Ragam Manfaat, Jenis & Cara Budidaya Pohon Palem

Pohon Palem untuk Tanaman Hias Indoor
Rate this post

Pohon palem masih merupakan sejenis tumbuhan pinang- pinangan (Arececeae). Tumbuhan yang merupakan monokotil ini dinilai sangat menarik mulai dari sisi bentuknya, jenisnya dan juga manfaat dari pohon tersebut. Perlu diketahui tidak hanya kaya akan manfaat sebagai hiasan atau buahnya saja. Namun, Tumbuhan ini juga mampu sebagai penyerap polusi yang masuk ke tempat yang disinggahinya sehingga dapat menjaga kualitas udara. Tahan dengan cuaca panas juga merupakan salah satu keunggulan dari tumbuhan satu ini.

Pohon palem sendiri juga memiliki buah yang dapat diolah sebagai obat yang berguna untuk meningkatkan vitalitas pada tubuh manusia. Sudah banyak diketahui tentang manfaat buah palem ini. Biasanya dapat ditemui juga di pasaran ataupun di beberapa apotek serta penjual obat herbal. Tumbuhan ini selain untuk obat juga dimanfaatkan untuk tanaman hias.

Bibit Pohon Palem Botol

Dimanfaatkan sebagai tanaman hias sebab bentuknya yang menarik dan indah serta mudah dalam merawatnya. Untuk mengetahui apa saja jenis jenis pohon palem yang bisa digunakan untuk tanaman hias. Mari beralih pada topik selanjutnya

Jenis jenis Pohon Palem sebagai Tanaman Hias

Bibit Pohon Palem

  1. Palem Raja (Roystonea regia)

Konon palem raja mempunyai bentuk yang amat menawan serta terlihat gagah jika dibandingkan dengan jenis palem yang lainnya. Selain itu palem ini dirasa anggun jika dilihat. Bagaimana tidak dan yang menyerupai sebuah mahkota terlihat sangat menawan. Disertai dengan postur yang menjulang tinggi sekitar 30 meter sangat cocok bila ditanam dan dipadukan dengan rumah mewah ataupun klasik sekalipun.

  1. Palem Putri (Veitchia merrillii)

Tanaman ini merupakan miniatur dari palem raja. Dengan batang abu abu serta tinggi kurang lebih hanya sekitar 5 Meter saja menjadikannya tumbuhan yang sangat imut daripada jenis palem lainnya. Daun yang lebih hijau dari palem raja juga akan menyejukkan mata serta pikiran. Cocok untuk ditanam di taman kecil.

  1. Palem merah

Salah satu jenis palem yang diminati kalangan ibu-ibu karena warna batangnya yang berbeda dari biasanya yaitu berwarna merah. Banyak yang menanam pohon ini pada pelataran rumahnya. Dinilai cukup unik dan tidak membosankan maka menjadi primadona dari mayoritas orang pecinta tanaman. Dengan tinggi sekitar 16 meter akan membuat suasana rumah Anda semakin asri dan nyaman.

Budidaya Pohon palem sebagai Tanaman Hias

  1. Palem Kuning

Sebelumnya ada palem merah maka juga ada spesies lain pastinya. Seperti satu ini palem kuning yang mempunyai warna dominasi antara rusuk dan daunnya dengan warna hijau lebih menuju kekuningan. Biasanya jenis seperti ini memiliki pola pertumbuhan yang mengembang dan banyak membuat rumpun model bercabang sehingga terlihat lebat dan mengumpul. Ukuran palem kuning relatif lebih kecil dan juga terlihat ramping jika dibandingkan dengan yang lainnya. Palem ini juga bisa dimasukkan ke dalam pot.

  1. Palem Bambu

Banyak dijumpai pada kantor – kantor, rumah makan hingga pekarangan rumah. Memang jenis palem ini tidak terlihat seperti palem pada umumnya namun lebih pada miniatur pohon bambu yang biasa hidup di hutan maupun di tempat yang rimbun. Berbeda pohon palem jenis ini malah dijadikan hiasan di tempat tempat yang ramai. Pohon palem dapat berkembang serta tumbuh dengan sinar matahari yang sedikit.

  1. Pohon botol (Hyphorbe legenicaulis)

Pohon palem jenis tanaman hias ini sangat unik menurut banyak orang. Bentuknya memang seperti namanya yaitu berbentuk botol yang ada pada bagian bawahnya. Bagaimana tidak seperti botol, bentuknya membulat dan tinggi hanya sekitar 4 hingga 6 meter, sedangkan diameternya cukup besar yaitu berada pada kisaran 50 hingga 60 cm. Saking uniknya pohon palem ini memiliki pertumbuhan yang sangat lambat dari yang lain.

Cara Merawat Pohon Palem

Cara Merawat Pohon Palem Hias

Setiap tanaman pasti membutuhkan perawatan. Mulai dari cara memberikannya air serta memperhatikan pencahayaan hingga merawatnya agar tetap terlihat indah. Namun hal tersebut pasti ada tata caranya tak asal asalan. Berikut tata cara merawat pohon palem untuk tanaman hias.

Pohon Palem merah

  1. Memenuhi kebutuhan pencahayaan

Langkah yang harus dilakukan untuk merawat pohon palem adalah memenuhi kebutuhan sinar mataharinya. Walaupun beberapa jenis palem ditempatkan pada ruangan namun harus memperhatikan pencahayaannya juga. Matahari akan mempengaruhi fotosintesis pada pohon palem. Biasanya durasi, intensitas dan juga kualitas cahaya juga akan menjadi pengaruh yang besar. Minimal selama 12-16 jam per hari agar pohonnya bisa berbunga dan menghasilkan daun yang bagus.

  1. Menggunakan Pupuk NPK dan rutin memangkas tanaman

Pemberian pupuk NPK digunakan untuk menutrisi tumbuhan untuk sebagai support dalam berkembang dengan baik. Dan memangkas tumbuhan akan menghindarkan pohon dari gangguan layu ataupun kering sehingga kesehatannya terjaga.

  1. Memenuhi kelembapan udara

Jika berada dalam ruangan yang kecil maka harus dihindari karena akan merusak pohon tersebut dan memperhatikan kelembapan udara yang pas. Karena akan dapat membuat daun yang tumbuh dan juga bunganya lebih basah.