Pelajari Tentang Jenis-Jenis Calathea sebelum Menanamnya di Halaman Rumah Anda

Pelajari Tentang Jenis-Jenis Calathea sebelum Menanamnya di Halaman Rumah Anda Taman Inspirasi SAFA
JenisJenis Unik Tanaman Calathea!

Apa saja jenis-jenis Calathea paling populer di Indonesia? Calathea adalah jenis tanaman dari famili Marantaceae yang memiliki daun berwarna-warni dan beraneka ragam motif. Tanaman ini merupakan tanaman hias yang sangat populer, terutama di kalangan pecinta tanaman.

Calathea bisa ditemukan di berbagai tempat di seluruh dunia. Mereka adalah tanaman hias rumah yang sempurna dan sering digunakan untuk membuat ruang tamu atau ruang tamu yang lebih hangat dan menyenangkan.

Jenis-jenis Calathea Terpopuler

Calathea memiliki banyak jenis dan warna yang berbeda. Ini adalah panduan singkat tentang jenis-jenis calathea yang populer.

Calathea Zebrina

Calathea Zebrina adalah salah satu jenis calathea yang paling populer. Daunnya memiliki warna hijau dengan garis-garis putih yang menyerupai kulit zebra. Tanaman ini dapat tumbuh hingga mencapai tinggi sekitar 2-3 kaki. Tanaman ini membutuhkan sinar matahari yang tidak terlalu terang dan cukup banyak air. Calathea Zebrina merupakan salah satu jenis tanaman yang paling mudah dirawat, dan bisa tumbuh dengan baik di dalam ruangan.

Calathea Lancifolia

Calathea Lancifolia adalah tanaman calathea yang lainnya. Daunnya berwarna hijau dengan garis-garis putih. Tanaman ini memiliki daun yang lebih panjang dan lebih tipis dibandingkan Calathea Zebrina. Tanaman ini memiliki tinggi sekitar 1-2 kaki dan membutuhkan sinar matahari yang terang dan sedikit air. Meskipun tanaman ini mudah dirawat, ia membutuhkan lebih banyak perawatan daripada Calathea Zebrina.

Calathea Orbifolia

Calathea Orbifolia adalah jenis Calathea yang berbeda. Daunnya berwarna hijau kecoklatan dengan motif yang berbeda di setiap bagiannya. Tanaman ini juga dapat tumbuh hingga 1-2 kaki. Tanaman ini juga membutuhkan sinar matahari yang terang dan sedikit air. Meskipun tanaman ini mudah dirawat, ia membutuhkan lebih banyak perawatan daripada Calathea Zebrina.

BACA JUGA :   Cara Menanam Anggrek dengan Sabut Kelapa

Calathea Roseopicta

Calathea Roseopicta adalah jenis Calathea yang berbeda. Daunnya berwarna hijau dengan garis-garis merah yang menyerupai pola bunga. Tanaman ini juga dapat tumbuh hingga 1-2 kaki. Tanaman ini juga membutuhkan sinar matahari yang terang dan sedikit air. Meskipun tanaman ini mudah dirawat, ia membutuhkan lebih banyak perawatan daripada Calathea Zebrina.

Calathea Makoyana

Calathea Makoyana adalah jenis Calathea yang berbeda. Daunnya berwarna hijau dengan pola berwarna putih yang menyerupai jaring laba-laba. Tanaman ini juga dapat tumbuh hingga 1-2 kaki. Tanaman ini juga membutuhkan sinar matahari yang terang dan sedikit air. Meskipun tanaman ini mudah dirawat, ia membutuhkan lebih banyak perawatan daripada Calathea Zebrina.

Calathea Rufibarba

Calathea Rufibarba adalah jenis Calathea yang berbeda. Daunnya berwarna hijau dengan garis-garis merah yang menyerupai jaring laba-laba. Tanaman ini juga dapat tumbuh hingga 1-2 kaki. Tanaman ini juga membutuhkan sinar matahari yang terang dan sedikit air. Meskipun tanaman ini mudah dirawat, ia membutuhkan lebih banyak perawatan daripada Calathea Zebrina.

Calathea Rattlesnake

Calathea Rattlesnake adalah jenis Calathea yang berbeda. Daunnya berwarna hijau dengan pola berwarna hitam yang menyerupai ular. Tanaman ini juga dapat tumbuh hingga 1-2 kaki. Tanaman ini juga membutuhkan sinar matahari yang terang dan sedikit air. Meskipun tanaman ini mudah dirawat, ia membutuhkan lebih banyak perawatan daripada Calathea Zebrina.

Calathea Fusion White

Calathea Fusion White adalah jenis Calathea yang berbeda. Daunnya berwarna hijau dengan pola berwarna putih yang menyerupai bunga. Tanaman ini juga dapat tumbuh hingga 1-2 kaki. Tanaman ini juga membutuhkan sinar matahari yang terang dan sedikit air. Meskipun tanaman ini mudah dirawat, ia membutuhkan lebih banyak perawatan daripada Calathea Zebrina.

BACA JUGA :   Tanaman Bunga Lupin: Jenis, Cara Menanam, dan Manfaatnya

Calathea Ornata

Calathea Ornata adalah jenis Calathea yang berbeda. Daunnya berwarna hijau dengan pola berwarna merah yang menyerupai bunga. Tanaman ini juga dapat tumbuh hingga 1-2 kaki. Tanaman ini juga membutuhkan sinar matahari yang terang dan sedikit air. Meskipun tanaman ini mudah dirawat, ia membutuhkan lebih banyak perawatan daripada Calathea Zebrina.

Cara Merawat Calathea

Untuk merawat tanaman hias daun Calathea dengan benar, pastikan untuk memberikan sinar matahari yang cukup, tetapi jangan terlalu terang. Selain itu, pastikan untuk menyiram tanaman secara teratur dan memastikan tanahnya tidak terlalu kering atau basah. Tanaman ini juga membutuhkan nutrisi, sehingga Anda harus memberikannya pupuk setiap bulan. Dengan merawat tanaman dengan benar, Anda dapat menikmati tanaman calathea yang sehat dan indah di rumah Anda.

4.4/5 - (14 votes)