Mengenal Tanaman Bunga Zinnia dari Manfaat Serta Jenisnya

Menanam Bunga Zinnia di Pot

Bunga Zinnia atau biasa disebut bunga kertas adalah tanaman yang menarik. Tanaman ini merupakan tanaman musiman, yang memiliki banyak tangkai dengan daun kasar, dan berbulu halus. Tanaman ini, banyak diminati terutama pecinta bunga hias, dimana Bunga Zinnia ini memiliki 3 Jenis, serta manfaat dan cara menanam yang sangat praktis. Ketiga jenis Bunga Zinnia yaitu:

  • Bunga Zinnia Lekuk
  • Bunga Zinnia Anggun
  • Bunga Zinnia Garis

Selain dari bentuk dan warna dari ketiga bunga zinnia ini, ternyata manfaat bunga zinnia ini sangat banyak, memiliki berbagai macam jenis bunga dan batang, dan juga tanaman ini, tumbuh di daerah tropis. Selain itu,  cara menanam bunga zinnia ini juga tidak terlalu sulit.

Cara merawat Tanaman Bunga Zinnia

Manfaat Bunga Zinnia

Manfaat yang ada pada bunga zinnia ini sangat membantu dalam permasalahan pada tubuh anda. Berikut manfaat dari bunga zinnia, yaitu:

  • Mengatasi datang bulan

Untuk manfaat bunga zinnia yang pertama ini, sangat cocok untuk wanita yang sedang mengalami datang bulan. Bunga zinnia ini sangat cocok untuk penghilang nyeri, serta memperlancar datang bulan yang tidak teratur bagi kaum hawa.

  • Dapat mengatasi keputihan pada wanita

Keputihan terjadi dikarenakan organ vital yang lembab, sehingga terjadi keputihan yang disebabkan oleh jamur dan bakteri. Oleh karena itu, bunga zinnia ini juga cocok untuk dijadikan ramuan herbal dalam mengatasi keputihan pada wanita.

  • Dapat mengobati hepatitis

Dalam hal pengobatan, kebanyakan orang memilih pengobatan alternatif (secara medis), dalam mengobati hepatitis atau penyakit yang menyerang organ hati. Jika Anda tertarik, Anda bisa mencoba, pengobatan secara herbal dengan menggunakan bahan alami, yang dimana bahannya adalah bunga zinnia yang juga dipercaya berkhasiat dalam mengobati hepatitis.

BACA JUGA :   16 Jenis Tanaman Pengusir Nyamuk Paling AMPUH

Bibit Tanaman Bunga Zinnia di polybag

Jenis Bunga Zinnia

Ada tiga jenis bunga zinnia serta bentuk dari masing-masing daun yang ada pada bunga zinnia, yaitu:

  • Zinnia lekuk sesuai dengan namanya, bunga zinnia ini memiliki daun melekuk, memiliki banyak cabang serta batang yang berwarna hijau, dan dibagian atasnya berambut. Tanaman ini banyak digunakan sebagai salah satu pilihan tanaman hias.
  • Zinnia Anggun berbeda dengan spesies lainnya, bunga zinnia anggun ini memiliki batang yang tumbuh tegak, banyak batang yang berwarna hijau serta pangkal dari bunga ini berwarna coklat yang ditumbuhi rambut-rambut halus yang berwarna putih. Dan tanaman ini banyak digunakan sebagai tanaman hias.
  • Zinnia Garis tanaman zinnia ini memiliki daun yang lurus atau garis dengan disertai ujung daun yang lancip, dan tanaman ini banyak digunakan sebagai tanaman hias atau bunga potong.

Cara menanam Tanaman Bunga Zinnia

Cara menanam Bunga Zinnia

Dari penjelasan diatas terkait manfaat dan jenis dari bunga zinnia, point ketiga ini kita akan membahas cara menanam bunga zinnia, berikut penjelasannya.

  • Menyediakan media tanam (tempat), yang dimana berfungsi sebagai tempat bibit dari bunga zinnia ini agar dapat tumbuh dengan baik. Hal yang harus anda perhatikan selanjutnya adalah kelembaban tanah harus stabil, maksudnya tidak terlalu kering dan juga tidak terlalu basah.
  • Memberikan ruang cahaya untuk media tanam, agar bibit yang sudah disiram tadi dapat berkecambah dan tutup media tanam agar terhindar dari hama.
  • Benih dari bunga zinnia ini akan berkecambah sekitar 5 sampai 7 hari, jika sudah terlihat adanya pertumbuhan pada media tanam yang ditutup tadi, maka penutup tersebut dapat dibuka agar bibit yang dihasilkan dapat berfotosintesis dengan baik dan jangan lupa menaruhnya pada sinar matahari, untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
  • Selanjutnya, jika bibit yang dihasilkan tadi sudah tumbuh dengan baik. Maka berikan pupuk pada media tanam tadi dengan pemberian pupuk secukupnya saja.
  • Jika bibit dari bunga zinnia sudah besar, boleh dapat dipindahkan ke media lainya sesuai dengan apa yang anda inginkan. Dan berikan cara pada saat anda mulai memindahkanya, agar tanaman lain dapat tumbuh.
  • Setelah anda memindahkanya, berilah pupuk cair secukupnya saja agar bunga dapat tumbuh dengan baik.
BACA JUGA :   Bunga Geranium, Tanaman Hias Eksotis Pengusir Serangga

Perawatan Tanaman Bunga Zinnia dengan MSG

Demikian penjelasan diatas, tentang “Mengenal Bunga Zinnia dari Jenis, Manfaat Serta Cara Menanam Sangat Praktis”, yang sudah saya terangkan dalam pembahasan kali ini. Atas apa yang saya sampaikan kepada teman-teman dapat bermanfaat. Sekian dari saya, semoga setiap harinya sukses ya, semoga bermanfaat.

 

4.2/5 - (19 votes)