Taman terbuka yang berada di tengah rumah.

6 Alasan Berkebun di Rumah yang Membuatmu Betah Berlama-lama

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (10 votes, average: 4.40 out of 5)
Loading...

Berkebun di rumah memang menjadi salah satu alternatif pengisi waktu yang menyenangkan. Terlebih, kegiatan ini tidak membutuhkan lahan yang luas. Dengan memanfaatkan lahan yang seadanya, kita bisa membudidayakan berbagai varian tanaman yang pasti memiliki banyak manfaat baik dari sisi estetika maupun ekonomi. Ada banyak sekali metode/sistem berkebun dirumah yang cukup memanfaatkan sisa-sisa ruang di dalam ataupun di luar rumah. Metode paling populer yakni dengan sistem hidroponik atau vertikultur.

Kegiatan berkebun di rumah sekaligus mengoptimalkan fungsi ruang kosong di dalam maupun di luar rumah kita agar memiliki nilai tambah. Kegiatan ini juga tergolong murah dan praktis karena dapat dilakukan hanya dengan memanfaatkan alat sederhana yang bisa kita dapatkan dengan mudah seperti botol bekas dan pipa paralon.

 

Meski demikian, banyak orang beranggapan bahwa aktifitas berkebun dirumah adalah hal yang membosankan dan hanya cocok bagi orang tua, pensiunan atau lansia. Padahal, banyak penelitian di luar negeri menunjukkan bahwa aktivitas berkebun di rumah merupakan kegiatan menyenangkan yang dapat memberikan banyak manfaat serta nilai tambah baik bagi pelaku maupun lingkungan di sekitarnya. Berikut TIS merangkum beberapa fakta ilmiah tentang manfaat berkebun di rumah yang mungkin dapat menginspirasi sobat semua untuk lebih bersemangat dalamm menghijaukan lingkungan disekitar kita.

Ide Kreatif Berkebun di Rumah

Memberikan Pengaruh Positif bagi Kesehatan Mental

Tahun 2010, seorang ilmuwan dari Eropa bernaman Agnes E Van den Berg bersama timnya melakukan studi tantang korelasi antara kegiatan berkebun di rumah dengan kesehatan mental dan hasilnya cukup menggembirakan. Ia menyatakan bahwa ternyata berkebun di lingkungan tempat tinggal dapat menumbuhkan ketenangan dalam pikiran serta perasaan bahagia bagi pelakunya. Bahkan aktivitas berkebun dapat mengusir rasa sepi dan memunculkan pikiran positif dalam jiwa.

Fakta lain juga diungkapkan oleh salah satu pengajar di Universiti of Westminter bernaman Carly Wood. Ia menyatakan bahwa menjalankan aktivitas berkebun di rumah, terlepas dari berapapun durasinya, dapat memberikan efek positif bagi psikologi si pelaku. Diantaranya meningkatkan kepercayaan diri, tidak mudah putus asa dan mendapatkan kepuasan hidup tersendiri. Apalagi juga kegiatan tersebut dilakukan di alam terbuka maka akan menghilangkan resiko stress dan depresi, gangguan kecemasan, serta perasaan-perasaan negatif lainnya.

Baca juga : Bromelia – Merawat si Cantik agar Lebih Menarik

Berkebun dapat Membantu Membakar Kalori dalam Tubuh

Penelitian yang dilakukan oleh seorang pakar perkebunan dari Inggris David Domoney menunjukkan bahwa aktivitas berkebun di rumah memberikan dampak positif bagi kebugaran tubuh. Ia menyatakan bahwa aktivitas berkebun seperti menanam, menggali, memotong rumput dan merawat tanaman dapat membakar 150-200 kalori dalam tubuh bila dilakukan selama 30 menit setiap hari. Itu setara dengan berlari sejauh 3 kilometer. Namun yang menjadi nilai tambah dari aktivitas ini yakni pelaku tidak akan terasa lelah yang sangat karena mereka lebih menikmatinya ketimbang berolahraga secara rutin.

