Cara Berkebun dengan Modal Minim (Budget dibawah 300 Ribu)

Berkebun dengan modal minim dibawah 300 ribu

Mungkinkah berkebun dengan modal minim tapi hasil bisa maksimal? “Saya ingin berkebun, tapi terlalu mahal; Saya tidak mampu membeli semua barang itu.’ Saya bingung pertama kali mendengar seseorang mengatakan itu, karena berkebun memungkinkan saya menikmati produk organik segar dengan harga murah.

Katalog taman menawarkan semua jenis produk mahal untuk meningkatkan pengalaman berkebun Anda, tetapi Anda tidak memerlukan sebagian besar produk tersebut. Berikut adalah pengenalan singkat berkebun dengan harga murah.

Tanah – Persyaratan Taman Pertama

Hal pertama yang Anda butuhkan untuk taman Anda adalah tanah yang baik, kaya akan bahan organik. Jika tanah asli Anda dikeringkan dengan baik, mendukung pertumbuhan tanaman yang subur dan mengandung banyak cacing tanah, Anda cukup mengupas tanah dari permukaan area taman Anda, taburkan satu inci atau lebih kompos di atasnya dan mulailah menanam.

Jika tanah asli Anda buruk, Anda perlu menambahkan lebih banyak kompos dan bahan organik. Anda dapat membingkai tempat tidur yang ditinggikan dengan papan (tidak dirawat dengan tekanan!) Atau batu dan mengisinya dengan kompos dan/atau tanah lapisan atas. Sebagai alternatif, Anda dapat memotong tanaman yang ada di situs kebun Anda, menutupinya dengan setidaknya 4 lapis koran dan menumpuk 3 inci kompos di atasnya.

Cara Berkebun dengan modal minim

Buat kompos sendiri. Sisa makanan, potongan rumput (kecuali jika Anda merawat halaman Anda dengan pestisida atau herbisida), daun yang dicabut dari halaman Anda (juga), bubuk kopi dan pupuk kandang (bukan dari babi, kucing, anjing atau manusia) semuanya menghasilkan kompos yang baik.

BACA JUGA :   Cara Menanam Pisang Berbuah Cepat dan Lebat

Anda bisa mendapatkan petunjuk pengomposan dasar dari Penyuluhan Koperasi setempat atau online (lihat di bawah). Anda harus menunggu minimal 3 bulan agar bahan baku Anda terurai menjadi kompos yang sudah jadi.

Jika Anda sedang terburu-buru, periksa apakah taman komunitas setempat atau stasiun transfer menawarkan kompos gratis. (Jika berasal dari stasiun transfer, tanyakan apa yang diletakkan di dalamnya dan apakah aman untuk diparkir atau tidak, dan ketahuilah bahwa itu mungkin berisi kaca atau benda tajam lainnya.)

Kompos menyediakan media tanam yang dikeringkan dengan baik dan tidak basah. Ini juga memasok sebagian besar atau semua nutrisi yang dibutuhkan tanaman Anda, jadi Anda tidak perlu membeli pupuk.

Alat untuk Berkebun dengan Modal Minim

Paling tidak Anda membutuhkan sekop, sekop, dan kaleng penyiram. Garpu, gulma tangan, cangkul, garpu taman, dan selang juga berguna. Anda mungkin bisa mendapatkan semua ini secara gratis dari seseorang yang menyuruh mereka berbaring di garasi.

Perkakas tangan seringkali sangat murah di lelang real estat. Jika Anda perlu membelinya baru, Anda seharusnya bisa mendapatkan tiga alat dasar seharga 200 ribu rupiah atau kurang.

Berkebun dengan modal minim

Persyaratan Akhir – Bibit

 

Bibit jauh lebih murah daripada bibit. Banyak tanaman cepat tumbuh atau tahan beku seperti kacang, kacang polong, mentimun, labu, labu, selada, bayam, kangkung, lobak, wortel, bit dan wortel dapat ditanam langsung di luar. Beberapa tanaman yang peka terhadap embun beku dan/atau musim panjang seperti paprika, tomat, terong, dan bawang harus dimulai di pintu lebih awal dari tukang kebun Utara. Anda tidak membutuhkan rumah kaca; ambang jendela yang menghadap ke Selatan yang cerah akan cocok.

BACA JUGA :   Manfaat Pupuk Dasar Cabe Merah untuk Tingkatkan Hasil Panen

Pilih sayuran yang Anda tahu akan dimakan oleh Anda dan keluarga. Saat memutuskan jumlah benih yang akan dibeli, pikirkan berapa banyak makanan yang bisa Anda dapatkan dari setiap benih. Satu biji wortel akan tumbuh menjadi satu wortel; Anda memanennya sekali dan selesai. Benih tomat akan tumbuh menjadi tanaman di mana Anda akan terus memanen tomat dari tanaman dewasa hingga beku.

Beli varietas penyerbukan terbuka, bukan hibrida, jika Anda ingin menghemat uang di masa depan dengan menyimpan benih Anda sendiri. Varietas penyerbukan terbuka juga cenderung lebih murah, sementara introduksi baru dan varietas berpemilik mungkin cukup mahal.

Kebutuhan Lain: Berkebun dengan Modal Minim

alat Berkebun dengan modal minim

Anda tidak perlu membeli pot starter untuk bibit yang ditanam di dalam ruangan; wadah makanan lama akan berfungsi. Menahan diri dari membeli pestisida, herbisida dan fungisida akan menghemat uang Anda dan menjauhkan bahan kimia beracun dari kebun Anda. Jika Anda mampu mengeluarkan uang untuk pestisida dan fungisida organik, simpanlah sebagai pilihan terakhir.

Mulailah dengan membasmi hama dan gulma dengan tangan. Anda dapat melindungi dari jamur dan penyakit dengan menyemprot tanaman Anda dengan 1 bagian susu ke 9 bagian air, mengusir siput dengan menaburkan kulit telur yang dihancurkan di sekitar tanaman Anda dan mengusir cacing yang dipotong dengan mengelilingi batang tanaman dengan tepung jagung. Tanyakan tetangga Anda atau Ekstensi Koperasi Anda untuk berkebun di rumah dengan modal minim.

Untuk Informasi Lebih Lanjut Tentang Anggaran Berkebun

SEBUAH pengenalan dasar pengomposan.

Beberapa Kiat lain tentang berkebun anggaran.

4/5 - (16 votes)