Kegunaan Pupuk Sp 36 Untuk Pertanian

Kegunaan Pupuk Sp 36 Untuk Pertanian
Kegunaan Pupuk Sp 36 Untuk Pertanian

Apa Itu Pupuk SP 36?

Pupuk SP 36 atau Superphosphate Trikalsium adalah pupuk yang terbuat dari kalsium sulfat dan asam fosfat. Ini merupakan pupuk anorganik yang banyak digunakan di tanah-tanah pertanian di seluruh dunia. Pupuk ini mengandung unsur hara utama yaitu fosfor dan kalsium, yang membantu meningkatkan pH tanah dan meningkatkan produksi tanaman.

Kegunaan Pupuk SP 36 di Pertanian

Pupuk SP 36 mengandung kalsium dan fosfor, yang merupakan dua unsur hara penting untuk pertumbuhan tanaman. Kalsium berfungsi untuk membantu membangun struktur tanah, meningkatkan daya tahan tanaman terhadap penyakit, dan membantu meningkatkan kualitas buah. Fosfor membantu pertumbuhan akar dan bermanfaat bagi reproduksi tanaman. Kegunaan pupuk SP 36 dipertanian antara lain:

  • Meningkatkan produksi tanaman dan hasil panen
  • Membantu menghilangkan masalah tanah asam
  • Meningkatkan kualitas buah
  • Membantu pertumbuhan akar
  • Membantu reproduksi tanaman
  • Membantu meningkatkan daya tahan tanaman terhadap penyakit

Cara Pengaplikasian Pupuk SP 36

Pupuk SP 36 dapat diaplikasikan dengan dua cara yaitu secara langsung dan tidak langsung. Cara pengaplikasian secara langsung adalah dengan cara mencampur pupuk SP 36 ke dalam tanah. Cara ini banyak digunakan oleh petani untuk meningkatkan produksi tanaman. Sedangkan cara pengaplikasian secara tidak langsung adalah dengan cara membuat pupuk cair. Cara ini juga banyak digunakan petani untuk meningkatkan produksi tanaman.

Manfaat Pupuk SP 36 di Pertanian

Pupuk SP 36 memiliki banyak manfaat bagi pertanian. Manfaatnya antara lain meningkatkan produksi tanaman, meningkatkan kualitas buah, mengurangi masalah tanah asam, membantu pertumbuhan akar, dan membantu meningkatkan daya tahan tanaman terhadap penyakit. Pupuk ini juga membantu meningkatkan kadar oksigen dalam tanah, yang membantu memperbaiki struktur tanah.

BACA JUGA :   Cara Membuat Pupuk NPK 16 16 16 Sendiri: Tips dan Langkah-Langkahnya

Kesimpulan

Pupuk SP 36 merupakan pupuk anorganik yang banyak digunakan di tanah-tanah pertanian di seluruh dunia. Pupuk ini mengandung unsur hara penting yang bermanfaat untuk pertumbuhan tanaman, seperti fosfor dan kalsium. Pupuk SP 36 juga membantu meningkatkan produksi tanaman, meningkatkan kualitas buah, mengurangi masalah tanah asam, membantu pertumbuhan akar, dan membantu meningkatkan daya tahan tanaman terhadap penyakit.

 

4.5/5 - (2 votes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *