Budidaya Ikan KOI Jumbo: Tips Membuat Ikan Tumbuh BESAR dengan Cepat

Cara Budidaya Ikan KOI jumbo

Budidaya ikan koi termasuk salah satu hobby yang kini banyak digemari oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Merawat ikan koi muda menjadi besar dapat dipercepat jika dilakukan dengan benar. Di bawah ini adalah beberapa poin yang jika dilakukan dengan benar akan membantu mempercepat pertumbuhan koi muda sobat TIS. Bergantung pada alasan menumbuhkan koi muda lebih cepat, apakah untuk dijual kembali atau sobat hanya ingin mereka tumbuh lebih cepat, pertimbangkanlah investasi waktu dan uang yang sobat keluarkan. Tips perawatan ikan koi berikut ini mungkin tidak mudah dan akan membutuhkan kerja keras dan sedikit investasi dalam waktu serta uang. Jadi jika sobat adalah seorang pemula dalam bidang per-KOI-an maka sobat bisa skip artikel ini.

Tips Budidaya Ikan KOI Jumbo

Budidaya Ikan KOI Jumbo: Tips Membuat Ikan Tumbuh BESAR dengan Cepat Taman Inspirasi SAFA

#TIPS 1 : Mulailah dengan KOI yang Muda

Tips sukses pertama dalam budidaya ikan koi yakni jumlah koi muda yang akan Anda beli untuk dibesarkan. Aturan praktisnya lebih banyak lebih baik, terutama saat mencoba mempercepat pertumbuhan koi muda.

Alam telah melakukan banyak hal dengan benar. Menciptakan siklus yang sesuai dengan habitat asli, khususnya berkait dengan hukum seleksi alam dan kelangsungan hidup yang terkuat akan sangat diperlukan. Mari kita ambil yang pertama dari hukum seleksi alam.

Anda akan melihat melalui seleksi alam, beberapa koi muda secara praktis akan melompat keluar dari air untuk mencari makan, sementara yang lain tidak. Ini benar-benar alami dan terlepas dari upaya Anda untuk memberi makan, koi muda yang mendominasi akan menelan banyak biaya untuk makan hingga setiap gigitan terakhirnya.

Mengarah ke poin kedua, kemampuan bertahan hidup untuk yang terkuat. Ini tidak seperti koi yang lebih besar akan merasa kasihan pada koi yang lebih kecil. Faktanya, pada titik tertentu, jika koi yang lebih kecil bisa masuk ke mulut koi yang lebih besar, itu akan menjadi santapan yang lezat. Begitulah cara alam bekerja, makan atau dimakan.

Baca Juga : 5 Kiat Praktis Budidaya Ikan Cupang

Inilah yang menarik dari budidaya ikan koi agar tumbuh besar dengan cepat. Saat memelihara sekelompok kecil koi muda, perbedaan antara dominasi ikan besar dan kerdil menjadi terlihat dengan cepat. Ditambah, perbedaan tingkat pertumbuhan akan meledak karena persaingan yang lebih sedikit.

Ketika memasukkan lebih banyak koi muda, satu atau dua koi mendominasi tidak mungkin. Persaingan untuk makanan menjadi semakin sengit dan semua ikan bisa ikut terlibat. Tentu Anda masih akan memiliki beberapa diantara mereka kerdil dan pertumbuhannya lambat, tetapi lebih banyak koi muda akan bersaing untuk mendapatkan makanan karena jumlahnya.

BACA JUGA :   5 Kiat Praktis Budidaya Ikan Cupang

Koi suka berenang bersama, kekuatannya dalam jumlah, tidak ada ikan yang sepenuhnya didominasi ikan lainnya. Sebaiknya perhatikan luasan kolam ikan sobat dan distribusi makanan sehingga pertumbuhan ikan akan lebih merata.

#TIPS 2 : Makanan dengan Tingkat Protein Tinggi

Cara Budidaya Ikan KOI

Ketika koi masih kecil, atau berukuran 7 hingga 15 cm, makanan berprotein tinggi harus diberikan untuk mempercepat pertumbuhan mereka. Rasio protein antara 40 hingga 50% dapat diterapkan untuk benar-benar menghasilkan kualitas pakan yang baik dan pertumbuhan yang optimal.

Pemberian pelet adalah cara yang bagus untuk memulai, tetapi itu seharusnya tidak menjadi satu-satunya makanan yang Anda berikan. Menambahkan makanan yang banyak karbohidrat untuk menyeimbangkan protein adalah prioritas dalam kesuksesan budidaya ikan koi jumbo.

Seperti pemberian sepotong roti gandum atau biskuit untuk membantu melengkapi karbohidrat yang dibutuhkan ikan. Pemberian pakan kaya karbohidrat juga akan membantu mendukung energi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan ikan.

Berbagai sumber protein juga dapat digunakan, seperti udang, kerang atau sumber ikan lainnya. Udang kecil dan pelet sering kali cukup baik dan mudah ditemukan. Ditambah lagi, jenis pakan tersebut tidak akan terlalu banyak mengotori air.

