Nutrisi untuk Cabe – ZPT Pembungaan dari Bahan Alami

Share This Post

Tanaman cabai merupakan tanaman yang mudah untuk ditanam baik dalam skala kecil / rumahan maupun skala besar (disawah). Namun, meskipun demikian tidak sedikit permasalahan yang dihadapi saat kita menanam cabai. Mulai dari hama dan penyakit, kesehatan tanaman dan kesuburan media tanam.

Bagi anda yang sedang menanam cabe ada satu tips yang mudah dipraktekkan untuk memberikan nutrisi tambahan pada tanaman cabai anda. Selain nutrisi yang didapat dari media tanam, cabai juga perlu mendapatkan nutrisi tambahan misalkan dengan cara disemprot. Penyemprotan menggunakan bahan-bahan organik tentunya akan membuat tanman cabai menjadi lebih sehat dan juga subur.

Nah, TIS akan memberikan cara termudah membuat nutrisi untuk tanaman cabai agar bisa menghasilkan buah yang lebih sehat dan hasil lebih maksimal.

Bahan dan cara penggunaannya
Bahan:
1. 1 butir telur, digunakan kuning telurnya
2. 2 sdm susu kental putih
3. 2 sdm madu
4. Air 1 liter
– tempat air
– tempat untuk mencampur
– penyemprot

Cara membuat:

1. Siapkan wadah untuk mencampur, ambil kuning telur kemudian diaduk setelah itu masukkan 2 sdm madu dan 2 sdm susu. Aduk ketiga bahan tsb sampai tercampur rata.
2. Setelah itu masukkan alkohol 70% sebanyak 10ml, diaduk kembali
3. Masukkan air 1 lt kedalam tempat dari bahan yang sudah dicampur tadi setelah itu masukkan ke dalam gembes yang sudah disediakan.
4. Semua bahan sudah dicampur dan simpan nutrisi tersebut selama 2 minggu ditampat yang tidak terkena sinar matahari.
5. Sesekali dikocok agar nutrisi tidak mengendapdibagian bawah dan sesekali tutup gembes dibuka untuk membuang gas yang berlebihan.

Lakukan setiap 3 hari sekali sampai muncul bunga dengan cara disemprotkan keseluruh tanaman pada saat usia tanaman sudah mulai memasuki masa generatif atau sudah mulai muncul bunga. Karena nutrisi ini sifatnya mempercepat/merangsang pertumbuhan bunga sekaligus sebagai jamu herbal untuk tanaman.

Nutisi ini sebaiknya digunakan pada tanaman sayur buah, maksudnya sayuran yang berbuah spt cabai, tomat, terong bukan untuk sayuran yang diambil daunnya misalnya sawi, bayam, selada dsb karena justru akan membuat sayuran tersebut lebih cepat menumbuhkan bunga dari waktu yang sebenarnya. Untuk lebih jelasnya, silahkan sobat saksikan video TIS berikut ini.

Share This Post

Leave a Comment