Cara Pemangkasan Pohon Kelengkeng agar Cepat Berbuah

Cara Pemangkasan Pohon Kelengkeng agar Cepat Berbuah Taman Inspirasi SAFA
Cara Agar Pohon Kelengkeng Cepat Berbuah Kumpulan Cara Terbaru 2022

Cara Pemangkasan Pohon Kelengkeng agar Cepat Berbuah – Pohon kelengkeng adalah salah satu jenis pohon buah yang populer di Indonesia. Buah kelengkeng memiliki rasa yang manis dan segar serta memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, pemangkasan pohon kelengkeng perlu dilakukan secara teratur.

Artikel ini akan membahas panduan lengkap tentang cara pemangkasan pohon kelengkeng agar cepat berbuah, mulai dari alat yang diperlukan, waktu yang tepat untuk pemangkasan, teknik pemangkasan yang benar, hingga perawatan setelah pemangkasan.

Alat yang Diperlukan

Sebelum melakukan pemangkasan, ada beberapa alat yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu. Berikut adalah beberapa alat yang dibutuhkan dalam pemangkasan pohon kelengkeng:

  • Gunting Pemangkas
    Gunting pemangkas digunakan untuk memotong cabang pohon yang kecil dan tidak terlalu besar.
  • Gergaji Potong
    Gergaji potong digunakan untuk memotong cabang yang lebih besar dan lebih tebal.
  • Pengasah Gergaji
    Pengasah gergaji digunakan untuk mempertajam mata gergaji potong.
  • Alat Pengikat
    Alat pengikat digunakan untuk mengikat cabang yang terpotong agar tidak melukai bagian lain dari pohon.

Waktu yang Tepat untuk Pemangkasan

Waktu yang tepat untuk melakukan pemangkasan pohon kelengkeng adalah pada saat musim kemarau. Pada musim kemarau, pohon kelengkeng akan memasuki masa dormansi atau masa istirahat, sehingga proses pemangkasan tidak akan terlalu memengaruhi pertumbuhan pohon. Selain itu, pada musim kemarau, kondisi cuaca yang kering dan tidak terlalu lembab juga dapat membantu meminimalkan risiko terjadinya infeksi atau penyakit pada pohon setelah pemangkasan.

BACA JUGA :   10 Jenis Sayuran Berserat Tinggi yang Harus Dikonsumsi

Teknik Pemangkasan yang Benar

Setelah persiapan alat dan waktu yang tepat, langkah selanjutnya adalah melakukan pemangkasan pohon kelengkeng dengan teknik yang benar. Berikut adalah beberapa teknik pemangkasan yang perlu diperhatikan:

  • Pemangkasan Cabang yang Rusak atau Mati
    Cabang yang rusak atau mati dapat mengganggu pertumbuhan pohon kelengkeng dan dapat menjadi sarang hama dan penyakit. Oleh karena itu, cabang yang rusak atau mati harus segera dipangkas menggunakan gunting pemangkas atau gergaji potong. Pastikan untuk memotong cabang hingga ke pangkalnya dan membersihkan potongan cabang yang tersisa.
  • Pemangkasan Cabang yang Tumbuh Kembali atau Samping
    Cabang yang tumbuh kembali atau tumbuh ke samping dapat mengganggu pertumbuhan pohon dan dapat menghalangi cahaya matahari yang dibutuhkan oleh buah kelengkeng untuk tumbuh dengan baik. Cabang yang tumbuh kembali atau ke samping perlu dipangkas dengan menggunakan gunting pemangkas atau gergaji potong. Pastikan untuk memotong cabang hingga ke pangkalnya dan membersihkan potongan cabang yang tersisa.
  • Pemangkasan Cabang yang Bersebrangan
    Cabang yang bersebrangan atau saling bertumpuk dapat menghalangi aliran udara dan cahaya matahari yang dibutuhkan oleh pohon kelengkeng. Oleh karena itu, cabang yang bersebrangan perlu dipangkas sehingga hanya tersisa satu cabang yang sehat dan kuat. Pastikan untuk memotong cabang yang lebih kecil dan menyisakan cabang yang lebih besar dan lebih kuat.
  • Pemangkasan Cabang yang Terlalu Panjang
    Cabang yang terlalu panjang dapat mengganggu pertumbuhan pohon kelengkeng dan dapat menghambat produksi buah. Oleh karena itu, cabang yang terlalu panjang perlu dipangkas dengan menggunakan gunting pemangkas atau gergaji potong. Pastikan untuk memotong cabang hingga sejajar dengan cabang yang lebih besar dan lebih kuat.

