6 Hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Menanam Asparagus

4.1/5 - (14 votes)
Mempelajari cara menanam asparagus itu sederhana. Asparagus adalah favorit yang dapat diandalkan di kebun sayur. Tanaman membutuhkan waktu 2-3 tahun untuk siap panen, tetapi kemudian menghasilkan tombak beraroma selama 10-15 tahun ke depan. Batang asparagus bertambah tebal dan jumlahnya dari waktu ke waktu – pasti akan lebih baik seiring bertambahnya usia.

Selama musim asparagus, saya suka memetik tombak segar dan membagikannya kepada pengunjung taman. Mata mereka berbinar ketika mereka mencicipi asparagus yang baru dipetik untuk pertama kalinya. Ini adalah sayuran yang rasanya paling enak langsung dari kebun.


6 Tips Menanam Asparagus di Rumah


Cara menanam asparagus

1. Pahami proses menanam asparagus

  • Akar asparagus menghasilkan batang individu di atas tanah.
  • Saat batang dipanen di musim semi, ini menghabiskan energi akar.
  • Setelah masa panen, batang dibiarkan berkembang menjadi paku-pakuan.
  • Tanaman yang kuat dan sehat di musim panas memastikan panen asparagus yang baik musim semi berikutnya. Fotosintesis yang terjadi di pakis sepanjang musim panas mengisi kembali energi dari akar yang terkuras.
  • D musim dingin tanaman berubah menjadi coklat atau kuning – pada tahap ini mereka dapat dipotong. Di daerah musim dingin, biarkan batang di tempatnya sampai musim semi; mereka membantu melindungi mahkota akar.
  • Di musim semi, tunas muncul dari akar musim dingin. Batang ini tumbuh di ketebalan setiap tahun sebagai siklus hidup mereka berlanjut.
6 Hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Menanam Asparagus Taman Inspirasi SAFA

2. Tentukan lokasi terbaik untuk menanam asparagus

Karena tanaman asparagus menghasilkan selama beberapa tahun, mereka membutuhkan lahan/bedengan khusus selama waktu itu. Pilih lokasi yang menerima setidaknya 6-8 jam sinar matahari per hari. Hindari daerah berangin dan daerah dengan genangan air.

Pertimbangkan untuk menggunakan bedengan yang ditinggikan karena akar asparagus menjadi basah dan membusuk di tanah liat. Asparagus membutuhkan tanah yang kaya, diubah dengan baik, dan kaya fosfat.

Cara menanam asparagus

3. Putuskan apakah Anda ingin menanam benih atau mahkota asparagus (akar)

Putuskan apakah Anda ingin menanam benih atau mahkota asparagus

Kami menanam asparagus lebih mudah dengan menanam tajuk (akar) yang berumur 1-2 tahun. Mereka menghasilkan batang yang dapat dipanen sekitar satu tahun setelah tanam.

Cara menanam asparagus

Asparagus juga bisa ditanam dari biji. Cara ini lebih murah tetapi membutuhkan waktu 2 tahun (atau lebih) menunggu dan perawatan lebih untuk benih yang muncul.

Cara menanam asparagus

Anda juga dapat menemukan transplantasi mulai dari benih di pembibitan lokal Anda.

6 Hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Menanam Asparagus Taman Inspirasi SAFA

Asparagus diklasifikasikan sebagai “tradisional” atau “semua laki-laki”. Varietas “semua jantan”, seperti Jersey Giant, Jersey Knight, Jersey Supreme, dan Marte, sering menghasilkan tombak yang lebih besar (dan lebih banyak) karena mereka tidak perlu mengeluarkan energi untuk produksi benih seperti varietas “tradisional” seperti Martha Washington dan Gairah Ungu.


4. Penanaman asparagus yang benar

  • Tanam di awal musim semi di daerah dengan musim dingin yang dingin. Di iklim dengan musim dingin ringan, tanam di musim gugur atau musim dingin. Di gurun rendah Arizona, tanam benih atau bibit asparagus dari November hingga paruh pertama Februari.
  • Siapkan tempat tidur asparagus dengan menambahkan kompos dan pupuk kompos untuk menciptakan tanah yang subur.
  • Jika menanam dari biji, mulailah dengan benih dalam wadah kecil dengan tanah pot atau langsung di petak bunga. Taburkan benih sedalam inci. Perkecambahan membutuhkan waktu sekitar 30 hari. Transplantasi tanaman ke tempat tidur permanen saat tanaman tingginya 3 inci.
  • Untuk menanam dari mahkota, gali parit 6 inci dan tempatkan akar yang tidak aktif sekitar 12 inci. Tutupi mahkota dengan sekitar 2 inci tanah dan padatkan dengan lembut. Lanjutkan menambahkan 2 inci tanah setiap 2 minggu sampai parit terisi tanah dan sedikit berkubah di atasnya.
6 Hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Menanam Asparagus Taman Inspirasi SAFA

5. Tunggu sampai asparagus cukup besar sebelum memanennya

  • Untuk tahun pertama setelah tanam (dua jika tanaman dimulai dari biji), jangan memotong atau memanen batang. Biarkan batang tidak aktif di musim gugur dan kurangi penyiraman atau hentikan sama sekali.
  • Tombak baru mulai muncul pada musim semi berikutnya, dan Anda dapat memanen apa pun yang berdiameter setidaknya inci. Biarkan batang yang lebih kecil tumbuh selama musim panas untuk memberi energi pada akar.

6. Panen dan makan asparagus

  • Panen tombak saat panjangnya 6 hingga 10 inci dan ujungnya kencang dan kencang. Jangan memanen tombak dengan ketebalan kurang dari inci dan jangan memanen tahun pertama. Tahun berikutnya, panen selama 2 minggu. Perpanjang panen setiap tahun selama 2 minggu sampai Anda panen selama 6-8 minggu.
  • Petik asparagus setiap 3 hari, lebih sering pada cuaca panas. Pilih asparagus dengan memotongnya di permukaan tanah dengan ibu jari dan jari telunjuk Anda. Anda juga dapat memotong tepat di bawah permukaan tanah dengan pisau asparagus atau pisau tajam lainnya.
  • Asparagus enak dimakan segar dari kebun. Konsumsi atau simpan sesegera mungkin setelah dipetik. Anda juga dapat menyimpan batang tegak dalam sedikit air di lemari es.

Waktu terbaik menanam asparagus

Januari Potong batang kering dan ubah dengan 2 hingga 3 inci pupuk kompos dan lapisan 2 inci serpihan kayu, jerami atau kompos. Beri makan ringan dengan pupuk organik berimbang.
awal musim semi Panen batang dengan diameter lebih dari inci selama 4 hingga 6 minggu. Biarkan si kecil terus tumbuh.
akhir musim semi Jangan panen; biarkan batangnya berubah menjadi pakis. Edit tempat tidur sebelumnya dengan pupuk organik seimbang, 2 sampai 3 inci pupuk kompos dan lapisan 2 inci serpihan kayu, jerami atau kompos.
Musim panas musim gugur Siram tempat tidur dan jangan biarkan mengering. Memungkinkan pakis tumbuh dan memberikan energi akar.
Musim dingin Pakis akan mulai menguning. Kurangi penyiraman dan biarkan asparagus tidak aktif.

Leave a Reply