Cara Mencangkok Pohon Pepaya (Papaya Tree Grafting Technique)

Share This Post

Buah pepaya merupakan buah yang mudah dibudidayakan, selain menanam padi, para petani memanfaatkan sawah atau ladangnya untuk menanam pepaya. Dalam budidaya tanaman pepaya umumnya dikembangbiakan melalui biji (generatif) tapi ada beberapa cara lain yang bisa dilakukan yaitu dengan cara vegetatif sebagaimana yang biasa dilakukan pada beberapa tanaman buah lainnya.

Perkembangbiakan secara generatif sering kali menghasilkan tanaman yang berbeda dengan induk aslinya, kadang varietasnya sedikit demi sedikit mengalami perubahan. Tapi dengan cara vegetatif yaitu menggunakan cara “mencangkok” akan menghasilkan buah pepaya yang sama persis dengan induk aslinya. Bahkan, dengan cara cangkok ini akan membuat tanaman lebih cepat berbuah dengan kondisi batang yang lebih pendek.

Ada beberapa kekurangan dari metode cangkok pada pepaya yakni terbatasnya batang yang akan dicangkok dan yang paling sering dijumpai yakni sulitnya perawatan pada tanaman baru dari hasil cangkok, terutama bagi sebagian orang yang belum pernah bahkan belum tahu bagaimana cara merawat tanaman hasil cangkok. Karena memang tanamn hasil cangkok ataupun hasil perkembangbiakan dengan cara vegetatif memerlukan perawata dan tindakan khusus agar tanaman bisa tumbuh dengan sehat dan subur. Karena kita tahu bahwa hasil tanaman cangkok tidak mempunyai akar tunggang dan hanya memiliki akar serabut saja, jadi masa penyesuaian tanaman baru itu sendiri cukup lama.

Pada lahan yang sangat luas, petani lebih memilih membudidayakan pepaya dengan cara generatif yakni dari biji. Cara mencangkok ini lebih cocok dijadikan sebagai tanaman yang dibudidayakan didalam pot (tabulampot), karena perawatannya nanti akan lebih maksimal.

Nah, bagi anda yang tertarik untuk mencangkok tanaman pepaya ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan pencangkokan, diantaranya:

1. Pastikan pohon sehat dan tidak terserang penyakit
2. Pilih tanaman yang mempunyai batang dan kualitas buah yang bagus, misalnya daging tebal buah besar dan rasanya manis.
3. Pilih tanaman yang sudah siap memasuki vase generatif
4. Cara mencangkok ada 2, yang pertama lakukan sayatan pada batang dan yang kedua dengan cara meretakkan batang yang akan dicangkok. Bila tanaman mempunyai beberapa cabang pilihlah cabang yang bagus untuk dicangkok.

Setelah tahu beberapa hal yang harus diperhatikan, sekarang cara yang mudah dalam mencangkok pepaya.

1. Siapkan alat dan baham yang akan digunakan, spt media tanam, plastik atau cup, pisau yang tajam dan steril, potongan kayu atau bambu sebagai ganjalan.
2. Siapkan tanaman kemudian tentukan bagian mana yang akan disayat. Caranya lakukan sayatan dengan arah keatas dengan sudut 45 derajat sampai setengah bagian tanaman.
3. Siapkan zat perangsang tumbuh agar akar cepat tumbuh oleskan dibagian atas sayatan tempat tumbuh akar baru. Untuk zpt ini kita bisa beli di toko pertanian ataupun bisa menggunakan bawang merah sebagai zpt alami yang bisa dengan mudah kita dapatkan disekitar kita.
4. Setelah itu berikan ganjalan dengan potongan kayu atau bambu yang sudah dibersihkan agar kedua sisi sayatan tidak menempel.
5. Langkah berikutnya bungkus dengan media tanam yang subur dan lembab jangan sampai media tanam terlalu basah kareana bisa membuat batang tanaman membusuk.

Setelah selesai selalu kontrol kondisi cangkokan sampai terlihat tumbuh akar. Kapan cangkok pepaya dipindah…? Cangkokan pepaya dipindah saat akar sudah tumbuh banyak dan akar sudah mulai tua karena akar yang masih muda cenderung tanaman baru belum siap untuk dipindah. Untuk lebih jelasnya, silahkan sobat TIS saksikan video berikut ini.

Share This Post

Leave a Comment