Cara Menanam Mangga dari Biji PALING Praktis

 

Cara Menanam Mangga Dari Biji Di Pot Toko Effand

Mangga termasuk salah satu jenis buah terfavorit di Indonesia. Selain rasanya yang manis, ternyata buah mangga cukup mudah untuk dibudidayakan. Saat Anda mengkonsumsi buah mangga dirumah, maka jangan buang dulu bijinya karena kita dapat mulai menanam mangga dari biji dan mendapatkan hasil panen yang berkualitas. Berikut ini beberapa langkah praktis menanam mangga dari biji yang bisa Anda aplikasikan sendiri dirumah.

Pilih Biji Mangga yang Tepat

Memulai proses menanam mangga dari biji, pertama-tama Anda harus menemukan biji yang tepat. Biji-biji yang terlalu besar atau kecil tidak akan berkembang. Biji yang berukuran sedang adalah pilihan yang tepat. Jika Anda ingin menanam mangga yang memiliki kualitas baik, pastikan bahwa Anda memilih biji dari pohon mangga yang berbuah bagus. Selain itu, pastikan bahwa biji yang dipilih tidak berlubang atau rapuh. Ini penting untuk menghindari infeksi dan penyakit.

Uji Kualitas Biji Mangga yang akan Disemai

Setelah Anda memilih biji mangga yang tepat, Anda harus menguji biji tersebut untuk memastikan bahwa biji tersebut dapat tumbuh. Caranya mudah. Ambil selembar kertas yang berisi air dan tempatkan biji di atasnya. Jika biji jatuh ke dalam air, berarti biji tersebut belum matang. Namun jika biji mengapung, berarti biji tersebut sudah matang dan siap untuk ditanam.

Perhatikan Kondisi Tanah

Kondisi tanah adalah salah satu faktor yang paling penting ketika menanam pohon mangga. Tanah yang subur dan berdrainase baik adalah pilihan yang tepat. Tanah yang terlalu lembab atau terlalu kering tidak cocok untuk pertumbuhan pohon mangga. Jika Anda ingin pohon mangga Anda tumbuh dengan baik, pastikan bahwa tanah di sekitar pohon mangga Anda mudah menyerap air. Ini memastikan bahwa pohon mangga mendapatkan cukup air untuk tumbuh.

BACA JUGA :   PRAKTIS!! Panduan Lengkap Budidaya Jeruk Pamelo Merah

Tanam Biji Mangga

Setelah Anda telah memilih biji yang tepat dan memastikan bahwa tanah di sekitarnya subur dan berdrainase dengan baik, Anda dapat mulai menanam biji. Caranya cukup mudah. Ambil sepotong karung dan isi dengan tanah. Masukkan biji ke dalam tanah dan tekan kuat. Setelah itu, tutup tanah dengan tanah lagi dan taruh potongan karung di sekitar biji. Ini akan memastikan bahwa biji menemukan kondisi yang tepat untuk tumbuh.

Pemeliharaan & Perawatan Pohon Mangga

Setelah Anda menanam biji mangga, Anda harus memelihara pohon mangga dengan baik. Pertama, pastikan bahwa tanah di sekitar pohon mangga tetap lembab. Jika tanah terlalu kering, Anda harus menyiram pohon mangga dengan cukup air. Kedua, pastikan bahwa pohon mangga terhindar dari hama dan penyakit. Anda bisa melakukan ini dengan menyemprotkan pestisida. Ketiga, pastikan bahwa pohon mangga mendapatkan cukup sinar matahari. Ini penting untuk menjaga pohon mangga tetap sehat.

Ketika pohon mangga mulai tumbuh, Anda harus menangani pertumbuhannya dengan baik. Pertama-tama, pastikan bahwa pohon mangga tidak tumbuh terlalu tinggi. Jika pohon mangga terlalu tinggi, Anda harus memotong cabang-cabang yang berlebihan. Kedua, pastikan bahwa pohon mangga mendapatkan nutrisi yang cukup. Anda bisa melakukan ini dengan memberikan pupuk ke tanah di sekitar pohon mangga. Ketiga, pastikan bahwa pohon mangga terhindar dari hama dan penyakit.

Pemanenan Buah Mangga

Setelah pohon mangga tumbuh dengan baik dan membuahkan buah, Anda bisa mulai memanen buah-buahnya. Pertama, pastikan bahwa buah mangga sudah matang. Jika buah mangga masih terlalu muda, biarkan buah mangga tumbuh sedikit lagi. Kedua, pastikan bahwa buah mangga tidak rusak. Jika buah mangga rusak, Anda harus membuangnya. Ketiga, pastikan bahwa buah mangga sudah layu dari pohon. Saat memanen buah mangga, pastikan bahwa Anda menggunakan tangan saja untuk menghindari kerusakan pada buah mangga.

BACA JUGA :   Tips Memilih Bibit Cabe Merah yang Bagus

Penutup

Itulah beberapa tahpan cara menanam mangga dari biji. Dengan memperhatikan dan mengikuti tips sederhana di atas, Anda bisa memastikan bahwa pohon mangga Anda tumbuh dengan baik dan produktif. Jangan lupa untuk merawat pohon mangga Anda dengan baik agar Anda bisa memanen buah mangga yang sehat dan berkualitas.

Rate this post

Leave a Comment