7 Cara Mengusir Rengit dari Rumah PALING MANJUR

7 Cara Mengusir Rengit dari Rumah PALING MANJUR Taman Inspirasi SAFA

Cara Mengusir Rengit dari Rumah tanpa Merusak Lingkungan – Rengit, atau yang juga dikenal dengan sebutan lipas, adalah serangga yang sering ditemukan di dalam rumah.

Selain menimbulkan rasa tidak nyaman dan jijik, rengit juga dapat menyebarkan penyakit dan merusak makanan. Namun, sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan bahan kimia atau cara-cara yang merusak lingkungan untuk mengusir rengit dari rumah, ada beberapa cara alami dan ramah lingkungan yang dapat Anda lakukan.

Mengapa Rengit Suka Masuk ke Dalam Rumah?

Sebelum membahas cara mengusir rengit dari rumah, penting untuk memahami mengapa rengit sering masuk ke dalam rumah. Rengit dapat masuk ke dalam rumah untuk mencari tempat yang aman, makanan, atau karena faktor cuaca yang buruk di luar.

Selain itu, beberapa faktor yang dapat memancing rengit masuk ke dalam rumah adalah kelembaban yang tinggi, celah-celah di pintu atau jendela yang tidak rapat, dan tumpukan sampah yang dibiarkan berada di dalam atau di sekitar rumah.

7 Cara Mengusir Rengit dari Rumah Paling Ampuh

Cara Mengusir Rengit paling ampuh

Berikut adalah beberapa cara alami dan ramah lingkungan untuk mengusir rengit dari rumah:

1. Membersihkan Rumah dan Area Sekitarnya

Membersihkan rumah dan area sekitarnya secara teratur dapat membantu mengusir rengit dari rumah. Pastikan untuk membersihkan tempat-tempat yang sering dijadikan sarang rengit, seperti celah-celah di dinding, tempat sampah, dan rak makanan. Selain itu, pastikan juga untuk menjaga kebersihan dapur dan tidak meninggalkan makanan yang terbuka di meja.

BACA JUGA :   Cara Fermentasi Sekam Mentah PALING Praktis, Ini Yang Harus Anda Lakukan!

2. Menyeka Perabotan dengan Air dan Sabun

Menyeka perabotan dengan air dan sabun dapat membantu mengusir rengit dari rumah. Rengit tidak suka dengan bau sabun, sehingga menyeka perabotan dengan air dan sabun dapat membantu mengurangi kehadiran rengit di dalam rumah.

3. Menggunakan Serbuk Kayu Manis

Serbuk kayu manis dapat menjadi cara alami dan ramah lingkungan untuk mengusir rengit dari rumah. Caranya, taburkan serbuk kayu manis di area yang sering dilewati oleh rengit, seperti di dekat pintu atau jendela. Serbuk kayu manis tidak hanya mengusir rengit, tetapi juga memberikan aroma yang menyenangkan di dalam rumah.

4. Menggunakan Kulit Jeruk

Kulit jeruk juga dapat menjadi cara alami untuk mengusir rengit dari rumah. Caranya, letakkan kulit jeruk di area yang sering dilewati oleh rengit, seperti di dekat pintu atau jendela. Kulit jeruk mengandung senyawa yang tidak disukai oleh rengit, sehingga dapat membantu mengurangi kehadiran rengit di dalam rumah.

5. Menanam Tanaman Pengusir Rengit

Menanam tanaman pengusir rengit dapat menjadi cara alami dan ramah lingkungan untuk mengusir rengit dari rumah. Beberapa tanaman yang dapat membantu mengusir rengit adalah lavender, peppermint, dan basil. Tanaman-tanaman ini memiliki aroma yang tidak disukai oleh rengit, sehingga dapat membantu mengurangi kehadiran rengit di dalam rumah.

6. Menggunakan Lemari Pengusir Rengit

Lemari pengusir rengit adalah lemari khusus yang didesain untuk mengusir rengit dari rumah. Lemari ini menggunakan senyawa alami yang tidak disukai oleh rengit, sehingga dapat membantu mengurangi kehadiran rengit di dalam rumah. Lemari pengusir rengit dapat dibeli di toko-toko perlengkapan rumah tangga atau dapat dibuat sendiri dengan menggunakan bahan-bahan alami.

BACA JUGA :   Trichoderma & Pemanfaatannya untuk Membuat Kompos Lebih Efektif

7. Menggunakan Cuka

Tentu saja, ada beberapa cara lain yang bisa dilakukan untuk mengusir rengit dari rumah. Salah satunya adalah dengan menggunakan cuka. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan air dan cuka dalam botol semprot dengan perbandingan 1:1. Setelah itu semprotkan campuran tersebut ke area yang sering dilalui oleh rengit, seperti di dekat pintu atau jendela. Rengit tidak menyukai bau asam dari cuka, sehingga penggunaan cuka bisa membantu mengusir rengit dari rumah.

Namun, perlu diingat bahwa penggunaan cuka harus dilakukan dengan hati-hati, karena cuka yang digunakan terlalu banyak atau terlalu sering bisa merusak lapisan cat atau bahan lain pada rumah. Selain itu, penggunaan cuka juga tidak disarankan untuk permukaan yang sensitif atau mudah rusak. Oleh karena itu, cara ini sebaiknya hanya digunakan pada area yang tidak mudah rusak atau sensitif.

Kesimpulan

Mengusir rengit dari rumah bukanlah hal yang sulit dan tidak perlu menggunakan bahan kimia atau cara-cara yang merusak lingkungan. Ada beberapa cara alami dan ramah lingkungan yang dapat dilakukan untuk mengusir rengit dari rumah, seperti membersihkan rumah dan area sekitarnya, menyeka perabotan dengan air dan sabun, menggunakan serbuk kayu manis atau kulit jeruk, menanam tanaman pengusir rengit, dan menggunakan lemari pengusir rengit. Dengan melakukan cara-cara tersebut, diharapkan dapat mengurangi kehadiran rengit di dalam rumah dan menjaga lingkungan tetap bersih dan sehat.

4.2/5 - (13 votes)