Singkatnya, pelet makanan berprotein tinggi dan udang akan membantu menyediakan bahan dasar untuk pertumbuhan. Sumber makanan kaya karbohidrat yang sederhana seperti sepotong roti dapat membantu menyediakan energi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan. Waktu pemberian makan yang konsisten yakni beberapa kali sehari akan membantu ikan koi muda Anda melewati fase pertumbuhan dengan baik.

#TIPS 3 : Atur Suhu Kolam dengan Pemanas

Kolam Budidaya Ikan KOI

Anda ingin ikan koi muda Anda tumbuh optimal? Naikkan panas kolam Anda. Antara 23 hingga 25 derajat celcius tampaknya merupakan suhu optimal untuk memicu pertumbuhan. Semua hal di atas mungkin dapat meningkatkan bahaya lonjakan amonia dan nitrit yang dihasilkan oleh limbah ikan koi. Jadi, sebelum meningkatkan suhu kolam pastikan sobat memiliki sistem filter bersiklus baik.

Dengan meningkatkan suhu di dalam air, Anda dapat mempercepat metabolisme ikan koi muda. Koi muda akan berenang berkeliling mencari makan, selalu lapar dan berlomba-lomba mencari makan. Dikombinasikan dengan diet protein berkualitas tinggi, karbohidrat dan pemberian makan beberapa kali sehari maka peningkatan suhu akan mendorong pertumbuhan koi lebih cepat.

Jika sobat memiliki kolam dalam ruangan, dan Anda dapat menutupinya, hal itu akan menghemat banyak uang untuk tagihan listrik. Namun jika sobat memiliki kolam luar ruangan, tentunya sobat bisa mempertimbangkan untuk membuat kolam tumbuh dalam ruangan. Meningkatkan panas kolam yang berada diluar ruangan akan sangat tidak masuk akal.

Pertimbangkan tujuan investasi Anda dalam menumbuhkan koi muda. Apakah untuk mendapatkan keuntungan dari penjualan kembali atau untuk kolam Anda sendiri? Menanyakan pada diri sendiri akan membantu menentukan jumlah waktu dan sumber daya yang bisa sobat investasikan pada fase pertumbuhan ikan.

BACA JUGA :   Tips Memaksimalkan Hasil Budidaya Anak Ikan Gabus

#TIPS 4 : Kolam Air yang Kaya akan Oksigen

Budidaya Ikan KOI cara Mahal

Tips ini mungkin terlihat sederhana. Tetapi, memberikan oksigen pada air akan sangat membantu mengantarkan oksigen ke otot ikan yang sedang tumbuh. Anda menginginkan ikan yang lebih besar, itu tergantung pada sintesis protein dan kemampuan untuk mempertahankan pertumbuhan jaringan otot pada ikan tersebut. Aerator kolam yang baik sangat penting untuk menjaga koi muda tumbuh di air yang kaya oksigen.

Faktanya, ketika suhu air meningkat, lebih sedikit oksigen yang tersedia di dalam air. Ikan koi akan bernafas lebih cepat, menghabiskan kadar oksigen lebih cepat dan ikan akan cenderung berenang ke bawah. Aerator kolam yang besar membantu melawan efek air hangat dengan meningkatkan ketersediaan oksigen.

Koi muda penuh dengan potensi pertumbuhan, pelepasannya membutuhkan perencanaan yang cermat dan ketersediaan oksigen akan sangat penting. Seperti manusia yang berlari di musim panas, kualitas makanan, air, dan ketersediaan oksigen membuat perbedaan besar dalam hasil balapan.

Baca Juga : Panduan LENGKAP Budidaya Aquaponik Cabe & Ikan Mas

Kemampuan bernapas yang baik akan membantu mengurangi stres pada koi muda sobat. Bersaing untuk mendapatkan makanan akan menjadi tantangan beberapa kali sehari. Kelesuan dapat terjadi jika tidak tersedia cukup oksigen untuk kebutuhan pencernaan ikan.

Setidaknya ada dua tempat untuk memasang batu aerasi untuk membantu mengoksidasi air kolam Anda. Yang pertama di kolam itu sendiri. Pilihlah pompa air dan batu aerasi berkualitas tinggi, letakkan di tengah kolam. Tempat kedua harus berada di kotak filter Anda, yang membuat air teroksigenasi saat melewati filter. Meningkatkan turbulensi di kotak filter akan membantu meningkatkan proses pembuangan kotoran dan makanan ikan.

#TIPS 5 : Pencahayaan yang Baik dengan LED Auto-Dimmer

Budidaya Ikan KOI di Kolam Luar Ruangan

Menciptakan kondisi lingkungan air seperti musim panas adalah faktor yang tak kalah penting saat menumbuhkan koi muda. Ini tentang musim dimana matahari terbit paling awal dan terbenam paling lambat. Menggunakan pencahayaan LED berkualitas tinggi dengan pengatur waktu dan fitur peredupan otomatis akan membantu mencapai efek pencahayaan tersebut.

