Rekomendasi Pemupukan Jagung agar Panen Optimal

Rekomendasi Pemupukan Jagung agar Panen Optimal
Rekomendasi Pemupukan Jagung agar Panen Optimal

Jagung adalah salah satu tanaman yang banyak ditanam di Indonesia. Tanaman ini menghasilkan banyak karbohidrat yang dapat dimakan langsung dan juga bisa dijadikan bahan baku untuk berbagai macam makanan. Sayangnya, tanaman jagung juga dapat mengalami masalah jika tidak diberi pupuk dengan benar. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui rekomendasi pemupukan jagung agar tanaman tetap sehat dan subur.

Cara Pemupukan Jagung yang Benar

Pemupukan jagung harus dilakukan dengan benar agar tanaman dapat tumbuh dengan baik dan menghasilkan banyak hasil. Pertama-tama, Anda harus mengetahui jenis tanah yang akan digunakan untuk menanam jagung. Tanah yang ideal untuk jagung adalah tanah yang subur, banyak kandungan humus, dan memiliki kadar pH antara 6,5 hingga 7,5.

Selain itu, Anda juga harus memilih pupuk yang sesuai dengan jenis tanah tersebut. Pupuk yang disarankan untuk tanah berpasir adalah pupuk kandang, pupuk majemuk, dan pupuk NPK. Untuk tanah liat, Anda bisa menggunakan pupuk organik seperti pupuk kompos, kotoran sapi, atau pupuk kandang. Anda juga dapat menggunakan pupuk NPK untuk tanah liat.

Setelah memilih pupuk, tentukan jumlah pupuk yang akan diberikan pada tanaman jagung. Jika Anda menggunakan pupuk kandang, sebaiknya gunakan sekitar 2 kg/ha. Untuk pupuk NPK, Anda dapat memberikan pupuk dengan komposisi seperti 20-20-20 atau 15-15-15 dengan jumlah sekitar 200-400 kg/ha.

Waktu yang Tepat untuk Memberi Pupuk

Selain mengetahui jenis pupuk yang tepat dan jumlahnya, Anda juga harus tahu waktu yang tepat untuk memberikan pupuk pada tanaman jagung. Sesuai rekomendasi, pupuk harus diberikan pada saat tanaman jagung baru mulai tumbuh. Pada saat ini, tanaman sedang menyerap nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhannya.

BACA JUGA :   Manfaat Tanaman Angsana dan Cara Budidayanya

Selain itu, Anda juga harus memberikan pupuk pada saat tanaman sudah mulai membentuk tongkol. Pada saat ini, tanaman membutuhkan pupuk untuk mendukung pertumbuhan dan pemasakan tongkol. Anda juga harus menyediakan pupuk saat tanaman sudah berbunga dan membentuk biji agar tanaman tetap sehat dan subur.

Cara Aplikasi Pupuk yang Benar

Selain itu, Anda juga harus tahu cara yang benar untuk memberikan pupuk ke tanaman jagung. Pertama-tama, Anda harus menghaluskan pupuk terlebih dahulu sebelum diaplikasikan. Hal ini akan membuat pupuk lebih mudah diserap oleh tanaman. Anda juga harus memastikan bahwa pupuk dihaluskan dengan benar agar tidak terlalu kasar dan menyebabkan kerusakan pada tanaman.

Selanjutnya, Anda harus memastikan bahwa pupuk diaplikasikan dengan benar. Pupuk harus diaplikasikan dengan cara ditaburkan di sekitar tanaman. Pastikan bahwa pupuk tidak sampai mengenai daun tanaman agar tidak menyebabkan kerusakan pada tanaman.

Kesimpulan

Rekomendasi pemupukan jagung penting untuk dilakukan agar tanaman tetap sehat dan subur. Pertama-tama, Anda harus mengetahui jenis tanah yang akan digunakan dan pupuk yang sesuai. Selain itu, Anda juga harus tahu waktu dan cara yang benar untuk memberikan pupuk pada tanaman jagung. Dengan melakukan rekomendasi pemupukan jagung dengan benar, Anda dapat menghasilkan tanaman jagung yang sehat dan subur.

3.9/5 - (9 votes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *