Manfaat & Budidaya Sayur Okra yang Jarang Orang Tahu

Panen Sayur Okra
4.2/5 - (14 votes)

Sayur okra adalah sayuran yang berlendir serta mempunyai tekstur yang sangat lunak. Bentuknya yang unik mirip dengan jari wanita yang lentik. Selain mempunyai sebutan sayur okra memiliki sebutan lain yang sangat mirip dengan bentuknya yaitu Ladies finger, unik bukan ? Jika anda belum mengetahuinya rasanya mirip seperti terong namun bentuknya sedikit persis dengan cabai. Memiliki dua jenis varian yaitu okra dengan warna hijau dan juga okra merah.

Saat ini membudidayakan sayur okra menjadi tren di negara kita yaitu indonesia. Tak lepas dari okra yang mempunyai banyak sekali manfaat yang baik untuk kesehatan karena mempunyai banyak kandungan serat serta glutation. Namun tak cukup itu okra memiliki kandungan vitamin dan juga protein yang sangat membantu dalam metabolisme manusia.

Manfaat Sayur Okra untuk kesehatan

Sayangnya banyak orang yang belum mengetahuinya. Enggan mengkonsumsinya merupakan sebab jarang dikonsumsinya makanan ini.  Kebanyakan orang sedikit geli dengan sayuran ini karena tekstur sayur okra yang dirasa aneh yaitu lengket dan berlendir ketika dalam kondisi panas sehingga kurang diminati. Padahal banyak sekali manfaat yang terkandung.

Manfaat Sayur Okra

Walaupun mempunyai tekstur sayur okra serta bentuk yang aneh dengan lendir yang lengket namun perlu disadari manfaat yang didapat jika anda mengkonsumsi sayuran ini. Beragam manfaat ini dapat menunjang kesehatan yang akan diperoleh tubuh. Berikut beberapa manfaatnya:

Cara Menyemai Benih Sayur Okra

  1. Melancarkan proses pencernaan

Melancarkan proses pencernaan ini memang benar adanya karena kandungan antiradang dan antibakteri yang akan mencegah radang lambung, iritasi yang terjadi pada usus maupun dengan masalah pencernaan lain yang dapat mengganggu. Dengan asupan serat yang cukup maka juga akan menjadi proses pembersihan pada usus yang akan menjadikannya sebagai pencegah adanya terjadinya kanker usus besar yang sering dialami karena makan makanan yang kurang akan serat. Hal ini akan semakin membuat proses pencernaan semakin efektif jika dilihat dari kandungan yang dimilikinya.

  1. Dapat menurunkan kolesterol

Kolesterol merupakan masalah semua umat (mayoritas maksudnya) . jika kolesterol tinggi maka akan mempunyai resiko pada jantung koroner, stroke dan juga gagal jantung atau penyakit fatal lainnya. Dalam lendir okra ternyata mengandung polisakarida yang akan berguna untuk menurunkan kadar kolesterol pada tubuh yang dapat mengikat asam empedu yang akan membawa racunnya dari hati. Biji okra akan menurunkan kolesterol melalui dalam darah. Sebab, memiliki kadar asam lemak linoleat yang dapat mencukupi dalam membantu dalam meningkatkan kadar kolesterol baik dan mencegah penumpukan lemak pada berbagai organ seperti darah dan lainnya.

Budidaya Sayur Okra di Polybag

  1. Dapat menyehatkan jantung

Dengan mengkonsumsi sayur okra maka dapat mencegah penyakit jantung. Serat pada tumbuhan ini yang dapat memperlambat dan juga mencegah penyakit pada jantung yang sudah dimilikinya. Terutama seperti gum dan pektin yang membantu mengurangi resiko penyakit jantung maupun stroke.

  1. Meningkatkan daya tahan pada tubuh

Manfaat selanjutnya dapat membantu sistem kekebalan pada tubuh karena mempunyai jumlah vitamin C dan zat antioksidan yang tinggi dalam sayur okra. Hal ini dapat memproduksi banyak sel darah putih yang menjadi komponen inti dalam sistem kekebalan tubuh. Sementara kandungan satunya yaitu antioksidan akan menghancurkan semua bentuk hal yang dapat melemahkan sistem tubuh.

Budidaya Sayur Okra paling praktis

  1. Memberi manfaat untuk ibu hamil

Dengan tingginya vitamin A, B1, B2 , B6 dan juga vitamin C serta kandungan kalsium yang dibutuhkan oleh tumbuh kembang janin dalam kandungan para bumil. Kaya dengan asam folat akan membantu perkembangan pada otak janin, mencegah kecacatan pada janin dan juga dapat memperlancar persalinan.

Setelah mengetahui manfaatnya maka berikut bagaimana cara menanam sayur okra serta membudidayakan tanaman ini,

Cara Tanam dan Budidaya Sayur Okra

Cara menanam sayur okra sangat mudah hanya perlu sedikit kesabaran serta telaten dengan proses budidaya okra ini, berikut caranya:

Cara Menanam Sayur Okra di Bedengan

Tahap sederhana menanam okra dengan media pot/polybag

  1. Memilih media tanam dengan unsur hara yang banyak dan mencampur tanah serta kompos dengan perbandingan kurang lebih 1 banding 1.
  2. Selanjutnya anda hanya perlu menyiapkan pot dengan diameter sekitar 25 cm dan masukkan pada pot tersebut dengan media yang sudah anda siapkan sebelumnya.
  3. Masukkan beberapa benih okra dan tata untuk menjadikannya lebih rapi jika tumbub dan siram agar tanaman terjaga kelembapannya.
  4. Tunggu hingga usia 2 minggu untuk menjadi sebuah kecambah dan sirami agar tidak layu dan terlihat terus segar.
  5. Perhatikan pertumbuhan okra dengan rutin memberikan nutrisi tambahan seperti pupuk organik cair.
  6. Lakukan pencegahan terhadap hama & penyakit dengan menyemprotkan pestisida organik dan insektisida organik yang bisa Anda buat sendiri.

Nah itu tadi penjelasan singkat mengenai manfaat dan budidaya sayur okra versi Taman Inspirasi SAFA. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Terima kasih. Wassalam.