Pencahayaan gaya musim panas akan memberi ikan koi muda rentang waktu dan frekuensi terbesar untuk makan. Yakni dimulai pukul 6 pagi dan makan malam terakhir menjelang jam 8 malam. Pemberian makan dalam jumlah kecil tetapi dengan frekuensi yang banyak akan membantu koi muda sobat mengonsumsi kalori saat berenang untuk waktu yang lama.

Dikombinasikan dengan peningkatan protein, pemberian makan yang sering, air yang lebih hangat, dan peningkatan oksigen, Anda dapat mulai melihat bagaimana semua hal tersebut bekerja secara sinergi untuk pertumbuhan koi yang optimal.

BACA JUGA :   Cara Menjernihkan Air Aquarium dengan Mudah

Tentunya, istirahat juga dibutuhkan untuk pertumbuhan ikan koi. Mengatur peredup otomatis lampu LED untuk mensimulasikan cahaya malam akan membantu koi muda sobat lebih tenang beristirahat. Menciptakan kembali cahaya alami dengan jam-jam musim panas sedikit lebih merepotkan.

Oleh karenanya, dengan mengotomatiskan pencahayaan, sobat bisa membantu memudahkan koi muda sobat ke waktu istirahat yang cukup. Tentu inipun bisa dilakukan dengan cara konvensional yakni menyalakan dan mematikan lampu sendiri. Peredup otomatis LED yang konsisten dan handal memberi Anda peluang terbaik untuk tumbuh kembang ikan koi kesayangan sobat.

#TIPS 6 : Filtrasi Kolam Berkualitas Tinggi

Sistem Filtrasi dalam Budidaya Ikan KOI

Ini merupakan hal yang tak kalah vital dalam budidaya ikan koi jumbo. Sobat tidak akan bisa memiliki koi muda yang sehat dan berharap mereka tumbuh dengan baik jika kondisi kolam keruh. Anda membutuhkan filtrasi yang baik. Dan filtrasi ini adalah satu-satunya faktor yang sobat tidak akan bisa berhemat.

Filtrasi kolam biologis menjadi sangat penting untuk mengatasi limbah yang dihasilkan oleh koi muda. Pertumbuhan yang dipercepat pastinya akan menghasilkan lebih banyak limbah dari makanan dan feses. Area filter yang luas harus disiapkan untuk penguraian limbah menggunakan media bio.

Dalam rangka membantu memecah amonia dan bahan limbah, maka bakteri menguntungkan membutuhkan luas permukaan yang baik untuk berkembang. Media berpori keramik menciptakan area permukaan yang besar bagi bakteri menguntungkan untuk tumbuh dan melakukan tugasnya. Sekitar 50% filter harus didedikasikan untuk filtrasi biologis.

Selain filtrasi biologis, filtrasi mekanis juga tak boleh diabaikan. Spons, bantalan dan jaring halus lainnya harus digunakan untuk menangkap partikel limbah yang besar. Membuang sisa makanan dan kotoran ikan akan membantu filter biologis Anda agar tidak kelebihan beban. Bantalan spons dan sekat harus mudah diakses. Dengan cara ini Anda dapat memeriksanya dengan mudah secara berkala dan mencucinya jika tersumbat atau kotor.

#TIPS 7 : Penutup

Kolam Budidaya Ikan KOI

Merekayasa kondisi kolam layaknya habitat asli ikan memang tidak mudah dilakukan. Beberapa faktor sangat berpengaruh dan harus ditangani dengan baik. Makanan koi berkualitas tinggi protein tidaklah murah. Selain itu, sobat tentunya tidak memelihara ikan koi karena harganya yang murah bukan?

Justru karena itu, memperhatikan kualitas air, filtrasi, dan lingkungan adalah kunci kesuksesan sobat dalam budidaya ikan koi. Untuk mempercepat pertumbuhan membutuhkan perhatian terhadap detail dan konsistensi. Mengotomatiskan pencahayaan, filtrasi, dan pemanasan membantu meringankan beban. Sulit memang, tetapi bukan tidak mungkin. Itu semua tergantung pada alasan sobat menumbuhkan koi muda. Itu mungkin investasi jangka panjang yang menguntungkan.

Itu tadi beberapa tips dari kami tim Taman Inspirasi SAFA tentang budidaya ikan koi dan bagaimana membuat ikan koi sobat tumbuh besar dalam waktu yang singkat. Memang semua itu bukan perkara yang mudah dan membutuhkan pengorbanan waktu maupun biaya. Namun percayalah bahwa itu semua akan sepadan dengan hasil yang akan sobat peroleh. Untuk tips lanjutan, sobat bisa saksikan video dari channel TIS dibawah. Semoga bermanfaat. Selamat mencoba dan semoga sukses. Terima kasih. Wassalam.

4.4/5 - (25 votes)