Tanaman Binahong

11 Rahasia Daun Binahong yang Tak Banyak Orang Tahu

Daun Binahong? Daun tanaman apa lagi itu? Mungkin tak banyak orang tahu tentang tumbuhan yang satu ini. Ya, namanya memang kurang begiitu familiar di kalangan masyarakat Indonesia. Tapi mungkin sebagian dari kita secara tak sengaja pernah melihatnya sehingga dengan mudah mengenalinya. Binahong tergolong tanaman merambat yang biasanya tumbuh di dinding atau pagar rumah. Tanaman ini memiliki nama ilmiah Anredera cordifolia yang di kawasan Eropa dan Amerika dikenal dengan naman Heartleaf maderavine madevine. Itu karena bentuk daun tanaman ini yang menyerupai jantung manusia. Tanaman ini dengan mudah ditemukan di beberapa negara Asia seperti Korsel, Madagaskar, China dan terutama di Indonesia.

Sejak dahulu kala daun tanaman ini telah dimanfaatkan sebagai obat herbal. Tak hanya daunnya, setiap bagian tanaman ini sebenarnya dapat digunakan sebagai obat. Namun orang-orang lebih memilih menggunakan daun binahong untuk mengobati berbagai macam penyakit. Daun binahong dipercaya memiliki kandungan yang berkhasiat untuk menjaga kesehatan tubuh manusia. Diantara zat-zat yang terkandung dalam daun tanaman binahong yakni:

  • Minyak Atsiri
  • Saponin
  • Asam askorbat
  • Zat Antioksidan
  • Alkaloid
  • Asam Oleanolic
  • Polifenol
  • Mono Poliksarida
  • L-arabinosa
  • L-rhamnose
  • D-Galaktose
  • D-glukosa
  • Protein
  • Flavonoid

Wah ternyata ada begitu banyak zat positif yang terkandung dalam tanaman mungil ini ya? Tak ayal daun tanaman ini begitu populer akhir-akhir ini. Nah kali ini TIS akan memberikan beberapa informasi tentang khasiat daun tanaman binahong untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Oya, TIS juga menyediakan berbagai bibit tanaman obat yang bisa dibudidayakan dirumah sobat semua. Dan khusus kali ini TIS akan menuliskan beberapa jenis penyakit yang bisa disembuhkan oleh daun tanaman binahong.

Baca Juga : 12 Tanaman Obat Asam Urat Paling Ampuh

Ragam Khasiat Daun Binahong

 

Binahong Menyembuhkan Sakit Perut

Sakit perut disebabkan oleh banyak faktor. Namun kali ini kita akan membahas penyebab khusus sakit perut karena ketidakdisiplinan waktu makan. Mungkin banyak diantara kita yang seringkali lupa makan siang atau malam karena sibuk bekerja. Atau bahkan karena tergesa-gesa untuk sampai ke kantor terkadang kita lupa sarapan. Ketidakdisiplinan pola makan itulah yang secara otomatis mengganggu sistem pencernaan kita karena organ tidak bekerja tepat waktu.

Jika sudah terlanjur sakit perut, apa ada cara untuk menyembuhkannya? Tentu saja ada, bahkan banyak sekali. Namun sebagian besar penyembuhan modern menggunakan obat kimia yang pasti memiliki efek samping kurang baik jika dikonsumsi jangka panjang. Pengobatan herbal menggunakan daun binahong bisa menjadi alternatif penyembuhan sakit perut yang sama sekali tidak menimbulkan efek samping buruk bagi kesehatan kita. Namun ada baiknya juga kita menjaga waktu dan pola makan kita agar tidak mudah terjangkit penyakit.

Sembuhkan Penyakit Paru-paru / Gangguan Pernapasan

Paru-paru merupakan salah satu organ penting dalam tubuh manusia karena ia bertanggung jawab terhadap keberlangsungan sistem pernapasan. Apa jadinya jika paru-paru kita terganggu? Otomatis kerja seluruh organ kita juga terganggu. Nah, jika kita merasa ada gangguan pada paru-paru atau terkadang kita merasa sakit saat bernapas, maka daun binahong bisa menjadi alternatif penyembuhan yang aman. Didalam tiap lembar daun binahong terdapat kandungan zat yang berguna menyembuhkan gangguan pada sistem pernafasan kita. Caranya cukup mudah. Siapkan 10 lembar daun binahong dan rebus dengan 400 ml air (kurang lebih 2 gelas) selama 15 menit atau kira-kira hingga tersisa 1 gelas air. Diamkan sampai dingin lalu minum setiap pagi dan sore. Insyaallah gangguan pada paru-paru kita akan berangsur-angsur sembuh bahkan hilang.

