Bunga Geranium, Tanaman Hias Eksotis Pengusir Serangga

Menanam Bunga Geranium dalam Pot

Bunga Geranium atau populer dengan nama bunga tapak dara banyak disukai orang karena kecantikan dan keunikannya. Untuk tekstur dan warna bunga geranium itu sendiri bervariasi mulai merah muda, merah, ungu hingga ungu tua. Tanaman ini mempunyai daun dan bunga yang bergerombol serta membentuk payung besar hingga menutupi tanah tempat ia tumbuh. Banyak orang menggunakan tanaman ini sekedar untuk hiasan di dalam maupun di luar rumah. Atau untuk manfaat lain yang terbilang non-estetis seperti efek aromaterapi yang ditimbulkannya sehingga cocok dijadikan pewangi alami dalam ruangan.

Saat mekar, tanaman hias bunga geranium akan terlihat elok dan indah. Bunganya bisa tumbuh sepanjang tahun asalkan memang sudah waktunya tanaman tersebut untuk berbunga. Beberapa jenis Geranium dapat tumbuh dengan baik dilokasi yang teduh dan sejuk. Namun hampir sebagian besar jenis tanaman ini menyukai tempat yang mendapatkan sinar matahari penuh setiap hari.

Selan itu, tanaman ini juga bermanfaat mengusir serangga serta hewan pembawa hama lainnya. Jadi, jika Anda memiliki hewan peliharaan seperti kucing atau anjing, maka mereka akan merasa kurang nyaman bila berada didekat geranium. Bagi beberapa jenis hewan, tanaman ini adalah beracun. Namun tentunya tidak bagi manusia.

Artikel Terkait: 16 Jenis Tanaman Pengusir Nyamuk Paling AMPUH

Manfaat Tanaman Bunga Geranium

Bunga Geranium atau Bunga tapak Dara

Selain untuk penghias rumah dan pekarangan, minyak geranium ternyata memiliki beragam manfaat. Geranium essential oil atau minyak atsiri dari perasan sari bunga geranium kini banyak digunakan sebagai bahan tambahan pembuatan parfum dan kosmetik. Sedangkan untuk aromaterapi sendiri biasanya sari bunga geranium dicampur dengan minyak kelapa sebagai pelega tenggorokan dan memberi efek rasa nyaman dan menyenangkan.

Selain membantu mengatasi masalah pernafasan, minyak esensial geranium banyak digunakan untuk mengatasi masalah kulit. Kemampuan anti bakteri yang terkandung dalam minyak esensial geranium dapat digunakan untuk mengobati jerawat dan iritasi ringan pada kulit. Banyak orang juga mempunyai pengalaman yang positif dalam penggunaan minyak bunga geranium untuk membantu menyembuhkan kaki pecah-pecah. Itu karena kandungan bunga geranium juga bermanfaat melembabkan kulit.

Beberapa jenis hewan tidak menyukai tanaman geranium terutama jenis serangga seperti nyamuk dan ngengat. Nah jika Anda ingin mengusir nyamuk dan serangga pengganggu lainnya, tanpa khawatir akan efek samping yang ditimbulkan maka bunga geranium ini cocok dibudidayakan di pekarangan rumah Anda.

Artikel Terkait: 3 Cara PRAKTIS Menanam Bambu Air di Rumah

Cara Praktis Menanam Geranium

Bunga Geranium Merah Muda

Di negara kita, tanaman bunga Geranium cocok untuk tumbuh karena ia membutuhkan cukup asupan cahaya matahari. Untuk hasil yang baik, Anda bisa menanamnya langsung di pekarangan rumah. Tanaman ini membutuhkan lahan yang cukup luas untuk tumbuh karena mempunyai akar yang panjang dan ukuran daun yang cukup lebar. Jika Anda menanamnya dalam jarak yang terlalu dekat maka nantinya tanaman tidak akan tumbuh dengan optimal.

