Bonsai Azalea, Si Cantik nan Eksotis

Bonsai Azalea – Apakah Anda termasuk salah satu penggemar tanaman bonsai? Ingin menambah koleksi tanaman bonsai di rumah? Jika iya, maka jenis tanaman bonsai berbunga seperti bonsai azalea bisa menjadi pilihan yang ideal bagi Anda. Tanaman hias azalea yang memiliki nama ilmiah Rhododendron ini terkenal akan keindahan bunganya yang eksotis. Terlebih jika tanaman ini dikerdilkan atau dibonsai, maka akan menambah kuat karakter kecantikan dan keunikannya.

Sama halnya dengan tanaman bougenville, pohon azalea memiliki tekstur batang yang keras dan daun yang kecil sehingga cocok untuk dijadikan bonsai. Jenis pohon azalea yang sering dikerdilkan atau dibonsai yaitu jenis Rhododendron laterium dan Rhododendron obtusum. Dua spesies azalea tersebut memiliki bunga dengan ukuran yang besar dan kelopak tunggal.

Kelebihan dan Kekurangan Bonsai Azalea

Bonsai Azalea Penghias dalam Ruangan

Beberapa kelebihan bonsai azalea yakni ia akan tetap terlihat unik dan menarik meski tidak sedang berbunga. Itu dikarenakan postur batang tanaman yang berukuran besar sehingga hanya dengan mengeksplorasi cabang-cabangnya, cukup membuat tanaman bonsai azalea memiliki nilai jual yang tinggi. Selain itu, tanaman bonzai jenis ini memiliki ukuran daun yang kecil dan sangat kontras dengan ukuran bunganya. Tanaman azalea akan tetap memiliki ukuran bunga yang besar meski sudah dibonsai atau dikerdilkan.

Meski demikian, bukan berarti bonsai azalea tak memiliki kekurangan. Diantaranya, ukuran bunga yang besar membuat tanaman bonsai jenis ini akan terlihat muda. Padahal, bonsai yang baik adalah tanaman bonsai yang terlihat tua dengan karakter batang yang kokoh. Kekurangan lainnya yakni pertumbuhan tanaman bonsai azalea yang tergolong sangat lambat. Untuk membentuk satu gaya bonsai saja membutuhkan proses dan waktu yang relatif lama supaya batang dapat mencapai ukuran yang ideal untuk dijadikan bonsai.

Gaya yang umumnya dipilih oleh para pegiat tanaman bonsai yakni broom style atau gaya sapu terbalik. Pemotongan cabang tidak banyak dilakukan pada gaya bonsai jenis ini. Terlepas dari beberapa kelemahan tersebut, bonsai azalea tetap menjadi pilihan ideal yang digemari oleh para kolektor tanaman bonsai dan menjadikannya salah satu tanaman hias dengan harga jual yang tinggi.

Cara Menanam Bonsai Azalea

Tips Merawat Tanaman Bonsai Azalea

Tanaman azalea akan berbunga dengan indah jika dibudidayakan di dataran tinggi dengan suhu yang rendah. Jika ditanam di dataran rendah, tanaman ini akan sulit berbunga. Tanaman bonsai azalea menyukai sinar matahari penuh dan lahan dengan tingkat pH yang tinggi yakni berkisar 5,5 s/d 6.

Bibit atau bakalan tanaman bonsai azalea cukup mudah dikembangkan dengan cara stek atau cangkok. Dengan dua metode tersebut, akar tanaman akan muncul sekitar 1 bulan. Dengan metode cangkok batang, bibit atau bakalan bonsai dapat dipisahkan dari indukannya setelah 2 s/d 3 bulan.

Perawatan Bonsai Azalea

Setelah itu barulah bakalan bonsai dipindahkan ke polybag atau pot berukuran sedang. Media tanam yang digunakan yakni campuran humus, tanah dan pasir dengan komposisi masing-masing 50%, 20% dan 30%. Komposisi tersebut dipilih karena menyesuaikan dengan karakter tanaman azalea yang menyukai kondisi media yang lembab namun tidak tergenang oleh air.

Untuk penyiraman, hendaknya disesuaikan dengan kondisi media tanam. Tanaman azalea sangat peka dengan kondisi lahan yang kering. Namun ia juga tidak dapat berkembang dengan baik di kondisi lahan yang terlalu basah. Sehingga, Anda harus cermat dan teliti sebelum melakukan penyiraman.

Budidaya Bonsai Azalea di Rumah

Lakukan pemupukan secara rutin dengan dosis menyesuaikan dengan ukuran tanaman. Saat bakalan bonsai yang Anda pindahkan mulai memperlihatkan gejala pertumbuhan yang baik, dosis pupuk bisa dikurangi. Diantaranya saat tanaman mulai berbunga dan terlihat tumbuh tunas baru sekitar 15 s/d 20 cm, maka lakukan pemupukan sekedarnya. Unsur hara yang paling dibutuhkan oleh tanaman ini adalah Natrium, Fosfor dan Kalium. Sembari menunggu tanaman tumbuh besar, Anda bisa mulai melatih bakalan azalea dengan membentuk postur atau gaya bonsai menggunakan kawat stainless.

Pemangkasan dan penyiangan juga perlu rutin dilakukan. Pemangkasan pada cabang atau daun akan membuat tanaman terlihat lebih rapi dan indah. Lakukan pemangkasan dengan tetap memperhatikan style atau gaya bonsai yang Anda pilih. Disinilah kreatifitas Anda diuji. Jangan ragu untuk memangkas cabang yang dirasa dapat mengurangi keindahan tanaman bonsai Anda.

Penyiangan dilakukan untuk menghindarkan tanaman dari gulma dan hama pengganggu. Selain itu, penyiangan juga akan membuat akar bonsai tumbuh dengan baik sehingga menambah kuat karakter tanaman.

Itu tadi beberapa tips merawat bonsai azalea versi Taman Inspirasi SAFA. Anda tertarik untuk membudidayakannya? Mungkin akan membutuhkan waktu yang cukup lama agar tanaman bonsai azalea Anda terlihat unik dan bernilai. Namun jika Anda membutuhkan tanaman dengan tingkat produksi cepat dan mudah, mungkin Anda bisa mencoba membudidayakan tanaman buah. Untuk bibit tanaman buah yang berkualitas, Anda bisa memesannya dari kami langsung di halaman ini. Terima kasih. Wassalam.