SISKO, Belajar Mengajar Lebih Nyaman dan Menyenangkan

Penggunaan sisko untuk sekolah
Rate this post

Teknologi telah menjadi bagian dari hampir setiap aspek kehidupan. Banyak industri dan organisasi kini memetik banyak manfaat dari perkembangan teknologi yang pesat, tidak terkecuali sistem pendidikan. Sistem komunikasi yang modern dan canggih saat ini mempermudah guru dan siswa dalam menjalankan sistem pembelajaran.

SISKO atau Sistem Informasi Sekolah merupakan aplikasi komputer berupa perangkat lunak sistem informasi manajemen sekolah berbasis web sebagai solusi Administrasi Terpadu untuk Sekolah. SISKO memiliki berbagai modul terintegrasi dan bersifat multi-user sehingga dapat dengan mudah diakses oleh semua Guru, siswa bahkan staf sekolah.

SISKO ini dikembangkan oleh Pijar Sekolah, platform pendidikan yang dapat membantu sekolah dalam memproses sistem pembelajaran digital terintegrasi sehingga tercipta suasana belajar mengajar yang nyaman, menyenangkan dan tentunya ter-manage dengan baik.

SISKO menyediakan sistem pengolahan data yang terintegrasi, yang dapat membangun interkoneksi hasil input dari modul yang ada, sehingga memudahkan penyajian informasi. Penyebaran atau penyampaian informasi ini dapat dilakukan dengan menggunakan intranet atau internet untuk mempermudah penyajian informasi yang komprehensif. Beberapa fitur SISKO yang sangat bermanfaat untuk memperlancar proses pendidikan disekolah diantaranya:

10 Fitur SISKO Mudahkan Proses Pembelajaran Sekolah

Manajemen pendidikan sekolah dengan sisko

Modul Kurikulum & Evaluasi Siswa

Modul kurikulum memuat semua materi yang berhubungan langsung dengan kurikulum sekolah, seperti pembuatan jadwal otomatis, absensi siswa, data ekstrakurikuler, evaluasi pembelajaran siswa, kalender akademik hingga penyusunan rapor.

Modul Kesiswaan

Modul siswa adalah salah satu yang paling penting dari semua modul. Modul ini menyediakan berbagai menu aplikasi mulai dari penerimaan siswa baru, penempatan siswa ke kelas, penyusunan buku induk siswa, bimbingan dan konsultasi, hingga statistik dan lain sebagainya. Semua data dalam menu ini sangat diperlukan karena relevansinya menyangkut data pribadi setiap siswa.

Modul Administrasi Data Kepegawaian

Modul kepegawaian disediakan untuk mempermudah bagian administrasi atau tata usaha sekolah dalam penyusunan data manajemen piket staf, data guru dan karyawan, evaluasi guru dan staf sekolah, serta kenaikan gaji rutin. Semua data yang berkaitan dengan guru dan karyawan sekolah disertakan dalam modul ini.

Modul Keuangan Sekolah

Modul ini digunakan untuk membantu sekolah mencatat arus kas termasuk pemasukan dan pengeluaran, serta memantau status keuangan sekolah.

Modul Inventarisasi

Modul ini memberikan kemudahan staf inventaris untuk melakukan pencatatan inventaris sekolah, yang meliputi 4 model inventarisasi yaitu; modul inventaris tanah, gedung, barang dan kendaraan bermotor.

Modul Administrasi dan Hubungan Masyarakat

Modul kehumasan ini menitikberatkan pada bagian manajemen (administratif), yang bertanggung jawab menangani surat keluar dan masuk, buku tamu, serta pembuatan berita atau pengumuman sekolah.

Sisko modul

Modul Sirkulasi Perpustakaan

Pada modul perpustakaan, semua data yang berhubungan langsung dengan buku perpustakaan, peminjaman, pengembalian, sistem denda, pencarian buku (termasuk fasilitas pemesanan buku perpustakaan) dapat terintegrasi dengan baik pada menu ini.

Modul Pencatatan data alumni

Fungsi dari modul ini adalah untuk mencatat data seluruh siswa yang telah menyelesaikan studinya dan menjadi alumni sekolah yang bersangkutan.

Terminal Akses Siswa

Siswa dan orang tua masuk ke SISKO dan mengakses fitur khusus dari data pribadi mereka, seperti nilai, informasi pembayaran uang sekolah, informasi kehadiran, informasi peminjaman perpustakaan, dan berbagai data penting lainnya.

Pemantauan dan Evaluasi

Fungsi khusus dari suatu organisasi atau yayasan yang dapat digunakan untuk memantau serta mengevaluasi semua data dan kinerja sekolah yang diawasi dan dikelolanya.

Banyak sekali manfaat yang dapat kita peroleh melalu pembelajaran digital yang terintegrasi dan ter-manage dengan baik. Melalui penggunaan sistem komputer, sistem panggilan otomatis dapat dikonfigurasi untuk memberikan informasi yang direkam sebelumnya berdasarkan permintaan, dan memperbarui informasi ini menjadi lebih mudah dari sebelumnya.

Selain itu, melalui penggunaan pesan suara, siswa dan orang tua dapat meninggalkan pesan yang dapat diakses dengan mudah oleh staf atau guru di sekolah. Demikian juga, siswa dapat dengan cepat mengakses informasi penting yang diinginkan untuk menemukan berbagai pekerjaan rumah, pilihan yang sangat berguna jika siswa tidak hadir pada hari tertentu.

Itu tadi beberapa manfaat dan fitur SISKO yang dapat memudahkan siswa, guru maupun staf dalam menyelenggarajan proses pendidikan dan pembelajaran disekolah. Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang SISKO beserta fitur-fiturnya, kunjungi web Pijar Sekolah di pijarsekolah.id