16 Jenis Tanaman Pengusir Nyamuk Paling AMPUH

16 Jenis tanaman pengusir nyamuk
4.3/5 - (19 votes)

Memiliki tanaman pengusir nyamuk sendiri di rumah ternyata sangat menguntungkan. Selain membuat diri kita dan keluarga terhindar dari berbagai macam penyakit berbahaya akibat serangan nyamuk seperti DBD, malaria atau chikungunya, rumah kita juga akan terlihat asri dengan adanya tanaman hijau didalamnya.

Terlebih, memasuki musim penghujan saat ini, tentunya kita tidak ingin jatuh sakit gara-gara kurang bisa menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan. Memiliki tanaman yang bisa mengusir nyamuk termasuk salah satu cara paling sederhana untuk merawat lingkungan kita dan menjaganya tetap nyaman.

Ada banyak sekali tanaman yang memang diciptakan memiliki kandungan zat yang aromanya tak disukai nyamuk. Namun bukan berarti tanaman itu beraroma busuk atau tidak disukai oleh manusia. Sebaliknya, ada beberapa jenis tanaman pengusir nyamuk yang justru memiliki aroma wangi yang dapat menambah kesejukan ruangan dalam rumah.

Sebagian tanaman anti nyamuk tersebut dimanfaatkan dengan cara ditanam di halaman rumah atau di dalam pot. Jika Anda ingin mengaplikasikannya pada kulit, maka ambil salah satu bagian tanaman itu lalu ekstrak minyak atau sarinya. Nah, berikut ini TIS tuliskan beberapa alternatif tanaman yang dapat dimanfaatkan untuk mengusir nyamuk sekaligus menjadi alternatif penghias dalam rumah Anda. Namun perlu diingat bahwa tanaman dibawah ini hanya berfungsi untuk mencegah serangan nyamuk dan bukan membunuh nyamuk secara langsung.

Baca Juga : Bonsai Bougenville – Tanaman Kecil, Hasil Nggak Kecil

Daftar Tanaman Pengusir Nyamuk Paling Populer

1. Tanaman Bunga Lavender

Tanaman Pengusir Nyamuk Lavender

Lavender termasuk salah satu tanaman pengusir nyamuk paling populer sejak dahulu. Bahkan kini banyak produk obat nyamuk mulai dari bakar, elektrik hingga lotion memanfaatkan lavender sebagai bahan baku utamanya. Bagian daun tanaman ini memiliki aroma yang menyegarkan sedangkan bunganya juga beraroma sangat wangi.

Kandungan utama dari tanaman lavender yang membuat nyamuk enggan mendekat yakni zat lynalyl asetat dan linalool. Tanaman ini juga sangat mudah ditanam dan dirawat sehingga sangat cocok bagi Anda yang ingin sesuatu yang sederhana namun tetap bernilai ekonomis yang tinggi.

2. Serai Wangi

Serai Wangi Pengusir Nyamuk

Tanaman serai wangi atau secara ilmiah dikenal dengan nama Cymbopogon nardus lebih sering diambil ekstraknya untuk dioleskan ke kulit sebagai pencegah serangan nyamuk. Namun untuk mendapatkan hasil yang baik, ekstrak minyak serai harus melalui proses penyulingan tertentu.

Tapi jangan khawatir, hanya dengan menanam serai wangi di rumah, Anda tetap bisa mendapatkan khasiat tanaman ini sebagai pengusir nyamuk yang cukup efektif. Selain itu, tingkat ketahanan ekstrak minyak serai wangi hanya berkisar 2 jam karena ia mudah menguap atau terevaporasi.

3. Bawang Putih

Bawang Putih

Selain sebagai bumbu penyedap masakan, bawang putih juga ternyata bisa dimanfaatkan sebagai tanaman obat alami sekaligus pengusir nyamuk. Cara pengaplikasiannya juga tergolong mudah. Kupas umbi bawang putih lalu letakkan di jendela atau ventilasi rumah. Peletakan umbi bawang putih di titik sirkulasi udara akan membuat nyamuk enggan masuk ke dalam rumah Anda.