Perawatan Setelah Pemangkasan

Setelah pemangkasan, pohon kelengkeng perlu dirawat dengan baik agar dapat tumbuh dengan sehat dan menghasilkan buah yang berkualitas. Berikut adalah beberapa tips perawatan setelah pemangkasan:

  • Bersihkan Potongan Cabang yang Tersisa
    Setelah pemangkasan, pastikan untuk membersihkan potongan cabang yang tersisa dan menghilangkan daun atau ranting yang terjatuh di sekitar pohon. Potongan cabang yang tersisa dapat menjadi sarang hama dan penyakit, sedangkan daun atau ranting yang terjatuh dapat menjadi media bagi patogen.
  • Berikan Pupuk Organik
    Setelah pemangkasan, pohon kelengkeng perlu diberi pupuk organik untuk membantu meningkatkan pertumbuhan dan produksi buah. Pupuk organik dapat diberikan pada saat musim hujan atau pada saat musim kering, tergantung pada kondisi tanah dan kebutuhan nutrisi pohon.
  • Siram Pohon Secara Teratur
    Pohon kelengkeng perlu disiram secara teratur untuk menjaga kelembaban tanah dan membantu pertumbuhan akar yang sehat. Siram pohon secara teratur pada saat musim kemarau atau pada saat cuaca panas dan kering.
  • Lakukan Pemangkasan Rutin
    Pemangkasan pohon kelengkeng perlu dilakukan secara rutin untuk menjaga pertumbuhan pohon yang sehat dan memaksimalkan produksi buah. Lakukan pemangkasan setiap 6-12 bulan sekali, tergantung pada kondisi dan pertumbuhan pohon.
BACA JUGA :   Pupuk Pembesar Buah Sawit: Cara Terbaik Memanfaatkan Zat Makro Dan Mikro

Keuntungan Menggunakan Teknik Pemangkasan yang Benar

Menggunakan teknik pemangkasan yang benar dapat memberikan beberapa keuntungan, antara lain:

  • Meningkatkan Produksi Buah
    Pemangkasan pohon kelengkeng yang benar dapat membantu meningkatkan produksi buah dengan memperbaiki struktur pohon dan memaksimalkan aliran nutrisi dan cahaya matahari ke buah.
  • Meningkatkan Kualitas Buah
    Pemangkasan pohon kelengkeng yang benar juga dapat membantu meningkatkan kualitas buah dengan memaksimalkan nutrisi dan cahaya matahari yang dibutuhkan oleh buah untuk tumbuh dengan baik.
  • Mencegah Infeksi dan Penyakit
    Pemangkasan pohon kelengkeng yang benar dapat membantu mencegah terjadinya infeksi dan penyakit pada pohon dengan memperbaiki struktur pohon dan memastikan aliran udara dan cahaya matahari yang cukup.
  • Menghindari Potensi Bahaya
    Pemangkasan pohon kelengkeng yang benar dapat menghindari potensi bahaya seperti cabang yang patah atau terjatuh, yang dapat membahayakan pohon dan lingkungan sekitarnya.

Kesimpulan

Pemangkasan pohon kelengkeng adalah salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan produksi dan kualitas buah kelengkeng. Pemangkasan pohon kelengkeng perlu dilakukan dengan alat yang tepat, pada waktu yang tepat, dan dengan teknik yang benar. Setelah pemangkasan, perawatan pohon kelengkeng perlu dilakukan secara teratur agar dapat tumbuh dengan sehat dan menghasilkan buah yang berkualitas.

Dengan mengikuti panduan lengkap di atas, diharapkan dapat membantu petani atau pembudidaya dalam melakukan pemangkasan pohon kelengkeng yang efektif dan efisien untuk menghasilkan buah kelengkeng yang berkualitas tinggi.

4.2/5 - (18 votes)