Artikel Terkait: Tanaman Hias

Penanaman dan Penyiraman

Cara Menanam Bunga Geranium paling Mudah

Belilah bibit bunga geranium yang berwarna hijau segar dan hindari bibit bunga yang terlihat kusam atau terdapat bercak kecoklatan pada daun maupun batangnya. Jarak tanam kurang lebih 50×50 cm. Saat tumbuh, tinggi tanaman geranium bisa mencapai setengah meter. Ditambah lagi, dengan ukuran daun dan bunga yang bertipe mekar besar, menjadikan tanaman ini akan tumbuh dengan baik jika langsung ditanam di lahan. Pemberian jarak/penjarangan dimaksudkan supaya tidak terjadi ‘perang’ nutrisi dalam tanah antara tanaman satu dengan yang lainnya.

Jarak minimal paling ideal antar tanaman yakni berkisar 30 cm. Lakukan penyiraman rutin secara proporsional. Jangan biarkan media tanam terlalu kering. Lakukan penyiraman secukupnya dan jangan sampai media tanam terlalu becek karena ini justru menjadi masalah baru bagi tanaman. Kondisi media tanam yang terlalu lembab akan membuat akar cepat membusuk. Apalagi jika Anda membudidayakan bunga geranium menggunakan media pot atau polybag. Pastikan ada lubang pembuangan air yang cukup jika Anda menanamnya dalam pot. Gunakan polybag atau pot berukuran besar dengan diameter kurang lebih 40-60 cm agar memudahkan akar untuk berkembang sehingga tanaman dapat tumbuh lebih optimal.

Tanaman geranium membutuhkan asupan sinar matahari yang cukup minimal antara 4-6 jam setiap hari. Jadi tanaman ini akan dapat tumbuh dengan baik  jika kita tempatkan di luar ruangan seperti teras rumah atau beranda. Jika Anda ingin menempatkan tanaman bunga geranium ini dalam ruangan hendaknya pilih lokasi yang terang dan mendapat asupan sinar matahari setidaknya 3 jam setiap harinya.

Artikel Terkait: 20 Tanaman Air Paling Populer dan Digemari

Pemupukan & Perawatan Bunga Geranium

Bunga Geranium, Tanaman Hias Eksotis Pengusir Serangga Taman Inspirasi SAFA

Bunga geranium tergolong tanaman yang ramah lingkungan dan tidak membutuhkan perawatan khusus. Sesekali mungkin kita perlu memberinya pupuk kompos sekaligus memeriksa kondisi media tanam sehingga tetap terjaga kesuburannya. Pemangkasan sejumlah bunga dan daun yang berwarna coklat perlu juga dilakukan secara berkala untuk regenerasi. Pemberian nutrisi tambahan seperti pupuk organik cair atau MSG ajinomoto juga akan membuat tanaman geranium kesayangan Anda lebih subur dan cantik.

Kelebihan menanam tanaman geranium yakni tidak adanya musuh alami seperti hama dari jenis serangga. Kebanyakan serangga tidak akan tahan jika berada didekat tanaman ini. Penyakit yang menyerang tanaman ini biasanya disebabkan karena kurang asupan sinar matahari atau air sehingga daun atau bunganya cepat layu.

Artikel Terkait: Bunga Rosella : Manfaat dan Cara Budidayanya

Jangan lupa bersihkan gulma yang tumbuh disekitar tanaman. Gulma yang tak terkendali membuat tanaman sulit mendapatkan nutrisi dari dalam media tanam. Akibatnya pertumbuhan akan terganggu dan jika berbunga pun akan terlihat kurang menarik dan segar. Jika Anda menanam bunga geranium dalam pot maka setidaknya dalam 6 bulan sekali lakukan peremajaan media tanam sekaligus proses repotting (pemindahan kedalam pot yang berukuran lebih besar).

Bagaimana sobat Taman Inspirasi SAFA, tertarik untuk mencobanya di rumah? Nah itu tadi beberapa tips dari kami tentang manfaat sekaligus cara budidaya bunga geranium yang bisa sobat praktekkan sendiri di rumah. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa share ke akun sosial media sobat semua agar semakin banyak orang tahu akan manfaat berkebun dan bercocok tanam di rumah. Wassalam.