Nutrisi untuk Cabe - ZPT Pembungaan dari Bahan Alami 1

Nutrisi untuk Cabe – ZPT Pembungaan dari Bahan Alami

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (19 votes, average: 4.26 out of 5)
Loading...

Nutrisi untuk Cabe – Memiliki tanaman organik yang segar untuk memenuhi kebutuhan gizi keluarga merupakan dambaan bagi setiap orang. Tanaman cabai merupakan salah satu jenis sayuran atau buah yang mudah untuk ditanam baik dalam skala kecil / rumahan maupun skala besar (disawah). Tanaman cabai termasuk salah satu jenis sayuran pokok yang dibutuhkan oleh semua lapisan masyarakat. Bahkan bisa dibilang tak ada masakan di dunia ini yang tidak membubuhkan cabe sebagai bumbu atau penyedap tambahan.

Seiring dengan permintaan yang besar di pasar, budidaya cabe menjadi salah satu lahan usaha yang cukup menjanjikan. Apalagi didukung penerapan teknologi tepat guna maka budidaya tanaman cabe akan sangat cocok dikembangkan baik untuk skala rumah tangga maupun industri. Berbagai olahan cabe pun kini telah banyak ditemukan di pasar sehingga membuat membuat kebutuhan cabe diprediksi akan semakin meningkat dari tahun ke tahun.

Perawatan tanaman cabe bisa dikatakan gampang-gampang susah. Apalagi jika berhadapan dengan masalah hama dan penyakit. Ditambah lagi, kondisi iklim – tak hanya di daerah tropis – yang kurang bisa diprediksi sebagai dampak dari pemanasan global, sehingga membuat budidaya tanaman cabe membutuhkan keuletan dan ketelatenan tersendiri. Tidak sedikit petani mengeluhkan permasalahan yang timbul saat menanam cabai. Mulai dari kesehatan bibit tanaman, kesuburan media tanam hingga pengendalian hama serta penyakit yang semakin beragam.

Bagi anda yang sedang menanam cabe ada satu tips yang mudah dipraktekkan untuk memberikan nutrisi tambahan (ZPT) pada tanaman cabai anda. Selain nutrisi yang didapat dari media tanam, cabai juga perlu mendapatkan nutrisi tambahan lain misalnya dengan cara disemprot. Penyemprotan menggunakan bahan-bahan organik tentunya akan membuat tanaman cabai menjadi lebih sehat dan juga subur. Itu juga akan membuat tanaman cabe memiliki ketahanan yang baik dari serangan hama serta penyakit.

Kali ini, Taman Inspirasi akan memberikan cara termudah membuat zat perangsang tumbuh (ZPT) atau nutrisi tanaman cabe agar bisa menghasilkan buah yang lebih sehat dan hasil lebih maksimal. Cara ini terbukti sangat manjur dan dapat meningkatkan kualitas serta kuantitas cabe yang dihasilkan.

Bahan dan Aplikasi Nutrisi untuk Cabe

Nutrisi untuk Cabe - ZPT Pembungaan dari Bahan Alami 2

Bahan:

  1. 1  butir telur, digunakan kuning telurnya
  2. 2 sdm susu kental putih
  3. 2 sdm madu
  4. Air 1 liter

Alat:

  • tempat air
  • tempat untuk mencampur
  • dirigen
  • penyemprot (sprayer)
zpt nutrisi untuk cabe

Cara pembuatan nutrisi untuk cabe:

1. Siapkan wadah untuk mencampur, ambil kuning telur kemudian diaduk setelah itu masukkan 2 sdm madu dan 2 sdm susu. Aduk ketiga bahan tsb sampai tercampur rata.
2. Setelah itu masukkan alkohol 70% sebanyak 10ml dan aduk kembali hingga tercampur dengan baik
3. Masukkan 1 liter air kedalam tempat dari bahan yang sudah dicampur tadi kemudian masukkan ke dalam dirigen yang sudah disediakan.
4. Semua bahan yang sudah dicampur, masukkan ke dalam dirigen dan simpan selama 2 minggu ditempat yang teduh dan tidak terkena sinar matahari secara langsung.
5. Sesekali dikocok agar nutrisi tidak mengendap dibagian bawah dan sesekali tutup dirigen dibuka untuk membuang gas berlebih yang dihasilkan saat proses fermentasi.

Berikan zpt setiap 3 hari sekali sampai muncul bunga dengan cara disemprotkan keseluruh bagian tanaman pada saat usia tanaman sudah mulai memasuki masa generatif atau sudah mulai muncul bunga. Karena nutrisi ini sifatnya mempercepat/merangsang pertumbuhan bunga sekaligus sebagai jamu herbal untuk tanaman.

Nutrisi atau zat perangsang tumbuh (ZPT) ini sebaiknya digunakan pada tanaman sayur buah, maksudnya sayuran yang berbuah seperti cabai, tomat, terong, paprika, timun bukan untuk sayuran yang diambil daunnya misalnya sawi, bayam, kangkung, selada dsb karena justru akan membuat sayuran tersebut lebih cepat menumbuhkan bunga dari waktu yang sebenarnya. Untuk tutorial selengkapnya, silahkan sobat saksikan video TIS berikut ini.

 

Demikian tips dari Taman Inspirasi tentang pembuatan nutrisi tanaman cabe dari bahan-bahan organik. Untuk takaran dan dosis pengaplikasian, bisa disesuaikan dengan jumlah tanaman cabe yang anda miliki di rumah. Jika ada saran atau kritik, silahkan tinggalkan komentar anda di bawah dan jangan lupa untuk share artikel ini ke keluarga atau teman dekat anda. Semoga bermanfaat. Wassalamualaikum wr. wb.

Leave a Reply