Ide Kreatif Menata Taman dari Tanaman Obat

Ide Kreatif Menata Taman dari Tanaman Obat

Taman bukan hanya dapat di hiasi oleh indahnya bunga-bunga, namun kita dapat juga membuat taman dari tanaman obat yang juga bisa berfungsi sebagai apotek hidup. Tak hanya aneka tumbuhan yang bermanfaat bagi kesehatan, namun demikian juga tetap menampilkan kecantikan alami yang menakjubkan serta tidak kalah indahnya dengan taman bunga.

Banyak tanaman obat yang bisa kita tanam di taman dan tidak kalah cantik dengan bunga hias, banyak juga tanaman obat yang mempunyai bunga serta daun yang indah. Tanaman obat yang kita  pilih untuk ditanam di pekarangan rumah adalah dari tanaman obat yang berfungsi bagi keperluan pengobatan sehari-hari.

7 Jenis Taman dari Tanaman Obat & Manfaatnya

Untuk jenis tanaman obat yang juga tanaman bunga juga cukup beragam, sebut saja bunga matahari, bunga lavender, bunga kumis kucing sampai bunga melati. Semua itu memiliki khasiat tersendiri yang baik sebagai obat pertolongan pertama keluarga. Tanaman obat ini dapat dipakai untuk mengobati berbagai penyakit yang juga lebih aman karena bersifat alami dan juga hanya sedikit memiliki efek samping bila kita bandingkan dengan obat kimia.

Tanaman obat yang juga termasuk dalam jenis bunga-bungaan adalah bunga matahari, bagian biji bunga matahari juga mengandung senyawa berkhasiat guna menurunkan demam. Bentuk bunga juga tidak kalah cantik.

Bunga Sepatu

Bunga Sepatu

Bunga Sepatu berkhasiat untuk mengobati bronchitis, haid tidak teratur, gonorhoea (kencing nanah), demam pada anak-anak, obat sakit panas, gondok, sariawan, batuk, maupun sakit kepala. Tanaman dengan ukuran bunga yang cukup besar dan berbentuk menyerupai lonceng ini menjadi alternatif tumbuhan obat yang dapat membuat taman Anda makin indah.

BACA JUGA :   8 Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kesehatan dan Kecantikan

Kumis Kucing

Tanaman Kumis Kucing

Kumis kucing memiliki bentuk bunga yang cukup indah. Tanaman ini termasuk salah satu jenis tumbuhan obat asli Indonesia. Bunga kumis kucing ini bisa kita pakai untuk meredakan sakit pinggang, disamping itu bentuk bungannya juga cukup cantik dan unik.

Bunga Mawar

Tanaman Bunga Mawar

Bunga mawar adalah bunga sangat terkenal akan keindahannya, dengan duri tajam yang menghiasi tangkainya. Wangi semerbak bunga mawar sangat harum, karena juga mengandung minyak atsiri di dalamnya. Minyak atsiri bunga mawar berkhasiat untuk mengobati gigitan serangga berbisa, gabag (morbili), sampai jerawat. Karena itu bunga mawar dapat kita jadikan pilihan penghias taman.

Bunga Melati

Tanaman Bunga Melati

Bunga melati memiliki daun yang banyak serta bentuk bunga kecil-kecil. Dan yang paling menarik adalah semerbak aroma wanginya. Bunga melati juga mempunyai khasiat sebagai tanaman obat, daunnya bisa menyembuhkan sesak nafas dan juga sakit kepala. Sedangkan kuntum bunganya dapat dipakai untuk mengobati radang mata.

Bunga bakung putih

Bunga bakung putih

Bakung putih memiliki bunga berwarna putih yang cantik. Bunga bakung putih bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit frambusia. Bunga bakung sebenarnya memiliki beberapa ciri khas warna diantaranya kuning, merah muda, putih, jingga hingga ungu. Selain kaya manfaat, menanam bunga bakung di taman rumah akan semakin membuat asri hunian kita.

Tanaman Puring

Budidaya Tanaman Puring

Tanaman Puring juga dapat menghiasi taman rumah kita. Puring termasuk tanaman hias yang menarik karena memiliki daun yang berwarna-warni. Daun puring yang berwarna hijau dapat menghangatkan perut. Jenis tanaman hias daun ini memang cocok untuk ditanam di halaman rumah kita. Selain tampilannya yang unik, perawatannya juga cukup mudah. Lain kali, TIS akan menyajikan artikel khusus yang membahas tentang tanaman puring ini mulai dari penanaman, perawatan hingga peluang bisnisnya.

BACA JUGA :   30 Tanaman Obat Keluarga paling Populer di Indonesia

Lidah Buaya

Tanaman Lidah Buaya

Tanaman obat yang umum kita tanam di taman adalah lidah buaya, tanaman lidah buaya banyak ditanam bahkan di taman bunga sekalipun. Sebab lidah buaya cukup cantik, dan juga multi fungsi dengan manfaat lidah buaya sebagai obat luka bakar, obat penghitam rambut sampai panas dalam.

Dalam membuat taman dipekarangan kecil rumah kita, kita tidak harus mengisinya dengan bunga hias yang cantik atau menggoda mata saja. Kita juga dapat membuat taman dari tanaman obat yang juga tidak kalah cantiknya dengan bunga hias,  dan tentunya memiliki khasiat sehingga ketika  sewaktu-waktu kita membutuhkannya kita dapat dengan mudah membuatnya sebagai obat tradisional. Taman dengan tanaman obat ini juga dapat tampil sangat cantik dan indah, yang terpenting kita bisa pandai dalam menatanya.

Itu tadi sedikit ulasan kami tentang taman dari tanaman obat yang bisa kita manfaatkan sebagai penghias halaman atau pekarangan rumah kita. Selain beberapa jenis tanaman diatas, ternyata masih banyak lagi jenis tanaman asli Indonesia yang sangat bermanfaat untuk kesehatan sekaligus memiliki tampilan yang indah. Apa sobat TIS tahu jenis tanaman tersebut? Silahkan tuliskan di kolom komentar. Terima kasih. Wassalam.

4.3/5 - (26 votes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *