Ampuhkah Tanaman Pengusir Tikus? Antara Mitos dan Sains

Tanaman hias pengusir tikus

Benarkah ada tanaman pengusir tikus yang efektif? Siapa yang tahu bahwa beberapa tanaman menarik tikus sementara yang lain mengusirnya? Dengan kata lain, tanpa kita sadari, tanaman di taman kita atau di jendela dapur kita mungkin mengusir tikus dan hewan pengerat – atau mengundang mereka masuk.

Resiko Memiliki Tikus di Taman & Pekarangan

Hewan pengerat yang kemungkinan besar akan Anda temui di rumah, pertanian, atau taman adalah tikus rumahan, tikus sawah, tikus hitam, atau tikus cecurut yang lebih kecil.

Masalahnya, tikus itu cukup pintar. Mereka menggigit untuk menguji sumber makanan baru. Jika itu membuat mereka sakit, maka mereka akan menghindarinya di masa depan, jadi tidak ada racun tikus yang dijamin bekerja 100%.

Jadi, kembali ke pertanyaan: mengapa kita perlu mengusir tikus? Inilah alasannya: Tikus merusak tanaman dan properti manusia, menghancurkan persediaan makanan, dan membawa penyakit.

Misalnya, patogen salmonellosis dalam urin dan feses tikus dan hewan pengerat pada tumbuhan dapat menyebarkan penyakit ke manusia. Selain itu, caplak dan kutu pada tubuhnya juga dapat menginfeksi manusia dengan murine typhus. Kucing, anjing, dan hewan peliharaan lainnya dapat terinfeksi leptospirosis dari gigitan atau dengan meminum air yang tidak bersih.

TIPS: Saat menyiram taman, bakteri dari kotoran tikus dapat memercik dan mencemari daun dan buah tanaman herbal dan sayuran Anda. Ini bisa menyebabkan sakit perut dan diare parah.

Artikel Terkait : 16 Jenis Tanaman Pengusir Nyamuk Paling AMPUH

Berhati-hatilah saat mengevaluasi sumber Internet tentang tanaman yang diklaim sebagai pengusir tikus. Banyak sumber daring berisi gagasan yang membingungkan. Demi kenyamanan Anda, kami merangkum pengetahuan tentang pertamanan serta penelitian ilmiah berkait dengan tanaman pengusir tikus untuk membantu Anda dalam mengambil keputusan yang tepat.

Fakta – Apa Kata Ilmu Pengetahuan tentang Tanaman Pengusir Tikus?

Tanaman pengusir tikus

Setidaknya 12 tanaman telah dibuktikan oleh banyak penelitian dari pemilik rumah efektif dalam mengusir tikus. Berikut daftarnya:

  1. Bunga amarilis. Umbi tanaman ini mengandung zat beracun (alkaloid) yang menghasilkan gejala yang mirip dengan gastroenteritis, termasuk diare atau muntah.
  2. Jeruk bergamot. Minyak esential dari jeruk bergamot mengandung linalool, limonene, dan linalyl acetate, efektif untuk mengusir tikus rumahan.
  3. Lada hitam. Tanaman ini disebut dapat membuat tikus sulit bernapas. Penelitian menunjukkan bahwa minyak esensial minyak lada hitam efektif dalam mengusir hewan pengerat.
  4. Laurel kamper atau Pohon kamper. Tumbuhan ini dapat mengeluarkan bau yang tidak disukai tikus. Studi menunjukkan bahwa kapur barus dapat menyebabkan diare atau muntah pada tikus.
  5. Tanaman Mahkota duri. Tanaman yang dikenal juga dengan nama Crown of Thorns ini ampuh mengusir tikus karena durinya yang tajam. Selain itu, ester phorbol dalam getahnya beracun dan dapat menyebabkan iritasi kulit, dermatitis, atau lepuh, sakit perut yang parah, muntah, dan diare.
  6. Bunga Krisan Tanaman krisan dikatakan dapat mengusir tikus. Studi menunjukkan bahwa bahan kimia dari bunga kering merupakan insektisida organik yang efektif dan dapat membunuh tikus.
  7. Tanaman Bunga Bakung atau jonquil. Tanaman ini efektif dalam menghentikan hewan pengerat memakan tanaman. Hewan pengerat menghindari semua jenis umbi bakung.
  8. Elderberry atau kulit kayu elder hitam. Tanaman ini mengandung lektin, bahan kimia yang menyebabkan mual akut, muntah, dan diare.
  9. Geranium. Tanaman geranium selain ampuh mengusir nyamuk ternyata tanaman ini juga menghasilkan minyak atsiri yang telah terbukti efektif dalam pengendalian tikus.
  10. Tanaman Camassia Quamash (camas). Umbi dari tanaman ini dapat dimakan jika dimasak, tetapi hewan pengerat tidak menyukai umbinya yang mentah.
  11. Tanaman bunga Snowdrops atau Flore Pleno. Tanaman pengusir tikus ini akan selalu dihindari oleh hewan pengerat.
  12. Bunga Wintergreen. Tanaman yang juga dikenal sebagai American wintergreen, east teaberry, boxberry, atau checkerberry, digunakan untuk menghasilkan minyak esensial yang efektif dalam pengendalian tikus.

