapkan cara ini 3-4 kali dalam seminggu atau hingga peradangan jerawat mulai berkurang.

Perlu diingat bahwa penggunaan bawang putih untuk mengatasi jerawat tidak selamanya berhasil. Apalagi jika kamu memilikii kondisi kulit wajah yang sensitif, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter kulitmu. Jika kamu memaksakan untuk menggunakan bawang putih di kulit wajahmu maka dikhawatirkan akan timbul masalah iritasi atau bahkan peradangan. Alih-alih menghilangkan jerawat, kamu justru akan menambah masalah baru pada kulit wajahmu yang bahkan mungkin tidak menutup kemungkinan membuat kondisi kulit wajahmu memburuk atau bahkan rusak. Jadi, sebaiknya konsultasikan dulu permasalahan jerawatmu pada ahli kulit atau dokter terdekat.

Nah, itu tadi beberapa tips memanfaatkan umbi bawang putih untuk kesehatan kulit wajah versi Taman Inspirasi SAFA. Jika kamu punya saran atau kritik tentang artikel ini atau konten lain di web kami, silahkan sampaikan via kontak form atau email ke admin@tamaninspirasi.com. Jangan lupa juga kunjungi channel YouTube Taman Inspirasi SAFA untuk tahu lebih banyak tentang tips & trik bercocok tanam serta berkebun di lahan terbatas. Terima kasih. Wassalam