Bagi Anda yang kurang nyaman dengan aromanya, Anda bisa gunakan pengharum ruangan atau lilin aroma terapi untuk mengurangi bau kurang sedap dari bawang putih.

4. Tanaman Geranium atau Tapak Dara

Tanaman Geranium Pengusir Nyamuk

Kandungan zat geraniol dan sitronelol dalam tanaman geranium ternyata sangat efektif untuk mengusir nyamuk. Apalagi tanaman ini memiliki bunga yang cukup unik sehingga sangat cocok ditempatkan didalam rumah sebagai penghias ruangan.

Anda bisa menanam tanaman geranium ini dalam pot lalu tempatkan disetiap sudut rumah atau digantung didekat ventilasi rumah. Maka dijamin nyamuk akan enggan masuk ke rumah Anda.

Baca Juga : 11 Rahasia Daun Binahong yang Tak Banyak Orang Tahu

5. Tanaman Akar Kucing (Catnip)

Tanaman Akar Kucing

Mungkin sebagian orang mengira bahwa tanaman ini lebih populer digunakan sebagai pemicu tingkah reaktif kucing. Namun tahukah Anda bahwa ternyata akar kucing ini bisa dimanfaatkan sebagai tanaman pengusir nyamuk.

Pengaplikasiannya juga sangat mudah dan tidak ribet. Cukup tanam akar kucing di pekarangan rumah atau dalam pot, aroma khasnya akan membuat nyamuk enggan mendekat.

6. Bunga Kamboja

Bunga Kamboja Pengusir Nyamuk

Kandungan senyawa minyak atsiri dan geraniol dalam bunga kamboja sangat efektif membuat nyamuk enggan mendekat. Banyak orang mengkonotasikan bunga ini dengan julukan bunga keramat sehingga kurang diminati sebagai penghias rumah.

Namun dibalik julukan ‘ngerinya’ itu ternyata aroma wangi bunga kamboja membuat nyamuk enggan mendekat sehingga dapat mengurangi resiko sakit akibat gigitan nyamuk bagi Anda & keluarga.

7. Bunga Pennyroyal

Tanaman Bunga Pennyroyal

Ini termasuk salah satu varian tanaman hias yang juga berfungsi efektif sebagai pengusir nyamuk. Tanaman ini sangat cocok ditanam di pekarangan untuk mencegah nyamuk masuk ke dalam rumah.

Aroma Pennyroyal yang khas membuat lingkungan rumah kita juga lebih nyaman karena terhindar dari berbagai jenis serangga merugikan.

8. Bunga Krisan

Tanaman Bunga Krisan

Tanaman hias dengan ciri khas warna bunga putih dan merah muda ini juga sangat manjur untuk mengusir nyamuk. Aroma unik dari bunga krisan juga sangat disukai manusia namun sangat dibenci nyamuk.

Selain fungsinya sebagai penghias rumah dan pengusir nyamuk, bunga krisan yang dikeringkan juga bisa dimanfaatkan sebagai teh herbal yang sangat bermanfaat bagi kesehatan kita. Hmm, ternyata banyak juga ya manfaatnya…

Baca Juga : Bunga Krisan – Manfaat, Cara Budidaya dan Teknik Perawatan

9. Tanaman Lemon Balm

Tanaman Lemon Balm

Tanaman ini sebenarnya termasuk jenis tanaman liar yang sangat mudah kita temukan. Aroma segar dari zat sitronelal yang terkandung dalam Lemon balm sangat dibenci nyamuk.

Melihat karakteristiknya yang tumbuh merambat, tanaman ini cocok untuk digantung diteras rumah atau di dekat ventilasi. Atau jika Anda ingin menanamnya di pekarangan, ada baiknya siapkan ajir agar tanaman tetap terlihat rapi dan indah.

10. Tanaman Selasih/Basil

Tanaman Selasih

Aroma khas tanaman selasih yang masih satu famili dengan basil ternyata sangat efektif mengusir nyamuk. Jika Anda seorang yang sibuk dan kurang telaten dalam perawatan, maka tanaman ini cocok bagi Anda. Cukup tanam bibit selasih dalam pot dengan penyiraman yang tidak terlalu sering, maka Anda tetap mendapatkan manfaat dari tanaman pengusir nyamuk ini.

