Cara Menanam Pohon Cedar

Cara Menanam Pohon Cedar

Nama pohon cedar digunakan untuk merujuk pada beberapa spesies pohon cemara yang tegak lurus. Pohon-pohon ini memiliki bentuk dan kegunaan yang serupa, tetapi kondisi pertumbuhannya bervariasi dan tidak termasuk dalam famili yang sama.

Hampir sebagian besar tanaman cedar tumbuh menjadi pohon yang relatif besar dan berumur panjang. Tanaman ini paling sering digunakan sebagai pagar di lanskap yang luas. Saat memilih cedar, pilih spesies yang dapat menyesuaikan dengan area dan kondisi pertumbuhan dilingkungan Anda. Berikan perhatian khusus pada pohon dewasa, karena kebanyakan dari mereka kurang cocok untuk lansekap rumah.

Selain penggunaannya dalam lansekap, kayu cedar telah lama dipercaya karena manfaatnya yang khas. Kayu cedar aromatik secara alami tahan terhadap pembusukan dan serangga, menjadikannya pilihan ideal untuk bahan utamaa dek, proyek berkebun di luar ruangan, dan untuk lemari liner.

Cedar secara historis digunakan oleh penduduk asli Amerika untuk membuat kano, keranjang, dan senjata. Ada ratusan jenis kayu cedar yang tersedia. Di bawah ini kami akan sedikit memberikan ulasan tentang beberapa jenis cedar dari varietas yang berbeda.

Cara Menanam Pohon Cedar

Spesies Cedar dan Kondisi Tumbuh

Calocedrus decurrens ditemukan di zona ketahanan tanaman USDA 5 hingga 8, meskipun tumbuh paling baik di zona 6 dan 7. Pohon itu memiliki tekstur daun menyerupai jarum berwarna hijau tua, padat, dan berbentuk tegak. Pohon asli dapat tumbuh hingga lebih dari 200 kaki, meskipun sebagian besar pohon yang ditanam tetap setinggi sekitar 60 hingga 80 kaki dan lebar 8 hingga 12 kaki.

BACA JUGA :   Rekomendasi Pemupukan Jagung agar Panen Optimal

Pohon cedar jenis ini dapat hidup antara 500 hingga 1.000 tahun. Cedar jenis ini tumbuh paling baik di bawah sinar matahari penuh hingga teduh parsial. Tanaman ini dapat mentolerir kekeringan dan panas yang ekstrim, serta tanah alkalin, berpasir atau tanah liat. Pohon ini hanya membutuhkan sedikit kelembaban, tetapi tidak mentolerir kondisi tanah yang terlalu basah. Varietas ini juga tidak memerlukan banyak pemangkasan, meskipun Anda dapat memangkasnya untuk mempertahankan bentuk formal.

Juniperus virginiana atau cedar merah timur adalah salah satu pohon cedar yang paling mudah beradaptasi, tumbuh di zona ketahanan tanaman USDA 2 hingga 9. Cedar merah timur berasal dari Amerika Serikat bagian timur, di mana ia tumbuh di mana-mana mulai dari tebing berbatu yang kering hingga daerah rawa. Pohon jenis konifera ini tumbuh setinggi 35 hingga 60 kaki dan lebar 8 hingga 25 kaki dengan bentuk kerucut.

Varietas ini lebih menyukai tanah yang lembab, tetapi lebih tahan kekeringan daripada kebanyakan pohon cedar timur. Cedar merah timur memiliki daun hijau gelap hingga kebiruan dengan penampilan seperti sisik. Tanam di bawah sinar matahari penuh di hampir semua jenis tanah. Cedar merah timur dapat mentolerir tanah liat, pasir, tanah padat dan polusi perkotaan. Tanaman ini biasanya tumbuh di dekat pohon kenari hitam.

