Tips Berkebun Organik untuk Pemula

Berkebun Organik untuk Pemula – Ide memulai sebuah taman mungkin tampak menggembirakan, dan jika Anda ingin bereksperimen melalui jalur organik, tampaknya akan lebih menantang.

Menggunakan pupuk kimia dan pestisida untuk membantu taman Anda berkembang mungkin tampak lebih mudah. Meskipun sudah tersedia di pusat-pusat berkebun setempat dan telah terbukti efektif, pupuk dan pestisida anorganik dapat meresap ke dalam bunga, tumbuhan, buah-buahan dan sayuran yang Anda tanam dengan susah payah. Dengan mengkonsumsi hasil panen seperti itu, maka dipastikan Anda akan ikut menelan bahan kimia yang terkandung di dalamnya.

Metode berkebun organik dapat membantu Anda menghindari efek negatif tersebut, dan meskipun pendekatan alami untuk berkebun mungkin tampak sulit pada awalnya, kami memiliki beberapa tips untuk membuatnya lebih mudah.

Mulailah Dengan Fondasi yang Kuat: Matahari dan Tanah

Apakah Anda menanam di tanah atau di dalam wadah, penempatan tanaman adalah kuncinya. Pastikan Anda menempatkan plot di mana tanaman yang Anda pilih akan menerima sinar matahari atau naungan harian yang mereka butuhkan.

matahari dan bumi

Untuk menumbuhkan tanaman yang paling sehat, Anda harus menyiapkan tanah yang subur dan siap untuk memupuknya. Anda dapat dengan mudah melakukan ini dengan kompos. Anda perlu menambahkan kompos — sebagian besar — ​​untuk memperkaya tanah Anda. Anda bisa mendapatkan kompos organik di pusat kebun setempat atau membuatnya sendiri.

Pilih Tanaman yang Sempurna

Lakukan penelitian Anda, dan pilih tanaman yang tumbuh subur di daerah Anda dan di tempat Anda ingin menanamnya. Jangan memilih tanaman yang menyukai kondisi kering jika Anda tinggal di tempat dengan banyak hujan atau menanam sesuatu di bawah sinar matahari penuh yang membutuhkan naungan parsial.

BACA JUGA :   7 Langkah Mudah Membuat Pelet Kelinci tanpa Mesin

Memilih tanaman tidak akan sulit hanya karena di mana Anda menanamnya memberi Anda awal untuk tetap sehat dan kuat. Memilih tanaman yang tumbuh dengan baik secara alami akan membantu mengurangi jumlah perawatan dan kerumitan yang mereka butuhkan. Berkebun secara Xeriscape berfokus pada memanfaatkan tanaman asli di daerah Anda untuk pengairan minimum dan kesehatan maksimum.

Jangan Kompromi dengan Gulma

Menangani gulma tanpa bahan kimia lebih mudah dari yang Anda kira. Mencabut gulma setiap hari akan manghindarkan tanaman dari hama serta penyakit berbahaya. Tugas harian ini juga akan membantu Anda menjadikan pemeliharaan taman sebagai bagian dari rutinitas harian Anda. Ini juga memberi Anda kesempatan untuk memeriksa kebun Anda dari kemungkinan masalah yang muncul serta menikmati waktu di dalamnya.

singkirkan gulma di kebun Anda

Menggunakan mulsa organik di tanah di sekitar tanaman Anda juga merupakan cara yang bagus untuk membantu mengurangi gulma. Hal itu juga membantu menjaga kelembaban yang diperlukan agar tidak menguap dan mencegah sinar matahari mendorong benih gulma tumbuh di kebun Anda bertunas.

Gunakan Pestisida Alami

Salah satu cara terbaik untuk menghindari hama di kebun Anda adalah dengan menjaga semua tanaman Anda tetap sehat. Serangga atau hewan yang secara alami berbahaya akan menargetkan spesimen tanaman terlemah. Jika hama muncul, ada banyak cara organik untuk mengatasinya.

Anda dapat menanam bunga dan tanaman herbal yang menarik serangga yang bermanfaat. Menanam marigold akan menarik kepik yang memakan kutu daun, misalnya.

Ada banyak penolak hama alami untuk menyingkirkan serangga di kebun Anda. Anda dapat menggunakan tanah diatom untuk menyingkirkan siput di kebun. Obat alami lain yang bisa Anda buat di dapur Anda, seperti semprotan merica dan minyak. Mereka dapat digunakan untuk menangani tungau dan serangga lainnya.

BACA JUGA :   TERLENGKAP !! 5 Cara Menanam Sawi di Pot atau Polybag
penghalang taman mengurangi hama

Untuk hama yang lebih besar — ​​ngengat, kelinci, dan rusa — Anda dapat membuat pembatas di sekitar taman dan tanaman agar tetap aman. Penutupan taman dengan jaring memungkinkan elemen yang diperlukan, seperti air dan sinar matahari, tetap dapat mencapai tanaman Anda. Itu termasuk salah satu cara paling populer dan mudah untuk melindungi taman Anda. Solusi organik sederhana ini tersedia di sebagian besar toko pertanian.

Berkebun organik bisa lebih mudah untuk memulai daripada yang terlihat. Anda dapat membuka jalan menuju kesuksesan saat memulainya dengan benar. Memulai dengan tanah terbaik dan tanaman paling sehat adalah awal yang baik. Setelah Anda menanam, menjaga taman Anda tetap sehat dan tumbuh dengan cara organik seharusnya akan lebih mudah. Ada begitu banyak pilihan alami yang tersedia untuk membantu mengatasi hambatan apa pun yang mungkin Anda temui. Setelah mengikuti beberapa tips diatas, Anda seharusnya berada di jalur menuju kesuksesan berkebun organik.

4/5 - (14 votes)

Leave a Comment