10 Tips JITU Cara Menanam Kentang di Pot agar Berbuah Banyak

4/5 - (21 votes)
Pelajari cara menanam kentang di pot sebelum Anda berniat membudidayakannya dalam skala yang lebih besar. Meskipun kentang tumbuh paling baik di tempat-tempat dengan siang dan malam musim panas yang sejuk, jika Anda memilih varietas yang tepat dan menanamnya pada waktu yang tepat, adalah mungkin dan relatif mudah menanam kentang di iklim yang lebih hangat.

Apakah Anda suka mereka dipanggang, dihaluskan, digoreng, dipanggang atau dengan banyak cara lainnya, kentang adalah makanan pokok yang lezat. Cobalah kentang buatan sendiri dan Anda bisa merasakan perbedaan kerenyahan dan kesegarannya. Jika Anda ingin mempelajari cara menanam kentang dalam pot atau polybag, maka Anda datang ke tempat yang tepat.

Cara Menanam Kentang di Pot


10 Tips Menanam Kentang di Pot atau Polybag


1. Sebelum belajar menanam kentang dalam wadah, pahami dulu cara menanam kentang.

Perhatikan baik-baik kentang; ada beberapa “mata” yang sedikit tersembunyi di permukaan. Di bawah kondisi yang tepat, mata ini tumbuh – pasti Anda pernah melihat ini terjadi pada kentang di dapur Anda.

Ketika kecambah ditanam, ia berkembang menjadi batang. Batang menjadi tumbuhan di atas tanah dan kelebihan energi dari tumbuhan disalurkan ke akar dan disimpan dalam “umbi”. Umbi adalah bagian batang yang menebal yang tumbuh di bawah tanah. Kami menyebut umbi yang menebal ini “kentang”.

Cara Menanam Kentang dalam Wadah

2. Pilih kentang yang tepat untuk ditanam.

Di iklim yang tropis yang hangat, tanam varietas kentang musim pendek (yang merupakan kentang yang lebih kecil daripada kentang yang lebih besar yang biasa ditanam di tempat-tempat dengan kondisi iklim lebih dingin). Varietas untuk dicoba adalah Yukon Emas dan emas merah.

Beli kentang benih bersertifikat bebas penyakit dari penjual bibit online atau pusat taman untuk hasil terbaik. Namun kali ini, kami menggunakan kentang dari toko bahan makanan organik yang sudah berkecambah di dapur.

10 Tips JITU Cara Menanam Kentang di Pot agar Berbuah Banyak Taman Inspirasi SAFA

3. Siapkan bibit kentang sebelum ditanam.

Untuk menempatkan kentang biji di mana suhu antara 60-70℉ dan di mana mereka akan terkena cahaya. Ini mendorong kentang untuk bertunas. Setelah kentang bertunas, potong kentang besar menjadi potongan-potongan. Pastikan setiap potongan memiliki 2-3 mata.

10 Tips JITU Cara Menanam Kentang di Pot agar Berbuah Banyak Taman Inspirasi SAFA

Biarkan kentang yang dipotong mengering pada suhu kamar selama 2-3 hari untuk memberi waktu pada bagian tepi yang dipotong untuk sembuh atau ternoda. Ketika ujung-ujungnya terlihat kasar tanpa tanda-tanda kelembaban, mereka telah mengering dengan baik. Kentang kecil (seukuran bola golf) bisa dibiarkan utuh. Buang kentang dengan bintik-bintik lunak.


4. Tanam kentang di waktu yang tepat​.

Di area tropis yang lebih dingin, tanam kentang tepat setelah musim penghujan yang dingin berakhir. Tanam tanaman pertama pada bulan Januari atau Februari untuk panen pada bulan Juni atau Juli. Tanam tanaman kedua pada bulan September atau Oktober untuk panen akhir musim dingin.

Kentang sensitif terhadap embun beku dan tanaman akan mati dalam keadaan beku. Jika tanaman mati karena embun beku, panen kentang, berapa pun ukurannya, dalam waktu satu atau dua minggu untuk mencegahnya membusuk.

10 Tips JITU Cara Menanam Kentang di Pot agar Berbuah Banyak Taman Inspirasi SAFA

5. Bagaimana cara menanam kentang di pot atau polybag? Wadah apapun bisa menjadi alternatif

Kentang tidak pilih-pilih tentang wadah tempat mereka tumbuh. Pilih tempat sampah, kantong kompos atau karung goni. Saya suka menanam kentang di grow bag berukuran kurang lebih 40 galon. Ikuti prinsip-prinsip penanaman dasar yang diuraikan di bawah ini dan Anda bisa sukses tidak peduli wadah mana yang Anda pilih.