Tanaman Lain Yang dapat Mengusir Tikus

Tanaman pengusir serangga dan tikus

Peneliti telah mengidentifikasi 10 tanaman lain yang efektif dalam mengusir hewan pengerat. Dan inilah yang kami dapat rangkum dari berbagai sumber.

  1. Bunga Blue thistle – Atractylis tanpa batang, juga dikenal sebagai blue thistle atau pohon bird-lime, mengandung glukosida beracun yang menyebabkan hepatitis parah dan gagal hati yang fatal.
  2. Tanaman Boxwood – Tanaman ini populer juga dengan nama European box dan efektif dalam mencegah hewan pengerat memakan tanaman.
  3. Tanaman Geranium – Minyak esensial geranium efektif dalam mengusir hewan pengerat.
  4. Crownvetch- Tanaman yang dikenal juga sebagai Crownvetch ungu, efektif mencegah hewan pengerat memakan tanaman.
  5. Eucalyptus – Beberapa studi tentang penggunaan ekstrak minyak kayu putih menunjukkan bahwa ekstrak minyak kayu putih efektif dalam menghentikan tikus merusak tanaman dan tanaman pertanian.
  6. Tanaman Bunga Kamboja atau Frangipani – Sebuah studi tentang kamboja merah menegaskan bahwa itu adalah tanaman pengusir tikus yang efektif.
  7. Pachysandra Jepang – Tanaman ini efektif dalam menghentikan hewan pengerat memakan tanaman kebun dan hasil pertanian.
  8. Tanaman lada Jepang atau Lada Korea – Hewan pengerat menghindari makan makanan apa pun yang diolah dengan ekstrak dari buah ini.
  9. Tanaman Kakawate – Tanaman yang populer dengan nama tanaman pembunuh tikus menghasilkan ekstrak etanol yang efektif dalam menghentikan tikus memakan tanaman.
  10. Minyak pinus – Monoterpen dalam minyak pinus efektif dalam menghentikan hewan pengerat memakan tanaman kebun dan tanaman pertanian.

Artikel Terkait : Tips JITU Atasi Hama Penyakit Jambu Air

Mitos – Apa yang Tidak Disebutkan dalam Ilmu Pengetahuan

tanaman pengusir hama tikus

Sejumlah kepercayaan atau mitos tentang tanaman pengusir tikus seringkali direkomendasikan sebagai alternatif dari pestisida berbahaya. Namun untuk bukti ilmiahnya memang membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Kami tidak dapat menemukan penelitian ilmiah yang mengkonfirmasi keefektifannya. Jika sobat kebetulan mencoba salah satu dari ini, beri tahu kami apakah cara itu berhasil atau tidak. Berikut 16 tumbuhan yang dipercaya bisa mengusir tikus.

