Waspadai Manfaat Kapulaga dan Efek Sampingnya bagi Kesehatan!!

Manfaat Kapulaga dan Efek sampingnya Bagi Tubuh
4/5 - (22 votes)

Mungkin tak banyak orang tahu bahwa dibalik segudang manfaat kapulaga, ternyata tersimpan efek samping yang tidak menguntungkan bagi tubuh kita. Apa saja kah itu? Simak artikel ini sampai akhir agar Anda lebih mengenal tentang manfaat tanaman herbal ini bagi kesehatan dan kebugaran tubuh.

Antioksidan adalah elemen penting dalam menjaga kesehatan tubuh kita. Mungkin diantara kita seringkali mengkonsumsi vitamin C atau vitamin E dalam menjaga daya tahan tubuh. Selain itu ada juga rempah seperti jahe dan kunyit yang juga dipercaya efektif dan di laboratorium sudah dibuktikan mengandung antioksidan. Namun ternyata ada jenis rempah lainnya yang mempunyai banyak manfaat sebagai antioksidan. Salah satu diantaranya adalah kapulaga.

Banyak makanan dan minuman dari salah satu negara Asia Selatan yang proses membuatnya menggunakan kapulaga. Salah satu minuman teh yang terkenal di sana dan jadi minuman sehari-hari adalah chai masala; dimana bahan utama untuk masala adalah kapulaga. Lalu apa sajakah manfaat dari kapulaga sehingga banyak orang sejak dahulu kala menggunakannya untuk membantu menjaga daya tahan tubuh, silahkan sobat TIS simak penjelasan di bawah ini.

Kapulaga yang banyak ada di indonesia yaitu kapulaga jawa dengan ciri khas warna agak merah dan bentuknya lebih menuju bulat apabila dibanding kapulaga jenis lain. Kapulaga jenis ini banyak mengandung vitamin dan mineral, serta rendah kalori dan berfungsi ganda sebagai antioksidan bagi tubuh.

Baca juga : Temulawak : Tanaman Obat atau Tanaman Hias?

Khusus untuk khasiat kapulaga sebagai antioksidan, berikut ini beberapa jenis penyakit di organ dalam yang dapat dicegah dengan mengkonsumsi kapulaga yaitu:

Mencegah dan Membantu Mengobati Penyakit Kardiovaskular

Budidaya Kapulaga dalam Pot

Mengkonsumsi kapulaga dapat melindungi kita dari penyakit kardiovaskular, atau penyakit yang diakibatkan oleh kurang optimalnya peredaran darah di tubuh. Peredaran darah yang tidak lancar dapat menjadi sumber penyakit yang berakibat fatal seperti tekanan darah tinggi dan stroke. Masih berhubungan dengan hal tersebut, yaitu penyakit jantung disebabkan karena sulitnya jantung memompa darah akibat adanya jambatan pada pembulu darah sehingga jantung terlalu bekerja keras.

Otot jantung yang bekerja terlalu keras semakin lama tidak kuat untuk menanggung tekanan darah yang harus dipompanya sehingga berakibat pada penyakit gagal jantung yaitu kondisi dimana jantung mengalami kebocoran. Efek paling buruk yakni bisa menimbulkan kematian pada penderitanya.

Penggunaan kapulaga pada orang dewasa adalah dengan menyeduh 1 sendok teh bubuk kapulaga yang telah dilarutkan dengan secangkir air. Apabila sudah dingin maka segera diminum supaya asupan zat kimia alami dalam kapulaga dapat diserap tubuh dengan baik.

Kita juga bisa mengkonsumsinya dengan ditaburkan sejumput kecil bubuk merica agar meningkatkan jumlah kapulaga yang dapat diserap tubuh. Merica membuat usus bekerja lebih cepat. Dalam hal ini, dapat meningkatkan penyerapan gizi dari makanan yang masuk ke dalam tubuh kita. Selain  merica itu sendiri juga merupakan bahan alami yang mengandung senyawa antioksidan.

Baca Juga: 12 Tanaman Obat Asam Urat Paling Ampuh

Mengatasi Masalah Pencernaan dan Susah Buang Air Besar

Manfaat tanaman Kapulaga dan Cara Budidayanya

 

Terkadang kita mengalami masalah perut seperti kembung akibat asam lambung yang meningkat sehingga menghasilkan gas berlebih. Kondisi seperti ini tentunya dapat mengakibatkan efek mual dan tidak nyaman di perut. Kapulaga dapat meringankan gejala tersebut karena sifatnya yang basa. Biasanya, perut dengan asam lambung yang meningkat dapat ditandai dengan bau mulut yang kurang sedap. Atau seringkali berbau asam seperti sebagaimana bau tidak sedap yang keluar saat kita muntah.