10 Tips JITU Cara Menanam Kentang di Pot agar Berbuah Banyak Taman Inspirasi SAFA

6. Tanam jumlah kentang yang tepat untuk ukuran wadah Anda.

Aturan terpenting saat menggunakan wadah adalah cocok dengan jumlah kentang biji dengan ukuran wadah tempat Anda menanamnya. Sebagai panduan kasar, setiap tanaman kentang membutuhkan sekitar 3 galon untuk tumbuh dengan baik. Media yang tanamannya terlalu padat akan menghasilkan umbi kentang yang lebih kecil.

10 Tips JITU Cara Menanam Kentang di Pot agar Berbuah Banyak Taman Inspirasi SAFA

7. Tanam kentang dengan benar

Tempatkan lapisan tanah gembur berukuran 3 hingga 4 inci, yang telah diubah dengan kompos, di bagian bawah wadah. (Turunkan sisi wadah jika diinginkan). Kentang lebih menyukai tanah yang sedikit asam. Gunakan campuran tanah yang dirancang untuk tanaman yang menyukai asam atau ubah tanah dengan pupuk campuran asam sesuai dengan petunjuk pada kemasan.

Tanaman kentang biji dengan sisi yang bertunas menghadap ke atas ke dalam tanah dan tutupi dengan 2 hingga 3 inci tanah tambahan.

Saat kentang bertunas, tutupi kecambah saat tingginya sekitar 6 inci. Lanjutkan proses ini sampai bagian atas wadah tercapai, pada saat itu tanaman akan terus tumbuh tanpa penutup.


8. Jangan biarkan media tanam kentang terlalu kering.

Tanaman kentang membutuhkan kelembaban konstan untuk tumbuh dengan baik. Kentang yang ditanam di tanah mencari kelembapan di tanah sekitarnya sementara kentang yang ditanam di wadah bergantung pada kelembapan yang Anda berikan.

Untuk penyiraman yang merata, saya memiliki garis tetesan yang dimasukkan ke dalam setiap kantong tumbuh. Penting untuk menjaga tanah tetap lembab, tetapi tidak basah. Biarkan mengering sedikit di antara penyiraman.

Mempertimbangkan nutrisi kentang yang tumbuh aktif dengan pupuk organik kaya asam dan mengandung ekstrak rumput laut (opsional), setiap kali Anda menambahkan lebih banyak tanah (atau sekali atau dua kali selama musim tanam). Mulsa dengan jerami membantu mempertahankan kelembapan.



9. Tempatkan media tanam/polybag Anda di tempat terbaik​

Kentang membutuhkan setidaknya 6 jam sinar matahari untuk tumbuh dengan baik. Di dataran rendah, sinar matahari penuh lebih disukai untuk penanaman kentang di musim gugur. Kentang yang ditanam di musim semi paling cocok dengan naungan sore hari untuk mencegahnya mengering terlalu cepat.

Cara Menanam Kentang dalam Wadah

10. Ketahui kapan waktu terbaik memanen kentang

‘Kentang fresh’ hanyalah kentang yang belum matang yang dipanen sebelum kentang benar-benar matang.

Sekitar 8 sampai 10 minggu setelah tanam gali dengan tangan Anda di dekat batang untuk memeriksa ukuran kentang. Panen kentang cukup besar untuk dimakan sesuai keinginan.

Panen kentang yang “fresh” tepat setelah tanaman berbunga (jika varietas yang Anda tanam adalah yang berbunga). Untuk kentang yang lebih besar, tunggu sampai bagian atasnya mulai menguning dan mati.

Untuk meningkatkan umur simpan kentang, biarkan kentang tetap di tanah selama 2 minggu lagi setelah tanaman mati.

Saat Anda siap untuk memanen seluruh wadah, kosongkan dengan lembut ke dalam gerobak dorong, hati-hati jangan sampai merusak kentang. Biarkan kentang mengeras di luar selama beberapa jam. Sikat tanah yang gembur dari kentang dan simpan di tempat yang sejuk dan kering sampai Anda siap menggunakannya.

Kentang baru paling baik dimakan beberapa minggu setelah panen. Kentang matang tanpa noda akan bertahan lebih lama.

Leave a Reply