  1. Daun kemangi tidak membahayakan tikus. Studi menunjukkan bahwa kemangi dapat meningkatkan kesehatan tikus dengan menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan kemampuan motoriknya.
  2. Tanaman Catnip dikatakan dapat mengusir tikus, tetapi penelitian menunjukkan bahwa catnip meningkatkan waktu tidur dan ereksi penis pada tikus.
  3. Kulit mentimun juga dikatakan efektif sebagai pengusir tikus.
  4. Umbi tanaman fritillary, juga dikenal sebagai kepala ular, tulip, lily kusta, lily kotak-kotak, atau bakung kotak-kotak, dikatakan dapat mengusir tikus.
  5. Eceng gondok dikatakan dapat mengusir tikus.
  6. Lavender dikatakan dapat mengusir tikus. Namun, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa minyak esensial lavender, yang mengandung linalool dan linalyl acetate, tidak berpengaruh pada tikus rumahan.
  7. Daun bawang dikatakan bisa mengusir tikus. Padahal tikus juga seringkali memakan bawang.
  8. Marigold dikatakan dapat mengusir tikus. Namun, sumber lain mengatakan bahwa marigold tidak selalu mengusir hewan pengerat.
  9. Oregano diklaim dapat mengusir tikus. Namun, minyak esensial oregano 100% efektif dalam mengusir kutu busuk tetapi tidak beracun bagi tikus.
  10. Aster yang dicat dikatakan bisa mengusir tikus.
  11. Bunga kerucut ungu diklaim mampu mengusir tikus.
  12. Kacang manis dikatakan dapat mengusir tikus.
  13. Apel berduri, juga dikenal sebagai jimsonweed, dikatakan dapat mengusir tikus.
  14. Timi telah lama dipercaya dapat mengusir tikus. Namun, sebuah penelitian menunjukkan bahwa minyak esensial thyme, yang mengandung timol, tidak berpengaruh pada tikus rumahan.
  15. Eceng gondok atau umbi kayu untuk mengusir tikus dan hewan pengerat lainnya.
  16. Apsintus dikatakan dapat mengusir tikus.

Artikel Terkait : Tips SUKSES Berkebun di Apartemen & Rumah tanpa Halaman

Tanaman Yang dapat Memancing Tikus dan Hewan Pengerat Lain

tanaman ampuh pengusir tikus

Ingatlah bahwa tikus tertarik pada tanaman yang memberi mereka makanan dengan mudah serta tempat berlindung yang aman. Dalam kasus di mana makanan langka, sumber makanan yang aman dan mengenyangkan menjadi faktor utama yang memancing tikus datang.

  1. Daun salam digunakan oleh beberapa spesies tikus untuk melindungi sarangnya dari ektoparasit.
  2. Tanaman pelindung yang melindungi hewan pengerat dari cuaca dan predator alami termasuk semak-semak, pohon cemara, bambu, pohon kurma, ivy Aljazair, dan cemara Italia.
  3. Tanaman penghasil benih di teras, dek, pekarangan, atau taman Anda menyediakan makanan bagi tikus, tikus, dan hewan pengerat lainnya. Contohnya adalah jagung dan biji bunga matahari,
  4. Sayuran juga merupakan sumber makanan. Jika tikus tidak dapat menemukan jagung, biji-bijian atau biji-bijian, ia akan memakan sayuran seperti kacang hijau, kacang polong, lobak, kentang, daun bawang, kubis, dan kembang kol.
  5. Buah yang menggantung rendah dengan kulit tipis seperti tomat sangat disukai oleh tikus.

TIPS: Jika Anda menanam tanaman buah-buahan di dalam ruangan, seperti tomat, beri, dan jeruk nipis, sobat dapat menyelipkan pelindung seperti pantyhose di atas buah-buahan tersebut untuk mencegah tikus menggigitnya.

Itu tadi beberapa fakta dan mitos tentang tanaman pengusir tikus yang dapat kami tuliskan. Bagaimana menurut sobat TIS, apakah sobat pernah mencoba salah satu diantara tanaman tersebut? Bagaimana hasilnya? Silahkan share pengalaman sobat di kolom komentar. Terima kasih. Wassalam.