Tanaman Binahong

 

Menyembuhkan Luka Luar

Kandungan asam arkobat dan minyak atsiri pada daun binahong dapat membantu menyembuhkan luka luar. Lalu bagaimana caranya? Mudah sekali. Cukup tumbuk daun binahong sampai halus dan bubuhkan pada luka anda. Tumbukan daun tanaman ini dipastikan bisa menyembuhkan segala jenis luka. Bahkan meskipun luka telah kering, jika anda rutin membubuhkannya maka bekas luka andapun bisa hilang.

Membantu Penyembuhan Penyakit Otak

Jika kita berbicara tentang penyakit yang menimpa otak manusia, maka ada banyak sekali penyebabnya. Namun kali ini kita akan membahas tentang penyembuhan penyakit otak yang disebabkan oleh kecelakaan/tabrakan. Nah, daun binahong ini dapat menjadi stimulus yang mempercepat proses pemulihan otak setelah mengalami benturan ringan atau pasca operasi. Caranya cukup mudah, rebus 10 lembar daun binahong dengan 2 gelas air hingga tersisa setengahnya. Diamkan sampai dingin lalu minum 2 kali sehari.

Daun Binahong Memperlancar Menstruasi

Mungkin ada diantara kita yang mengalami gangguan menstruasi atau mengalami sakit yang teramat sangat ketika datang bulan. Ada banyak cara mengurangi gangguan menstruasi ini dan salah satunya adalah dengan mengkonsumsi daun binahong. Caranya sangat mudah, ambil 3 helai daun binahong kemudian rebus dengan segelas air dan sisakan sampai setengahnya. Setelah dingin, minum setidaknya sekali sehari.

Selain beberapa penyakit diatas, daun binahong juga sangat beermanfaat untuk beberapa hal berikut:

  • Menyembuhkan Penyakit Disentri
  • Membantu Perawatan Kulit secara Alami
  • Menyembuhkan Wasir
  • Meningkatkan Energi dan Vitalitas Pria
  • Membantu Tubuh Mencegah Radikal Bebas

Baca Juga : Sirih Cina, Tanaman Liar Seribu MANFAAT

Manfaat Binahong

TIPS

  • Jangan mengkonsumsi daun binahong yang terlalu tua atau terlalu muda. Pilihlah daun dengan urutan ke 5 atau ke 7 dari ujung tanaman.
  • Jangan simpan daun binahong atau air rebusannya di kulkas untuk kemudian memanaskannya kembali ketika ingin dikonsumsi. Hal itu dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan khasiat daun binahong. Ada baiknya untuk membuat ramuan ketika akan dikonsumsi.
  • Biarkan air rebusan berada di suhu ruangan namun jangan biarkan ia berada terlalu lama (lebih dari 24 jam). Itu juga akan mengurangi khasiat ramuan. Terlebih rasanya akan berubah ketika dibiarkan terlalu lama (tidak segera dikonsumsi).
  • Konsumsi daun binahong sesuai takaran (jangan lebih dari 10 lembar perhari) karena jika terlalu banyak akan menimbulkan gangguan pada hati dan ginjal anda. Jadi tetaplah bijak dalam mengkonsumsi obat meski itu ramuan herbal sekalipun.

Nah bagaimana sobat TIS, ternyata banyak kan manfaat daun binahong untuk kesehatan kita? Jadi apakah sobat tertarik untuk membudidayakannya? Nantikan tips-tips menarik lainnya dari Taman Inspirasi SAFA seputar tanaman pertanian dan perkebunan. Jangan lupa share artikel ini ke teman & kerabat anda. Silahkan tinggalkan saran, kritik atau pesan anda di kolom komentar. Selamat berkebun. Wassalam.

Leave a Reply