Mencegah Infeksi Dengan Minyak Atsiri

Kapulaga dapat diperas dengan alat khusus untuk diambil minyak atsirinya. Khasiat kapulaga yang paling penting untuk mencegah infeksi yang sifatnya yang anti bakteri dan anti jamur. Bila ada masalah di kulit kita, kita bisa oleskan minyak kapulaga. Cara paling sederhana yang dapat kita lakukan sendiri yakni dengan memanaskan dan menumbuk kapulaga untuk kemudian di oleskan ke bagian tubuh kita yang membutuhkan anti bakteri atau anti jamur. Kita bisa aplikasikan minyak kapulaga di kulit manusia karena ia tergolong bahan alami yang aman bagi tubuh. Selain itu, kita juga bisa oleskan minyak kapulaga di benda mati seperti ujung jendela dan pintu yang terkadang lembab sehingga dapat mencegah pertumbuhan jamur putih di area tersebut.

Baca Juga: 20 Tanaman Obat Keluarga paling Populer di Indonesia

Manfaat Kapulaga untuk Mencegah Bau Mulut dan Tenggorokan

Menanam Kapulaga dalam Polybag

Manfaat kapulaga selanjutnya yaitu untuk membersihkan mulut kita dari kuman. Gigi dan tenggorokan juga dapat langsung ikut dibersihkan secara alami dengan cara ini. Zat antibakteri dalam kapulaga membuat kondisi yang tidak cocok bagi perkembangan bakteri dan sampai akhirnya bakteri tersebut mati. Alhasil, hanya dengan mengkonsumsi kapulaga, mulut kita terhindar dari bau yang kurang sedap. Selain itu, gigi kita juga menjadi lebih kuat karena bakteri yang membuat gigi berlubang menjadi mati.

Cara untuk mendapatkan manfaat ini adalah dengan membuat rebusan dari kapulaga. Rebus air sampai mendidih sebanyak 250 ml. Bila sudah mendidih, masukkan kapulaga sebanyak 1 sendok makan, dan biarkan kapulaga di panci selama 30 menit. Ambil rebusan kapulaga tersebut dan tunggu sehingga dingin. Apabila sudah dingin dapat langsung digunakan sebagai mouthwash atau cairan pencuci mulut alami tanpa bahan kimia.

Baca Juga: Sirih Cina, Tanaman Liar Seribu MANFAAT

Khasiat Minyak Atsiri atau Essential Oil dalam Kapulaga

Segudang Khasiat Kapulaga untuk Kebugaran Tubuh

Minyak atsiri hasil suling kapulaga kini banyak kita jumpai di pasaran. Konsentrasi minyak atsiri atau essential oil nya yang tinggi, maka zat antioksidan, anti jamur, dan anti bakteri pada minyak tersebut juga tinggi. Namun kita tetap perlu hati-hati dengan tingginya konsentrasi zat tersebut pada minyak atsiri. Penggunaan yang berlebihan dapat merusak kulit dan membuat sebagian orang yang memang alergi bisa gatal-gatal saat terkena minyak ini.

Gunakan sedikit saja atau dicampur dulu dengan minyak kelapa untuk mengurangi kepadatan/konsentrasi zat kimianya. Meski tergolong zat alami, kita tetap harus menjaga agar tidak menggunakannya dalam dosis yang berlebihan. Perlu diketahui bahwa minyak atsiri dari bahan apapun jika dicium langsung dengan hidung bisa melegakan hidung tersumbat. Itu artinya terdapat bahan kimia yang meskipun dari bahan alami, bisa merusak tubuh jika digunakan secara berlebihan.

Baca Juga: 11 Rahasia Daun Binahong yang Tak Banyak Orang Tahu

Sedikit himbauan dari kami untuk tidak memanfaatkannya secara berlebihan. Jika Anda memanfaatkannya untuk pengobatan yang lebih serius, sebaiknya konsultasikan dahulu ke dokter atau ahli bahan herbal (herbalis) untuk dosis, cara penggunaan dan campuran yang paling ideal.

Nah itu tadi sobat TIS beberapa manfaat kapulaga yang dapat kami rangkum. Semoga artikel diatas bermanfaat dan jangan lupa share ke akun sosial media sobat semua agar makin banyak orang tahu akan khasiat kapulaga dan efek samping yang mungkin bisa timbul saat mengkonsumsinya. Terima kasih sudah berkunjung. Wassalam.