Thuja plicata atau cedar merah barat adalah arborvitae yang ditemukan asli di Amerika Serikat bagian barat. Cedar merah barat adalah pohon yang tumbuh lambat dan berumur panjang yang dapat mencapai ketinggian 200 kaki dengan lebar 20 kaki. Cedar merah barat tumbuh paling baik di tanah yang dalam dan lembab. Ia memiliki daun seperti sisik, namun tidak menyerupai jarum. Tanam di tempat yang datar, bukan di lereng, dengan kondisi angin sepoi-sepoi. Tanam di tempat teduh parsial.

BACA JUGA :   10 Langkah PRAKTIS Mencangkok Pohon Jambu Biji

Cara Menanam Pohon Cedar

Perawatan Pohon Cedar

Sebagian besar pohon cedar tidak memerlukan banyak perawatan setelah ditanam dengan baik. Siram secara teratur selama tahun pertama dan selama kondisi kering sesudahnya. Pangkas pohon setiap tahun untuk menghilangkan cabang atau ranting mati yang saling bergesekan. Jangan mencabut cabang yang lebih rendah dari pohon. Cedar terlihat paling baik jika dibiarkan dalam bentuk alami.

Penyakit Pohon Cedar

Masalah paling umum yang dihadapi pohon cedar adalah karat apel cedar, penyakit siklus yang menimpa pohon cedar dan apel, atau kerabat apel seperti quince dan hawthorne. Pohon cedar menghasilkan empedu sepanjang musim dingin.

Selama hujan musim semi yang hangat, empedu tanaman ini sedikit membengkak, melepaskan tanduk spora berwarna oranye dan gelatin. Spora bermigrasi melalui udara ke pohon apel, di mana mereka menyebabkan bintik-bintik kuning cerah pada daun.

Kematian pohon cedar jarang sekali terjadi, tetapi penyakit ini dapat mengurangi panen apel atau bahkan menghilangkan daun pohon apel. Hindari menanam cedar merah timur di dekat pohon apel dan mengobati pohon apel yang terbuka dengan aplikasi fungisida.

Beberapa spesies menjadi coklat selama musim dingin. Tanam pohon yang kuat di zona Anda dan pastikan mereka disiram dengan baik. Tanam di lokasi yang terlindung dari angin musim dingin yang kuat.

Apakah pohon cedar tumbuh dengan cepat?

Eastern Red Cedar (yang sebenarnya adalah pohon hijau!) Tumbuh dengan kecepatan sedang, menurut Arbor Day Foundation. Tingginya dapat tumbuh dari 13 inci hingga 24 inci dalam setahun.

Mengapa pohon cedar buruk?

Tidak semua orang menganggap pohon cedar sebagai pohon yang buruk, tetapi mereka memiliki beberapa pembenci! Entah itu reaksi alergi intens yang dapat mereka picu, atau fakta bahwa mereka menyedot begitu banyak air dari tanah daripada tanaman lain. Itulah beberapa alasan untuk tidak menanamnya bersama tanaman lainnya.

BACA JUGA :   Tips Memilih Bibit Pohon Jati dan Cara Budidayanya

“Berdasarkan beberapa penelitian di Sonora menunjukkan bahwa jika Anda membuang semua jenis tanaman berkayu, tetapi terutama cedar, Anda akan memiliki lebih banyak air yang sampai ke tanah,” katanya. Ini mengingat fakta bahwa pohon cedar setinggi lima belas kaki menggunakan 35 galon air dalam sehari. Itu hampir dua kali lipat konsumsi air yang dibutuhkan oleh pohon ek dengan ukuran yang sama.

Apakah pohon cedar menarik nyamuk?

Tidak. Faktanya, minyak cedar sering digunakan sebagai pengusir nyamuk dan serangga, seperti halnya serpihan kayu cedar.

Berapa Lama Pohon Cedar Hidup?

Ketika datang ke Cedar Merah Timur di habitat aslinya, ia dapat hidup di antaranya 100 hingga 300 tahun. Sebuah pohon cedar tua tidak selalu terlihat lebih besar setelah satu titik, tetapi jika Anda menebang satu, Anda dapat melihat bahwa pohon itu tua dari kepadatan dan inti kayu dari kegelapan di dalam pohon.

4.1/5 - (13 votes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *