Kelengkeng Lebat dalam Pot

Tabulampot Kelengkeng – Rahasia Kelengkeng Kerdil Berbuah Lebat

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (19 votes, average: 4.26 out of 5)
Loading...

Tabulampot Kelengkeng – Buah kelengkeng memiliki nama ilmiah Dimocarpus longan. Di daerah tertentu ada yang menyebut buah kelengkeng dengan mata kucing, longan, dll. Kelengkeng sendiri berasal dari daratan Asia Tenggara. Buah kelengkeng berbentuk bulat dengan kulit buah berwarna coklat kekuninngan,licin dan berbintil kasar. Soal rasa kelengkeng memiliki rasa yang manis dan nikmat. Bentuk, ukuran dan rasa dari kelengkeng hampir mirip dengan leci.Beberapa jenis kelengkeng diantaranya adalah kristal, pingpong , diamond river, dan kelengkeng merah. Penanaman pada lahan yang luas kelengkeng dapat tumbuh setinggi 40 m.Tanaman kelengkeng dapat tumbuh pada ketinggian 200-400 mdpl.

Tabulampot Kelengkeng berbuah lebat

Cara Tabulampot Kelengkeng agar Cepat Berbuah

Bagi Anda yang memiliki lahan sempit,Anda bisa membudidayakan Kelengkeng dalam Pot atau Tabulampot . Di sini Taman Inspirasi akan membahas beberapa hal yang harus di tempuh dalam menanam tabulampot kelengkeng.

Media Tanam Tabulampot Kelengkeng

Untuk tabulampot kelengkeng teman-teman bisa menggunakan pot besar yaitu 40 – 100 cm. Untuk menunjang pertumbuhan kelengkeng yang baik gunakan media tanam yang baik pula. Campurlah tanah lempung : pasir halus ; kompos;dan pupuk kandang. dengan perbandingan 1:1:1:1 atau kalau tidak cukup gunakan tanah, sekam, kompos ,dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1:1:1.

Pemilihan Bibit Kelengkeng

Untuk pemilihan bibit tabulampot kelengkeng teman teman bisa membuat bibit sendiri secara vegetatif dengan cara sambung pucuk atau cangkok. Jika ingin melakukan perbanyakan kelengkeng sendiri kami saarankan agar memilih tanaman induk yang berkualitas, tahan terhadap penyakit dan berbuah lebat. Selain itu teman teman juga bisa membuat bibitnya sendiri dari peyemaian biji buah kelengkeng yang di beli di pasar. Namun cara ini tentunya akan menunggu sangat lama untuk sampai pohon berbuah. Cara yang paling mudah adalah dengan membeli bibit pada petani penjual bibit buah terdekat ataupun membelinya secara online.

Pemeliharaan Tanaman Kelengkeng

Bagus atau tidaknya pertumbuhan tabulampot kelengkeng selain dari bibitnya juga tergantung dari bagaimana kita merawatnya. Beberapa hal yang perlu kita lakukan agar tanaman kelengkeng tumbuh dengan subur , sehat dan cepat berbuah di antaranya adalah penyiraman,pemupukan, pencabutan gulma, pemangkasan, pencahayaan dan pencegahan hama penyakit.

Cara Mudah Tabulampot Kelengkeng

Penyiraman

Penyiraman tanaman kelengkeng secara teratur sangat penting untuk kelangsungan hidup tanaman kelengkeng . Penyiraman di tujukan untuk menjaga kelembapan media tanam . Penyiraman dapat dilakukan sesuai dengan kondisi media tanam jangan biarkan media tanam kering agar kelengkeng tidak terjadi dehidrasi. Usahakan media tanam tetap lembab. Lembab bukan berarti becek karena kelebihan air juga akan mempengaruhi kesehatan tanaman

Pemupukan

Pemupukan harus dilakukan dengan tepat. Pemberian pupuk bisa menggunakan pupuk kimia maupun organik yang sesuai dengan masa pertumbuhan tanaman kelengkeng. Dosis ataupun interval pemberian pupuk bisa diberikan sesuai dengan kebutuhan tanaman. Hal ini bergantung denga umur tanaman, kondisi kesehatan tanaman,dan kondisi lingkungan tanaman.

Pencahayaan

Tanaman kelengkeng menyukai sinar matahari. Jadi usahakan meletakan tabulanpot kelengkeng pada tempat yang cukup sinar matahari. Tanaman kelengkeng yang kurang sinar matahari akan memiliki produktivitas yang rendah.

Penyiangan

Pencabutan hama dilakukan dengan cara rajin mencabuti gulma yang tumbuh liar di sekitar tanaman kelengkeng agar tidak menyerap nutrisi dalam media tanam tanaman kelengkeng.

Pemangkasan

Pemangkasan dilakukan setelah tanaman kelengkeng sudah tumbuh tunas baru sebagai cabang sekunder. Gunanya adalah memperbanyak cabang, tidak terlalu tinggi dan berbuah lebat. Pemangkasan bisa menggunakan pola 1:3:9. Ketika batang utama sudah tumbuh cabang primer maka cabang primer bisa di pangkas dan hanya di sisakan 3 cabang primer . Selanjutnya setelah cabang primer tumbuh tumbuh cabang sekunder maka cabang sekunder perlu di pangkas dan di sisakan tiga cabang sekunder. Selanjutnya biarkan tanaman kelenkeng tumbuh subur berbuah lebat.

Cara Mudah Tabulampot Kelengkeng

Pengendalian Hama dan Penyakit

Selalu mengontrol kondisi tanaman terhadap gangguan hama dan penyakit sangat penting agar penangulangan bisa di atasi sejak awal. Gangguan hama dan penyakit akan mengganggu tumbuh kembang tanaman kelengkeng dan pada kondisi yang parah dapat mengurangi produktivitas tanaman bahkan bisa menyebabkan kematian pada tanaman . Oleh sebab itu pengetahuan yang luas tentang hama dan penyakit sangat di perlukan agar lebih efektif dan efesien dalam penanggulangannya. Beberapa contoh hama dan penyakit yang menyerang tanaman kelengkeng adalah
a. Hama: trusuk,penggerek batang, ulat, kelelawar, thrips, dan kutu
b. Penyakit: Busuk daun, black spot, akar putih, layu, kapang daun

Untuk penanganan hama dan penyakit sobat sekalian bisa menggunakan pestisida kimia ataupun organik. Banyak sekali merk pestisida di toko pertanian, sobat bisa memilih salah satu yang sesuai dengan jenis hama dan penyakit yang menyerang. Untuk pestisida dan fungisida organik teman teman bisa berkunjung di channel Taman Inspirasi untuk menyimak beberapa tutorial pembuatan dan penggunaan pestisida dari bahan alami. Seperti pestisida dari putung rokok , bawang putih, sirih merah dan masih banyak lagi.

Tabulampot Kelengkeng Kristal

Pemanenan Buah Kelengkeng

Pemanenan dilakukan jika buah telah matang. Beberapa ciri kelengkeng yang sudah siap panen antara lain buahnya sudah besar, rasanya manis, kulit berwarna kuning kecoklatan cerah. Kelengkeng merupakan buah non klimaterik yakni setelah pemanenan tidak ada perubahan rasa, warna, aroma dan bentuk.

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan tentang tabulampot tanaman kelengkeng semoga bermanfaat , selamat mencoba dan terus berdo’a di setiap aktivitas kita agar kita di beri kelancaran dan berkah dari Allah SWT .

Leave a Reply