Berkebun di Rumah Membantu Meningkatkan Daya Ingat

Orang dengan usia 60 s/d 70 tahun yang gemar berkebun memiliki resiko rendah terserang penyakit dementia dibandingkan mereka yang tidak melakukannya. Rutinitas berkebun dirumah ternyata bisa mencegah beberapa penyakit krusial yang lazim dialami mereka pada usia lanjut seperti penyakit jantung, hipertensi, dan obesitas.

Berkebun di Rumah Metode Hidroponik

Memproduksi Bahan Makanan Sehat dan Organik

Ini mungkin menjadi salah satu keuntungan yang paling fundamental dalam keseluruhan aktivitas berkebun di rumah. Jika kita memiliki beragam tanaman sayur maupun buah di rumah, maka hasilnya dapat langsung dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan pangan kita & keluarga. Selain itu, sayur & buah-buahan organik yang diperoleh dari aktivitas berkebun di rumah juga memiliki kandungan nutrisi yang sehat, aman serta terjamin bagi kesehatan tubuh kita. Dampaknya akan langsung kita rasakan terlebih jika aktivitas berkebun dalam skala kecil tersebut menjadi peluang usaha atau bisnis yang dapat membantu perekonomian keluarga. Selain manfaat kesehatan & nutrisi yang terjamin, ekonomi keluarga juga akan sangat terbantu dengan adanya aktivitas berkebun tersebut.

Berkebun di Rumah Solusi Krisis Ruang Hijau Kawasan Urban

Memasuki era pemanasan global dan tingkat kepadatan penduduk dunia yang tinggi, maka ruang terbuka hijau akan semakin jarang ditemukan di lingkup perkotaan. Keberadaan lahan terbuka untuk berkebun meski dalam area yang sempit/terbatas dapat memberikan kontribusi langsung terhadap ruang terbuka hijau di kawasan tersebut. Selain itu, lahan berkebun di perkotaan akan sangat membantu memenuhi kebutuhan akan area resapan di lingkungan tersebut.

Dengan berkebun di rumah, setiap orang akan merasa memiliki kedekatan emosional dengan alam disekitarnya. Interaksi positif yang terjalin dengan alam membuat kita semakin menyadari tentang pentingnya keseimbangan ekosistem dalam kelangsungan hidup manusia dan makhluk hidup disekitarnya.

Berkebun di Rumah secara Vertikultur

Berkebun dapat Mempererat hubungan sosial

Biasanya, orang di perkotaan yang gemar berkebun memiliki komunitas tempat mereka bertukar pengalaman, ide serta tips bercocok tanam. Itulah yang membuat pelakunya secara langsung terlibat dalam interaksi sosial yang positif. Hubungan sosial yang terbangun atas dasar kesamaan ide, gagasan serta hobi akan sangat kuat dan solid sehingga berdampak positif bagi kehidupan sehari-hari.

Terlebih jika pada setiap interaksi ditemukan hal-hal baru yang dapat langsung dipraktekkan di rumah, maka itu akan membuat aktivitas berkebun kita lebih hidup dan tidak membosankan. Hal ini akan memberikan dampak positif bagi kondisi psikis maupun fisik pelakunya. Bahkan tidak menutup kemungkinan akan menular pada lingkungan masyarakat disekitarnya.

Nah, itu tadi beberapa manfaat yang kita dapatkan dari aktivitas berkebun di rumah. Meski demikian, kita tidak perlu melakukan aktivitas tersebut setiap hari. Kecuali jika Anda menjadikan aktivitas berkebun tersebut sebagai lahan usaha atau bisnis keluarga. Dengan meluangkan waktu setiap akhir pekan untuk merawat tanaman di pekarangan rumah, secara tidak langsung akan menjaga kondisi kesehatan sekaligus mempercantik lingkungan sekitar rumah tinggal kita. Demikian tips dari Taman Inspirasi kali ini, semoga bermanfaat. Wassalam.

Leave a Reply