11. Neem Leaves

Neem Leaves

Tanaman neem leaves ini habitat asalnya adalah India. Tak hanya berfungsi sebagai pengusir nyamuk, tanaman ini juga bisa digunakan untuk mengusir serangga berbahaya dari rumah Anda.

Ekstrak neem leaves yang direbus dengan air biasa ternyata bisa dimanfaatkan sebagai bahan pestisida organik. Semprotkan air rebusan neem leaves di setiap sudut ruangan Anda maka dijamin nyamuk akan enggan singgah apalagi bersarang.

12. Daun Peppermint

Tanaman Peppermint

Tanaman ini sangat cocok dikembangkan di dataran tinggi. Selain sebagai pengusir nyamuk, ternyata peppermint juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan seperti membantu meredakan flu atau pilek, menyembuhkan sakit kepala atau migrain, dan membantu meredakan gatal akibat gigitan serangga.

Baca Juga : Cara Menanam Bunga Matahari PALING Mudah & Praktis

13. Bunga Marigold

Tanaman Bunga Marigold

Bunga marigold termasuk salah satu primadona tanaman hias yang sangat disukai karena warnanya yang cerah dan mencolok. Selain coraknya yang unik, ternyata aroma tanaman ini sangat dibenci oleh serangga termasuk nyamuk.

Adalah zat pyrethrum yang terkandung dalam tanaman bunga marigold membuat nyamuk dan serangga merugikan lainnya enggan mendekat. Jika Anda memiliki tanaman sayuran seperti tomat atau cabai, maka dengan adanya bunga marigold disekitarnya akan menjadi insektisida alami yang berguna mengusir serangga yang dapat merusak tanaman sayur Anda.

14. Bunga Rosemary

Tanaman Bunga Rosemary

Tanaman hias yang satu ini memiliki bunga elok berwarna ungu yang sangat dibenci nyamuk. Aroma bunga rosemary membuat nyamuk enggan mendekat. Selain itu, tanaman hias bunga ini juga tergolong mudah dalam penanaman dan perawatannya.

Dengan perawatan seadanya, tanaman ini memiliki toleransi yang baik terhadap terik matahari. Selain itu, harga bibitnya yang terbilang murah membuat tanaman ini sangat cocok ditanam di pekarangan rumah Anda.

15. Tanaman Zodia

Tanaman Tanaman Zodia

Zodia termasuk tanaman asli Indonesia yang berasal dari Papua. Bentuk daunnya yang khas dengan bunga kecil yang unik membuat tanaman ini sangat cocok dijadikan penghias ruangan sekaligus pengusir nyamuk dalam rumah.

Dengan perawatan yang sederhana, Anda bisa mendapatkan manfaat zodia sebagai tanaman pengusir nyamuk yang sangat efektif. Terlebih ia hanya tumbuh sampai ketinggian maksimal 70 cm. Nah, sangat pas kan untuk ditempatkan disudut-sudut ruangan dalam rumah Anda?

16. Mosquito Plant

Mosquito Plant

Melihat namanya saja sudah jelas bahwa tanaman ini memang berkhasiat untuk mengusir serangga terutama nyamuk. Berdasarkan penelitian, mosquito plant memiliki kandungan senyawa yang dapat menurunkan kemampuan nyamuk dalam mendeteksi zat karbondioksida.

Ada banyak sekali jenis mosquito plant di dunia  namun yang paling terkenal yakni jenis southernwood dari Australia yang memang terbukti sangat manjur sebagai pengusir nyamuk dalam ruangan.

Nah, bagaimana sobat TIS, tertarikkah untuk menanam tanaman pengusir nyamuk di rumah? Selain fungsinya sebagai pengusir serangga, beberapa tanaman diatas juga sangat cocok dijadikan penghias rumah. Jadi dengan menanam satu jenis tanaman saja kita bisa mendapatkan manfaat yang berlipat.